PRESS RELEASE DUNIA DIGITAL ITU MUDAH : PAHAMI DENGAN LITERASI YANG TEPAT 21 Juli 2021 – Sintang Siang

Bagikan updated

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph,Bupati Kabupaten Sintang)

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Talks 1: Etika Digital : Mengenal Lebih Jauh Cara Menyuarakan Pendapat di Dunia Digital

(Ratyuhono Linggar P,Praktisi SDM & Professional Coach)

  • KBBI: Pikiran atau Anggapan Definisi lain: Buah pemikiran atau perkiraan tentang suatu hal • Kesimpulan (sudah mempertimbangkan/menyelidiki). “Kebebasan berpendapat dan berekspresi adalah hak setiap manusia dan diatur dalam UUD 1945 Pasal 28E ayat 3.” “Ditafsirkan dalam UU no. 9 tahun 1998 Pasal 1 ayat 1: Kemerdekaan menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.”
  • Kebebasan Berpendapat: Opini, harus berlandaskan fakta/data dan dapat dipertanggungjawabkan.  Jika tidak, akan memunculkan Hoax. Kritik pada dasarnya merupakan suatu hal atau tindakan yang baik, ketika dilakukan dengan tidak menyinggung atau menyakiti perasaan  Konstruktif  Jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menimbulkan perpecahan/konflik. Fitnah dan Ujaran Kebencian: jelas hal yang negatif  Dapat berujung pada ‘Pencemaran Nama Baik’
  • Tips Menyatakan Pendapat di Media Digital: 
  • Hindari opini provokatif (menyulut perpecahan) Pertimbangkan norma-norma, saling menghormati, dan toleransi.
  • Mengetahui isu secara detail Ketahui data/fakta isu terkait, crosscheck dengan media lain.
  • Memikirkan kembali pendapat Media sosial sangat terbuka, perlu dipikirkan sensitivitas isu dan perasaan audience.
  • Menyampaikan dengan sopan dan santun Pertimbangkan budaya dan kearifan lokal.
  • Perhatikan peraturan pemerintah Pastikan pendapat kita tidak berisiko melanggar peraturan yang berlaku.

 

Talks 2: Keamanan Digital : Pentingnya Perlindungan Hak Paten di Ranah Digital

(Rini Safarianingsih, SH. MH.,Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Kapuas Sintang )

  •     Pengertian Digital: Menurut KBBI, digital artinya berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu, berhubungan dengan penomoran. Dalam Bahasa Inggris, digital artinya yang berhubungan dengan jari, mesin hitung yang mempergunakan angka-angka untuk sistem-sistem perhitungan tertentu. Digital berasal dari kata digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Media digital adalah media yang dikodekan dalam format yang dapat dibaca oleh mesin. digital berkaitan dengan informasi, teknologi komputer dan gambar elektronik.
  •     Pengertian Paten: Undang-undang Paten No. 13/2016 , Pasal 1

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya. Inventor adalah seorang atau beberapa orang yang secara bersama-sama melaksanakan ide yang dituangkan ke dalam kegiatan yang menghasilkan Invensi. Invensi adalah ide inventor yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi berupa :

1.Produk

2.Proses

3.Penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses.

  •     Invensi: Invensi pada dasarnya adalah ide inventor yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi, yang dapat berupa produk atau proses, atau penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses. Contoh Paten Sederhana INVENSI BERUPA PENGEMBANGANPRODUK

Talks 3: Budaya Digital : Mengenalkan Budaya Indonesia Melalui Literasi Digital

(Rufina Sekunda,PNS, Guru Bahasa Inggris SMPN 3 Sungai Tebelian)

  •   Literasi Digital: Dilansir dari seri buku literasi digital kerangka literasi digital indonesia, literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi memanfaatkan, membuat, membuat dan mengkomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Key Opinion Leader: Kecakapan Digital : Pentingnya Memiliki Digital Skills di Masa Pandemi

(Lala Rosa,VO Talent, Announcer, dan Content Creator)

  • kemampuan di bidang Digital dengan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam suatu pekerjaan yang berhubungan dengan Teknologi dan Bisnis.
  • literasi digital merupakan kecakapan digital yang dibutuhkan untuk beradaptasi di zaman yang penuh dengan informasi, untuk mengantisipasi penyebaran informasi negative. Sama pentingnya dengan membaca, menulis dan pembelajaran ilmu lainnya. Setiap orang hendaknya dapat bertanggung jawab terhadap bagaimana menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
  • Digital Skills adalah modal utama bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju di tahun 2045. Ditengah pandemic ini, perlu adanya ketrampilan digital untuk mewujudkan perubahan ekonomi Digital Skill bisa dikatakan sebagai sebuah kemampuan bertahan kita di masa pandemi, sebelum terlamat kuasailah dari sekarang

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk mematikan video dan microphone selama proses webinar dan menjaga protocol kesehatan.
  • Share event ke Instagram Feed, dan tag Instagram Siber Kreasi dan menggunakan hashtag #MakinCakapDigital #Siberkreasi #LitDigKal1191
  • Adanya hadiah menarik berupa pulsa atau paket data bagi 10 (sepuluh) penanya terbaik

QnA

Penanya :

Nama : Nurul Fatmawati

No hp : 085277582557 ( gopay)

Email : risetacehnurul@gmail.com

Kepada : Ratyuhono Linggar P

 

Pertanyaan : Di era digita saat ini kita harus screening semua informasi yang masuk ke kita dengan baik apakah ada triknya agar kita bisa mengedukasi dengan cepat kepada sekitar kita tidak mudah terprovokasi dengan unsur SARA dan tetap menjaga etika dan unsur kebersamaan. Terima kasih

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Pertama kita fokus dengan hal yang bisa kita kontrol. Misalnya kita harus tetep stay positif sehingga kita bisa menginfluence lingkungan sekitar. Yang kedua apabila kak Nurul suka membuat konten maka bisa membuat konten tulisan terkait bagaiman beretika yang baik dalam bermedia sosial. apabila tidak suka membuat konten bisa lakukan penyuluhan kepada orang tua untuk preventif kontrol pada anak-anak.

–          Narsum 2 :

 

Penanya :

Nama : Yohana

no hp : 081649306912

Email: yohanaana1412@gmail.com

Kepada : Lala Rossa

 

pertanyaan : Bagaimana cara kita sebagai anak muda dalam mengakses dan menganalisis digital skills dalam masa pandemi ini. yang membuat anak muda merasa malas dan rasa semangat untuk belajar sangat lah minim?

terimakasih kak

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Coba sering mengikuti webinar-webinar digital yang memberikan manfaat bagus. Kemudian kita coba cari sosok inspiratif/konten kreator di dunia digital untuk meningkatkan semangat diri dan bisa kita teladani. Kemudian perdalam skill terkait pekerjaan di dunia digital. Coba belajar membuat kontain yang bermanfaat.  Dimana biasanya apabila konten kita banyak disukai orang maka akan timbul kepuasan dari diri dan menjadi ketagihan untuk membuat konten-konten berikutnya yang akan membuat kita menjadi lebih semangat dalam menebarkan semangat di dunia digital.

 

Penanya :

Nama : Yuda Amalia

No HP :  089616327674

Email : yudamalia80@gmail.com

Kepada : Rufina Sekunda

 

Pertanyaan : Bagaimana cara ibu memberikan pengetahuan terhadap budaya Indonesia terhadap siswa / anak didik untuk membangun karakter mereka, mengingat saat ini dengan adanya sistem pembelajaran online siswa cenderung lebih sering santai dan “copy paste” ketika ada tugas yang diberikan?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Apabila masih taraf belajar anak-anak coba kita berikan feedback dan masukan kepada anak-anak terkait tindakan copy paste yang dilakukan. Darimana sumbernya didapatkan. Kemudian apabila sudah tau sumbernya darimana kita coba arahkan ke mereka untuk menambahi narasi menurut versi mereka sendiri. Ini merupakan tahapan proses belajar. Ketika nanti mereka ada di jenjang yang lebih tinggi maka tingkat pemahaman kognisinya juga akan meningkat. Apabila copy pastenya dirasa parah maka boleh kita berikan catatan.

 

Penanya :

Nama : braniawan

No. HP : 081917161258

Email: braniawan@gmail.com

Kepada : Rini Safarianingsih, SH, MH.

 

Pertanyaan : Izin bertanya bu, mengapa hak paten tidak dapat diperpanjang?

Trimakasih bu.

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Menurut penjelasan UU paten no 13/2016 pasal 22 setelah masa perlindungan hak paten berakhir, maka invensi suatu produk akan menjadi public domain/ milik umum supaya pihak lain bisa bebas memproduksi dan menjualnya. Agar tidak ada pihak yg memonopoli seluruh industri sehingga merugikan masyarakat dan sistem perdagangan. Selain itu hak paten hanya berlaku secara territorial dimana wilayah negara tempat didaftarkan jadi berlaku sesuai ketentuan hukum negara yang bersangkutan


Bagikan updated
Kalimantan Barat Sintang