PRESS RELEASE KENALI BATASANMU DALAM BERINTERNET DENGAN LITERASI DIGITAL 30 Juli 2021 – Kutai Kertanegara

Bagikan updated

Moderator : Aulia Mawardhika

LO : Shanaz

Narasumber :

Local :

  1. Mansyur, S.H., M.H. Dosen fakultas hukum Universitas Kutai Kartanegara
  2. Rosita Tul Arofah, S.H. LBH Masyarakat Kaltim

Nasional :

  1. YoIqbal Musisi, Drummer

KOL : Dianissa Scheherazade Rachman Puteri Indonesia Kalimantan Timur

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (H. Hadi Mulyadi S.Si., M.Si. Wakil Bupati Kalimantan Timur )

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

Panelist 1 : Kecakapan Digital : Pentingnya Digital Skill di Masa Pandemi

– Moh. Misid Iqbal, Musisi, Drummer”

 

Moderator : Apa saja sih yang termasuk Digital Skills?

 

Answer :

  • Narsum 1 : Musisi harus bisa beradaptasi dan juga buat semuanya sih. musik kalo dulu kita kalau beli dapet kaset yang bulat tapi sekarang bisa ke spotify dan kita kalo dulu mau liat video klip kita harus nunggu atau liat di tv tapi sekarang kita bisa lihat kapan aja dimana aja lewat youtube, kita hanya punya 2 pilihan kita beradaptasi di era digital sekarang atau stuck disitu aja.

 

Moderator : Contoh lembaga belajar atau instansi yang memberikan pelatihan digital skills?

 

Answer :

  • Narsum 1 : Kalo untuk ini sebetulnya banyak sekali dengan kita membuka youtube aja sudah banyak tutorial editing video, cara mengatur kamera, dan lain-lainnya. Dan kalo lebih dalam lagi sebetulnya youtube itu ada kelas youtubenya juga kalian tinggal ketik “kelas youtube” kalian bisa mendapat informasi tentang cara mengaplikasikan youtube lebih dalem lagi.

 

Talks 2: Etika Digital : Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital

– Mansyur, S.H., M.H. Dosen fakultas hukum Universitas Kutai Kartanegara

  •     Social Media sebagai sarana :

Sebagai sarana komunikasi

Sumber informasi pengetahuan

Peluang usaha

Membangun relasi dan komunitas

  •     MEDSOS ADALAH KUNCI EKSISTENSI

Daya Kritis Meningkat: Jika dulu orang takut bicara, kini orang berlomba untuk kritis. Media muncul di mana mana dan berkat media sosial setiap orang bisa menjadi juru bicara segala persoalan masyarakat.

Ingin Semakin Terlibat: Jika dulu masyarakat crnderung pasif, kini masyarakat ingin terlibat dalam proses pengambilan keputusan mulai tingkat desa sampai tingkat nasional.

 

Talks 3 : Keamanan Digital : Bahaya Pornografi dan Pelecehan Seksual di Ruang Digital

– Rosita Tul Arofah, S.H. LBH Masyarakat Kaltim

  •     literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
  •     wawasan kebangsaan merupakan pemahaman masyarakat mengenai jati diri bangsanya dalam mendayagunakan segala potensi negari untuk mencapai cita-cita dan kepentingan nasional
  •     tantangan era digital : moral bangsa; penyebar hoax; regenrasi pemuda bangsa; kemajuan teknologi

Key Opinion Leader Digital Culture : Social Media Culture

– Dianissa Scheherazade Rachman Puteri Indonesia Kalimantan Timur

  • Melindungi dari konten-konten negatif, terdapat software parental , software browser, software anti virus , internet berdasar usia , orang tua harus berperan penting
  • Ancaman potensi di Internet : 1. Spam 2. Phising 3. Malware 4. Spyware
  • Aplikasi khusus anak , browser yang safety untuk anak, dan jangan posting foto  sembarangan

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

 

QnA

 

Penanya :  Nama : Irfan

No. HP : 082155343259

Email : irfanluter29@gmail.com

Untuk narasumber : Yoiqbal

Pertanyaan: Selamat sore mas yo iqbal, sebelumnya terima kasih telah di beri kesempatan untuk bertanya. Saya mau tanya nih, gimana sih cara mas Yo iqbal membuat konten drumndrum lebih menarik dibandingkan dengan chanel lain yang membahas kehidupan seorang drummer juga ?, dan mana yang lebih baik antara kolaborasi dengan chanel lain atau berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik?. Terimakasih🙏

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Drum n drum terlihat menarik yang jadi begini mungkin kalau berbicara tentang konten drum yang orang tahu itu yang ya itu udah konten yang paling umum ada lagi konten drum cam drum cam itu kita panggung ada kameranya penampakan di atas itu namanya dendam game itu ya gua itu cuman Kenapa drumband drum Lumayan bisa berbeda YouTube yang lain itu lebih luas aku mengangkatnya lebih luas yang tadi seperti aku bilang aku di sini menangkap install juga pasti banyak temen-temen yang pengen tahu gitu ih gimana sih kalau kehidupan jadi seorang drummer dia menikah punya anak ya kan pasti pengen tahu juga tuh gimana caranya sih ini kerjanya gitu setiap harinya yang kita tahu kan kalau main drum di atas panggung Oh jadi begitu ya keren apa segala macem begitu turun di atas panggung begitu turun ke dari panggungnya pasti di situ orang-orang pengen tahu itu sebenarnya ngapain

 

Penanya :  Nama : Rahadian Zulkarnain Fagi

No. HP : 0895704218475

Email : Zuldian98@gmail.com

Untuk narasumber : Pak Mansyur

Pertanyaan : bagaimana pandangan bapak terhadap kebebasan berpendapat yang juga dibatasi oleh UU ITE? Apakah ideal di era post truth saat ini? Sementara kita tahu bahwa budaya di indonesia terjadi beberapa konflik didamaikan dengan cara kearifan lokal masyarakat

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Pemahaman bahwa negara hukum yang dimaksud itu adalah hukum yang dibuat secara tertulis oleh lembaga yang punya kewenangan hukum yang diakui di Indonesia adalah hukum yang berdasarkan pada undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang sistem peraturan perundang-undangan benar bahwa atau yang penyelesaian secara musyawarah dan mufakat memang diakui hanya pada tataran di konstitusi tapi belum diatur secara spesifik oleh undang-undang saya menyampaikan bahwa terkait dengan kebebasan berpendapat tidak boleh dibatasi oleh individu harus dibatasi secara konstitusi dalam bentuk peraturan perundang-undangan di selain tadi saya mengatakan bahwa salah satu yang memperlihatkan bahwa kebebasan berpendapat itu dibatasi adalah ketika lahir undang-undang yang mencoba mengekang kebebasan apakah undang-undang merupakan salah satu undang-undang yang mengatur kebebasan bagi saya tidak lahirnya undang-undang adalah salah satu undang-undang yang akan memberikan batasan kepada setiap orang yang ada di bangsa ini supaya dia bisa memfilter supaya dia bisa mengakomodir dan membatasi hal-hal yang bisa disampaikan diruang pabrik hal-hal yang tidak bisa Expose di ruang

 

Penanya :  Nama : Brevy

No. HP : 087750525549

Email : brevyaulia@gmail.com

Untuk narasumber : kak Dianissa

Pertanyaan : bagaimana cara yang baik mengkritisi pemerintah atau menyampaikan pemerintah kak? sedangkan semakin hari kita rasanya semakin takut menyampaikan pendapat, takut salah pilih kata atau ada yang blunder yg berbeda dengan maksud yang kita inginkan kak?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Tujuan dan juga rapi lah jadi enak dibaca dan itu buktinya nggak akan merugikan nggak akan merugikan kita saat kita memposting juga harus mempersiapkan lagi mau ngeposting dengan baik bahasanya yang baik dan cara termudah kita tapi apabila terkenal melalui media kita bisa ikut organisasi seperti halnya kemarin yang Tolong bantu untuk menyampaikan sekam akan kami di organisasi itu sampailah tadi itu memang kadang butuh dorongan-dorongan dari kita kita ini sama-sama mendorong Gimana caranya Oh ada nih kredit dari masyarakat dan organisasi pun juga bergerak untuk turut serta menyampaikannya ke pemerintah salah satunya dengan cara itu memang saat ini sulitnya media sosial Kemarin saya juga sempat melihat ada postingan pemerintah dari salah satu mungkin mahasiswa-mahasiswa dari suatu Universitas sudah rapi sekali kontennya sudah sangat siap dan bahasanya menurut saya masih agak enak dan juga dibikin tapi memang saat ini ya sulitnya mungkin dengan orang banyak juga bazar-bazar pastinya lebih banyak banget ada bazar yang juga meskipun kita sudah menginfokan dengan tertata tapi masih banyak nih tantangan kita tapi tidak apa-apa sebaiknya pemerintah selagi itu tidak menghina dan juga tidak mencemarkan nama baik dan juga ada kebenarannya Ada solusinya boleh Terima kasih

 

Penanya :  Nama : Miftahul Jannah

No. HP : 083132061494

Email : penikmatbuku07@gmail.com

Untuk narasumber : Kak Rosita

Pertanyaan : bagaimana LBH Masyarakat Kaltim menyikapi  contoh kasus (seseorang anak di bawah umur yang di tontonkn oleh orang tuanya hal2 yang kurang senonoh yang mana orng tua tersebut menyakini bawasanya di umur segitu merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan, lambat laun seiring usia anak tersebut mengenal dunia gadget di hadapkan dg cht2 berbau porno dari temannya, sehingga membuat efek mendalam di bagi si penyintas) dari contoh diatas membuat penyintas merasa malu untuk menyuarakan suara nya, bagaimana solusi dari teman2 LBH?

Jawaban :

–          Narsum 1 : yang dilakukan hal yang tidak perlu dikhawatirkan anak tersebut mulai mengenal oleh orang tuanya sebenarnya anak menjadi anak yang lebih baik Bagaimana misalkan Bagaimana kalau anak ini dipertontonkan akan menimbulkan bahaya bahaya dampak negatif masyarakat Kaltim bagaimana kita mengetahui apa yang dilakukan oleh orang tuanya hendaknya kita orang tuanya tersebut masuk tidak mempertentangkan hal-hal yang tidak pantas ya karena harusnya orang tua Itu menyakiti anaknya untuk menjadi pribadi yang baik bukan malah menampakan hal-hal yang berbau porno Terima kasih banyak untuk jawabannya memang orang tua atau Garda Utama bagaimana anak-anak itu menerima pendidikan ilmu pengetahuan tentang tata krama dan sopan santun termasuk hal-hal yang harusnya bisa dipantau oleh orang tua harus selalu dipantau oleh orang tua bukan orang tua yang menganggap wajar tontonan-tontonan yang


Bagikan updated
Kutai Kertanegara