PRESS RELEASE BATASAN – BATASAN DALAM BERINTERNET DI MASA SEKARANG 14 Juli 2021 – Sintang

Bagikan updated

Moderator : Riska Sibuea

LO : Angel

Narasumber :

Local :

  1. Endang Noviya Damayanti
  2. Jatu Rahmawati

Nasional :

  1. Alexander Dimas

KOL : Calvino Samudra, C.H., C.Ht., C.Pd., IBH C.I., C.M.NLP., C.BA.

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( dr. H. Jarot Winarno , M.Med.Ph  , Bupati Kabupaten Sintang)

  • Pembukaan walikota tentang Literasi Digital
  • Ajakan untuk mulai paham Digital dan melek Internet untuk mencegah Hoax tersebar
  • Meningkatkan dan mendorong tingkat Literasi Digital (skills, ethics, safety, culture)

 

Talks 1: Budaya Digital : Memahami Culturalisme dalam Ruang Digital

(Alexander Dimas, Regional Bussiness Leader APAC of HoneyWell, CEO PT. Ragam Aset)

  • Literasi Digital: sering dianggap sebagai kecakapan menggunakan internet dan media digital. Namun, acap kali ada pandangan bahwa kecakapan penguasaan teknologi adalah kecakapan yang paling utama. Padahal, literasi digital adalah sebuah konsep dan praktik yang bukan sekadar menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi, namun penggunanya harus memiliki kecakapan yang mampu mengoperasikan alat sekaligus juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab.
  • Kulturalisme: memiliki arti yang sama dengan budaya atau ideologi, sedangkan Multikulturalisme merupakan sebuah ideologi yang mengakui adanya perbedaan dan banyaknya budaya (seperti adat istiadat, kebiasaan, budaya masyarakat, politik dan sebagainya). Indonesia merupakan salah satu negara multikultur dengan berbagai keberagaman didalamnya. Hal tersebut terbukti dari Indonesia memiliki kurang lebih 1340 suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan 652 bahasa (berdasarkan sensus BPS). Dengan semboyan Indonesia Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetap satu jua, negara kita sangatlah menghargai perbedaan dan membuktikan bahwa masyarakat Indonesia bisa hidup berdampingan secara hamonis meskipun dengan berbagai keberagaman tersebut.
  • Multikultural sebenarnya merupakan sikap “peduli” dan mau mengerti (difference) atau “politics of recognition” politik pengakuan terhadap orangorang dari kelompok minoritas. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi saat ini, era digital mengubah tatanan kehidupan manusia dalam seluruh aspek meliputi aspek ekonomi, sosial, budaya, termasuk Pendidikan, alahkah baiknya kita selalu bisa mengambil setiap intisarinya untuk hal-hal yang positive.

 

Talks 2: Etika Digital : Usaha Online Mandiri Bidang Kuliner Bijak di Kolom Komen

(Endang Noviya Damayanti,Affilliatte Marketing Product Hijab, Entreprenuer)

  • Digital Ethics: Teknologi digital adalah salah satu jantung dari kehidupan ekonomi dan sosial kita. Internet telah menjadi infrastruktur komunikasi lokal dan internasional untuk kegiatan ekonomi dan politik. Digital ethics adalah disiplin yang kompleks, karena prilaku individu sulit untuk di pantau dan di ukur.
  • Pentingnya Etika Dalam Bermedia Sosial: Secara umun, literasi digital sering kita anggap sebagai kecakapan menggunakan internet dan media sosial. Namun begitu acapkali ada pandangan bahwa penguasaan teknologi adalah kecakapan yang paling utama. Sayangnya, perubahan kearah digital tersebut kerap membuat benturan di masyarakat. Indonesia sangat beragam mulai dari adat istiadat, suku bangsa, agama, etnis, bahasa dan keyakinan. Keberagaman inilah yang membuat kita kurang tepat menyikapinya, menyikapi berbagai perbedaan dalam berkolaborasi, dan lupa menghormati orang lain.
  • BIJAK DALAM BERKOMENTAR DI MEDIA SOSIAL:
  1. TRUE ( APAKAH FAKTANYA BENAR )
  2. HELPFUL ( APAKAH BERMANFAAT )
  3. INSPIRING ( APAKAH BERMANFAAT )
  4. NECESSARY ( PERLUKAH DI SAMPAIKAN )
  5. KIND ( APAKAH KOMENTARNYA BAIK )

 

Talks 3: Kecakapan Digital : Mengenal Market Place : Aksesibilitas, Jenis dan Fitur

(Jatu Rahmawati,Guru SMKN 1 Sungai Tebelian, Founder ” Lembaga Aku Belajar”)

  • Marketplace: Marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran.
  • Perkembangan Marketplace: 1995 Amerika Ebay dan Amazon berkembang pesar di Amerika, 1999 China Ali Baba didirikan oleh Jack Ma di China, 1999 Indonesia Forum jual beli Kaskus. Transaksi masih secara offline, 2005 Indonesia Tokobagus.com didirikan oleh 2 orang Belanda, bermarkas di Denpasar, Bali, 2009 Indonesia Tokopedia berdiri dan mengalami perkembangan yang sangat pesat, 2010 Indonesia Bukalapak awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk merambah ke dunia maya., 2011 Indonesia Blibli didirikan oleh PT Global Digital Niaga anak perusahaan PT Djarum., 2015 Indonesia Shopee marketplace asal singapura yang didirikan di Indonesia oleh Forrest Li
  • Fitur Marketplace:
  1. Model bisnis yang praktis: Tidak harus memiliki jasa, produk atau barang fisik untuk dapat beroperasi dan berjualan.
  2. Tidak perlu ada inventaris yang merepotkan: Marketplace langsung mengelompokkan produk berdasarkan kategori, management stok juga sudah langsung otomatis.
  3. Pembukuan jelas: Pembukuan dibantu oleh marketplace, semua tercatat dengan rinci.
  4. Banyak program menarik bagi pengguna: Program gratis ongkir, program cashback, Cash on Demand, Voucher Promo

 

Key Opinion Leader: Keamanan Digital : Pentingnya Memahami Fitur Keamanan Digital untuk Melindungi Privasi dan Keamanan Data

(Calvino Samudra, C.H., C.Ht.C.Pd., IBH C.I., C.M.NLP.,C.BA,President Commisioner of PT. Angkasa Citra Sukses)

  • PEMAHAMAN: Data Pribadi, Privasi, Pelanggaran atas Privasi Data Pribadi

REFLEKSI: Keamanan Data Pribadi, Fitur Keamanan, Konklusi

  • Data Pribadi: Data Pribadi adalah data perseorangan tertentu yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya. (Pasal 1 ayat 1 PermenkominfoNo. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik) Persetujuan Pemilik Data Pribadi yang selanjutnya disebut Persetujuan adalah pernyataan secara tertulis baik secara manual dan/atau elektronik yang diberikan oleh Pemilik Data Pribadi setelah mendapat penjelasan secara lengkap mengenai tindakan perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, pengumuman, pengiriman, dan penyebarluasan serta kerahasiaan atau ketidakrahasiaan Data Pribadi. (Pasal 1 ayat 4 Permenkominfo No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik)

Privasi: Privasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a merupakan kebebasan Pemilik Data Pribadi untuk menyatakan rahasia atau tidak menyatakan rahasia Data Pribadinya, kecuali ditentukan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan. Pasal 2 ayat 3 Permenkominfo No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik) Dengan demikian, pelanggaran terhadap privasi atas data pribadi adalah penggunaan data pribadi tanpa persetujuan oleh pemilik data pribadi secara tertulis baik secara manual, dan/atau elektronik. terhadap seluruh tindakan yang akan dilakukan oleh pihak pemeroleh data.

  • Data pribadi merupakan seluruh satuan data yang menjadi hak milik pengguna yang kini banyak dimanfaatkan para pihak guna mendapatkan berbagai keuntungan. Resiko dalam pengelolaan data pribadi dapat mengakibatkan anda menghadapi berbagai macam kerugian, seperti namun tidak terbatas pada terbacanya kebiasaan, preferensi, hingga data pribadi yang anda gunakan untuk aktivitas perbankan dan keuangan.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk mematikan video dan microphone selama proses webinar dan menjaga protocol kesehatan.
  • Share event ke Instagram Feed, dan tag Instagram Siber Kreasi dan menggunakan hashtag #MakinCakapDigital #Siberkreasi #LitDigKal1142
  • Adanya hadiah menarik berupa pulsa atau paket data bagi 10 (sepuluh) penanya terbaik.

QnA

Penanya :

Nama : Isa Amsori

No HP : 087888533559

Email : tripleaisa@gmail.com

Kepada :  Alexander Dimas

Pertanyaan :

Kak Alex, mohon tanggapannya terkait dengan multikultural yang terjadi di gawai yang isinya berfariasi dan tidak dibatasi oleh usia.

Bagaimana, caranya agar kita sebagai orang tua dapat menjadikan gawai sebagai sesuatu yang positif dari segala info berita yang negatif.

Atas paparan dan penjelasannya saya ucapkan terima kasih

 

Jawaban :

–          Narsum 1 :

  1. Mengedukasi kepada lingkup terkecil yaitu keluarga dimana orang tua memberikan contoh dan arahan kepada anak-anaknya. Mana informasi yang patut dicontoh dan yang tidak patut dicontoh.
  2. Dari pemerintah melakukan bloking kepada beberapa informasi hoax yang muncul di media digital.

 

Penanya :

Nama : Hadi Jaya

Hp : 085157515788

Email : hello.jiwaku@gmail.com

Kepada : Calvino Samudra C.H., C.Ht.C.Pd., IBH C.I., C.M.NLP.,C.BA

Pertanyaan :

Sekarang marak sekali dengan penawaran pinjaman online di sms maupun chat media sosial pak, padahal kita tidak pernah sekalipun berhubungan ataupun menghubungi mereka. Bagaimana cara mereka mendapatkan data kita ya pak? Mengapa keamanan di internet sangat riskan? Dan apa yang harus kita lakukan jika mendapatkan penawaran tersebut berturut-turut? Karena jujur saja saya takut data lainnya juga disalah gunakan. Terima kasih

 

 

Jawaban :

–          Narsum 1 :

Data yang sering di distribusikan & disadap oleh beberapa orang adalah nomer telepon. Biasanya digunakan untuk promosi sesuatu. Salah satunya adalah pinjaman online. Hal ini sebenarnya tidak berbahaya ketika kita bisa melakukan proteksi. Diantaranya kita harus sering merubah password pada akun pribadi kita. Ketika ada oknum yang mengirim link kepada kita, jangan asal di klik. Karena ketika di klik maka data kita akan tersadap. Baca dulu isi informasi yang di share sebelum kita mengklik link yang disebarkan.

 

Penanya :

Nama     : Susiwati

No.         : 085785220726

Email.    : smundus01@gmail.com

Kepada : Jatu Rahmawati

Pertanyaan : Bagaimana cara meningkatkan penjualan di market place dan memiliki target costumer yang sesuai untuk jangka panjang? Terimakasih.

 

Jawaban :

–          Narsum 1 :

Kita harus melakukan promosi di media offline maupun online terutama di media online seperti media sosial (lewat marketplace atau lewat influencer). Serta kita harus punya added value pada produk kita. Tetapi perlu diketahui memang untuk proses branding  memerlukan waktu yang panjang tidak bisa instan.


Bagikan updated
Kalimantan Barat Sintang