Press Release Cepat dan Tanggap Hadapi Kejahatan Dunia Maya 5 Agustus 2021 – Balikpapan

Bagikan updated

Moderator : Aulia Mawardka

LO : Brama

Runner : Robertus Ferdian & Afnan

Narasumber :

Local :

  1. Drs. Armin, M.T.

2.H. Muhammad Faisal, S.Sos., M.Si

Nasional :

  1. Risda Citra Yogyanita

KOL : Venerabella Arin

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika:

  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( – H. Rahmad Mas’ud, S.E., M.E                                                                             Walikota Balikpapan     )

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Barito Selatan melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1: Keamanan Digital : Jenis-jenis penipuan di Internet dan Cara Menghindarinya

– Risda Citra Yogyanita  – Marketing & Business Development

  • dari luar negeri dikirim dalam waktu beberapa hari saja itu juga dulu adalah merupakan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila belum ada internet kemudian juga untuk hal-hal seperti hal-hal yang sangat simpel seperti mematikan atau menyalakan lampu dulu itu harus langsung pencet saklarnya sekarang kita bisa mengendalikan itu semua cuman dengan jaringan internet jaringan nirkabel yang wireless jaringan wireless kemudian kita tinggal klik saja dari handphone kita sudah bisa menyalakan lampu bahkan Menyalakan AC menyalakan televisi Asalkan kita punya aplikasi untuk alat tersebut kini semuanya dipermudah dengan adanya internet dan juga dengan adanya alat-alat canggih yang mengikutinya dan ternyata sesuatu hal yang sepertinya tidak mungkin untuk dilakukan ini karena adanya sumber-sumber data dari internet juga bisa digunakan oleh orang lain kemudian adanya atau penipuan dari dunia maya
  • Di internet yang pertama itu penyebab-penyebab terjadinya orang bisa terjebak penipuan di internet itu yang pertama adalah faktor psikologis dari faktor psikologis yang sepertinya penipuan itu meyakinkan Kemudian dari secara psikologi kita Oh iya nih bener nih kalau di dalam dunia yang seperti sekarang ini masa pandemi Semuanya serba susah setiap ada jenis penipuan apapun yang mengatasnamakan hadiah mengatasnamakan kemudahan-kemudahan yang akan kita dapatkan secara psychologist kita pastinya akan cepat percaya ya cepat percaya karena ia nih bener nih Itu faktor psikologis yang pertama adalah yang paling menentukan yang ada di internet Kemudian yang kedua dan yang ketiga ini sepertinya saling bertautan faktor edukasi dan juga faktor ekonomi jadi tidak adanya edukasi kemudian juga faktor ekonomi yang mengikutinya jadi karena faktor ekonominya kurang baik kemudian kurang mendapatkan faktor kurang mendapatkan edukasi tentang adanya penipuan ini itu juga bisa menyebabkan terjadinya Anda atau mungkin orang di sekitar
  • Anda terjebak penipuan di internet jadi dengan adanya faktor edukasi ini point kedua ini saya salut sekali untuk teman-teman dari kemkominfo yang sudah menyelenggarakan acara ini jadi supaya nanti apa yang saya jelaskan apa yang menjadi pengalaman saya dan juga pengalaman orang-orang di sekitar saya bisa dihindari oleh peserta dari seminar kali ini yang paling umum yang paling banyak terjadi jenis-jenis penipuan di internet yang pertama adalah scan Kemudian yang kedua sosial yang ketiga adalah yang ke-4 5 adalah saya akan Jelaskan satu persatu secara rinci disertai dengan mengalami atau mungkin menghadapi atau mungkin di ceritain tentang penipuan penipuan sejenis ini anda sudah bisa Waspada

 

Talks 2: Budaya Digital : Budaya Dapat Terbentuk sari Cara Berkomunikasi Sosial

– H. Muhammad Faisal, S.Sos., M.Si – Kepala Dinas Diskominfo Prov. Kaltim

 

  • membentuk dan mempengaruhi kehidupan bumi pada tahun 1952 dan akhirnya kita dalam beberapa tahapan yang semakin jadi tablet makin banggadi pendukung dari penemuan telegraf telepon panjang-panjang sampai sekarangtelepon panjang-panjang semua tari tabel

setelah ketemu elektronik kelompok orang-orang mulai berbicara dengan mudah berbicara dengan banyak orang kita bicara ini yang disebut dengan konvergensikitab itu 3,7% atau 200 juta jiwa atau naik 15% dari tahun 2004 sebanyak 4%, telepon genggam 95/96 dan itu pun juga mungkin usia dini atau memang bergerak kemudian gunakan Dari menggunakan HP dan ketinggalan dompet HP aku tinggal diambil dari komputer pada tanggal orang Indonesia menghabiskan 14 menit170 ini yang menjadi perhatian kita mudah-mudahan bisa positif dan negatifnya Bagaimana cara kita berusaha untuk mendapatkan manfaat besar dari ini inilah peluang tantangan bagi kita tetap orang Indonesia orang Indonesia yang aktif

  • catatannya apapun yang 2020 tren sosialnya adalah plafon mobil video berbagi tingkat berkirim pesan dan kemudian lagi pada fenomenal total penonton video digital mulai kemudian dia pengguna aktif kemudian ternyata
  • hari ini akhirnya kita terima kasihKalimantan Timur saya di Provinsi Kalimantan yang di Kaltim nggak bisa di rumahnya nggak bisa menangkap sinyal apa lagi tapi tetap mampu beli handphone

dangdut ini kompetitornya atau lawan ini ini yang saya enggak tahu bagaimana Harus mengatasi 1 buah setiap hari setiap hari positif negatif dari perkembangan budaya politik dalam kopi adalah 4 setelah internet setelah handphone setelah telekomunikasi dan multimedia menjadi sebuah budaya begitu Jangan sampai ketinggalan manfaatkan secara maksimal kemudian Mari sama-sama kita sosialisasi literasi digital kemudian

Mari sama-sama Dik sekarang ini dengan data-data yang tidak dapat yang terus berkembang penggunaan internet penggunaan HP dan bagaimana organisasi

Talks 3: Kecakapan Digital : Bijak Bermedia Digital

– Drs. Armin, M.T.  – Dosen

 

  • yang saya ambil dari asosiasi penyelenggara jasa internet Indonesiaitu pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196 juta jiwa dari kita mungkin saat ini jauh lebih dari 200 200 200 buayapesanan sosial yang saat ini paling sering digunakan
  • pesan singkatdi bawah ini manakah yang paling sering digunakan orang-orang Indonesia itu Facebook 8% yang tidak pernahada beberapa saran
  • nggak boleh sembarangan itu kan aku bisa mengaturnya

aplikasi kan ada yang ketiga jaga etika sopan santun itu tidak hanya diperlukan di dunia nyata tetapi di dunia maya pun kita harus menjaga sopan santunTidak semua orang itu menyampaikan segala sesuatunya sesuai keinginannya tanpa memperhatikan dan juga jangan langsung percaya

tapi yang kita tidak tahu

kita bisa cari di Google tapi nomor 5 itu gambar ini Dalam rangka apa ya kenapa kita tidak tertipu dengan gambar-gambarnya dikatakan dalam kasus dalam kegiatan ini tidak mengetahui Sumber berita berita itu benar dan menarik pasti akan diliput oleh berbagai media media cetak akan memberitakan 1 lebih itu kemungkinan besar yang ada beberapa situs yang bisa kita gunakan kita kunjungi untuk melihat apakah data atau informasi itu hoax atau fakta

informasi itu fakta atau hoax

Panelist 1 : tidak ada

Moderator :

Answer :

  • Narsum 1 :
  • Narsum 2 :

 

Key Opinion Leader

Etika Digital : Sexual Harrasment dalam Dunia Digital                           

– Venerabella Arin –   TV presenter – Duta Wisata & Duta Bahasa  

  • dia tidak secara langsung melakukan kekerasan seksual tapi konten yang diunggah itu melecehkan kaum perempuan ini perlu kita ketahui mungkin ada beberapa orang yang tidak sadar kalau apa yang mereka lakukan ini adalah bagian dari kekerasan seksual berbasis online termasuk ini menjadi keprihatinan Bapak Ibu teman-teman semuanya bahwa di masa pandemi ini yang memang Semuanya serba digital angka kekerasan seksual pun juga turut meningkat kekerasan seksual secara online sepanjang tahun 2020 sampai dengan 2021 ini kasusnya meningkat dari 241 kasus menjadi 940 kasus banyakan Bapak Ibu teman-teman berapa persen peningkatannya Dan ini menjadi suatu PR besar untuk kita semuanya menghentikan kasus kekerasan tersebut seperti apa seperti apa yang mungkin terjadi di kehidupan kita sehari-hari 1 ada dalam bentuk pendekatan untuk memperdaya atau grooming kemudian juga ada bentuk pelecehan online tadi kemudian juga ada dalam tari disampaikan juga ya kemudian ada dalam bentuk konten-konten illegal content kemudian juga ada kekerasan dalam bentuk pelanggaran privasi selain itu juga ada bentuk tabel yaitu berupa ancaman distribusi foto atau video pribadi ya tanpa persetujuan dari pihak-pihak terkait dan juga ada salah satunya adalah pencemaran nama baik Selain itu juga ada salah satu bentuknya adalah recruitment online banyak sekali setidaknya ada 8 bentuk dari kekerasan berbasis gender online sebenarnya semuanya bisa menjadi korban dari Bahkan bukan hanya perempuan pria pun laki-laki juga bisa menjadi korban dari San berbasis gender secara online nya misalnya ya salah satunya yang sering menjadi korban dari adalah orang yang terlibat dalam hubungan intim misalnya Apa hubungan pacar atau mungkin juga suami istri pun juga bisa menjadi korban dari Om soalnya yang kemarin sering saya jumpai juga banyak teman-teman remaja yang curhat ke saya dan teman-teman ya dalam tabel jenis kondisi maupun mereka sering menjadi korban dari pacarnya yang sering minta foto yang bisa difotoin area area intimnya ya dan kemudian ketika hubungannya pasir akhirnya foto tersebut disebabkan karena merasa kecewa kemudian balas dendam akhirnya disebarkan naik sendiri atau mungkin orang yang memiliki hubungan suami istri akan terjadi kemudian bisa juga misalnya seorang jurnalis kemudian juga artis pun bisa mendapatkan pelecehan seksual atau mungkin influencer selebgram dan sebagainya banyak profesi profesi yang juga rawan mendapatkan kekerasan seksual berbasis online Selain itu ia juga sering menjadi korban adalah mereka teman-teman yang menjadi penitas atau pernah menjadi korban dari penyerangan fisik secara langsung dapatkan kekerasan seksual secara langsung juga seringkali mendapatkan kekerasan secara online seperti itu misalnya ada body shaming oleh teman-teman di sekitarnya juga ketika dia memposting foto juga mendapatkan kekerasan seksual komentar atau mungkin dalam bentuk hal-hal yang melukai atau mungkin hal-hal yang membuat pribadinya merasa barang sampai tidak pantas untuk mengunggah foto dan sebaiknya Apa saja sih sendiri luar biasa ternyata bapak ibu teman-teman dampaknya ini cukup mengerikan bahkan juga ada teman-teman kita korbankan yang cenderung ingin melakukan bunuh diri dia merasa tidak pantas dia merasa tidak layak untuk berinteraksi dengan kehidupan sosialnya akhirnya kemudian menarik diri dan bahkan ada yang sampai beberapa kali melakukan percobaan bunuh diri sangat mengerikan krisis ekologis pasti dia akan merasa depresi tertekan merasa tidak pantas merasa dilecehkan merasa aku kotor dan sebagainya dan akhirnya dia merasa diasingkan secara sosial mungkin

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk selalu aktif bertanya di kolom chat, dan selalu mute audio, dan jangan coret-coret layar
  • ada hadiah untuk penanya terpilih dan yang mengupload keseruan acara di feed ID dengan folllow dan mention IG siberkresi
  • jangan lupa untuk mengisi absen dan mengejakan soal postest dan pretest untuk mendapatkan e-sertifikat

QnA

Penanya :  Bagaimana cara meakinkan orang tua kita bahwa untuk mengecek kebenaran berita?

Jawaban :

–          Narsum 1 : dan juga pengalaman beberapa teman lain yang justru itu kenapa kominfo menggencarkan acara gue pintar literasi digital ini adalah supaya nantinya anak-anak muda atau mungkin orang-orang yang mengikuti Seminar ini bisa lebih untuk mengedukasi orang tua yang dirasa lebih mudah percaya Karena secara faktor psikologis nya orang tua itu kita tahu sendiri bahwa kalau kita dari kecil mungkin sudah mengenal apa yang namanya internet itu karena dirimu awal-awal saya juga ketika masih kecil Saya yang mengajari mama dan papa saya untuk berinternet ya dan itu mungkin yang pertama adalah itu jadi kaget jadi orang tua itu merasa hal ini belum pernah terjadi dalam kehidupan sebelumnya terutama di masa mungkin masa SMA atau masa jadi orang tua kita mungkin belum ada yang namanya internet Justru itu sebagai kita sebagai generasi muda yang sudah dari kecil terbiasa dengan internet itu bisa lebih mengedukasi kepada orang tua jadi gampangnya seperti ini saja mungkin boleh diinfokan Mengapa Jangan sembarang forward Jadi pertama biasanya dari forward dulu kalau misalnya orangtua sudah nggak gampang forward info-info fishing atau mungkin info info hoax lainnya nanti itu akan sedikit meredam untuk semakin tersebar ke orang-orang orang lain Jadi yang pertama adalah jangan Diberitahukan kepada orang tua di edukasi kan bahwa jangan sering-sering format-format jadi mungkin nanti ayah Atau ibunya boleh diberi tahu untuk kalau misalnya Mama atau Papa mau sholat dulu tapi nggak yakin sama informasinya mungkin boleh-boleh di-forward dulu ke ke anda jadi ke anaknya nanti supaya anaknya bisa kroscek kira-kira berita ini benar atau tidak yang pertama itu Jadi kalau misalnya ada berita apa pun yang ingin Mama atau Papa for what Ayah atau Ibu nanti boleh disampaikan dulu saya anaknya gitu ya kemudian kalau misalnya sudah terlanjur terformat atau barangnya sudah terlanjur ter klik cara dikasihnya adalah Mungkin mama atau katanya bisa di edukasi seperti ini hati-hati kalau misalnya sudah sembarang nanti data malam atau apa yang dikasih oleh bisa digunakan untuk penipu untuk melakukan atau membobol akun nya mama atau papa jadi nanti bisa mengakses data-data pribadi data-data pribadi yang ada di handphone kemudian bisa ke kamar adanya transaksi jual-beli yang tidak lazim yang tidak dilakukan oleh orang tuanya mungkin bisa di edukasi seperti itu dan apabila sudah terjadi mungkin bisa dibantu untuk pelaporan ya di patrolisiber.id di situ bisa langsung dilaporkan untuk kejahatan kejahatan cyber yang sudah terlanjur terjadi Jadi kalau misalnya sudah terlanjur memberikan data-data mungkin bisa dilaporkan ke patrolisiber.id supaya bisa ditindaklanjuti dan tidak ada penipu penipu yang bisa menipu calon korban lainnya seperti itu Kak Aulia

–          Narsum 2 :

 

Penanya :  yang saat ini seringkali bermain game atau media sosial membuat mereka mengkonsumsi kata-kata yang kurang baik dan kadang mereka di dunia nyata yang membuat kita sebagai orang yang lebih dewasa ini merasa miris pada kehidupan anak-anak masa kini bagaimana kita sebagai orang yang lebih dewasa Apa mungkin orang tua bisa edukasi anak dan melakukan kegiatan pada hal-hal yang dikonsumsi oleh anak kecil

Jawaban :

–          Narsum 1 :vidmate bilang bahwa sudah jadi biaya dan menyebarkan budaya kita di Media apa yang kita tampilkan gambaran dari karakteristik tentu saja kita Mengapa kita harus bagaimanaharus mulai dari bisa punya anak

dibawa ngerti masalah yang pakai nama orang tua kita tenang dengan ajakan untuk membuat orang tua kita juga ada yang lain yang lebih dengan orang-orang tua.

–          Narsum 2 :

Penanya :  remaja tersebut mendapatkan ancaman dan pacarnya yang telah menyebarkan fotonya yang tidak menggunakan pakaian tentu saja sang remaja gadis depresi sehingga memilih untuk bunuh diri peristiwa tersebut yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana caranya mengatasi dampak psikologis pada remaja yang terkena dampak negatif dari rekam jejak digital dan bagaimana cara kita sebagai orang tua animasi anak agar terhindar dari hal demikian Jelaskan

Jawaban :

–          Narsum 1 :ada beberapa berita yang diperhatikan ya tadi makanya saya sempat bilang bahwa ternyata korban dari KB Jo ini bukan hanya sekedar mendapatkan depresi secara psikis tidak hanya mendapatkan tekanan secara batin saja Bahkan juga ada yang akhirnya kiri kemudian Bagaimana sih cara mengatasi dampak psikologis dari remaja yang terkena dampak negatif yang artinya sudah menjadi korban dari KBBI tersebutnya Oke mungkin kalau Bagaimana cara kita mendampinginya tentu ada beberapa hal yang bisa kita lakukan ya tadi Seperti yang saya sampaikan termasuk pertanyaannya bagaimana kita sebagai orang tua mengedukasi agar anak kita terhindar dari hal yang demikian tersebut 1 Artinya kita bisa melakukan upaya preventif dan upaya recovery ketika kita belum terjadi kita bisa mencegah hal tersebut Bagaimana caranya saya pernah suatu ketika Bapak Ibu dan juga teman-teman berdiskusi bersama dengan salah satu dokter Universitas Indonesia saat itu saya bertanya Bagaimana sih cara memberikan cara melarang teman-teman muda untuk tidak melakukan abcd kemudian dia mengatakan bahwa saat ini mungkin ketika kita memberikan larangan dengan kata kamu jangan menyebarkan foto sembarangan kamu jangan membagikan informasi sembarangan mungkin itu akan menjadi hal-hal yang justru menjadi aman buat anak muda tuh penasaran kenapa jangan kenapa nggak boleh ini kenapa nggak boleh Itu kan hak aku pribadi untuk melakukan hal tersebut mungkin saat ini Bapak Ibu teman-teman Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memberikan pengertian kepada putra-putri bapak ibu artinya di sini yang bisa kita lakukan adalah mendorong anak tersebut untuk bisa melakukan pertimbangan secara mandiri terhadap apa yang harus di apa yang bisa dia lakukan apa yang tidak bisa kita lakukan tadi misalnya Bagaimana sih kita mengedukasi supaya jangan sampai nih anak-anak menyebarkan fotonya secara mandiri karena nggak sama aku waktu nih kita bisa ngontrol anak-anak pakai HP 1 kita bisa berikan pengertian tentang Bapak Ibu mungkin kita kenal makan apa aja sih dampak dari anak-anak menyebarkan foto secara bebas kemudian apa saja hal-hal yang mungkin akan mereka jumpai ketika mereka secara sadar memberikan foto mereka kepada orang lain berikan pengertian berikan pertimbangan Plus minusnya Seperti apa sehingga ketika mereka melakukan tindakan tersebut mereka melakukan pertimbangan Mandiri sehingga kita kembalikan kalau misalnya suatu saat Kakak sampai menyebarkan foto pribadi ke orang lain misalnya ke pacarnya kakak nih gitu ya nanti kalau misalnya Siap dengan resiko misalnya putus ya terserah tapi itu bukan tanggung jawab mama sama papa itu tolong jangan Kakak sendiri seperti itu misalnya berikan pengertian sehingga bisa mempertimbangkan sekarang kita melarang atau selalu memberikan kata jangan kepada teman-teman remaja kepada anak-anak mereka walaupun saya belum punya anak ya tapi saya berbagi dari cerita yang mungkin orang tua orang tua lainnya berikan lakukan artinya berikan pengertian supaya mereka bisa mempertimbangkan tindakan yang mereka lakukan Tunjukkan Plus minusnya dari tindakan yang mereka lakukan kemudian Bagaimana kalau sudah terlanjur jadi satu bapak ibu yang sering menjadi suatu keprihatinan ada ketika ada korban KB ini adalah Mereka takut untuk menyampaikan ke orang-orang di sekitar mereka Mereka takut menyampaikan ke orang tua mereka mungkin menyampaikan ke pihak-pihak yang terkait mungkin mereka khawatir kalau mereka justru akan disalahkan mereka akan disebutkan pasti tahu foto kayak gitu disebarin ke orang-orang ya ini kamu sendiri akhirnya harus menanggung resiko blablabla itu sudah terjadi jadi kita enggak bisa melakukan itu bapak ibu ketika sedang terjadi satu-satunya hal yang mereka butuhkan adalah mereka membutuhkan suatu pendamping yang membutuhkan ada zona yang nyaman untuk mereka menyelamatkan tidurnya jangan buru-buru Bapak Ibu Misalnya bilang udah laporin aja sekarang udah kamu lapor ke polisi sekarang bilang ke Komnas kamu harus gini gini gini gini Kamu nggak takut jangan seperti itu mereka akan semakin bingung mereka akan semakin Takut Jadi selama ini yang saya lakukan bersama dengan teman-teman ketika menjumpai dari korban ABG supaya psikologis jika tidak semakin parah sehingga mereka cenderung untuk diri adalah selamatkan terlebih dahulu korban tersebut yang tinggi ya supaya dia bisa mendapatkan makanan dari apa yang terjadi kepada Nya mungkin itu sih yang bisa saya

–          Narsum 2 :

 

 

Penanya :  bagaimana jika yang menyebar berita hoax adalah wartawan dari dari kantor berita resmi ?

Jawaban :

–          Narsum 1 :kasih juga panasBagaimana kalau yang itu nomor tahun. Bagaimana kita menyikapi berita seperti itu ya tadi jurus-jurusnya berita hoax itu kita kenali dari beberapa jurus dan cara kita Jangan terpaku pada satu sumber itu saja cari sumber-sumber lain informasi-informasi yang menarik sekali itu ya tidak akan satu itu sumbernya sumber-sumber yang lain yang memberitakan nya ya. mungkin kalau wartawan itu kan ada ininya ada kode etiknya satuannya dan bisa diteruskan secara saya proses hukum itu harus ada yang melaporkan saya tidak begitu paham itu ya bagaimana melaporkannya cara melaporkan itu saja yang paling yang paling mudah bagi kita adalah a tidak percakapan tidak terjebak dengan berita itu Ya kita harus cari sumber-sumber lain yang lebih bisa dipercaya


Bagikan updated
Balikpapan