Press Release Kenali Bahaya Ruang Digital dan Lawan dengan Literasi 10 Agustus 2021 – Kutai Kartanegara

Bagikan updated

Moderator : Shabrina Anwari

LO : Shanaz

Runner : Venusia hentrizqa

Narasumber :

Local :

  1. Alfian Nur
  2. Ahmad Faidillah, S.Pd

Nasional :

  1. Morgan Oey

KOL :

Intan Rezky Putri, S.E

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:
  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Bupati Kutai Kartanegara

Drs. Edi Damansyah, M.Si

  • program literasi digital ini bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam teknologi digital di tingkat dasar, madya, mahir dan inklusif
  • berdasarkan survey asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia tahun 2020. pengguna internet di indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses lebih dari 8 jam dalam sehari. untuk itu diperlukan peningkatan digital bagi masyarakat kabupaten kartanegara
  • untuk mengimbangi perkembangan teknologi digital saat ini. terlebih akibat pandemi saat ini, kita harus cakap terhadap teknologi dan internet saat ini layanan pemerintah, pemerintahan, pekerjaan , dan kegiatan sebagian ekonomi masyarakat beralih ke internet.

 

Panelist 1 :

Etika Digital : Bijak di Kolom Comment

– Morgan Oey

Moderator : Bagaimana cara kita membatasi kecanduan bersosial media terhadap diri kita, dan apa sih indikasi kita ataupun seseorang itu sudah masuk ke taraf “kecanduan”?

Answer : mengapresiasi, tetapi mereka juga gercep dalam mengomentari atau cepat mengoreksi apa yang di posting oleh idolanya.

Moderator :Bagaimana dengan penggunaan “bahasa gaul” atau “bahasa tongkrongan” sebagai komentar di sosial media yang kadang menyinggung atau tidak sesuai dengan daerah yang dituju?

Answer : sebenarnya sosmed disini adalah untuk hiburan, menurut saya itu adalah cara mereka untuk mengekspresikan diri mereka. saya tidak merasa itu salah, jujur di amerika itu juga dipakai. mungkin cara penempatan aja. kalau kita bisa menempatkan bahasa yang baik dan benar itu tidak masalah. sosmed itu semua bebas berpendapat.

Moderator :Seperti apa sih kondisi netizen kita saat ini di kolom komentar menurut kakak?

Answer : saya tidak notis, apa yang bisa saya balas ketika komentarnya ganteng banget. kalau komentar yang membangun semangat itu baru bisa di notis. walaupun saya orang slow atau santai di netizen tetapi saya tidak mentolerir postingan yang sara. kalau komentar seperti itu akan saya hapus.

Moderator : Sebagai public figure, pernah ga kak morgan mendapatkan komentar2 mencibir yang mungkin bikin hati panas dan apa yang kakak lakukan terhadap komentar2 seperti itu?

Answer :ketika kita main sosmed kita kan pengen happy, pengen mencari yang positif. ketika pandemi kita mencari sesuatu yang positif bukan mencari yang negatif. kalau ada isu sara atau kritik saya langsung hapus. kalau kritikan bsia di bedain, kritikan yang memabangun tidak apa-apa. kalau mulai menyerang ke arah personal membicarakan yang isu sara mencibir saya tidak peduli. kalau kritik saya apresiasi

Moderator : Bisa ga sih kita menuntut siapapun itu yang menyinggung di sosial media secara hukum?

Answer : kalau saya kekeluargaan secara musyawarah, kalau bisa diselesaikan secara kekeluargaan saya tidak apa-apa. kalau kritik dan cibiran tertuju ke saya personal tidak apa-apa, saya blokir saja. kalau sudah mulai mengincar ke keluarga saya itu akan saya pertimbangkan. kalau tidak melukai secara fisik saya selesaikan secara kekeluargaan.

Moderator :da penutup atau hal lain yang mau kakak tambahkan sebelum saya tutup sesi panelist pagi/siang hari ini?

Answer : amati dulu bijak secara digital, bijak dalam memilih informasi secara digital, cermat boleh tetapi kita harus membagikan konten yang positif. mengapresiasi konten yang positif, jangan percaya berita berita hoax yang tidak ada kebenarannya. jangan memberikan informasi yang provokatif. dengan webinar ini kalian sangat beruntung dalam beretika secara digital.

Talks 2 :

Kecakapan Digital : Tips menjadi sultan di era digital

– Alfian Nur

  • skill dasar bekal hidup di era digital. ketika kita ingin berjualan tidak hanya identik dengan sebuah produk, tapi skill kita juga bisa kita jual. bukan hanya menjual produk tetapi soft skill kita juga bisa dijual, dalam bentuk relasi, peluang pekerjaan, peluang bisnis lainnya. semenjak pandmei ini, banyak sekali peluang-peluang pekerjaan yang bisa saya dapatkan. banyak pekerjaan yang di dapat dari referensi orang-orang.
  • startup adalah organisasi yang dibentuk untuk mencari modal bisnis yang berulang-ulang dan terukur. startup biasanya mengacu pada perusahaan-perusahaan atau layanan produk -produk berbasis teknologi. seperti gojek, grab, tokopedia, bukalapak, dll. ini juga bisa dirasakan oleh temen-teman yang usaha online. tidak hanya di toko kita harus duduk di depan toko sampai sore, dengan kemudahan teknologi memungkinkan kita untuk 24 jam untuk aktif di sosial media tersebut.
  • diprediksi pada tahun 2025 indonesia membutuhkan 110 juta pekerja digital baru. karena perubahan konvensional ke digital. dahulu banyak pekerjaan-pekerjaan dari manusia yang beralih ke robot. sekarang bisa melalui atm, mobile banking transfer yang menyediakan di dunia perbankan. di era pandemi mempercepat terjadinya proses transformasi digital sehingga permintaan sumber daya manusia di bidang teknologi semakin meningkat. sata ini semua berbasis virtual yang membutuhkan sumber daya yang handal di bidangnya.
  • transformasi digital adalah perubahan yang berhubungan mengenai penerapan teknologi digital dalam sebuah aspek kehidupan di masyarakat. di era digital ini masyarakat mau tidak mau suka tidak suka juga terseret oleh era teknologi itu sendiri. mengapa ada kepanikan , karena kita tidak berteman dengan teknologi dan memiliki persepsi yang tidak menerima teknologi
  • dahulu kita pembelajaran offline mau tidak mau sekarang jadi online, melakukan pembelajaran daring, pameran virtual, pertunjukan virtual, belanja dari rumah melalui online yang efisien. dengan market yang sudah ada bisa nggak kita mendongkrak penjualan kita sendiri. penjualan tidak hanya terkait dengan makanan saja ataupun fashion tetapi semua produk bisa seperti penulis, skill komunikasi seperti moderator, mc dengan menjual personal branding kita.
  • kita bisa menjual melalui aplikasi tokopedia,shopee, bukalapak, lazada, blibli.com, dll.
  • untuk bisa membuat konten-konten yaitu dengan : bersedia menjadi gelas kosong, memiliki motivasi yang kuat (menambah kenalan, bisa untuk jalan-jalan, untuk sosial berkenalan dengan orang lain. bisa melakukan berbagai perubahan), belajar dari hal yang paling mudah
  • apa saja yang bisa kita pelajari : menulis, softskill, desainer, project management, administrator website, social media marketing, skill membuat video, programmer

Talks 3 :  Key Opinion Leader

Keamanan Digital :Tips and Trik Menjaga Keamanan Secara Digital

– Intan Rezky Putri, S.E

  • Keamanan digital adalah tindakan pencegahan yang dibutuhkan media digital untuk menjamin keamanan privasi terhadap informasi pribadi bagi pengguna digital.
  • Masing-masing pengguna internet memiliki kendali atas informasi data yang dimiliki. mengapa digital sangat penting, karena di era digital saat ini  informasi dan data kita mudah banget beredar di internet dan media sosial, seharusnya kita punya kendali atas informasi dan kendali. penting nya kita menjaga keamanan data kita di sosial media agar tidak di salah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
  • tips and trik :
  • periksa pengaturan privasi jejaring sosial: kita memiliki akun media sosial. banyak sekali data pribadi data apa saja yang bisa kita lihat di internet, kita bisa periksa pengaturan privasi . bisa melihat informasi apa saja yang kita bagikan ke teman dekat kita atau kitas impian untuk diri kita sendiri. bisa memilah apa yang bisa kita pos untuk semua orang atau teman dekat kita.
  • jangan menggunakan penyimpanan umum untuk informasi pribadi : kita sering kali membagikan sesuatu ke jejaring sosial yang tidak ada batasnya. kiat sering menyimpan passpor, password di dropbox, jangan menyimpan di tempat tersebut karena kurang aman mudah terbaca oleh pihak-pihak lain. kalau mau menyimpan data pribadi di buku kecil yang bisa dibawa kemana-mana.
  • hindari pelacakan. kita memerlukan alat khusus seperti sky internet security untuk menghindari pelacakan
  • simpan alamat email utama dan nomor ponsel anda tetap pribadi : banyak terdapat spam. jangan membagikan kepada orang-orang secara acak di jejaring media sosial. kalau bisa nomor telepon terpisah. siapkan 2 alamat email dan 2 nomor telepon. untuk pribadi dan bisnis atau pekerjaan sehingga segala informasi tidak terganggu spam.
  • gunakan aplikasi pesan dengan enksipsi end to end
  • gunakan kata sandi yang aman: gunakan kata sandi yang simpel. jangan menggunakan kata sandi lemah untuk melindungi informasi. setiap layanan yang kita miliki jangan punya 1 kata sandi. setiap aplikasi memiliki password dan memiliki kata sandi yang berbeda dan panjang.
  • tinjau izin aplikasi seluler: menggunakan kamera, mic. tetapi ada beberapa aplikasi yang tidak dapat bekerja dari izin ini.
  • amankan ponsel dan komputer anda dengan kata sandi, nonaktifkan pemberitahuan layar kunci (lockscreen notification), tetap menjaga privasi di jaringan wifi

Talks 4 :

Budaya Digital : Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

– Ahmad Faidillah, S.Pd

  • wawasan adalah cara pandang atau cara melihat, kebangsan dadalah hubungan hukum antara orang dan negara. wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.(Prof. Muladi, Pusaka Indonesia, 2014)
  • tujuan wawasan kebangsaan : Mewujudkan Nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat indonesia yang mengutamakan kepentingan Nasional daripada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku Bangsa atau daerah. Kepentingan tersebut tetap dihargai agar tidak bertentangan dari kepentingan Nasional.
  • tantangan implementasi wawasan kebangsaan : pemberdayaan masyarakat, dunia tanpa batas, era baru kapitalisme, kesadaran warga negara
  • Sikap selektif berdasarkan sila pertama mengarahkan bahwa setiap perkembangan iptek semata-mata karena karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, maka setiap perkembangan iptek harus dipergunakan sejalan dengan perintah-Nya
  • Sikap selektif berdasarkan sila kedua ditujukan bahwa penggunaan iptek demi kesejahteraan seluruh bangsa indonesia. Sikap selektif berdasarkan sila ketiga, yaitu mengajak kita untuk menggunakan hasil iptek untuk menjalin persatuan di Indonesia.
  • Sikap selektif berdasarkan sila keempat mengajak kita untuk ikut serta ambil bagian dalam tugas pemerintahan dengan menjadi pengawas segala bentuk pengembangan dan penggunaan iptek di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Sikap selektif berdasarkan sila kelima ini memberi pertimbangan kepada kita bahwa ketika melakukan inovasi dan penggunaan iptek diperlukan semangat keadilan bagi seluruh bangsa indonesia

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :

Nama : Muhammad Azhari

No. HP : 085249425641

Email : azharimuhammad097@gmail.com

 

Bagaimana cara menghadapi oknum-oknum yang menyebarkan ujaran kebencian, rasisme & hoax di dunia digital yang berpotensi sebagai pemecah belah keamanan di masyarakat?

 

Jawaban :

–          Narsum 4 :  Ahmad Faidillah, S. Pd.

 

Yang pertama ulah oknum ini akan mencemarkan nama baik lembaganya, yang kedua ini menunjukkan kurang sadarnya wawasan kebangsaan. Jadi caranya kita melihat, pertama kita sebagai warga negara Indonesia yang berdasarkan hukum kita taat aturan hukum, berarti kita cari sumber – sumber perlindungan hukum. Salah satunya mungkin kepolisian, lalu kita juga harus hati – hati ketika melaporkan jangan sampai menjadi bumerang untuk kita sendiri, jadi kita harus check recheck sumber.

 

Penanya :

Nama : Alifia Tira

No. HP : 082153613220
Email : alifiatira@gmail.com

 

Halo kak Morgan, semoga sehat selalu yaaa kak🙏🏻Saya ingin bertanya dengan kak Morgan.

Indonesia dikenal ramah didunia nyata tetapi dianggap tidak sopan didunia maya. Contohnya saja beberapa public figure/aktor aktris/seleb jika ada perseteruan suka membuka masalahnya kepada publik, sehingga terjadi tindakan negatif seperti menghina, memaki dan hal negatif lainnya dengan tingkat penyebaran informasi yang cukup tinggi di sosial media. Dan akhirnya muncul “konten provokasi” yang memancing emosi juga menggiring opini para netizen, mengandung framing dan membuat target pembaca sebagai pihak yang rentan dimanipulasi. Nah kak Morgan sebagai public figure/aktor yang followersnya dari segala usia, bagaimana tanggapan kakak terhadap konten provokasi yang ada pada public figure padahal saat ini sedang krisis etika digital? Dan gimana sih cara kak Morgan agar followersnya tetap menjaga etika digital dengan baik?

Terima kasih, god bless us more.

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Morgan Oey

 

Mungkin saya jawab dengan pengalaman saya sendiri, mungkin balik lagi tujuan saya membuat sosial media itu apa, karena saya mempunyai tujuan saya ingin share hal yang saya suka, hobi dll. Tiba – tiba jika saya ingin memposting isu provokatif/ sensitif saya akan saya akan pikirkan balik apakah ini sudah selayaknya saya share, jadi kalian harus tau jejak digital itu akan terekam selamanya maka saya akan pastikan jejak digital saya adalah jejak digital yang sangat positif.

 

Penanya :

Nama : Ade Sopyan Hadi
No. HP : 089685982295

Email : –

 

bagaimana cara mengatur waktu untuk menulis kita sebagai mahasiswa pak?

 

Jawaban :

–          Narsum 2 : Alfian Nur

Mengatur waktu adalah manajemen diri kita sendiri yag dimulai dari waktu itu, Ketika kita ingin melakukan sesuatu yang baru/ yang pernah kita lakukan sebenarnya sekelas mahasiswa pun saya yakin ketika mahasiswa dalam organisasi akan menulis pada facebook/ whatsapp. Tinggal mengganti apa yang menjadi objek dari tulisan yang ingin dia sampaikan, terkait masalah waktu kembali kepada teman – teman karena waktu 24jam dibagi dengan pekerjaan rumah, kampus dll. Jika ada waktu sedikit pun manfaatkan waktu itu.

 

Penanya :

Nama : muh.raisshanabil

No. HP : 081347687090

Email :

 

kak mau tanya misalkan kita menizinkan aplikasi tpi  kita tahu bahwa kalau kita mengizinkan apk itu akan menyebab kan hp kita atau komputer kita erorr tpi kita butuh dng apk nya itu bagaimana mengatasi nya apa kita perlu mereport apk nya atau bagaimana kak? sekian dari saya terima kasih

 

Jawaban :

–          Narsum 3 : Intan Rezky Putri, S. E.

 

Jika ada aplikasi yang ingin sekali didownload, mungkin salah satu penyebabnya adalah ruang penyimpangan penuh, saran saya mungkin bisa hapus terlebih dahulu aplikasi yang tidak terpakai untuk bisa ruang penyimpangannya terpenuhi agar bisa download aplikasi yang dibutuhkan.


Bagikan updated
Kutai Kertanegara