Press Release Lawan Balik Hoax dengan Literasi Digital 2 September 2021 – Kutai Kartanegara

Bagikan updated

Moderator : Ovi Darin

LO : Shahnaz

Runner : Venus & Emil

Narasumber :

Local :

  1. Suparno Ghopar
  2. Charles Siahaan

Nasional :

  1. Steve Pattinama

KOL : Sri Agus Nilasari, A.Md.Keb.

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika: (Samuel Abrijani Pengarapan B. Sc):

  • Program literasi digital menjadi jawaban atas era disrupsi teknologi saat ini.
  • Kehadiran pandemi dan berkembang pesatnya teknologi mengubah cara kita beraktifitas, sehingga teknologi sebagai bagian dari masyarakat.
  • Menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk meningkatkan literasi digital pada masyarakat
  • Mendidikan masyarakat bukan hanya pada kemampuan menggunakan teknologi digital saja , namun juga bagaimana masyarakat cermat dalam menggunakan teknologi.
  • Adanya berbagai inisiatif kegiatan diharapkan semakin mendorong meningkatnya literasi digital masyarakat.
  • Mempersiapkan sdm yang sesuai dengan kecakapan era digital.
  • Dengan kondisi pandemi maka akan mempercepat pula proses tranformasi menuju era digital, maka dibutuhkan kerjasama yang bersifat menyeluruh dan kontinyu oleh segala elemen.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Drs. Edi Damansyah, M.Si – Bupati Kutai Kartanegara)

  • Sesuai Arahan visi Presiden, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah menyusun sebuah Peta Jalan Literasi Digital Tahun 2021-2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat dibidang Teknologi dan Informatika Komputer dan Digital serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.
  • Peta Jalan Literasi Digital dirumuskan dalam empat kerangka dalam menyusun Kurikulum Literasi Digital yaitu : Digital Skills, Digital Ethics, Digital Safety dan DIgital Culture.
  • Untuk mencapai Target Masyarakat yang cakap digital diadakan acara secara serentak selama 7 bulan pada tahun ini yang dimulai di bulan Mei dengan dilakukannya Kick Off atau Pembukaan oleh Bapak Presiden serta Menteri Komunikasi dan Informatika demi tercapainya pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, memanfaatkan secara sehat bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menanggulangi penggunaan Teknologi Digital oleh seluruh lapisan masyarakat secara tidak baik

 

Panelist 1: Etika Digital : Bijak di Kolom Komentar (Steve Pattinama)

  • Pertanyaan : Isi kolom komentar kita tahu kan suprise banged ya kak. Bagaimana sih cara kita gimana biar ketika nyemplung di sosmed kita gak kecanduan gitu ?

Jawaban : Pengguna internet sekarang memang lagi berkembang pesat. karena banyak didalamnya ada youtube instagram tiktok dan banyak fitur yang menarik dan menghibur. kalo kita tahu cirinya ketika dia tidak bisa mengontrol dirinya pakai sosial media. aktif banged walau cuman posting atau hanya melihat aja. itu sih cirinya. coba ngobrol face to face. Cari kegiatan lain selain pegang hp aja

  • Pertanyaan : Kita harus hati-hati ya kak bahasa yang kita gunakan saat masuk sosial media orang lain komen orang lain yang nantinya bisa menjadi konflik. Bagaimana netizen di Indonesia sekarang ini ? apakah kakak pernah dapet komentar yang tidak menyenangkan ?

Jawaban : pernah banged. memang netizen indonesia sekarang berani banged berkomentar terbukti dengan survey Microsoft bahwa netizen Indonesia tidak sopan se Asia Tenggara. itu yang sangat disayangkan karena komentar tidak melihat atau memikirkan dampaknya apa.

  • Pertanyaan : bagaimana itu kalo masuk ranah hukum ? apakah itu bisa di tuntut secara hukum kak ? gimana menurut kakak ?

Jawaban :  sebetulnya udah banyak menimpa publik figur ujaran kebencian mengomentari mereka dengan hal jelek ya. itu sudah bisa masuk di ranah hukum ya pencemaran nama baik.

 

Talks 2 : Kecakapan Digital : Literasi Digital bagi Tenaga didik dan Anak Didik di era Digital

(Suparno Ghopar)

  • Isu Digital ini isu penting nya ketika informasi sudah berbasis internet dan menggunakan teknologi digital. Literasi Digital pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital seperti alat komunikasi jaringan internet dan lainnya. Perilaku berinternet yang tidak sehat seperti ujaran kebencian menjadi tantangan besar.
  • Saat ini: Fokus pada pengembangan masyarakat agar dapat menikmati kehidupan yang berkualitas tinggi, dengan menggabungkan / memanfaatkan teknologi canggih di berbagai industri dan kegiatan sosial dan mendorong inovasi untuk menciptakan nilai baru.
  • Konstruksi atau dekonstruksi adalah penggunaan teknologi digital secara tepat akan sangat bermanfaat bagi penggunanya, tetapi jika digunaakan secara berlebihan akan mempunyai resiko negatif.
  • Urgensi Literasi Digital : Perkembangan dunia digital dapat menimbulkan dua sisi yang berlawanan dengan pengembangan literasi digital. Perilaku berinternet yang tidak sehat, ditunjukkan dengan menyebarnya berita atau informasi hoaks, ujaran kebencian, dan intoleransi di media sosial. Hal-hal tersebut tentu menjadi tantangan besar bagi orang tua, yang mempunyai tanggung jawab dan peran penting dalam mempersiapkan generasi abad ke-21, generasi yang memiliki kompetensi digital.

 

Talks 3 : Key Opinion Leader Budaya Digital : Pilih mana nabung atau belanja Online

(Sri Agus Nilasari, A.Md.Keb)

  • Manfaat Menabung adalah paham konsep mengatur keuangan, melatih kedisiplinan, memiliki cadangan dana dalam keadaan darurat dan mencegah berhutang.
  • MAnfaat belanja onine adalah mudah diakses, dimanapun dan kapanpun, mendapatkan harga diskon dan promo. Kekurangan belanja Online adalah ketidaksesuaian ekspektasi dan realita barang hasil belanja dan membeli barang yang tidak dibutuhkan.
  • Tips anti kalap saat belanja Online adalah tetapkan budget belanja online, buat list daftar barang yang ingin dibeli, temukan online shop termurah dan terpercaya, memanfaatkan promo semaksimal mungkin, kembali pada nomor 1.
  • Tips menabung secara rutin adalah dengan menyegerakan menabung setelah membuat perincian pengeluaran, pisahkan rekening belanja dan rekening tabungan, buatlah anggapan bahwa menabung adalah pengeluaran rutin dan jangan menabung hanya dari sisa dana.

 

Talks 4 : Keamanan Digital : Pentingnya Pemahaman Membedakan Informasi Hoax

(Charles Siahan)

  • Hoaks berita bohong diproduksi untuk maksud tertetentu jenisnya adalah misinformasi adalah informasi salah atau bohong tapi dia tidak tahu dan menyebarkan, dan Disinformasi dia tahu informasi salah/bohong tapi dengan sengaja menyebarkan.
  • Motif memproduksi politik adalah hoaks digunakan untuk kepentingan politik disemua level. Mulai dari pemilihan ketua RT, Ormas sampai sampai pemilihan bupati, walikota, gubernur dan presiden.
  • Hoaks digunakan untuk mempengaruhi pikiran dengan tujuan mengubah dukungan terhadap ideologi negara. Ini paling berbahaya. Seperti adanya keinginan mengganti sistem pancasila menjadi negara khilafah
  • Money persaingan dagang. Di satu sisi karena ada hubungan konsumen – produsen untuk tujuan tertentu, namun ada juga memang murni karena persaingan dagang. Hoaks digunakan seperti menjatuhkan merk tertentu
  • JAdi pahlawan melawan hoaks dengan tidak share hoaks, cek fakta, partisipasi mengedukasi dan jejak digital tidak dihapus dan lakukan cek fakta

 

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

 

Question And Answer

Penanya :  Risya A

Gimana cara menanggulangi kecanduan pergaulan daring pada anak karena sekarang anak-anak introvert di dunia online beda lagi di dunia nyata?

Jawaban :

  • Panelist 1 : kalo dulu kan memang lebih ke permainan motorik bersama, kalo sekarang lebih ke online. sekarang yang ditakuti kan kalo dari dampak negatifnya. tentu dari orang tua yang mengatur kegiatannya ya. Orangtua harus berpikir bagaimana anak juga butuh hiburan jangan semuanya terpaku di layar kaca juga. banyak hiburan yang bisa diciptakan antara orang tua dan anak. Peran penting orang tua tentu yang jadi kontrol

Penanya :  Herli Apriandi

bagaimana cara dan solusi untuk guru yang tidak tahan dengan aplikasi dan pengajaran online apalagi untuk guru di pedalaman ya pak ?

Jawaban :

  • Talks 2 : Memang pandemi ini mengagetkan ya mbak. tapi di IGI sudah terbiasa daring sejak 2017. untuk teman-teman yang berada di daerah yang susah jaringan tentunya bisa cobak di merdeka belajar, rumah belajar yang kapan saja dan kapan saja mengasyikan dan banyak lagi. Dengan niat kita mewujudkan pendidikan yang lebih baik kita harus bangkit agar segera di share juga ke seluruh masyarakat Indonesia.

 

Penanya :  Ardian

Skill apa yang harus dimiliki untuk memulai mendapat income di dunia digital ini ?

Jawaban :

  • Talks 3 : Langkah pertama yang saya sarankan lihatlah pasar apa yang diminati sekarang misal ada skincare, fashion, dan sebagainya. mulai usaha dengan apa yang kalian sukai. Cek e-commerce yang lagi booming darisitu teman-teman bisa melihat peluang, jangan mudah menyerah.

 

Penanya :  Kemal HM

Jika sebuah berita sebetulnya benar, tapi sumber nya tidak jelas dan sifatnya provokasi apakah itu masih disebut berita hoaks ?

Jawaban :

 

  • Talks 4 : kalo sumbernya sudah tidak jelas tentu kebenarannya sudah darimana ? karena sumbernya aja udah gak jelas. kalo ini kita hindari lah ya. kalo jurnal ilmiah jelas di tempat mana pasti jelas. kalo kita ragu ya kita cari dulu informasi itu. kalo sudah tidak jelas siapa yang membuat apakah media website atau lembaga yang tidak ada itu pasti sudah hoaks.

 

Foto Bersama


Bagikan updated
Kutai Kertanegara