Press Release Bijak dan Pintar Dalam Memasuki Era Digitalsasi 19 Agustus 2021 – Kutai Barat

Bagikan updated

Moderator : Septi Diajeng

LO : Shanaz

Runner : Venus

Narasumber :

Local :

  1. Awang Ramadhani Saputra

2.Fransiska Yuni FItria

Nasional :

  1. Hexananta Suyuti

KOL : Indriana Irma

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Nama, Jabatan)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Barito Selatan melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

 

Talks 1: Keamanan Digital : Menjaga dan Mendidik Anak Di Era Digital

(Awang Ramadhani Saputra-Kepala Sekolah SMK SINAR ABADI KUTAI BARAT)

  • elektronik contohnya handphone sudah semakin besar ada Android dan iPhone dan sebagainya makanya dunia digital ini berkembang dengan cepat untuk kita bahkan banyak Kebanyakan orang tua yang belum masih yang masih apa ya menggunakan analog anaknya yang sudah menggunakan dunia digital saat ini kita lanjut nah disini kita Jelaskan disini kita menonton dalam melakukan perubahan menjadi dampak-dampak itu ada dampak positif maupun dampak negatif dari kedua dampak tersebut itulah yang akan menjadi tantangan ini merupakan Tantangan untuk kita kedepan semuanya
  • makanya di era digital ini ada hal yang positif dan ada juga hal yang negatif yaitu dari dampak yang negatif tersebut itu yang akan kita ulas sebenarnya karena kebanyakan pengguna pengguna penggunaan sosial media ini dampak negatif dari penggunaan media digital itu yang menjadi permasalahan sekarang kalau kita lihat selanjutnya dampaknya itu ada dua ya positif dan negatif kalau kita lihat kalau kita lihat dari dampak positifnya dahulu itu ada kita lihat dulu sedikit ada informasi yang cepat kalau kita lihat memang di dunia digital sekarang kita mendapatkan informasi yang sangat cepat yang di mana sebelumnya kita mendapatkan informasi yang cukup lama contoh bertukar kabar gunakan surat dan lain sebagainya saat ini kita sudah menggunakan handphone Sehingga dalam hitungan detik pun kita sudah bisa mendapatkan informasi kemudian dampak positif juga apalagi meningkatkan sumber daya manusia dan teknologi informasi dan komunikasi nah ini dampak positifnya banyak pengguna teknologi informasi dan komunikasi ini memanfaatkannya menggunakan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai untuk berdagang atau berjualan itu itu sangat sangat bagus ya kalau kita lihat karena apa namanya Di mana kita dapat mempromosikannya dengan kita sehingga itu lebih cepat itu kemudian juga ada dampak positifnya ada tumbuhnya inovasi nah ini
  • contohnya kalau kita lihat di Indonesia sekarang ini udah ada beberapa aplikasi yang kita gunakan itu dari era digital ya ada toko hijau ada juga merah kalau kita bilang gitu ya Nah ada juga di bidang pendidikan ada namanya ruang guru meja kita dan lain sebagainya Itu inovasi inovasi terbaru yang ada di Indonesia yang sudah digunakan untuk digital kemudian kalau kita lihat lagi apa sih dampak negatif yang menjadi permasalahan kita di era digital saat ini di sini kalau kita lihat dampak negatifnya anak-anak terlatih berpikir pendek dan kurang konsentrasi kalau kita lihat gambar yang warna pink itu itu gambar animasi anak kurang konsentrasi Memang karena apa dia Di mana anak-anak tersebut itu merupakan kecanduan-kecanduan menggunakan peralatan digital ini yang menjadi permasalahannya negatifnya adalah kecanduan menggunakan peralatan digital

 

Talks 2: Kecakapan  Digital : Tantangan dan Peelianng Pembelajaran Jarak Jauh Saat pa

(Fransiska Yuni Fitria, S.Pd, M.Pd., Gr- Dosen dan Guru)

  • berkembangnya tahu ketika awal demi itu kita susah juga dengan munculnya rumah belajar untuk belajar dari rumah karena memang tidak semua bisa mengakses internet adalah ada lagi kolaborasi bareng jadi pembelajarannya kapanpun dan dimanapun bersama dengan orang lain mamanya kolaborasi kita juga berkolaborasi pembelajaran Mandiri kapanpun dan dimanapun tadi yang saya bilang bawa bisa diakses kapan saja raja di atas video pembelajaran 1 akses video tersebut Kapan aja Di mana aja secara mandiri secara mandiri
  • nggak ada nggak ada juga yang saya alami atau murid saya tuh saya nggak nggak punya pacar. padahal sebenarnya Bagaimana menyampaikan kepada mereka itu paham Gimana caranya kita online tapi itu tetap tersampaikan tugasnya yang sama tetapi Bagaimana menyampaikan makan tadi itu tugasnya terus dikasih

Panelist 1 : Etika Digital : Bijak diKolom Komentar

(Hexanantha Suyuti )

Moderator :

Bully di media sosial ada-ada aja gitu kan itu bukan panggung yang saya memang Melayu. saya saya selesaikan pekerjaan saya ketawa-ketawa aja gitu

komentarnya negatif

nggak ada nggak ada juga sekitar 3 bulan yang lalu kebenaran Saya pengen lagu Ini Mbak gitar lagu Hanya Ingin Kau Tahu Republik lagunya YouTube chord gitar dan lain-lain woi salah tuh kayak gitu kata dia ya sayang buat lagunya saya yang lagunya

mungkin sayangnya kurang sama latihannya Ya tapi kalau misalkan udah update status apapun tentang keluarga dan apapun itu

merespon ya seprti apa kak?

cara memasak cara memasak pete sayang balesnya karena menurut saya pribadi ya selama itu belum menyentuh keluarga-keluarga yang ada undang-undang hukum itu Bodo amat ya

negatif komen di media sosial yang contoh-contoh negatif itu seperti apa saja Siapakah bentuknya provokasi atau buly?

kepribadian kekurangannya nah itu jadi ini terlalu luas sekali tapi untuk kali lagi mungkin basah yang sama atau lebih harga diri seseorang karena akan berkomunikasi dengan orang lain itu ya punya kaki punya perasaan ya harusnya lebih baik lagi alangkah lebih baik kalau kita

harus tahu bahwa sebenarnya yang tadi saya bilang kita berkomunikasi dengan manusia gitu bukan dengan tumbuhan dengan batuk itunya dia kita harus tahu dan juga akan berbeda-beda menerima komentar itu ada yang seperti saya mungkin bodo amat bahkan di luar negeri kan harusnya 90 diri karena komentar itulah itulah pentingnya kita mengetahui

 

bagi korban yang menerima bullying atau negatif komen harusnya responnya seperti apa sih sampai tidak terjadi dengan tindakan untuk bunuh diri?

 

itu beda-beda sih kecuali kalau dia sudah melanggar undang-undang

 

.pernah melakukan pelaporan nggak atau mungkin bukan tapi jadi teman terdekat keluarga pernah mendengar pengalaman mereka tidak dengan melaporkan tindakan kejahatan negatif??

ada orang kita kasih barangnya Barangnya nggak bagus dan lain-lain pada kamu berikan kami berikan sesuai dengan apa yang kita tulis di deskripsi. kalau untuk saya saya masih agar-agar untuk anak-anak

lebih baik juga memberikan komentar-komentar itu tapi yang menguras emosi gitu sampai akhirnya memberikan teguran atau memberikan edukasi kepada para pelaku?

kita selesaikan dengan baik Pakai emosi karena kalau udah beda lagi urusannya pasti udah pasti jadi kita tetap senang juga belum pernah merasakan sesuatu

ada tips dan trik kak?

Jangan lupa kita tahu kita Aku mau follow siapa Instagram YouTube dan lain-lain karena kita follow itu kita akan menjadi bentuk dari Cermin Dan kita Maksudnya kita bisa lihat cara orang tua kepada anaknya gimana caranya semoga anak itu mau menuruti apa maunya orang tua semua hal yang memberikan sudah pasti positif untuk anaknya

menurutkamu baca jika ada manusia yang punya perasaan senang hati kita harus lebih hati-hati lagi kita menghargai lagi

Answer :

  • Narsum 1 :
  • Narsum 2 :

 

Key Opinion Leader

(Indriani Irma ST –  Social Media Enthusias)

  • adalah situs dari akses marketplace nya sendiri itu sangat mudah diakses untuk para pemula bisa belajar gitu misalkan kayak kita belum tahu banget. tidak harus salinguntuk pemula yang sebaiknya membuat Instagram Instagram itu membuat dengan username yang sesuai dengan apa yang kita jual itu Misalkan kayak untuk fashion bisa kan selanjutnya kita juga harus punya shopee atau Tokopedia membuat akun shopee harus menyamakan jadi dari Instagram itu sama aja itu mereka Langsung oh iya Ternyata kita itu sebagai pelaku UMKM harus menawarkan gitu karena orang-orang yang lebih tertarik kayak diskon atau potongan harga dari Rp65.000 jadi Rp4.500 beli satu gratis satu dengan yang lain itu untuk menarik perhatian masalahnya di sini aku mau sedikit berbagi juga 8 strategi jualan orang lain agar pertama itu membuat nama toko yang menarik dan mudah diingat itu Jadi kalau misalkan untuk pelaku UMKM jangan sampai kayak buat nama tokonya itu yang itu yang orang-orang susah susah mengingat dari

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk selalu aktif bertanya di kolom chat, dan selalu mute audio, dan jangan coret-coret layar
  • Ada hadiah untuk penanya terpilih dan yang mengupload keseruan acara di feed ID dengan folllow dan mention IG siberkresi
  • Jangan lupa untuk mengisi absen dan mengejakan soal postest dan pretest untuk mendapatkan e-sertifikat

QnA

Penanya :   sekolah mau bersemangat untuk melakukan literasi digital dalam bidang pelajar

 

Jawaban : materi yang menarik untuk mengikuti pelajaran pelajaran pelajaran apresiasi untuk putra-putrinya. tugas tenaga pendidik dan orang tua harus tetap mengawasi membantu mengarahkan Supaya apa supaya anak itu konsisten dengan pembelajaran yang pada saat itu

 

Penanya :  baik dari Romaria dengan pertanyaannya Bagaimana menghilangkan kecanduan tanah terhadap handphone dan lain-lain dengan tidak membuat anak merasa dipaksa

 

Jawaban : kan Ini kebanyakan anak-anak itu tertarik dengan game-game dan sebagainya maka sebaiknya gini pacar aplikasi di Android itu sudah punya batasan-batasan ada yang mempunyai fitur untuk anak-anak jadi kita kasihkan aplikasi yang bisa hanya digunakan oleh anak-anak begitu kita buatkan satu fiturnya kita gunakan fitur dari pembatasan kuota kalau kita gunakan pembatasan kuota otomatis anak tersebut dia tidak bisa menggunakan handphone ketika kuotanya sudah habis dia sudah punya fitur-fitur yang membatasi kemudian Apa namanya kalau misalkan anak tersebut masih bermain game itu kita dan kita coba buat

 

Penanya :  bisa bersaing secara nasional dengan pelaku UMKM di daerah lain terutama di daerah Jawa mengingat adanya perbedaan biaya ongkir yang jauh antara di Kaltim dan Jawa apakah ada saran untuk pelaku UMKM di Kaltim untuk mengatasi hal tersebutaku sedikit memberikan saran itu untukmu yang di sana sebaiknya yang tadi udah aku bilang coba untuk membuka toko di marketplace gitu ya karena di beberapa market itu Mereka menyediakan gratis ongkir Rp50.000 jadi untuk bicarakan kaya aku orang yang rp58.000 itu kan ketika Kakak dan aku pakai kupon gratis ongkir itu itu kan jadi ketika mengupas kirim yang harus aku bayar sebesar Rp8.000 karena ada potongan gratis ongkir gitu ya jadi aku hanya bisa membayar ongkos kirim itu sebesar Rp18.000

 

Penanya :  atau media yang terbaru biasanya ada kendala dalam media tersebut atau kendala pada jaringan

 

Jawaban : awal mula itu memang biasanya mengalami kejenuhan dalam pelajaran jarak jauh dalam memberikan materi maupun istilahnya juga bisa dipakai macam-macam ya teman-teman itu nggak hanya dari Google Voice jadi kita juga bisa itu dengan semacam itu saya rekomendasikan untuk menggunakan atau takut kayak anak-anak sekolah itu sendiri..dia punya ketertarikan game memasukkannya ke dalam bentuk game Jadi pakai itu ya jadi seru banget seru banget.ujian mau yang agak lebih lagi apa gitu ya Yang ini baru saya itu kalaupun cepet ya teman-teman pengajian untuk beradaptasi dengan teknologi apapun yang aja kalau pun tidak mengajari caranya tab-nya mereka terbiasa jadi pengajar lain menggunakan sudah jadi pengalaman saya ini.


Bagikan updated
Kutai Barat