Press Release Bijal Bertransaksi di Era Digitalisasi 28 Juli 2021 – Kapuas Hulu

Bagikan updated

Moderator : Amal Bastian

LO : Angel

Runner : Waridi dan Dian

Narasumber :

Local :

  1. fajar bahari
  2. rezka yulianty

Nasional :

  1. grandika primadani

KOL :  calvino samudra

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (Fransiskus Diaan, S.H,Bupati Kapuas Hulu)

  • Sambutan Bupati Kapuas Hulu tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Talks 1: Budaya Digital : Peran Literasi Digital Mindset Konsumtif Menjadi Lebih Produktif

(Grandika Primadani,Oil and Gas Professional)

  • Pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat – alat komunikasi, atau jaringan dalam prosed menemukan, mengevaluasi, menggunakan, dan membuat informasi, serta memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum. Individu memiliki seperangkat pengetahuan yang memungkinkan penggunaan dasar media. Terdapat penggunaan media yang terbatas. Pengguna mengetahui fungsi dasarnya, menggunakannnya untuk tujuan spesifisk dan untuk menentukan alat.Berdasarkan riset, cenderung lebih mengarah kepada literasi media, literasi teknologi informasi dan komunikasi, dan literasi informasi. Sejauh ini belum terlihat kepada gerakan yang mengarah kepada keterampilan belajar, keilmuan digital, manajemen dan karir dan identitas, dan komunikasi dan kolaborasi.
  •  Pola pikir digital bukan hanya kemampuan untuk menggunakan teknologi, namun merupakan sikap dan perilaku yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi digital dalam melakukan berbagai aktivitas. Membangun otoritas pada bidang tertentu yang bernilai tinggi dalam personal branding, kemudian secara aktif menyajikan topik tertentu bagi netizen / target bisnis.
  • Produktif di media digital merupakan bentuk pengembangan diri (self-development) yang tak ternilai valutasinya.

 

Talks 2: Kecakapan Digital : Pilih Mana : Nabung atau Belanja Online?

(Fajar Bahari, S.Pd.,Pegiat Literasi dan Guru)

  •     Menurut KBBI menabung adalah menyimpan uang di celengan, pos, bank, dan sebagainya. Selain itu modern ini menabung adalah kegiatan mengumpulkan dana/benda berharga/surat berharga/dan atau lainya yang bernilai jual dalam jangka waktu tertentu dan tujan tertentu oleh individu maupun kelompok.
  •   Menabung modern merupakan cara menabung dengan bekerjasama dengan jasa yang menyediakan layanan menabung seperti bank dan platform investasi online dengan berbagai layanan yang disediakan di era modern ini.
  •     Online shopping atau belanja online via internet, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet, atau layanan jual-beli secara online tanpa harus bertatap muka dengan penjual atau pihak pembeli secara langsung. Transkaski yang dilakukan dalam belanja online bisa dilakukan dengan menggunakan layanan E-Wallet dan E-Money

Talks 3: Keamanan Digital : Tips dan Trik Aman Bertransaksi Digital

(Rezka Yulianty Ananda, S.Pd.,Penulis)

  •     Mengurangi kegiatan/aktivitas di luar rumah. Transaksi digital menjadi solusinya. Transaksi digital menjadi metode pembayaran yang digunakan masa sekarang hingga masa depan nanti.
  •     Kata sandi menjaga data penting pada sebuah akun. Jangan menggunakan kata sandi yang mudah karena berisiko mudah diretas. Maka dengan rutin  mengubah kata sandi dapat mencegah pencurian data. Usahakan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda pada setiap akun. Pastikan agar kata sandi merupakan perpaduan angka, huruf, maupun simbol
  •     One-time password atau OTP adalah perlindungan ekstra yang diberikan melalui pesan singkat (SMS) Untuk keamanan, jangan pernah memberikan OTP ke sembarang orang sekali pun yang meminta mengaku dari pihak platform.

 

Key Opinion Leader: Etika Digital : Bijak Berkomentar di Ruang Digital (Market Place)

(Calvino Samudra, C.H., C.Ht., C.Pd., IBH C.I., C.M.NLP., C.BA.,President Commisioner of PT. Angkasa Citra Sukses)

  • E-commerce adalah toko digital dimana anda dapat melakukan pembelian dan/atau penjualan barang atau jasa melalui internet, serta melakukan transfer uang dan data untuk menyelesaikan penjualan. Ini juga dikenal sebagai perdagangan elektronik atau perdagangan internet
  • E-commerce merupakan disrupsi dalam dunia perdagangan. Calon pelanggan memiliki lebih banyak pilihan online daripada sebelumnya dan dapat meneliti produk serupa di beberapa toko dalam hitungan menit. Menurut Park and Lee dalam Journal of Interactive Marketing, Vol. 23 No. 4, 2009, pp. 332-340 menyampaikan “Usefulness of reviews is the degree to which consumers believe that reviews would facilitate their purchase decision-making process.” Oleh karena itu, komentar pada E-commerce merupakan salah satu faktor terpenting karena dapat menjadi hambatan dalam membangun kepercayaan dan hubungan dengan pelanggan mereka.
  • Setelah memahami dampak dari komentar di e-commerce, anda harus dapat menguasai diri dan memberikan komentar berdasarkan fakta dengan cara yang tepat. Ketika akan mengemukakan komentar, pastikan anda memahami point-point yang ingin dikemukakan, Hal ini sangat penting agar anda dapat menggabarkan, dan/atau mengekspresikan komentar anda dengan lebih terarah. Memberikan komentar dengan tidak terarah, serta tidak berdasarkan fakta, dapat merugikan diri anda sendiri karena meninggalkan jejak digital, juga dapat berdampak terhadap keberlangsungan dari produk/jasa tersebut.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk mematikan video dan microphone selama proses webinar dan menjaga protocol kesehatan.
  • Share event ke Instagram Feed, dan tag Instagram Siber Kreasi dan menggunakan hashtag #MakinCakapDigital #Siberkreasi #LitDigKal1228.
  • Adanya hadiah menarik berupa pulsa atau paket data bagi 10 (sepuluh) penanya terbaik.

QnA

Penanya :

Nama : Gilang Mighfar

Email:gmighfar@gmail.com

No hp : 082256141249

Kepada : Grandika Primadani

 

Pertanyaan : Pak saya ingin bertanya pada tahun 2045 mendatang kemerdekaan negara republik indonesia telah mencapai usia 100 tahun pada masa inilah indonesia ditargetkan memiliki generasi emas yang mampu membawa kebangkitan dan kemajuan negara tetapi selama masa pandemi saat ini pemuda pemudi indonesia berada dalam situasi yang sangat sulit dalam memutuskan bagaimana rencana dan masa depan mereka di masa mendatang.pertanyaan nya adalah apakah dengan literasi digital pemuda-pemudi indonesia mampu untuk mewujudkan generasi indonesia pada tahun 2045 yang akan datang dengan memanfaatkan literasi digital ?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 :  Semua akan tergantung kepada semua teman-teman yang mengikuti webinar literasi digital kali ini bagaimana bisa teman-teman nantinya bisa menyerap ilmu dan mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari. Karena nantinya generasi teman-teman lah yang akan menjadi generasi penerus dan pemimpin di masa depan. Mungkin bisa dimulai dari hal yang paling kecil yaitu bagaimana kita bisa menjadikan diri kita menjadi pribadi positif yang dikenal diluar melalui karya kita. Dan harapannya itu bisa menjadi multiple effect kepada teman-teman di sekitar kita. Dan harapannya bisa merambah ke level yang lebih tinggi yaitu ke level regional dan internasional.

 

Penanya :

Nama: rony

Email :sronny905@gmail.com

No HP : 085211414516

Kepada : Fajar Bahari, S.Pd.

 

pertanyaan : asalamualaikum ,saya mau bertnya,apakah aman untuk menabung di aplikasi2 yg tertera diplaystore seperti yg disampaikan bapak?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Untuk ekamanan kita memilih aolikasi untuk investasi ada beebrapa Kalau aplikasi tersebut bergerak di bidang keuangan harus diawasi oleh OJK. Bukan berarti keamanannya 100%. Namun minimal kita bisa melakukan peninjauan ulang terkait aplikasi tersebut dengan cara literasi digital. Artinya kita lihat siapa yang mengawasi marketplace atau ecommerce tersebut apakah ada OJK nya dan izinnya. Sehingga kita bisa merasa lebih aman dalam melakukan investasi.

 

Penanya :

Nama : Minartik

Email :Minartik_minartik06@gmail.com

No. HP : 083165621636

Kepada : Calvino Samudra, C.H., C.Ht., C.Pd., IBH C.I., C.M.NLP., C.BA

 

Pertanyaan : Bagaimana cara mengedukasi kepada pesaing kita di e-commerce yang dengan sengaja membeli produk kita untuk memberikan review buruk agar rating produk kita jelek? Dan bagaimana pula cara agar pembeli kita bisa memberikan review tanpa kita paksa? Mengingat banyak pembeli yang tidak suka memberikan review.

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Cutomer akan memberikan kerelaan ketika produk yang yang diterima itu bagus. Jadi ketika kita ingin mendapatkan review yang bagus maka buat customer kita terkesima dengan memberikan pelayanan yang baik. Temen-teman bisa memberikan direct message ke customer sehingga. Apabila ada customer yang memberikan review yang jelek sebenarnya malah membangun. Artinya ada sesuatu yang harus kita benahi dari bisnis kita. Apabila kita sudah berbenah namun masih tetap ada yang memberikan review jelek terhadap barang kita maka biarkan customer kita yang lain yang menilai. Namun apabila ada yang sengaja memberikan review buruk terhadap produk kita maka kita jalik komunikasi terhadap customer tersebut. Kita tanyakan apa alasan mereka melakukan hal tersebut.

 

Penanya :

Nama : Indira

Email :Indira_indi.nandini@gmail.com

No HP : 082210509698

Kepada : Rezka Yulianty Ananda, S.Pd.

 

Pertanyaan : Apa jika kita menggunakan wifi berbayar seperti Indihome itu tidak termasuk wifi public dan data kita aman untuk mengaksesnya?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Walaupun dia berbayar dan ada kodenya juga namun kita menggunakannya dengan orang lain itu artinya wifi tersebut termasuk wifi public. Seperti halnya di resto atau kedai kopi. Jadi ketika kita menggunaakan wifi public maka alangkah baiknya kita hindari melakukan transaksi onine karena akan ada resiko pengambilan data-data pribadi kita.

 


Bagikan updated
Kapuas Hulu