Press Release Bekali Masyarakat dengan Literasi Digital 5 Agustus 2021 – Berau

Bagikan updated

Moderator : Septi D Ajeng

LO : Shanas

Runner : venus, hentrizqa, faisal

Narasumber :

Local :

  1. Muhammad Mahfuzh Huda, Ph.D

2.Eva Marizza Bectaliya, S.Hut,. S.Pd

Nasional :

  1. Pongky Barata

KOL :  Ekta Maghfiroh

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika:

  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Bupati Berau

  1. Sri Juniarsih Mas, M.Pd.
  • berdasarkan survey APDII di tahun 2020 pengguna internet di indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam sehari
  • diperlukan peningkatan literasi  digital bagi masyarakat berau untuk mengimbangi teknologi digital saat ini
  • program literasi digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi  di tingkat dasar madya mahir dan inklusif

 

Panelist 1 :

Keamanan Digital : Perlindungan Hak Cipta di Ranah Digital

– Pongky Barata 

Moderator :Mungkin bisa dijelaskan sedikit tentang hak cipta kak?

Answer : karya saya atau konten saya di ambil oleh pihak lain dan kemudian dimasukkan ke streaming seperti joox, spotify tanpa seizin saya. ketika kita memasukkan karya ke platform itu ada uangnya. lagu-lagu saya sudah rapi sudah tercatat dan terlindungi di pihak publisher yang bisa diturunkan, karya yang tidak izin yang tidak ada lisensi. digital sudah tidak ada pagarnya, semua orang bisa memasukkan karya di media sosial

Moderator :Apa saja sih yang diatur oleh hak cipta?

Answer : kita menggunakan acuan uud. hak cipta dalam uud tentang hak cipta.ketika kita membuat lagu dan lagunya lahir dan diwujudkan dalam rekamanan atau tulisan, undang-undang kita otomatis sudah melindungi. hak cipta menangui 2 hal yaitu hak moral dan hak ekonomi.

hak moral contohnya ketika kita menyanyikan lagu seseorang ada baiknya kita sebut ini ciptaan siapa. tetapi apabila hobi kita mengcover dan mengupload d youtube paling tidak di tulislah penciptanya siapa ditulis oleh siapa. sebuah karya pasti ada penciptanya.

hak ekonomi, di youtube kita bisa mendapatkan uang dari iklan. ketika si video dapat uang dan penciptanya tidak dapat uang disini adalah masalh. ketika kita meng cover lagu belum tentu penciptanya mendapatkan hak ekonominya.

Moderator :Apakah sebuah foto/video seseorang di sosial media itu memiliki hak cipta?

Answer : kalau kita membicarakan karya cipta foto itu termasuk.  kalau foto itu di jual kita mendapat uangnya. foto video. setiap karya cipta memiliki hak cipta dan hak moral. kita jadi berhati2 untuk mengunduh sesuatu.

Moderator :Apa saja sih yang memiliki hak cipta di ruang digital?

Answer : kita pastikan dulu bahwa semua orang yang ada di konten sudah mendapatkan bagiannya atau sudah mendapatkan izinnya. ketika beriklan menggunakna lagu syaa harusnya anda mengurus sebuah lisensi, namanya sinkronisasi royalti. pastikan lagu itu ada yang punya, di tanya, harus izin, tanya sarat dan ketentuan. yang diperlukan adalah hak moral. paling tidak di tulis lagunya siapa ciptaanya siapa.

Moderator : pesan2 terakhir yang mau ditambahkan buat temen2 dirumah kak?

Answer : kita berikan hak moral kepada pencipta, kita mua posting lagu tulis penciptanya.

 

Talks 2 :

Etika Digital : Trik-Trik Mudah Mengungkap Berita Hoax

– Muhammad Mahfuzh Huda, Ph.D   

  • hoax adalah informasi bohong. terkadang sebuah pernyataan hanyalah miss informasi. hoax itu dibuat, dia tidak mengetahui kebenarannya. di dunia maya penyebaran hoax ini sangat masif. ada banyak kategorinya. informasi bohongnya sengaja dibuat bukan orang mendapatkan informasi salah
  • mengapa ada hoax : tujuan politisi, marketing, penipuan, dikenal, like, comment and perhatian. sejarah hoax tujuannya jelas politis dan fokus pada tujuan tertentu.
  • siapa saja yang rentan menyebarkan hoax : kurang berhati-hati dalam berpikir logis, kurangnya pengetahuan yang relevan, cocokologi yang sempurna sehingga orang-orang berpikir kalau masuk akal.
  • ciri-ciri hoax : to good to be true terlalu indah sebagai kenyataan , judul yang terlalu provokatif clickbait didesain untuk menimbulkan kemarahan, kecurigaan ataupun gairah berlebihan, sumber tidak jelas screenshoot ig WA tiktok bukanlah sumber yang kredibel, bias terhadap satu/pihak tertentu keberpihakan yang berlebihan dapat membuat seseorang mengucapkan kebohongan dan hal yang tak logis sekalipun
  • langkah strategis hoax : bersikap skeptis, mengecek sumber, klarifikasi dari ahli. mencari klarifikasi kepada ahlinya atau cek cumber jangan mengshre sesuatu yang belum jelas.
  • kenapa melawan hoax: berbagi pengetahuan, barbahaya bagi masyarakat, menyampaikan kebenaran.
  • apakah semua hoax harus dilawa : berdampak bgai banyak orang viral dan telah dikosumsi orang banyak, merusak persepsi masyarakat menyebabkan kebingungan dan kekacauan pikir di masyarakat, merugikan secara ekonomi promosi manfaat produk tidak masuk akal, menyesatkan.
  • strategi menuliskan counter hoax : pelajari calon pembaca, gunakan logika paling sedehana, gunakan sosok terkemuka, tuliskan dengan niat sharing.

Talks 3 :  Key Opinion Leader

Kecakapan Digital : Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital                             

Ekta Maghfiroh

  • apa itu dunia digital : gambaran umum yang berhubungan dengan modernisasi juga perangkat di dalamnya, wadah manusia modern melakukan segala kegiatan. kalau kita hidup di zaman milenial dan modern akan sangat penting mengenal teknologi, kalau tidak memanfaatkan kita akan rugi, banyak yang bisa diraup dari dunia digital. kalau kita hanya berdiam dan menunggu tidak akan menyelesaikan masalah.
  • membangun toko online. memulai pentingnya adanya niat dan belajar poin2 pentingnya di toko online. tidak mudah dalam membuka toko di online akan ada up and down. ada laku dan nggak laku. tapi poin pentingnya kita mempertahankan. selalu introspeksi jualan menjadi laku. harus berbeda dari toko lain, memiliki branding sendiri. jualan harus berbeda dari toko lain.
  • tidak bergantung pada pihak lain. kita pribadi harus memiliki terobosan sendiri, ide sendiri. tidak boleh mencontek punya orang atau copy paste dagangan orang. harus menjadi diri kita sendiri, menciptakan toko online kitas sendiri agar memiliki daya saing
  • konten tidak terlepas dari online shop dalam membuat konten yang menarik. ketika kita punya tiktok kita menuliskan d bio agar bisa masuk instagram kita dan wa.
  • shopee, tokopedia, lazada. ini beberapa yang bisa digunakan untuk jualan online. pintar-pintar melihat peluang
  • mahir mengaplikasikan gawai. ada editing bagaimana membuat konten dan video. mulailah dengan hal yang muda terlebih dahulu untuk nantik megembangkan nya.
  • kelebihan bisnis afiliasi: modal kecil bahkan tidak membutuhkan modal, sangat mudah untuk dimulai, Industri dengan keuntungan besar, Fleksibel, kerja dari mana saja, banyak produk yang bisa Anda tawarkan
  • tips menarik menjadi influencer : Carilah hal yang kamu minati, Bagikan ilmu/edukasi, Rapikan feed instagram, Update tren terbaru~fitur, Perluas networking, Konsisten, interaksi

Talks 4 :

Budaya Digital : Kiat Cegah Kecanduan Digital Pada Anak

Eva Marizza Bectaliya, S.Hut,. S.Pd

  • 4 perubahan atau kebiasaan akibat pandemi. dahulu yang bisa tatap muka secara langsung dengan anak-anak saat ini harus mengalami beberapa perubahan . dahulu bisa jalan dengan teman kesana kemari saat ini menjadi serba terbatas.
  • banyaknya korban akibat covid-19 yang mana korban nyawa yang memunculkan empati. adanya social distancing. masyarakat cenderung memenuhi kebutuhan pokoknya sjaa. untuk gaya hidup baru yang saat ini selama ppkm menjadi sama. stay at home tidak perlu keluar rumah bila tidak ada hal penting. semua aktivitas ibadah jadi dirumah. belajar pun demikian.
  • kenali generasi: generasi baby boomer, generasi x, generasi milenial, generasi z, generasi alpha.
  • lakukan atau buat jadwal aktivitas untuk anak. bila orangtua bekerja kontrol dulu komunikasinya, diperlukan pengawasan. diperlukan aktivitas fisik.
  • lakukan kegiatan rutin seperti makan bersama dengan anak. saat ini orangtua sibuk pegang hp anak juga pegang hp. kebersamaan waktu makan jarang terjadi. hal ini perlu diadakan kembali.
  • membuat aturan kesepakatan bersama. dibuat kesepakatan dengan anak. jika aktivitas pelajaran daring dimulai dari pagi sampai siang pemakaian perangkat hanya dipakai jam segitu setelah itu anda bisa istirahat memakai gadget. ketika hari libur baru boleh memakai gadget tetapi tetap diberikan waktu dalam menggunakan gadget
  • dipantau terus kegiatan daringnya. bila anak ada kegiatan pembelajaran daring sebaiknya ketika mengakses perangkat anak bisa didampingi oleh orang tua.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :

Nama : Astery Renita
Email : asteryrenita@gmail.com

No. HP : 0813‑5093‑4752

 

Bagaimana dengan platform yg kita kenal dan banyak digunakan yaitu aplikasi tiktok dimana sekarang ini banyak creator menggunakan lagu lagu di video tiktok dan mendapat keuntungan dr view tersebut namun lagu yg digunakan dalam video tidak mencantumkn penyanyinya apakah itu termasuk dalam pelanggaran?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Pongki Barata

Kalau kita bicara tiktok, tiktok sendiri platform yang sudah bekerjasama dengan pihak terkait yang memegang lisensi tersebut. Lalu prihal penulisan nama pencipta, kalau kita gambarkan kemajuan teknologi dan undang – undang kita tidak sinkron majunya. Undang – undang mengatakan ada penggunakan lagu maka pencipta akan mendapat hak moral dan hak ekonomi. Jadi apakah itu pelanggaran itu tergantung pengadilan nantinya. Namun jika kita berbicara pengunaan- penggunaan lagu kita baiknya menulis siapa nama penciptanya.

 

Penanya :

Nama : Kinda
Email : kindaki22@gmail.com
No. HP : 082187075588

 

Bagaimana caranya supaya kita dapat mengetahui berita tersebut Hoax, sedangkan semua informasi atau berita yang kita baca itu terlihat seperti kenyataan. Bagaimana caranya supaya kita dapat mengetahui berita itu Hoax atau tidak?

 

Jawaban :

–          Narsum 2 : Muhammad Mahfuzh Huda, Pd. D.

Ciri – ciri hoax kadang menggunakan kata – kata clikcbit yang menyebabkan kecewa, marah atau suka banget. Biasanya kalimat diawali dengan kata – kata “Ternyata” ini sudah lampu kuning dan kita harus sudah sadar ada kemungkinan ini hoax dan ketika kita membaca informasinya kita konfirmasi apakah ada oranglain yang mengatakkan hal tersebut dan pada media – media yang sudah kredibel.

Penanya :

Nama : Darmawati
Email : darma7032@gmail.com
No. HP : 085387121727

 

bagaimana cara kita mempromosikan produk kita kepada calon costumers sehingga mereka melirik dan tertarik dengan dagangann yang kita jual, dan apakahh kak ektha sendiri mempunyai tips untuk mengembangkan suatu produk yang kita juall sehingga bisa terkenal di masyarakat dann di terima dengann baikk.

Terimakasih 🙏🏻

 

Jawaban :

–          Narsum 3 : Ekta Maghfiroh

Poin sederhana yang bisa kita lakukan adalah promosi dan yang perlu kita tanamkan adalah bagaimana customer puas, misal kita fast respon saat menanggapi chat customer. Jadi jangan lengah tentang konten dan menyiapkan beberapa inovasi baru.

 

Penanya :

Nama : sandywibowo
Email : sandywibowo375@gmail.com
No. HP : 081346323357

 

pertanyaan penyampaian informasi yang efektif melalui digital bagi anak anak dan cara atau solusi kita sebagai orang dewasa ataupun orang tua agar anak anak yang di bawah umur terhindar dari website² atau iklan² yang berbahaya, contoh: iklan² atau website yang mengandung pornografi. Karna jujur saya sendiri sebagai orang dewasa pun sering mendapatkan iklan atau website yang mengandung pornografi, karena jika hal itu terus berlanjut akan menjadi hal yg tidak di inginkan orang tua ke anak tentang dunia digital ”

 

Jawaban :

–          Narsum 4 : Eva Marizza Bectaliya, S. Hut., S. PD.

Yang dikatakan benar kita dilema ketika memberi akses hp pada anak/ saoudara. Kita ada iklan seperti itu masuk kita bisa batasi, jika di android kita bisa menggunakan Ad Blocker begitu juga dengan PC/ Komputer. Ad Blocker juga kita kalau bisa menggunakan yang premium. Jadi proteksi juga dengan parenting control.


Bagikan updated
Berau