Press Release Kenali Keterampilan Digital Baru Di Era 4.0 25 September 2021 – Balikpapan

Bagikan updated

Moderator : Septi D Ajeng

LO : Brahma

Runner : Afnan

Narasumber :

Local :

  1. (Ryan Angga Pratama & Dosen FKIP Univ. Balikpapan)
  2. (Sulistiyani, S.Pd. & Tenaga Pengajar SMKN 2 Balikpapan)

Nasional :

  1. (Dr. Iskandar Tsani M.Ag. & Dosen IAIN)

KOL : (Agatha Friska Goldarina & Model & Content Creator)

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

 

  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (H. Rahmad Mas’ud, S.E., M.E. & Walikota Balikpapan)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1 : Kecakapan Digital : Digital World in the Classroom: Kemampuan Literasi Digital yang Wajib dimiliki Guru Generasi Alpha

(Dr. Iskandar Tsani M.Ag. & Dosen IAIN)

  • literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

 

  • Tips mendidik anak di era digital :

– batasi waktu penggunaan gadget

– jadilah panutan yg baik

– jangan pernah menggunakan gadget sebagai alat penenang emosi anak

 

  • Tips mengatasi kecanduan gadget pada remaja :

– memperbanyak bersosialisasi dengan teman

– mematikan gadget sebelum tidur

– menghapus aplikasi yg menjadi penyebab kecanduan

– mengetahui dampak kecanduan gadget

 

Talks 2 : Etika Digital : Pilah – Pilih sebelum Share

(Ryan Angga Pratama & Dosen FKIP Univ. Balikpapan)

  • H.I.N.K : True Helpful Information Needed Kind
  • Hindari berkomentar di dunia sosial saat sedang emosi, Jika kamu mengetahui drama di dunia sosial, sebaiknya berargumentasi yang baik dan sopan.
  • Bahaya Jejak Digital Pencurian Digital Pembobolan data – data penting Reputasi Profesional

 

Talks 3 : Budaya Digital : Literasi Digital : Bangun Masyarakat Berbudaya Indonesia

(Sulistiyani, S.Pd. & Tenaga Pengajar SMKN 2 Balikpapan)

  • literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
  • wawasan kebangsaan merupakan pemahaman masyarakat mengenai jati diri bangsanya dalam mendayagunakan segala potensi negari untuk mencapai cita-cita dan kepentingan nasional
  • tantangan era digital : moral bangsa; penyebar hoax; regenrasi pemuda bangsa; kemajuan teknologi

 

Key Opinion Leader : Keamanan Digital : Fungsi Keamanan Pin, Password, Two Factor Authentication dan OTP

(Agatha Friska Goldarina & Model & Content Creator)

  • Apa itu phising?

– Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

 

  • Jenis phising
  1. Email Phishing

– Email phising menggunakan media email untuk menjangkau calon korbannya.

– Jumlah aksi email phising ini cukup banyak. Menurut data, terdapat 3,4 miliar email palsu yang dikirimkan setiap harinya.

 

  1. Spear Phising

– Spear phising adalah jenis dari email phising. Bedanya, alih-alih menggunakan pengiriman email secara masif dengan calon korban yang acak, spear phising menarget calon korban tertentu. Biasanya, teknik ini dilakukan setelah beberapa informasi dasar calon korban dimiliki, seperti nama dan alamat.

 

  1. Whaling

– Whaling adalah langkah phising yang tidak hanya menarget individu secara spesifik, tapi juga individu yang memiliki kewenangan tinggi di suatu organisasi, misalnya pemilik bisnis, direktur perusahaan, manajer personalia, dan lainnya.

– Dengan demikian, jika tindakan whaling ini berhasil, akan banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari akses yang didapatkan.

 

  1. Web Phising

– Web phising adalah upaya memanfaatkan website palsu untuk mengelabui calon korban. Website untuk phising akan terlihat mirip dengan website resmi dan menggunakan nama

domain yang mirip. Hal ini disebut domain spoofing.

 

  • Bagaimana Sebuah Aksi Phishing Dijalankan?
  1. memilih calon korban
  2. menentukan tujuan phising
  3. membuat website phising
  4. calon korban mengakses website phising
  5. Calon korban mengikuti instruksi pelaku
  6. Data korban akan dimanfaatkan

 

  • Tips agar tidak menjadi korban phising
  1. Selalu update informasi terkait phising
  2. Selalu cek siapa pengirim email
  3. Jangan asal klik link yg diterima
  4. Pastikan keamanan website yg diakses
  5. Gunakan browser versi terbaru
  6. Waspada ketika dimintai data pribadi
  7. Cek akun online anda secara rutin
  8. Gunakan two factor authentication
  9. Lakukan scan malware secara berkala

Informasi lainnya yg disampaikan oleh Moderator:

  • Tata tertib berlangsungnya webinar
  • Cara peserta memenangkan gimmick dan absen+posttest
  • Kesimpulan materi dari setiap narasumber

Question And Answer

Penanya :

UNTUK ISKANDAR

Rudy Hilkya

08115117879

mrrudyhilkya@gmail.com

 

Pertanyaan :

Tidak semua guru memiliki kriteria yang sudah dipaparkan oleh Bapak tadi, saat ini prosentase guru/dosen yang cukup berumur masih lebih dari 50% dibanding guru/dosen muda yang masih berkembang, bagaimana solusi menutup gap kesenjangan kemampuan/keterampilan digital dalam proses pembelajaran secara daring ini?

 

Jawaban : Kita menyadari bahwa generasi orang tua ini merupakan generasi pembelajar dunia digital. Berbeda dengan mahasiswa yang sudah terbiasa dari kecil menggunakan media digital. Untuk itu kita pada generasi tua harus mau untuk belajar dan rajin untuk update pengetahuan, skill serta jangan pernah malu untuk bertanya kepada generasi muda ketika mengalami kesulitan dalam belajar dunia digital. Hal ini penting terutama untuk para pengajar karena sudah menjadi tuntutan pekerjaan. Jangan sampai kita ketinggalan dan tidak bisa berkembang.

 

Penanya :

UNTUK RYAN

Nama : Sri Prastyawati Utami

0895369406383

sriprastyawatiutami18@gmail.com

 

Pertanyaan : Bagi sebagian orang, informasi update tentang covid dimasa ini menjadi sesuatu yang tidak diperlukan bahkan sampai menakutkan. Tapi bagi sebagian orang lain, informasi tersebut sangat penting, menjadi acuan untuk selalu menjaga diri, tidak melonggarkan protokol kesehatan dll. Menurut bapak apakah topik tersebut perlu di update/posting atau tidak? Terima kasih

 

Jawaban : Berita terkait covid bagi sebagian orang sudah bosan namun masih sangat penting dan kita perlukan. Maka kita harus bisa memilah-milah mana berita yang sekiranya penting untuk di sharing atau di update karena bisa bermanfaat untuk orang lain.

 

Penanya :

UNTUK AGATHA

Penanya :

Anita Nur Jannah

085754587363 (WA)

081257582293(TELP & WA)

anitanurjannah42@gmail.com

 

Pertanyaan : permisi sebelumnya dan mohon maaf saya izin bertanya, bagaimana jika data pribadi kita sudah bocor, dan ada pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memakai data kita untuk melakukan penipuan terhadap orang orang sekitar kita seperti meminta pulsa ataupun uang, apa yang harus kita lakukan selain menginformasikan kepada orang orang sekitar untuk tidak merespon, agar perihal tersebut tidak terjadi lagi? terima kasih

 

Jawaban : Kalau sudah terjadi kebocoran kita harus informasikan kepada keluarga dan orang terdekat bahwa data kita sudah tersadap. Kemudian kita bisa melaporkan kepada pihak yang berwajib. Kemudian kita bisa meminta tolong orang terdekat kita untuk melakukan klarifikasi di media sosial. Ketika kita mendaftar sebuah aplikasi kita harus lebih teliti apakah aplikasi tersebut aman.

 

Penanya :

UNTUK SULIS

Penanya : Estrilian Ainun Rizqyan

089620345275 (No Gopay aktif)

lianainun@gmail.com

 

Bagaimana cara meningkatkan motivasi dan minat agar masyarakat bisa mencintai literasi serta bisa menghasilkan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang lain?

 

Jawaban : Saya suka untuk membuat sebuah motivasi untuk orang lain agar semangat menulis. Darisitu orang-orang banyak yang menshare dan menyimpan postingan saya. Juga banyak yang menjadi mulai mencoba menulis. Hal ini dimulai dari lingkungan terdekat kita dulu. Kita juga harus menyediakan sebuah pojok baca di kampus atau sekolah. Dan juga sering untuk mengikuti literasi digital melalui webinar-webinar seperti ini.

Foto Bersama


Bagikan updated
Balikpapan