Press Release Bikin Konten yang Aman dengan Literasi Digital 21 Agustus 2021 – Balikpapan

Bagikan updated

Moderator : Dika Putra Wijaya

LO : Bram

Runner : Afnan & Apid

Narasumber :

Local :

  1. Agus Ikhsan
  2. Maryanti Ose Hello

Nasional :

  1. Oleg Sanchabakhtiar

KOL :

Fannisa Liviandra

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika: (Samuel Abrijani Pengarapan B. Sc):

  • Program literasi digital menjadi jawaban atas era disrupsi teknologi saat ini.
  • Kehadiran pandemi dan berkembang pesatnya teknologi mengubah cara kita beraktifitas, sehingga teknologi sebagai bagian dari masyarakat.
  • Menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk meningkatkan literasi digital pada masyarakat
  • Mendidikan masyarakat bukan hanya pada kemampuan menggunakan teknologi digital saja , namun juga bagaimana masyarakat cermat dalam menggunakan teknologi.
  • Adanya berbagai inisiatif kegiatan diharapkan semakin mendorong meningkatnya literasi digital masyarakat.
  • Mempersiapkan sdm yang sesuai dengan kecakapan era digital.
  • Dengan kondisi pandemi maka akan mempercepat pula proses tranformasi menuju era digital, maka dibutuhkan kerjasama yang bersifat menyeluruh dan kontinyu oleh segala elemen.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( H. Rahmad Mas’ud, S.E., M.E. – Walikota Balikpapan)

  • Sesuai Arahan visi Presiden, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah menyusun sebuah Peta Jalan Literasi Digital Tahun 2021-2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat dibidang Teknologi dan Informatika Komputer dan Digital serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.
  • Peta Jalan Literasi Digital dirumuskan dalam empat kerangka dalam menyusun Kurikulum Literasi Digital yaitu : Digital Skills, Digital Ethics, Digital Safety dan DIgital Culture.
  • Untuk mencapai Target Masyarakat yang cakap digital diadakan acara secara serentak selama 7 bulan pada tahun ini yang dimulai di bulan Mei dengan dilakukannya Kick Off atau Pembukaan oleh Bapak Presiden serta Menteri Komunikasi dan Informatika demi tercapainya pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, memanfaatkan secara sehat bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menanggulangi penggunaan Teknologi Digital oleh seluruh lapisan masyarakat secara tidak baik

 

Talks 1: Kecakapan Digital : Tips dan Trick cara membuat konten yang menarik bagi Generasi Milenial Creative

(Oleg Sancabhaktiar)

  • konten bisa disebut menarik dan punya nilai positif bagi generasi millenial : menarik adalah yang menyenangkan hati sedangkan positif adalah yang memiliki energi yang baik dan positif
  • Berkawan adalah saling menghargai intelektual dan emosi. Intelektual adalah totalitas pengertian atau kesadaran, terutama yang menyangkut pemikiran dan pemahaman. Emosi adalah keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis.
  • Generasi Milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980 hingga 1995. Konten disebut sebagai konten yang menarik dikarenakan menyenangkan hati, membuat hasrat untuk memperhatikan sampai selesai. dan yang membangkitkan niat baik untuk membagikan kepada orang lain. Sedangkan konten dianggap memiliki nilai positif adalah konten yang memiliki energi yang baik dan berdampak baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
  • Konten dianggap menarik dan memiliki nilai positi karena memiliki berkualitas isi dan kemasan sesuai marketnya, berkualitas mudah ditemukan, berkualitas mudah dibaca dan bisa dibagikan, bagus akan selalu diingat. .

 

Talks 2 : Keamanan Digital : Rekam Digital di Ranah Pendidikan

(Agus Ikhsan)

  • Rekam jejak digital merupakan segala rekaman atau bukti yang ditinggalkan setelah beraktivitas di internet dan terekam melalui komputer atau alat digital lain.
  • Rekam jejak digital meliputi mencari dan berkunjung ke situs, aplikasi yang menggunakan GPS, like and follow pada media sosial, mendengarkan musik online, nonton komen di youtube, games online, donwload aplikasi, pengiriman email dan belanja online.
  • Keamanan digital adalah suatu bentuk konsep dan upaya dalam memberikan perlindungan terhadap aset dan informasi digital yang dimiliki suatu individu atau kelompok.
  • Jenis jejak digital adalah jejak digital aktif yang berupa jejak digital yang ditinggalkan penggunanya dan jejak digital pasif yang dibuat tanpa disadari.
  • Jenis informasi yang dianggap resiko keamanan digital adalah data identitas diri, data pembayaran pribadi dan kesehatan pribadi.

 

Talks 3 : Key Opinion Leader

Budaya Digital : Internet Addiction, How Much is it too much

(Fannisa Liviandra)

  • Kita mengandalkan penggunaan internet untuk aktifitas sehari-hari ditengah pandemi. bersosialisasi, belajar, bekerja dan belanja. Ketagihan terjadi karena adanya pengalaman yang menyenangkan sehingga merangsang produksi dopamin atau hormon bahagia di otak.
  • Jenis-jenis kecanduan internet adalah cybersex addiction, net compulsion, , cyber relationship addiction, compulsive information seeking and gaming addiction.
  • Kamu yang kendalikan tubuh untuk menggunakan internet atau internet yang akan punya kendali terhadap tubuhmu.
  • ketika hal itu terlalu berlebihan akan menyebabkan mood swing, gangguan pola tidur, depresi dan gangguan cemas, masalah kondisi fisik, kehilangan teman di dunia nyata, konflik dengan anggota keluarga, rusaknya produktifitas dan kehilangan pekerjaan.
  • Triknya dengan plan the agenda and stick with it, focus and mindfullness, set your bounderais, alihkan fokus, don’t let anyone or anything to control you.

 

Talks 4 : Etika Digital : Cara Berinteraksi di Dunia Digital sesuai Etika

(Maryanti Ose Hello)

  • Alasan pembelajaran Online masa depan karena terjadi perubahan atau revolusi pendidikan offline ke online. Konsep pendidikan tradisional offline telah berubah secara radikal, hadir secara fisik di kelas bukan menjadi pilihan belajar lagi karena telah muncul internet dan teknologi baru.
  • Manfaat LIterasi digital yaitu Menghemat Waktu, Tetap terhubung, Mudah mengambil keputusan, Tetap gembira, Faktor keselamatan, Mudah mendapat informasi, Belajar lebih cepat dan efisien, Dapat mempengaruhi dunia, Tetap mempunyai pekerjaan, Memperluas jaringan, Ramah lingkungan, Menambah ilmu dan keterampilan, Berpikir kritis inovatif kreatif dan Selalu melahirkan ide dan solusi
  • etika dalam berkomunikasi sebagai perangkat norma, aturan pedoman yang mengatur perilaku manusia baik yang harus dilakukan atau ditinggalkan yang dianut sekelompok masyarakat. Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antar 2 orang atau lebih sehingga pesan berita yang dimaksud sampai dan dapat dipahami.
  • Etika komunikai digital adalah selalu ingat tulisan adalah perwakilan dari kita, mengendalikan emosi, menggunakan kesantunan, menyadariposisi kita, menggunakan tulisan dan bahasa yang jelas, menghargai privasi orang lain, yang diajak berkomunikasi adalah manusia dan tidak memancing perselisihan.

 

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :  Ardelia

bagaimana cara meningkatkan literasi digital dalam masa sekarang. terutama pada anak-anak yang lebih memilih game online ?

Jawaban :

  • Narsum 2 : Di dunia digital ada istilah asesmen nasional yang menjadi pengganti ujian nasional. di Asesmen Digital itu ada penilaian literasi dan numerasi. bagaimana dia bisa menyelesaikan masalah itu dan numerasi lebih ke memecahkan masalah berupa matematika atau number. kalau sekarang siswa sudah belajar dari rumah dengan google meet misal dll itu merupakan bagian dari literasi digital juga. untuk meningkatkan siswa agar aktif di literasi dan lebih mengurangi bermain game, maka sekolah memberikan tugas yang bertujuan untuk membangun literasi. jadi ada kerjasama antara orang tua dan sekolah, orang tua yang harus melihat anak dan komunikasi dengan sekolah juga.

Penanya :  Claranita

Bagaimana cara mencegah anak dari kecanduan internet. apalagi sekarang sekolah banyak menggunakan gadget dan orangtua bekerja jadi kurang pengawasan ?

Jawaban :

  • Narsum 3 : memberi batasan ke anak dan memberikan plan ke anak pada pukul berapa boleh menggunakan gadget. diluar keperluan sekolah anak harus melakukan sesuatu dulu baru mendapatkan reward misal main gadget selama berapa jam begitu. ada kompromi antara ibu atau orang tua dan anak. mencari aktifitas lain untuk membuat hormon bahagia pada anak.

 

Penanya :  Qulum Rafiq Zaki

siapa saja yang perlu berperan dalam literasi digital ?  dan metode apa saja yang efektif untuk literasi digital ?

Jawaban :

  • Narsum 4 : semua pihak sangat berperan dalam literasi digital ini. pemerintah memberdayakan digital ini dalam 3 hal yaitu digital education dari guru, murid, masyarakat; digital ekonomi yang didalamnya ada pengusaha, UMKM; dan Digital Goverment yaitu tokoh masyarakat, pemerintah.

 

Penanya :  Viki

Dimana dan bagaimakah kita mendapatkan karya kita agar dapat mendapatkan perlindungan hak cipta ?

Jawaban :

  • Narsum 1 : HAKI bisa untuk rahasia dagang, hak moral. Bisa didaftarkan di HAKI nanti prosesnya berbulan-bulan untuk pengecekan baru disahkan dan ada biaya. contoh dari sebuah nama aja dipatenkan.

Bagikan updated
Balikpapan