Press Release Jaga Diri dari Ancaman di Dunia Digital 26 Agustus 2021 – Kutai Timur

Bagikan updated

Moderator : 

LO : Shanaz dan Betty

Runner : Farizan dan Emil

Narasumber :

Local :

  1. Muhammad Nopal
  2. Slamet Riyanto

Nasional :

  1. Lafina

KOL :

Audita Harsono

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si,Bupati Kutai Timur)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Barito Selatan melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1: BUDAYA DIGITAL : Peran Komunitas Akademik Dalam Pendidikan Di Era Digital

(Muhammad Nopal,Wakil Ketua Ikatan Keluarga Alumni Teknik Kimia Polnes)

  • Digital culture merupakan bentuk aktivitas masyarakat di ruang digital dengan tetap memiliki wawasan kebangsaan, nilai-nilai Pancasila, dan kebhinekaan. kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam membahas dan bertujuan kepada ilmu pengetahuan. proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi (terwujud) dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan yang terjadi di masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital
  • Sociomateriality Diera digital manusia dan teknologi komunikasi sudah menyatu, saling berinteraksi dan saling mempengaruhi (WandaJ. Orlikowski, 2021). Dapat di anologikan kebutuhan teknologi dan koneksi internet bagi generasi milineal seperti membutuhkan “oxygen” untuk menyeselsaikan berbagai urusan. Indonesia pada tahun 2021, 35% generasi milenial dengan Karakteristik Creative, Confidence dan Connected (3C). Abundanced Kelimpahan dan kemudahan dalam mengakses informasi dan pengetahuan berbagai bidang, Hanya saja harus hati-hati karena bercampur “sampah informasi”, semua sudah tersaji di berbagai platform media.
  • Education 4.0 dimaknai sebagai pendidikan yang menghubungkan setiap orang yang belajar, dengan sumber belajar apapun, dan mesin yang menyebabkan pembelajaran yang lebih personal. Ekosistem Pendidikan yang baru ini menghasilkan pendidikan yang lebih cerdas dan terintegrasi

 

Talks 2: KEAMANAN DIGITAL : Perlindungan Terhadap Anak di Ruang Digital

(Slamet Riyanto,Ketua MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris, Content Creator)

  • Dengan ilmu agama yang benar anak akan mengetahuai mana yg baik dan salah,yg hak dan bathil,yg halal dan haram yg boleh dan tidak boleh dll
  • Memiliki kompetensi Self controlling
  • Pengertian parental control adalah perangkat lunak (software) atau peralatan yang memungkinkan orangtua untuk mengontrol dan mengatur penggunaan internet bagi anak-anak.
  • Terkadang, saat anak-anak berada dalam lokasi yang tertutup dan privat, sering kali mereka mengakses informasi sesukanya.

Anak-anak yang sudah terbiasa dengan konten negatif misalnya, dan kecanduan dengan konten tersebut bukan tidak mungkin akan selalu ingin mengunjungi konten itu lagi dan lagi sehingga mengakibatkan kecanduan

Panelist 4 : Etika Digital : Sexual Harrasment dalam dunia digital

(Lafina,Artis)

  • Melindungi dari konten-konten negatif, terdapat software parental , software browser, software anti virus , internet berdasar usia , orang tua harus berperan penting
  • Ancaman potensi di Internet : 1. Spam 2. Phising 3. Malware 4. Spyware
  • aplikasi khusus anak , browser yang safety untuk anak, dan jangan posting foto

 

Key Opinion Leader: KECAKAPAN DIGITAL : Mengembangkan Usaha Akomodasi Melalui Sosial Media

(Audita Harsono,Underwater Videographer, Scuba Diving Instructor)

  • Skill Digital merupakan kemampuan di bidang Digital dengan memanfaatkan

teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi serta produktivitas dalam suatu

pekerjaan yang berhubungan dengan Teknologi dan Bisnis

  • KENAPA DIGITAL SKILL ITU PENTING?

 

– Meningkatkan kemampuan diri agar dapat bersaing di dunia kerja ataupun

lingkungan

– Mempermudah dalam pengelolaan data

– Membantu mengembangkan bisnis

  • Dalam dunia Komputer pasti sudah sangat tidak asing mengenai istilah Hardware

dan juga Software, Mengapa? Karena semua komponen penyusun tersebut

merupakan satu kesatuan perangkat Komputer yang tidak dapat dipisahkan

  • Hardware adalah komponen perangkat keras, yang

terdapat pada suatu perangkat Komputer dan dapat

dilihat dengan kasat mata

  • FUNGSI HARDWARE

yakni untuk mempermudah pengolahan file ataupun data.

Hampir semua bidang pekerjaan menggunakan hardware yang mana spesifikasi masing-masing berbeda tergantung dari kebutuhan. Dari sinilah setiap perangkat akan menjalankan semua fungsinya secara lengkap.

  • “Jika Anda berada di media sosial, dan Anda tidak pernah belajar,

tidak pernah berusaha meningkatkan kemampuan , tidak terinspirasi

atau tidak berjejaring, maka Anda salah menggunakannya.”

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk mematikan video dan microphone selama proses webinar dan menjaga protocol kesehatan.
  • Share event ke Instagram Feed, dan tag Instagram Siber Kreasi dan menggunakan hashtag #MakinCakapDigital #Siberkreasi #LitDigKal1477
  • Adanya hadiah menarik berupa pulsa atau paket data bagi 10 (sepuluh) penanya terbaik.

QnA

Penanya :

UNTUK LAFINA

Penanya: wulandari

No hp: 0895809746262

Email : akusri.wulandari2810@gmail.com

 

Pertanyaan: untuk korban, harus bagaimana kak apabila menyangkut ke dampak psikis? Apa yangg harus di lakukan?

 

Jawaban : Kalian harus bisa berani speak up ketika terkena sexual harassment.  Jangan sampai dipendam terus menerus karena dapat membuat kita depresi karena emosi kita gak bisa keluar. Kita  speak up lewat story ig dan viralkan sehingga para pelaku sexual harrasment teredukasi untuk tidak melakukannya lagi. Apabila didiamkan terus menerus maka para pelaku akan melakukannya terus.

 

Penanya :

UNTUK SLAMET

Penanya : Eva Nur Azizah Salim

No HP : 081258543550

Email : evanurazizahsalim@gmail.com

 

Pertanyaan : mohon izin bertanya, seperti yang kita ketahui sekarang, banyak gamers berusia remaja yang menjadi pro player hingga mencapai tingkat internasional dan justru membanggakan indonesia, tentunya sebelum menjadi pro player pastinya mereka sudah berlatih sejak lama bahkan sejak duduk di sekolah dasar. bagaimana jika anak tersebut menjadikan itu sebuah hobi dan cita cita serta mendapat dukungan dari orang tua, apa pendapat anda? terima kasih

 

Jawaban : Salah satu sisi internet ini ada dampak negatif dan positif. Apabila hobi game itu punya dampak positif harus kita dukung namun kalau sampai jadi berlebihan dalam penggunaanya harus kita batasi. Jangan sampai menjadi sebuah kebiasaan.

 

 

Penanya :

UNTUK AUDITA

penanya: farras

No HP : 081902464650

Email : farraswardana@gmail.com

 

Pertanyaan: Apakah menurut anda lebih baik menguatkan platform digital sebuah usaha terlebih dahulu, atau justru menyesuaikan platform dengan target pasar secara regional? Mengingat tidak semua tempat di Indonesia sudah memiliki tingkat literasi digital yang tinggi, dan pasar masih sangat bergantung dengan conventional-media marketing

 

Jawaban : Sebenarnya gak ada yang harus lebih atau kurang. Media digital ini adalah alat untuk membantu. Menurut saya harus jalan kedua duanya dan berkesinambungan. Baik yang online maupun offline. Karena proses marketing digital ini gak bisa instan dan harus ada proses untuk dapat menggaet market.

 

 

Penanya :

UNTUK NOPAL

Nama : Arbainah

No HP : 087782906564

Email : arbainah051@gmail.com

 

Pertanyaan : Seperti yang sudah dijelaskan olah Mas Muhammad Nopal bahwa semua orang harus mempunyai 10 soft skill, nah bagaimana kalo seorang tidak menguasai ke 10 soft skills tersebut hanya beberapa saja yang dia kuasai, dan bagaimana dampaknya?

Sekian terima kasih

 

Jawaban : 10 soft skill tersebut merupakan anjuran yang sudah dilakukan riset oleh peneliti jadi apabila sesorang tidak memiliki satu diantara yang lain harusnya bisa meninjolkan poin-poin yang lain sehingga mampu menutupi kekurangan kita. Namun apabila kita memiliki ke 10 soft skill tersebut maka akan sangat bagus.


Bagikan updated
Kutai Timur