Press Release Kembangkan Diri Hadapi Era Digital 16 Agustus 2021 – Kutai Timur

Bagikan updated

Moderator : Ronald Andretti

Narasumber :

Local :

  1. Jamhari SP, M.Pd

2.Mush’ab Al Ma’ruf, S.H

Nasional :

  1. Rieka Roslan

KOL : Anna Rachmawati

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika: (Samuel Abrijani Pengarapan B. Sc):

  • Program literasi digital menjadi jawaban atas era disrupsi teknologi saat ini.
  • Kehadiran pandemi dan berkembang pesatnya teknologi mengubah cara kita beraktifitas, sehingga teknologi sebagai bagian dari masyarakat.
  • Menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk meningkatkan literasi digital pada masyarakat
  • Mendidikan masyarakat bukan hanya pada kemampuan menggunakan teknologi digital saja , namun juga bagaimana masyarakat cermat dalam menggunakan teknologi.
  • Adanya berbagai inisiatif kegiatan diharapkan semakin mendorong meningkatnya literasi digital masyarakat.
  • Mempersiapkan sdm yang sesuai dengan kecakapan era digital.
  • Dengan kondisi pandemi maka akan mempercepat pula proses tranformasi menuju era digital, maka dibutuhkan kerjasama yang bersifat menyeluruh dan kontinyu oleh segala elemen.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si. – Bupati Kutai Timur)

  • Sesuai Arahan visi Presiden, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah menyusun sebuah Peta Jalan Literasi Digital Tahun 2021-2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat dibidang Teknologi dan Informatika Komputer dan Digital serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.
  • Peta Jalan Literasi Digital dirumuskan dalam empat kerangka dalam menyusun Kurikulum Literasi Digital yaitu : Digital Skills, Digital Ethics, Digital Safety dan DIgital Culture.
  • Untuk mencapai Target Masyarakat yang cakap digital diadakan acara secara serentak selama 7 bulan pada tahun ini yang dimulai di bulan Mei dengan dilakukannya Kick Off atau Pembukaan oleh Bapak Presiden serta Menteri Komunikasi dan Informatika demi tercapainya pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, memanfaatkan secara sehat bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menanggulangi penggunaan Teknologi Digital oleh seluruh lapisan masyarakat secara tidak baik

 

Panelist 1 : Etika Digital : Bebas Namun Terbatas, Berekspresi di Media Sosial

(Rieka Roslan)

  • pertanyaan : Dari mata teh Rieka bebas tapi terbatas itu bagaimana teh ?

jawaban : Sosial media sudah seperti makanan sehari-hari, bukan hanya dimiliki orang tertentu. Orang-orang menggunakan sosial media untuk berkomunikasi dengan orang lain, mempromosikan diri, untuk bisnis dan belajar. Tapi bisa menjadi hal positif komunikasi tanpa batas. tapi tidak baiknya kalo kita posting tidak punya konsep sosial medianya untuk apa, tapi sayang jika tidak menggunakan untuk hal yang bermanfaat. Ada batasan yang harus kita ketahuin ketika posting di sosial media.

  • pertanyaan : Sekarang yang lagi rame tentang orang nya yang super perhatian tentang komennya ? pernah kah merasakan komen yang menyebalkan ?

jawaban : Ketika saya menggunakan sosial media tidak mau mencuri belas kasihan seseorang. buat saya sosial media untuk membranding image saya. Predikat itu menyedihkan buat saya karena indonesia budayanya banyak dan terkenal ramah. gara-gara ini kan jadi sedih gak jadi ramah tapi marah. kita harus merubah ini , impactnya banyak membuat orang enggan membeli dari indonesia dll. kita harus tahu ini topiknya apa dan apa kita perlu ikut campur gak

  • pertanyaan : Apa pesan yang ingin disampaikan ? bagaimana cara membangun positive vibes dalam membangun sosial media ?

jawaban : Tips dari saya harus gali potensi yang kamu punya. Seneng apapun itu bisa diangkat ke sosial media. memahami kesukaan kita, pahami kerangkanya, follow orang yang menginspirasi.

 

 

Talks 2 : Keamanan Digital : Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan

(Jamhari SP, M.Pd)

  • Serangkaian Aktivitas, Tindakan, kontribusi, dan komunikasi digital unik yang dapat dilacak yang diwujudkan di internet atau perangkat digital. Rekam jejak digital merupakan rekaman atau bukti yang ditinggalkan setelah aktivitas di internet yang terekam melalui komputer dan laptop.
  • Jejak Digital Aktif merupakan data yang sengaja dibuat untuk ditinggalkan penggunaannya. contohnya unggaha foto di facebook, memberi like di unggahan instagram atau pun tinggalan komentar, blog youtube, email,dll.
  • Jejak Digital Pasif merupakan data yang ditinggalkan penggunaanya tanpa disadari. contoh rute perjalanan saat kita menggunakan google maps, atau alamat IP kita yang terekam pada server seaktu kita sedang mengunjungi suatu laman informasi.
  • Tips aman dalam bermedia sosial yaitu dengan menghindari posting kegiatan pribadi/keluarga; berhenti bertanya kembali sebelum meneruskan sebuah pesan; Pikirkan bagaimana respon orang terdekat apabila melihat postingan kita; perlakukan pengguna lain sebagaimana kita ingin diperlakukan; Selalu perhatikan geotagging dan location, lebih baik tidak aktifkan fitur tersebut; cek konten hasil tagging pengguna lain terhadap akun pribadi, laporkan apabila konten bermuatan positif; dan hapus riwayat penelusuran;

 

 

Talks 3 : Key Opinion Leader

Kecakapan Digital : Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital

(Anna Rachmawati)

  • Digital Content Freelancer. Skills Needed Related skills based on their niche, content planning and writting, content editing, Research skills, strong and clear communication skills. Business Model are brand sponsorship, Paid Ads, Affiliate partnership, Offering Service based on Skills, Digital Product, Physical Product, In Person Events, Crowdfunding.
  • Personal and Proffesional Coaches skills needed Related Skills based on their niche, Goal setter mindset, Relationship Building, Strong and clear communication skills.
  • Business Model one on one coaching, online group coaching, corporate coaching, intensive membership program, selling online courses, Digital Products (Templates, e-books, etc) and Afffiliate Partnership, and In Person Events (Live Retreats, Conferences and Shows)
  • Digital Marketing Specialist. Skills Needed are data analysis, COntent Marketing, Customer Relationship Management, Search Engine Optimization, Strong and Clear Communication skills, lead generation, and copywritting.
  • Where to find Clients. Freelancing platform, related facebook groups, reaching out to businesses, content marketing on social media.

 

 

Talks 4 : Budaya Digital : Mengenal Lebih Jauh tentang UU ITE terkait Perlindungan Data Pribadi

(Mush’ab Al Ma’ruf)

  • Undang-Undang informasi dan Transaksi Elektronik merupakan undang-undang yang mengatur tentang informasi elektronik dan transaksi elektronik.
  • Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi, Perlindungan data pribadi merupakan salah satu bagian dari hak pribadi. Hak Pribadi mengandung pengertan sebagai berikut : Hak pribadi merupakan hak untuk menikmati kehidupan pribadi dan bebas dari segala macam gangguan;Hak Pribadi merupakan hak untuk dapat berkomunikasi dengan ORang lain tanpa tindakan memata-matai; Hak Pribadi merupakan hak untuk mengawasi akses informasi tentang kehidupan pribadi dan data seseorang.
  • Perbuatan yang dilanggar yaitu setiap orang yang sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan melanggar kesusilaan, perjudian, penghinaan dan atau pencemaran nama baik, pemerasan dan atau pengancaman.
  • Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan atau sistem elektronik milik orang lain dengan cara apapun; setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan atau sistem elektronik dengan cara apapun dengan tujuan untuk memperoleh informasi elektronik dan atau dokumen elektronik; setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan atau sistem elektronik dengan cara apapun dengan melanggar, menerobos, melampaui atau menjebol sistem.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :

Bagaimana kita menyikapi dan mengantisipasi konten kreator yang cenderung tidak mendidik dan hanya mementingkan viewers ?

Jawaban :

–          Narsum 1 : Tentu tidak melihat atau tidak menyebarkan sesuatu yang buruk dan tidak bermanfaat untuk diri sendiri dan dunia ini. Ketika kita melihat suatu konten yang hanya melihat viewers saja seperti kita hanya melihat orang yang tidak patut di dukung, jadi tidak usah di liat atau dikomentari atau di viralkan. jangan ikut menyebarkan sesuatu yang tidak baik. jadi kita dengan stop aja dan tidak melihat.

 

Penanya :  Supriyadi

Seiring perkembangan digital. saya tertarik dengan media digital pendidikan Perlu dipertimbangkan dari sulitnya akses fitur tersebut untuk para pendidik dipelosok. bagaimana mengatasinya ?

Jawaban :

–                        Narsum 2 :  untuk sekolah yang tidak terjangkau atau daerah yang tidak terjangkau jaringan data atau internet bisa menggunakan jaringan lokal atau LAN. dan sekolah bisa menyiapkan satu server dan dipasang wifi disekitar sekolah atau lingkungan sekolah dan dipasang ebook agar bisa menjangkau akses poin tersebut. itu alternatif yang bisa dilakukan sekolah untuk akses digital di sekolah-sekolah yang tidak terjangkau internet.

Penanya :

Langkah apa yang harus dilakukan untuk mengasah skill digital sebelum memulai langkah itu ?

Jawaban :

 

–          Narsum 3 : Jadi saya dulu hanya sebagai virtual assitant aja, kebetulan dapet digital marketing agency. saya jadi belajar kata-kata digital marketing agency yang tidak familiar. tapi saya tidak hanya belajar ini apa tapi juga gunanya apa, jadi nanti kedepannya bisa ngerti sendiri gunanya buat apa. Setelah saya bekerja di digital marketing saya mulai berjualan di dunia sosial media. jadi kita pelajari hal umumnya dan baru kita suka apa nanti kita masuki lagi cabangnya apa.

Penanya :  Moderator tidak menyebutkan nama

bagaimana cara ijin dan tips terhindar dari copywrite apabila kita ingin membuat konten yang kreati seperti konten kreator ?

Jawaban :

–          Narsum 4 : apabila vlogger kita ambil platform di youtube dan kemudian youtube ada verifikator sendiri. jadi jika menggunakan musik dan aransemen orang lain dan masuk ke pelanggaran jadi pemilik aslinya bisa melaporkan dari youtube dan bisa memblokir. kita bisa mengatasinya dengan meminta izin ke musisi atau band tertentu ketika kita mau menggunakan video pada si pemilik atau pencipta yang punya aransement itu.


Bagikan updated
Kutai Timur