Press Release Bijak Bermedia Sosial Di Era 4.0 – Kutai Timur 11 Oktober 2021

Bagikan updated

Moderator : AULIA MAWARDHIKA

LO : Betty

Runner : Venus

Narasumber :

Local :

  1. Hasrul,S.S.,M.Pd Guru Bahasa Inggris di SMAN 2 Sangatta Utara
  1. Dirgan Aswar Mahasiswa (Alumni Berprestasi SMAN 2 Sanggatta Utara)

Nasional :

  1. dr. Fiska Suratmono Medical Doctor & Entrepreneur, Owner @the_crown_clinic

KOL : Anna Rachmawati Co-Founder Sosial Media Management Agency, Content Creator

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si

Bupati Kutai Timur

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Setempat melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Panelist 1 : Keamanan Digital : peran orang tua terhadap anak tentang keamanan internet di dunia digital

– dr. Fiska Suratmono

Medical Doctor & Entrepreneur, Owner @the_crown_clinic

  • Apa itu Internet ( Interconnected Network ) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia.
  • Revolusi Digital adalah Perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital (1980). Sayangnya, tidak semua pendidik, orang tua dan masyarakat memahami atau bahkan memiliki keterampilan dalam penggunaan media digital. Ketidak pahaman inilah yang melahirkan persoalan dalam penggunaan media digital secara positif dan proporsional.
  • Dampak Positif pada anak : a)  Akses informasi lebih cepat dan mudah. b)  Tumbuhnya inovasi teknologi digital yang memudahkan pembelajaran daring c)  Meningkatnya kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. d)  Munculnya berbagai sumber belajar seperti perpustakaan online, media pembelajaran online,diskusi online yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

 

Talks 2 : ETIKA DIGITAL : Sudah tahukah kamu dampak penyebaran berita hoax?

– Hasrul,S.S.,M.Pd

Guru Bahasa Inggris di SMAN 2 Sangatta Utara

  • Apa itu phising?

– Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

 

  • Jenis phising
  1. Email Phishing

– Email phising menggunakan media email untuk menjangkau calon korbannya.

– Jumlah aksi email phising ini cukup banyak. Menurut data, terdapat 3,4 miliar email palsu yang dikirimkan setiap harinya.

 

  1. Spear Phising

– Spear phising adalah jenis dari email phising. Bedanya, alih-alih menggunakan pengiriman email secara masif dengan calon korban yang acak, spear phising menarget calon korban tertentu. Biasanya, teknik ini dilakukan setelah beberapa informasi dasar calon korban dimiliki, seperti nama dan alamat.

 

  1. Whaling

– Whaling adalah langkah phising yang tidak hanya menarget individu secara spesifik, tapi juga individu yang memiliki kewenangan tinggi di suatu organisasi, misalnya pemilik bisnis, direktur perusahaan, manajer personalia, dan lainnya.

– Dengan demikian, jika tindakan whaling ini berhasil, akan banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari akses yang didapatkan.

 

  1. Web Phising

– Web phising adalah upaya memanfaatkan website palsu untuk mengelabui calon korban. Website untuk phising akan terlihat mirip dengan website resmi dan menggunakan nama

domain yang mirip. Hal ini disebut domain spoofing.

  • Bagaimana Sebuah Aksi Phishing Dijalankan?
  1. memilih calon korban
  2. menentukan tujuan phising
  3. membuat website phising
  4. calon korban mengakses website phising
  5. Calon korban mengikuti instruksi pelaku
  6. Data korban akan dimanfaatkan

 

  • Tips agar tidak menjadi korban phising
  1. Selalu update informasi terkait phising
  2. Selalu cek siapa pengirim email
  3. Jangan asal klik link yg diterima
  4. Pastikan keamanan website yg diakses
  5. Gunakan browser versi terbaru
  6. Waspada ketika dimintai data pribadi
  7. Cek akun online anda secara rutin
  8. Gunakan two factor authentication
  9. Lakukan scan malware secara berkala

 

Talks 4 : BUDAYA DIGITAL : Mengenal lebih jauh cara menyuarakan pendapat di Dunia Digital

– Dirgan Aswar

Mahasiswa (Alumni Berprestasi SMAN 2 Sanggatta Utara)

  • Jejak Digital atau Digital Footprint, adalah tapak data yang tertinggal setelah berselancar di internet yaitu data yang secara sengaja atau tidak sengaja dibuat dan ditinggalkan oleh pengguna.
  • Jejak digital Aktif, merupakan data yang secara sengaja ditinggalkan oleh pengguna, misalnya unggahan foto di facebook, memberi like di unggahan instagram, atau pun tinggalan komentar. Jejak digital Pasif adalah data yang ditinggalkan tanpa disadari oleh pengguna seperti, rekam jejak rute perjalanan saat kita menggunakan Google Maps, atau alamat IP kita yang terekam pada server sewaktu kita sedang mengunjungi suatu laman informasi.
  • Masih banyak orang meninggalkan komentar kasar atau menyampaikan informasi hoax di ranah online. Masih banyak pula masyarakat yang belum memahami mengenai kerahasiaan data, seperti misalnya data diri KTP dll. Padahal jejak digital yang berisi informasi pribadi sangat rawan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Data tersebut dapat diselewengkan untuk kepentingan pribadi oleh orang lain, yang dapat merugikan si pemilik data. Jejak digital itu bersifat abadi maka masyarakat dihimbau untuk harus berhati-hati dengan dunia maya. “Mari kita isi konten yang bersifat positif, mari kita perbanyak ke

 

Key Opinion Leader KECAKAPAN DIGITAL : Must Have Tools for Content Creator

– Anna Rachmawati

Co-Founder Sosial Media Management Agency, Content Creator

  • Revolusi industri 4.0 dikenal dengan era digitalisasi di mana hampir seluruh kegiatan terintegrasi dengan internet dan menggunakan big data. Pada era ini menghadirkan perusahaan baru yang tidak besar, tetapi bergerak dengan cepat.

Di samping munculnya perusahaan baru, banyak pekerjaan yang digantikan oleh robot. Dengan demikian, setiap orang harus mempelajari keterampilan baru lagi agar tidak tergantikan. Akan tetapi, digitalisasi pun menghadirkan beberapa pekerjaan dan usaha baru yang banyak memanfaatkan teknologi dan internet.

  • Peluang usaha dan pekerjaannya, yaitu seperti:
  1. FreelanceR

Contoh: Designer, Copywriter, Animator, hingga Video Editor.

  1. E-Commerce

bisnis e-commerce di rumah. Barang-barang dapat dijual lewat segala jenis platform yang tersedia.

  1. Dropshiper/RESELLER

produsen akan mengirimkan langsung barang ke pelanggan.

  1. Digital Marketing
  • freelance
  • kontrak
  1. Konten Kreator

Membuat konten tentang apa saja yang menarik: YouTuber, Selebgram, Vloger dan lainnya.

Peluang pekerjaan yang lain lagi seperti:

  1. Trader Saham, Investor hingga Pialang Saham Seorang trader dan investor bisa memantau pasar keuangan dan melakukan transaksi jual beli aset dimanapun ia berada bahkan dari rumah sekalipun.
  2. Pengajar hingga penerjemah

Pembelajaran secara online semakin umum dilakukan sejak pandemi COVID-19. Para pengajar atau guru pun bisa membagikan ilmunya lewat internet.

  1. Konsultan

Menjadi konsultan yang sesuai dengan profesionalisme kita. Interaksi dengan klien kini lebih mudah, bisa dilakukan dari jarak jauh, lewat platform Zoom, Google Meet, dan lainnya.

  1. Event Planner, Social Media Specialist dan SEO Specialist

Banyak organisasi dan usaha yang pasti memerlukan orang khusus untuk mengelola akun-akun media sosial mereka kan? Nah, ini dia jenis pekerjaan yang paling dicari.

  • Cara agar bisa mendapatkan peluang pekerjaan pada masa era digitalisasi ini adalah:
  1. Start Up
  2. Pilih peluang yang ada di sekitar kita autodidak, copy paste, gradualy (step by step)
  3. Scale up
  4. teamwork, focus, upgrade skill and capital
  5. corporate strong n solid teamwork, capital, business expansion

 

Informasi lainnya yg disampaikan oleh Moderator:

  • Tata tertib berlangsungnya webinar
  • Cara peserta memenangkan gimmick dan absen+posttest
  • Kesimpulan materi dari setiap narasumber

 

Question And Answer

Penanya :

Nama : Tatak Adi Subagyo

No. HP : 082136571641

Email : tatakadisubagyo@gmail.com

Pertanyaan :

  • Mohon izin bertanya pak, kalau kita ketemu seseorang menyebarkan berita hoaks dan kita tahu berita sebenarnya yang mungkin saja belum diketahui banyak orang, bagaimana caranya kita memberitahu kepadanya bahwa apa yang dia beritahu adalah berita hoaks selagi kita tau fakta sebenarnya tanpa menimbulkan perpecahan di antara kedua belah pihak. Terima kasih

Jawaban :

  • Narsum 2 :
  • Kita bisa melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu. Jika posisinya di ruang publik, kita ajak si penyebar berita ke tempat yang privat dan kita jelaskan bahwa berita tersebut Hoax.
  • Kita harus memberitahukan situs untuk mengecek berita itu benar atau bohong.
  • Penyebar berita bohong bisa mengakibatkan kita terkena UU ITE

Penanya :

Nama : Silvana Astianti

No. HP : 087810660482

Email : silvanaast12@gmail.com

Pertanyaan :

  • bagaimana mengatur jadwal/memanajemen waktu untuk membuat konten kak? karena kan kalau toolsnya banyak, aplikasi editingnya banyak, prosesnya jadi lama. sedangkan orang2 yang benar2 berprofesi sebagai content creator itu harus bikin banyak konten sehari

Jawaban :

  • Narsum 3 (KOL) :
  • Untuk membuat konten tidak harus menggunakan tools yang saya sampaikan tadi.
  • Mengatur jadwal terlebih dahulu dalam 1 minggu, Senin Nulis, Selasa Edit, Rabu Design dan Kamis kita posting.
  • Tidak harus membuat banyak konten untuk menjadi konten kreator, Yang penting kedepankan Quality dari pada Quantity

 

Penanya :

Nama : Friza Aprilia

No. HP : 085781669414

Email : frizaaprilia@gmail.com

Pertanyaan :

  • kadang saat kita menyampaikan pendapat untuk tujuan yang baik, ada saja pihak yang nyolot. bagaimana agar diskusi yang berujung pertengkaran di sosial media itu tidak terjadi?

Jawaban :

  • Narsum 4 :
  • Kita harus sadar, posisi kita hidup dalam nilai-nilai kemasyarakatan dalam bingkai-bingkai pancasila dan berpedoman dalam UUD 1945. TIndakan yang sifatnya preventif, ini juga berkaitan dengan sila ke-3 Pancasila. Sebaikanya kita balas dengan baik dan sopan.

Penanya :

Nama : Roberto Wiliam Sinaga

No. HP : 085754518134

Email : robertowiliamsinaga@gmail.com

Pertanyaan :

  • Mohon izin bertanya. Dimasa pandemi ini pelajar dan masyarakat diharuskan menggunakan internet dan gawai sebagai media utama dalam proses belajar dan bekerja sehingga beresiko terkena internet addiction disorder. Izin meminta tips nya dok agar pelajar bisa aman tanpa takut terkena internet addiction disorder dalam mengikuti pelajaran menggunakan gawai dan internet. Terima kasih

Jawaban :

  • Narsum 1 :
  • Selalu bagi waktu kita kapan menggunakan gadget, kapan untuk berinteraksi dengan teman diluar.

Manfaat kan waktu dalam berselancar di dunia digital, Rasa euforia akan timbul dalam berinternet, jadi kita harus bisa bijak dalam berinternet

 

Foto Bersama


Bagikan updated
Kutai Timur