PRESS RELEAS INTERNET : LAWAN ATAU KAWAN? PAHAMI DENGAN LITERASI DIGITAL 22 Juli 2021 – Sintang

Bagikan updated

Moderator : Ovi Darin

LO : Angel

Narasumber :

Local :

  1. Apreza Bellyantara, Amd. Kep
  2. Venny Adhita Octaviani, S.Pd., M.M.

Nasional :

  1. Insan Nur Akbar

KOL : Dewi N. Sutrisno

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph,Bupati Kabupaten Sintang)

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Talks 1: Budaya Digital : Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik di Dunia Digital

(Insan Nur Akbar,Komika & Budayawan)

  • Macam-macam bahasa dalam dunia digital: Formal, non formal, Lisan, Tulisan, Bahasa tubuh. Penggunaan Bahasa didunia digital: untuk apa, untuk siapa, kapan, dimana. Dampak: Munculnya banyak kosakata baru, ati pemakaian emoticon, arti pemakaian singkatan baru, pemakaian bahasa asing,
  • Tetap menjunjung norma kesopanan, Paham dan tahu apa yang akan ditulis,berfikir mengenai dampak tulisan kita, efektif dan efisien, mudah di pahami orang lain.
  • Apa yang harus kita punya? wawasan, Pengetahuan,kreativitas, tanggung jawab. Potensi salah penafsiran karena salah tulis, potensi miss komunikasi, potensi salah informasi, potensi memicu ketersinggungan, potensi memicu keributan antar individu atau golongan.

 

Talks 2: Etika Digital : Sexual Harassment Dalam Dunia Digital

(Apreza Bellyantara, Amd. Kep,Tenaga Kesehatan – Perawatan)

  •     Sexsual Harrasment: Perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tak Diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal, isyarat ataupun fisik merujuk pada seks.
  •     Jenis-jenis Sexsual Harassment: 
  1. Pelecehan fisik
  2. Pelecehan psikologis/emosional
  3. Pelecehan isyarat
  4. Pelecehan tertulis atau gambar
  • Cara Mengatasi Sexsual Harassment: 
  1. Tunjukkan dengan jelas bahwa Anda tidak nyaman dengan perilaku tersebut
  2. Kumpulkan bukti
  3. Beri tahu seseorang yang anda percayai
  4. Cari saran atau konseling
  •     Perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tak Diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal, isyarat ataupun fisik merujuk pada seks, yang membuat seseorang merasa tersinggung, dipermalukan dan/ atau terintimidasi.

Talks 3: Keamanan Digital: Aman Saat Belanja Online

(Venny Adhita Octaviani, S.Pd., M.M. ,Dosen FISIP Universitas Kapuas Sintang)

  •     Online shop: Dalam artian secara umum Online Shop merupakan toko yang semua proses transaksinya dilakukan secara digital melalui perantara device yang digunakan oleh pembeli dan penjual. Tentunya untuk mendapatkan kesepakatan dalam kegiatan jual beli.

Kegiatan Berbelanja menjadi Lebih Mudah dan Praktis. Membutuhkan Modal yang Relatif Kecil. Dapat Menjalankan Pekerjaan Lain. Kemudahan dalam Melakukan Transaksi. Keamanan dalam Melakukan Transaksi. Memutus mata rantai penyebaran covid 19

  •     Kelebihan dan Kekurangan online shop: 
  1. Kelebihan: Kenyamanan Membandingkan harga terbaik Banyak variasi Menghemat waktu dan tenaga
  2. Kekurangan: Produk yang tidak sesuai Keterlambatan dalam pengiriman Resiko penipuan Pelayanan yang kurang memuaskan
  •   Belanja online memang mudah dan praktis, tetapi rentan akan penipuan. Kuncinya adalah selalu berhati-hati, selalu cari informasi berkaitan dengan penipuanpenipuan online, jangan tergiur akan barang mewah yang murah dan jangan takut melapor jika memang sudah tertipu. Bagikan pengalaman anda agar orang lain dapat belajar dari pengalaman tersebut dan berhati-hati.

 

Key Opinion Leader: Kecakapan Digital : Basic Copywriting

(Dewi N. Sutrisno,Copywriter tiket.com)

  • Copywriting: Pengenalan tentang Copywriting dan profesi Copywriter. Copywriting adalah bagian penting dari marketing communication yang dilakukan untuk menyampaikan pesan dengan banyak cara; bercerita (storytelling) atau to-the-point disampaikan dengan soft-selling atau hard-selling
  • CopyWriter: Tidak sama dengan Content Writer. Bedanya bisa dilihat dari tujuan, gaya menulis, dan media placement untuk tiap tulisannya.Tugasnya? Menulis dengan sifat persuasif dan komersial agar berhasil untuk mempromosikan, membuat target merasa terlibat dalam campaign, serta melakukan aksi (melakukan pembelian) dengan brand dan jasa dari sebuah perusahaan.
  • Sedangkan Content Writer memiliki jenis penulisan yang informatif dan edukatif seperti artikel yang sangat relevan dengan suatu isu dan tema tertentu. Gaya tulisan yang dibuat oleh seorang Copywriter adalah tulisan pendek yang menjadi ciri khasnya. Bisa ditemukan dalam tagline, headline. Sedangkan Content Writer harus menulis dengan tulisan yang panjang dan jelas. Mengandung unsur 5W + 1H yang biasa digunakan dalam kaidah jurnalistik.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk mematikan video dan microphone selama proses webinar dan menjaga protocol kesehatan.
  • Share event ke Instagram Feed, dan tag Instagram Siber Kreasi dan menggunakan hashtag #MakinCakapDigital #Siberkreasi #LitDigKal1202.
  • Adanya hadiah menarik berupa pulsa atau paket data bagi 10 (sepuluh) penanya terbaik.

Bagikan updated
Kalimantan Barat Sintang