PRESS RELEASE JAGA DIRI DARI ANCAMAN DUNIA MAYA DI ERA DIGITALISASI 14 Juli 2021 – Sambas

Bagikan updated

Moderator : Septi D Ajeng

LO : Zakki

Runner : Lamhot Sagala & Syarif Hamid

Narasumber :

Local :

  1. Anugrah Isromi
  2. Sairi SP

Nasional :

  1. Alifta Kartika

KOL :  Dila Fisa

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (SATONO, S.Sos.I., M.H. Bupati Sambas)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1: Digital Skill: Memiliki Digital Skill di Masa Pandemi

(Alifta Kartiko)

 

Salah satu tanggung jawab yang harus ditanggung setiap individu adalah bekerja atau mencari uang untuk memenuhi kebutuhan selama hidup. Cara untuk bekerja ada 4 jalan:

  1. Entrepreneur

Adalah seseorang pencipta ide produk atau bisnis pertama kalinya.

  1. Professionals

Adalah seseorang yang bekerja sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang dimilikinya. Keahlian tersebut diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan khusus seperti dokter, akuntan dan lain-lain.

  1. Freelancer

Adalah seseorang yang pekerja dan menerima upah secara lepas dari ikatan waktu dan kontrak. Pekerjaan yang dilakukan juga berdasarkan keahlian tertentu yang dimiliki. Perbedaan nilai upah dinilai dari kapasitas orang tersebut.

  1. Social Worker

Salah satu jalan yang tidak bisa memenuhi kebutuhan material yang tinggi. Jalan ini cocok untuk individu yang memliki jiwa sosial atau jiwanya terpanggil untuk bekerja demi membantu orang lain.

  • Bagaimana caranya menjadi ahli (expert)?

Informasi itu penting karena menentukan apa yang kita ketahui, lalu menentukan apa yang kita mau. Pilihan tercipta karena kita tau.

  • Dalam menghabiskan waktu luang kita memliki pilihan untuk memenuhi kebutuhan untuk bersenang-senang atau mengembangkan diri melalui edukasi.

 

 

Talks 2: Digital Safety: Phising: Apa itu dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

(Anugrah Isromi)

 

  • Apa itu phising?

– Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

 

  • Jenis phising
  1. Email Phishing

– Email phising menggunakan media email untuk menjangkau calon korbannya.

– Jumlah aksi email phising ini cukup banyak. Menurut data, terdapat 3,4 miliar email palsu yang dikirimkan setiap harinya.

 

  1. Spear Phising

– Spear phising adalah jenis dari email phising. Bedanya, alih-alih menggunakan pengiriman email secara masif dengan calon korban yang acak, spear phising menarget calon korban tertentu. Biasanya, teknik ini dilakukan setelah beberapa informasi dasar calon korban dimiliki, seperti nama dan alamat.

 

  1. Whaling

– Whaling adalah langkah phising yang tidak hanya menarget individu secara spesifik, tapi juga individu yang memiliki kewenangan tinggi di suatu organisasi, misalnya pemilik bisnis, direktur perusahaan, manajer personalia, dan lainnya.

– Dengan demikian, jika tindakan whaling ini berhasil, akan banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari akses yang didapatkan.

 

  1. Web Phising

– Web phising adalah upaya memanfaatkan website palsu untuk mengelabui calon korban. Website untuk phising akan terlihat mirip dengan website resmi dan menggunakan nama

domain yang mirip. Hal ini disebut domain spoofing.

 

 

Talks 3 : Digitas Ethic: Tips Mengenali Berita Palsu dan Verifikasi

(Sairi. SP)

 

 

  • Melindungi dari konten-konten negatif, terdapat software parental , software browser, software anti virus , internet berdasar usia , orang tua harus berperan penting
  • Ancaman potensi di Internet : 1. Spam 2. Phising 3. Malware 4. Spyware
  • aplikasi khusus anak , browser yang safety untuk anak, dan jangan posting foto sembarangan

 

Key Opinion Leader : Digital Culture: Basic Knowlegde dan Rules Usaha Online

(Dila Fissa)

  • Unique Selling Point : Keunikan yang membedakan produk kamu dari usaha sejenis lainnya. Apa alasan konsumen harus membeli produk kamu bukan produk dari kompetitor.
  • Pilih Channel (tempat) untuk berjualan : Kamu dapat memilih e-commerce (seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dst). Tidak ada e-commerce yang lebih baik dari lainnya, karena semua disesuaikan dengan target pasar kamu. Terkadang penjual menggunakan beberapa e-commerce lebih dari satu untuk menjual produknya.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :  Hanin

No Hp: 08998085814

Email: hanynazzam@gmail.com

Kepada: Alifta Kartiko

Pertanyaan: Bagaimana pembentukan personal branding melalui gambaran identitas di media sosial? Terkadang personal branding dikaitkan dengan tampilan secara fisik yang berhubungan dengan gaya dan juga penampilan?

Jawaban : Personal branding tidak selalu tentang fisik. Kita harus menyadari bahwa setiap orang beragam dan  lebih fokus pada karya yang akan kita tampilkan dan dapat memberikan inspirasi kepada orang lain.

 

 

Penanya : Iskandar Zulqarnain

No hp: 082244356031

Email : iskandar.zulqarnain666@gmail.com

Kepada: Anugerah Isromi

Pertanyaan: di masa pandemi ini marak sekali penawaran pinjaman online yg meresahkan dimana ketika tidak bisa membayar lantas data pribadi kita tersebar dan dijelek2an bahkan kontak telpon kita bisa dicuri, mengapa bisa demikian? dan apa yang harus kita lakukan dengan adanya oknum yg melakukan tindak demikian?

Jawaban : Kita tanpa sadari telah membantu para oknum untuk mendapat data kita. Atau mungkin kita sedikit lalai pada saat kita mendapat broadcast yang meminta data-data kita sehingga data kita bisa dicuri. Yang bisa kita lakukan adalah melaporkan kepada pihak berwajib bila sudah menjadi hal yang tidak mengenakkan dalam kehidupan kita. Cara lainnya adalah kita juga dapat memblok para oknum-oknum pada platform.

 

Penanya :  Fachrudin Alfian L

No. HP: 085743421997

Email: fachrudinalfian@gmail.com

Kepada: Dilla FIssa

Pertanyaan:

  1. Bagaimana strategi pengembangan usaha online di masa Pandemi Covid-19 dan implementasi informasi digital seperti apa yang dapat mendukung usaha untuk terus berkembang?
  2. Bagaimana juga cara mudah memahami perilaku konsumen dan pembelian yang cenderung berubah karena Covid-19 dan bagaimana menselaraskan strategi bisnis kita agar sesuai dengan kemungkinan skenario baru yang akan terjadi kedepannya?

Jawaban :

  1. Dapat menggunakan promosi besar-besaran dan melalui campaign seperti giveaway serta membuat konten-konten kreatif dan edukatif yang dapat menjaring audience
  2. Karena pandemi ini banyak keterbatasan sehingga toko-toko offline banyak yang tutup dan beralih ke usaha online. Orang-orang akan banyak berada dirumah saja dan mengurangi kegiatan sehingga akan lebih banyak beralih ke scrolling sosial media. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk optimalisasi usaha online.

 

 

Penanya      :  Andre Putra Mahanza

No Tlp.         : 085785220726

Email.           : andremahanza03@gmail.com

Kepada        : Sairi Sai

Pertanyaan: Orang tua saya sering sekali mendapat berita hoax dari grup-grup WhatsApp yang sangat berbahaya bila ditelan mentah-mentah, bagaimana cara untuk menjelaskan perbedaan berita hoax dan tidak kepada orang tua yang terkadang sulit mengolah berita?

Jawaban : Kita harus  mencari sumber berita yang lain dan mencari data pembanding lainnya. Jangan terlalu percaya dengan isu yang beredar di media dan menunggu pernyataan resmi dari badan pemerintah atau pihak yang berwenang.


Bagikan updated
Kalimantan Barat Sambas