PRESS RELEASE BELAJAR BERSAMA DI DUNIA DIGITAL DI MASA PANDEMI 12 Juli 2021 – Sambas

Bagikan updated

Moderator : Ronald Andretti

LO : Zakki

Runner : Lamhot Sagala & Syarif Hamid

Narasumber :

Local :

  1. Amirudin
  2. Narti Prihartini ST, MT

Nasional :

  1. Malik Atmaja

KOL :  Rizky Rachmadani

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (Satono, S.Sos. I., M.H                                                                                        Bupati Sambas )

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

Talks 1: Kecakapan Digital : Digital Skills in Action : Sukses Belajar Online dengan Kemampuan Literasi Digital

– Amirudin, Guru SMA Negeri 1 Sebawi

 

  • Perilaku konsumtif adalah perilaku yang tidak didasarkan oleh pertimbangan rasional, 5 ciri konsumtif : Rasa gengsi yang tinggi, selalu ikuti trend hidup bermewah, ingin beda, menarik perhatian orang lain
  • produktif adalah sikap yang ingin terus berkarya, ada skala prioritas, kerja tuntas, fokus, memiliki banyak pertimbangan,,
  • cara mengubahnya: ganti pola hidup, jauhi tempat yang mengundang kita belanja kalau tidak benar

Talks 2: Kecakapan Digital : Pentingnya memiliki Digital Skills di Masa Pandemi

– Malik Atmadja, Founder & CEO MALIK ENTERTAINMENT

 

  • Dunia digital adalah tempat orang menghabiskan waktu sehari-hari, banyak gaya hidup dan perkjaaan digital, WFH, Online meeting dll, pekerjaan digital adalah pekrjaan tanpa kontak dan menggunakan internet , seperti penjualan dan pembelian onlone. bahkan pendidikan
  • Game juga sekarang bergeser jadi pekerjaan, , terdapat strategy, content, chanel, aplikasi. Aplikasi digital ada marketplace, fintech untuk pendanaan, edutech dan jasa layanan
  • Apa yang harus dimulai,? platform , dan konten yag berkualitas. Softskill dalam sosmed : manajemen waktu, public spekaing, adaptif, kecerdasan emosional, orientasi pelayanan, kreatif original dan inisiatif

Talks 3: Keamanan Digital : Yuk Pahami Fitur Keamanan di Berbagai Aplikasi Media Sosial

– Narti Prihartini, S.T., M.T, Kepala UPT Bahasa Politeknik Begeri Sambas, Network & Wes Programmer, Dosen Teknik Multimedia Politenik Negeri Sambas

 

  • Jejak digital merupakan potret diri kita sendiri
  • Keuntungan jejak digital
  1. Mempersonalisasi layanan dan konten masing-masing pengguna
  2. Personalilasi Iklan
  3. Membantu Perusahaan dalam memilih calon pekerja
  • Kerugian jejak digital
  1. Kebocoran data
  2. Merusak reputasi, karir, studi
  • Tips menjaga jejak digital tetap positif
  • Kelola jejak digital di sosial media
  • Reputasi online positif
  • Konten tidak merugikan diri sendiri & orang lain
  • Interaksi dunia digital positif
  • Instal & download apps di platform resmi

Hapus apps yang sudah tidak digunakan

 

Key Opinion Leader Etika Digital : Basic Knowledge dan Rules Usaha Online

– Rizky Rachmadani S.STAT, Owner Dasnack.id, Food Reviewer Promoting, Food Product and Creating Content Video

  • Unique Selling Point : Keunikan yang membedakan produk kamu dari usaha sejenis lainnya. Apa alasan konsumen harus membeli produk kamu bukan produk dari kompetitor.
  • Pilih Channel (tempat) untuk berjualan : Kamu dapat memilih e-commerce (seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dst). Tidak ada e-commerce yang lebih baik dari lainnya, karena semua disesuaikan dengan target pasar kamu. Terkadang penjual menggunakan beberapa e-commerce lebih dari satu untuk menjual produknya.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

RomlihAswad ,

085650837733,

romlihaswad1969@gmail.com

Pertanyaan ditujukan ke Pak Amirudin, Bagaimana caranya untuk menangani masalah anak anak yang putus sekolah akibat kecanduan digital atau Game Online apa kah ini tanggung jawab Guru, atau Orang tua siswa atau Pemerintah setempat ? minta penjelasannya…?

 

Jawaban : Pada saat ini sangat miris karena banyak siswa yang putus sekolah karena kecanduan game online dari sebuah penelitian, cukup memprihatinkan terutama bagi orang pendidik atau guru karena mereka adalah generasi masa depan. Kalau menurut arahan pak menteri tadi banyak yang turun minat belajarnya. Untuk tanggung jawab harusnya ini tanggung jawab kita bersama, terkait Kominfo sebagai stakeholder sudah memberi batasan penggunaan website bagi pelajar dan mungkin bisa memberi batasan pada pengguna game online. Keluhan guru seluruh Indonesia banyak siswa yang aktif bermain game online daripada mengikuti pelajaran.

–          Narsum 1 : Amirudin, Guru SMA Negeri 1 Sebawi

 

Nama : sridewisinta

No. HP :081257541115

Email : sintasintass59@gmail.com

Pertanyaan KPD: bp Malik Atmaja

apa pendapat bapak tentang kemajuan IPTEK di masa mendatang ?

 

Jawaban : Dunia teknologi ini nantinya tidak lagi sebagai keinginan kita tapi bakal jadi kebutuhan kita, bahkan semuanya sudah menggunakan teknologi. Developer rumah pun sekarang memasang sensor mengaplikasi kan rumah dengan smartphone, untuk membuka pintu, menyalakan lampu, dan menu makanan di restoran saja sudah menggunakan scan barcode dulu. Dunia teknologi ini harus kita ikuti jangan sampai tertinggal oleh negara tetangga dan untuk masa mendatang dunia teknologi akan berkembang cepat entah 5x lipat atau 10x lipat kita tidak tau juga, kita harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi

–          Narsum 2 : Malik Atmadja, Founder & CEO MALIK ENTERTAINMENT

 

nama: Nicholas Yordan

no hp:083852061882-Dana/Gopay

email: nicholasyordan143@gmail.com

pertanyaan ke:IBU NARTI

JIKA DATA PRIBADI KITA DI HACK DAN PELAKU MELAKUKAN TINDAKAN KRIMINAL MENGGUNAKAN DATA KITA.APAKAH KITA AKAN MENDAPAT DAMPAK AKIBAT PERBUATAN PELAKU TERSEBUT?

Jawaban : Kepolisian cyber pasti akan mengecek yang menggunakan akun tersebut real tidaknya, setiap yang login ke akun medsosnya maka trek recordnya akan terlihat dari mana, kapan aksesnya. Maka akan kelihatan dan kita bisa bilang bukan kita yang melakukan.

–     Narsum 3 : Narti Prihartini, S.T., M.T, Kepala UPT Bahasa Politeknik Begeri Sambas, Network & Wes Programmer, Dosen Teknik Multimedia Politenik Negeri Sambas

 

Nama : Nurulfiqihan

No. HP : 083125644213

Email : sebawi@gmail.com

Pertanyaan : kepada kak danis, apa saja yang harus kite perhatikan saat memulai bisnis, dan bagaimana cara mengatasinya, sekian terimakasih

 

Jawaban : Pertama kalau mau memulai bisnis harus niat dulu dan juga siap menghadapi resiko saat kalian memulai bisnis. Ada satu case persaingan harga toko satu dengan yang lain, yang pertama kalian harus menonjolkan value produk punya kalian semisal barang yang di jual sama kalian harus bisa lebih fast respon dari toko lain, memberikan hal unik dari packaging, dan pengiriman yang cepat, riset pasar sebelum memulai

–     KOL : Rizky Rachmadani S.STAT, Owner Dasnack.id, Food Reviewer Promoting, Food Product and Creating Content Video


Bagikan updated
Kalimantan Barat Sambas