Press Release Bebas Berekspresi di Dunia Digital 2 September 2021 – Bontang

Bagikan updated

Moderator : RIO BRAHMA

LO : As’ad daroini

Runner : Afnan & Apid

Narasumber :

Local :

  1. Abdullah, CHt
  2. Cynthia Pariz

Nasional :

  1. Poppy Sovia

KOL : Perma Bakti, M.Pd

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota Bontang (Basri Rase, S.IP)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang ter literasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Panelist 1 : Etika Digital : Bijak di Kolom Comment ( Poppy Sovia )

Moderator : Bagaimana cara kita membatasi kecanduan bersosial media terhadap diri kita, dan apa sih indikasi kita ataupun seseorang itu sudah masuk ke taraf “kecanduan”?

Answer : ada. belakangan ni sering buka sosmed. buka reels buat bikin inspirasi, nggak kerasa memakan waktu setengah jam. yang seharusnya memiliki aktivitas lain jadi nggak terlaksana. kalau lama-lama jadi nggak baik nih. mending kalau ngecek instagram saja tetapi harus ngecek kerjaan juga.

Moderator :  Bagaimana dengan penggunaan “bahasa gaul” atau “bahasa tongkrongan” sebagai komentar di sosial media yang kadang menyinggung atau tidak sesuai dengan daerah yang dituju?

Answer : jujur pernah dapat komen seperti itu, awalnya memuji tetapi memakai kata-kata jelek ada kata-kata binatang. ujung-ujungnya aku cuekin komennya.

Moderator : Seperti apa sih kondisi netizen kita saat ini di kolom komentar menurut kakak?

Answer : kalau netizen ngefans sama publik figur yang nggak ngerti bahasa-bahasa. pakailah bahasa yang mudah di temia. kalau memang mau memuji ya puji lah dengan kata-kata yang baik. postingan yang memberikan pujian. komenlah yang baik-baik seperti kamu ingin di komen yang baik.kalau kita memberikan kebencian maka yang diterima adalah kebencian, kalau yang kita kasih rasa cinta yang kembali akan baik

Moderator : Tips dan saran untuk masyarakat indonesia supaya bisa lebih melek literasi, mengingat negara kita masuk dalam survei sebagai salah satu negara yang komentar netizennya paling (maaf) buruk.

Answer : ada komentar yang mengesalkan pasti ada, jangankan publik figur. teman sepermainan kita juga berani lo komen. ketika kita ingin bermain sosial media kan pengen seru-seruan. sosial media juga aku pakai etalase untuk kerjaan-kerjaan. kalau ada komentar yang nggak enak dirasa mending aku hapus aja. ketika ada orang komen di sosial media yang tidak menyenangkan yaudah delet aja.

moderator : kritik yang membangun.

answer : kritik yang ada solusinya. berikan solusi kalau nggak ada solusi juga buat apa. kita boleh kritis tetapi jangan kritis yang jahat. yang baik-baik saja bahasanya.

Moderator : Bisa ga sih kita menuntut siapapun itu yang menyinggung di sosial media secara hukum?

Answer : saya akan menuntut ketika ada pencemaran anma baik. tapi alhamdulillah sampai saat ini tidak ada. beberapa public figur sudah mencontohkan di instagram. sesuatu yang simpel bisa di laporin loh. kalau dia mencemarkan dengan bukti yang kuat gpp aku akan mawas diri. pencemaran nama baik efeknya bisa ke mental, ke keluarga, ke pekerjaan aku. itu yang harus disikapi dengan baik

Moderator :Ada penutup atau hal lain yang mau kakak tambahkan sebelum saya tutup sesi panelist pagi/siang hari ini?

Answer : kita semua warga internet yang bisa komentar apapun itu. intinya kita bebas dalam komentar dan mengeluarkan pendapat, boleh tapi jangan menyinggung dan terbukti kebenaranya. karena efeknya akan sangat besar bisa pengaruh ke mental, nama baik, bisa ngaruh ke pekerjaan dan keluarganya. sudah seharusnya kita punya etika dalam bersosial media. tunjukkan kita sebagai warga indonesia menjadi warga yang santun, santun dalam berinternet.

 

Talks 2 : Cakap Digital : Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital ( Abdullah, CHt )

  • 5 tips bertahan dan tumbuh di masa pandemi: positif thinking, selalu berpikir ada peluang. mencari celah, cari kesempatan didalam kesempitan. See the unseen, mengenali potensi dan sumber daya baru. Keluar, keluar dari zona nyaman dan cari peluang di area asing baru. Buatlah keputusan, segeralah putuskan dan lakukan langkah-langkah baru.
  • Tips di dunia digital :Pilih yang pemasarannya melalui Internet (Digital Marketing), baik produk fisik maupun digital, Komisi relatif besar, bahkan untuk produk affiliate ada yang 90%, bahkan produk tertentu seperti PLR, Anda bisa dapat komisi 100%, Relatif mudah untuk dijalankan, Modal relatif kecil, bahkan bisa tanpa modal uang (Rp. 0), Ilmunya bertebaran dimana-mana
  • Tren pekerjaan dan usaha di dunia digital : banyaknya pelaku, besarnya pasar, besarnya potensi penghasilan, intensitas di medsos, pengalaman pribadi.
  • Tips menjadi Youtuber : Riset untuk menentukan Niche, Kedepankan memberi manfaat, Membuat konsep konten, Membuat video berkualitas, Hindari pelanggaran Hak Cipta, Selalu ada CTA (Call to Action), Kolaborasi dengan Youtuber lain, Merespon komentar, Konsisten membuat konten, Buat tim, Kalau mau jangka panjang, harus main bersih (white-hat), Sebar link video di Medsos lainnya (konvergensi media)
  • Tips menjadi reseller : Buat review di Medsos (YT, TikTok, IG Reels, dll), Iklan berbayar (FB Ads, IG Ads, dll), Marketplace marketing, WhatsApp marketing, Pastikan Stok tersedia sebelum terjadi transaksi, Jalin hubungan baik dengan Distributor dan konsumen, Terapkan CRM
  • Tips menjadi afiliator : Pilih produk yang berkualitas, Terapkan ist building (Email, WA, Messenger, dll), Lakukan personal branding, Content Marketing, Review di Web, Medsos, dll, Buat Channel pelanggan (Telegram, WA Group, dll), Kuasai ilmu website landing page, Kuasai ilmu URL shortener

 

Talks 3 :  Key Opinion Leader : Budaya Digital : Cara menyuarakan pendapat di dunia digital

( Cynthia Pariz )

  • Kebebasan berpendapat dan berekspresi adalah hak setiap manusia bahkan diatur lewat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Akan tetapi, kebebasan berpendapat dan berekspresi ini harus dilakukan dengan bertanggung jawab.
  • Sebagai generasi yang hidup di era digital dimana kebebasan berpendapat semakin dipermudah, maka semua bisa dengan mudah untuk disampaikan dengan menggunakan banyak media. Berpendapat adalah merupakan hal yang melekat di zaman sekarang dan jika kita perhatikan hal ini menjadi penting dan masyarakat harus sadar pentingnya kebebasan berpendapat.
  • Microsoft merilis Digital Civility Index (DCI) alias indeks keberadaban di dunia digital. Indonesia menempati posisi terbawah dari 9 negara Asia Pasifik
  • Kebebasan berpendapat harus disampaikan dengan pantai :
  1. Hindari opini provokatif: Pentingnya opini masyarakat tetapi kita harus memikirkan apakah yang disampaikan itu bersifat provokatif atau tidak. Sebagai orang yang ingin menyampaikan sebuah opini, sebuah statement/pernyataan adalah hal yang sangat sakral, kita tidak tahu apa yang kita sampaikan belum tentu bisa diterima semua kalangan
  2. Mengetahui Isu Secara Detail : Dalam mengemukakan pendapat kita perlu mengetahui terlebih dahulu dalam informasinya agar kita beropini dapat dengan jelas dan terarah. Jadi, hal-hal yang kita sampaikan tidak hanya untuk berpendapat saja namun juga dapat untuk mengedukasi persoalan bahkan memberikan solusi.Cara yang paling mudah untuk menggali informasi yang kita dapatkan adalah dengan melakukan riset seperti berita di halaman internet atau media sosial. Nah, dari hal itu kita dapat mengetahui valid atau tidak nya, benar atau salah keberadaan pendapat kita itu.
  3. Memikirkan Terlebih Dahulu Pendapat yang Akan diSampaikan: Terkadang dalam menyampaikan pendapatnya, manusia tidak memikirkan terlebih dahulu dampak yang mungkin ditimbulkan dari pendapat yang disampaikan. Bisa saja, pendapat yang disampaikan justru akan merugikan diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, sebelum pendapat disampaikan, perlu dilakukan kajian dan analisis yang mendalam untuk meminimalisir terjadinya konflik, kecuali memang sengaja membuat isu tertentu agar terjadi suatu keadaan yang diinginkan.
  4. Menyampaikan dengan Sopan dan Santun : Menyampaikan pendapat sebaiknya disampaikan dengan cara dan bahasa yang baik dan sopan. Seseorang tidak dianjurkan untuk menyampaikan pendapat dengan cara yang tidak dikehendaki agar tidak memicu konflik. Hal ini juga sangatlah penting.
  5. Peraturan Pemerintah Mengenai Berpendapat UU ITE pada Media Online : Penting kita ketahui bahwa pada saat ini di Indonesia telah diberlakukan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (disingkat UU ITE) atau Undang-undang nomor 11 tahun 2008 adalah UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi pada media online secara umum.
  6. Apabila ada seseorang yang menyampaikan pendapat melalui konten di media online dan ada seseorang atau kelompok atau yang sebagai objek merasa dirugikan (pencemaran nama baik atau berunsur SARA), maka konten tersebut menjadi alat bukti untuk menuntut secara hukum. Konten yang dimaksud dapat berupa komentar, foto, dan video.

Talks 4 : Keamanan Digital : Bahaya Pornografi dan Pelecehan Seksual di Ruang Digital

( Perma Bakti, M.Pd )

  • Jakarta, Selular.ID – Media sosial berkontribusi paling besar penggunaan internet di dunia. Berdasarkan Survei Hootsuite tahun 2021 mencatat pengguna internet di dunia telah mencapai 4,66 miliar jiwa. Dari jumlah tersebut, sebesar 4,22 miliar merupakan pengguna media sosial.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia, merumuskan pornografi sebagai: penggambaran tingkah laku secara erotis dengan lukisan atau tulisan untuk membangkitkan nafsu birahi. bahan bacaan yang sengaja dan semata-mata dirancang untuk membangkitkan nafsu birahi/seks.
  • Pornografi : dari bahasa Yunani πορνογραφία (pornographia) secara harafiah tulisan tentang atau gambar tentang pelacur, adalah penggambaran tubuh manusia atau perilaku seksual manusia secara terbuka (eksplisit) dengan tujuan membangkitkan birahi (gairah seksual).
  • DEFINISI UU No 44/2008 tentang Pornografi adalah gambar, sketsa, ilustrasi, foto, tulisan, suara, bunyi, gambar bergerak, animasi, kartun, percakapan, gerak tubuh, atau bentuk pesan lainnya melalui berbagai bentuk media komunikasi dan/atau pertunjukan di muka umum, yang memuat kecabulan atau eksploitasi seksual yang melanggar norma kesusilaan dalam masyarakat.
  • Dampak Negatif Paparan Pornografi Online pada Anak Remaja
  1. Menganggap normal kekerasan seksual
  2. mendiskriminasikan dan merendahkan perempuan
  3. mendukung kekerasan dan pelecehan pada perempuan
  4. Membahayakan kemampuan anak untuk membangun dan menjaga hubungan yang sehat Risiko kecanduan dari konsumsi pornografi dapat menjadi masalah
  5. Tidak bisa mengontrol diri
  6. Sulit menjalin hubungan dengan orang sekitar
  7. Kekurangan gairah dalam kegiatan sehari-hari
  8. Prestasi menurun
  9. Mudah sekali emosi
  • Bentuk pelecehan seksual : ancaman seksual, di mana korban dipaksa berpartisipasi dalam perilaku seksual online, atau diperas dengan konten seksual. Misalnya, melecehkan atau memaksa seseorang untuk membagikan gambar seksual diri mereka secara online, mengancam mempublikasikan konten seksual baik gambar, video, rumor, untuk mengancam, memaksa, atau memeras seseorang.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

 

Question And Answer

Penanya :

NAMA : Hendyt Wijayanto

NARASUMBER :POPY SOVIA

PERTANYAAN :Kak mau nanya nih, bagaimana sebaiknya respon bijak kita terhadap netizen” yang tak beradab seperti itu ? Karena bingung juga, diingetin ngelunjak dibiarin malah keasyikan komen begitu terus diberbagai akun lain akhirnya menyebar kebencian 🙃

Jawaban :

Kalau menanggapi netizen yang berkomen menyebalkan saya pribadi pertama saya harus rela meluangkan waktu untuk mengedukasi karena itu tindakan yang cukup baik, jadi kisah kasih tau baik – baik dan jika karena memang dia cari masalah kita hapus dan blok saja.

Penanya :

NAMA : Vita Ovie

NARASUMBER : ABDULLAH

PERTANYAAN : “selama pandemi ini sudah banyak temen temen yg buka usaha online shop sendiri. nah ada juga temen yg pengen buka online shop tapi mikir “klo uda pada buka online shop, nanti siapa yg mau beli punyaku?” ini ada saran atau tipsnya kak? terimakasih”

Jawaban :

Jadi yang pertama adalah midisite harus ditanamkan setiap orang punya rezeki masing – masing dan ketika kita melihat peluang divalidasi dulu peluang itu menghasilkan tidak, perlu banyak bertanya dan belajar apalagi saat ini ada google dan youtube untuk mencari info.

 

Penanya :

NAMA : Laila Nur

NARASUMBER : CHYTIA

PERTANYAAN : Bagaimana cara kita melawan pelaku jika kita menjadi korban ujaran dari dunia digital entah body shaming ataupun di toxic in bahkan penyalahgunaan foto pribadi tanpa izin? apakah perlu ditegur atau di diamkan saja?

Jawaban :

Pertama kita tenang dulu, lalu kita bodo amat karena jika orang ngomong seperti itu mencari panggung saja, karena ada tipe orang seperti itu dan sosial media sudah mendukung anti bullying dan ada tombol report dan blok. Dan jika sudah parah kita bisa melaporkan.

 

Penanya :

NAMA :  Vaisal Raju Siahaan

NARASUMBER :PERMA BAKTI

PERTANYAAN :bagaimana cara kita sebagai orang dewasa/ orangtua utk memperbaiki mental anak yang sudah kecanduan oleh video porno?

mohon penjelasannya pak

Jawaban :

Jadi paling baik itu mencegah, anak kecil kita jauhkan dan jika sudah ada yang mengalami paling pertama adalah kita dampingi jangan divonis karena anak nanti tambah depresi, lalu anak diajak bicara baik – baik dan jauhkan hal – hal yang mengingatkan hal berbau pornografi. Yang ketiga usahakan otak itu ada bagian dopamin yang sejenis enzim yang membuat rasa bahagia dan itu harus seimbang.

 

Foto Bersama


Bagikan updated
Bontang