Pendaftaran CASN Pemkot Balikpapan Diperpanjang Sampai 26 Juli

Bagikan updated

BALIKPAPAN – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan, bahwa proses pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) diperpanjang hingga 26 Juli 2021. Sebelumnya proses pendaftaran dijadwalkan berlangsung hingga 21 Juli, namun ada perpanjangan untuk memberi kesempatan lebih luas bagi yang belum mendaftar.

Ini mengacu surat kepala BKN Nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 tentang penyesuaian jadwal tahapan pendaftaran seleksi calon ASN 2021. Setelah masa pendaftaran, dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi 2 – 3 Agustus mendatang. Kemudian masa sanggah berlangsung 4 – 6 Agustus.

Jadwal berikutnya adalah masa jawab sanggah yakni 4 – 13 Agustus dan pengumuman pasca sanggah 15 Agustus. Menurut Kabid Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Balikpapan, Netty Musriani, jumlah pendaftar CASN di Balikpapan cukup banyak. Meski belum semuanya melampirkan dokumen persyaratan.

“Ada sekitar 3.543 akun pendaftar jalur CPNS sampai saat ini. Namun yang sudah submit dokumen 2.175 akun. Sementara untuk jabatan fungsional sebenarnya sudah ada 261 akun, tapi yang submit baru 63 akun,” jelasnya Kamis (22/7/2021).

Sementara untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru, sudah ada 1.119 akun yang melamar. Semua pendaftaran diakses melalui website yang disediakan BKN yakni sscasn.bkn.go.id.

Netty menuturkan, sejauh ini yang terlihat formasi dengan peminat tertinggi adalah analis kepemudaan di Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (DPOP).

“Hanya satu orang dicari tapi yang daftar sudah lebih dari 100 orang,” bebernya. Namun ada juga formasi yang sepi peminat, antara lain pengelola sistem informasi dan jaringan.

Jika mengikuti jadwal awal, seleksi kemampuan dasar (SKD) seharusnya pada 25 Agustus, namun tidak menutup kemungkinan ada perubahan. Apalagi ada perpanjangan pendaftaran selama lima hari. Pihaknya juga masih menunggu instruksi pemerintah pusat.

Misalnya gelaran SKD boleh dilaksanakan secara langsung atau tidak. “Karena ini masih dalam situasi PPKM. Kalau sekarang hanya ada surat pemberitahuan perpanjangan pendaftaran,” imbuhnya.

Netty menyebutkan, jika SKD berjalan secara offline maka pemilihan lokasi tes di Balikpapan tetap terpusat seperti tahun sebelumnya, yaitu Universitas Mulia. Kalau peserta dari luar daerah bisa pilih lokasi tes di BKN wilayah terdekat domisili. Tapi memang untuk syarat dan teknisnya masih harus melihat situasi. (diskominfo/ cha/mgm)


Bagikan updated
Balikpapan