Press Release Lawan Pelecehan Sexual Di Era Digital 21 September 2021 – Samarinda

Bagikan updated

Moderator :  Septi Diajwng

LO : Oni

Runner : Apid &  Afnan

Narasumber :

Local :

  1. Mudzakkiro Yaomi, S.T – Praktisi Bidang Tata Ruang
  2. Nugraha Pradana Hilpa, S.Pd

NGO Coordinator & Campaign Consultant Kitabisa.com

Nasional :

  1. Hendy Irawan Saleh, S.Th.I., M.E. – DOSEN IDAQU

KOL : Mohammad Faishal – Entrepreneur

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

 

  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Dr. H. Andi Harun, S.T., S.H., M.Si

Walikota Samarinda )

 

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Barito Selatan melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1: Keamanan Digital: Bahaya Pornografi dan Pelecehan Seksual di  Ruang Digital

– Hendy Irawan Saleh, S.Th.I., M.E.- DOSEN IDAQU

  • sampai kemudian free from home Itu semua terjadi sehingga semua akses dengan banyaknya bahkan mungkin hampir 90% masyarakat dunia mengakses segala sesuatu melalui kita tidak bertanggung jawab mengambil kesempatan dengan melakukan juga masuk di wilayah konten-konten yang bersifat seksual pornografi sehingga dapat meracuni Generasi Indonesia khususnya Oleh karena itu Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Bagaimana kita bisa keluar dari segala macam bentuk yang yang kemudian bisa mengakibatkan kita terbawa pada
  • pelecehan itu bukan berarti dalam dalam maksud yaitu pemaksaan saja tidak akan saya sampaikan itu bukan cuma sekedar pemaksaan kita yang tidak terpaksa terlecehkan saja bisa dianggap jika pelaku tersebut kemudian melakukan hal-hal yang masuk kategori pada maka yang perlu kita lakukan ada pada jadi kalau saya pesan ya kepada kita kita saya sendiri ya harus dimulai pencegahan itu dari diri kita itu sudah sampai pada tingkat level bener-bener siap sekarang sekarang kita tanya kita punya berbagai macam akun di media sosial sudah kita filter dari berbagai macam bentuk iklan dan komersial Tapi lewat yang mau tidak mau terlihat sehingga muncul penasaran dari penasaran kemudian jadi membuka sehingga kemudian terusan nauzubillahminzalik Inilah yang harus benar-benar dipahami bahwa tidak ada ruang untuk pornografi dari sisi aspek mana pun jadi kawan-kawan bahasanya sudah sebagaimana kemarin temen-temen ya sabar digital dan berkreasi semua udah cukup dengan satu teken stop di kamu dan jangan sebarkan sampai pundi kita langsung tidak boleh kita mengikuti landasannya adalah segala sesuatu konten yang tereksploitasi dari sisi pencabulan yang melanggar norma kesusilaan norma Susila itu mulai dari
  • ada unsur-unsur pada sifat-sifat cabul masuk kategori dan bahayanya adalah dan bahayanya adalah anak-anak kita sekarang sudah banyak yang terkontaminasi, betul ini nggak boleh batasannya ini nggak boleh ini nggak boleh apalagi anak-anak yang sudah beranjak dewasa di dalam penting itu salah satunya ada spiritual pentingnya pengajaran pendidikan agama kepada anak kita ini bagian dari pada mereka untuk tahu ini nggak boleh sama,mau Ayah tambahin tapi kalau itu Ya udah jangan dipakai dulu hp-nya dan lain sebagainya yang tak kita adalah milik kita ya sekalian Bapak Ibu sekalian berhati-hati terhadap bagaimana kita memposting data kita Jangan karena kita ingin terlihat baik bagus modis tapi kemudian itu berdampak pada kejahatan kejahatan di kemudian hari Semoga ada manfaatnya dan kita berharap Indonesia semua masyarakat Indonesia bisa terhindar dari berbagai macam pelecehan seksual di era digital ini saja yang dapat saya sampaikan terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahteral

 

Talks 2: Budaya Digital: Mengenal Digital Culture di Era Digital

– Nugraha Pradana Hilpa, S.Pd

NGO Coordinator & Campaign Consultant Kitabisa.com

  • aplikasinya atau tahunya gitu disini koordinator dan konsultasi itu banyak belajar hari inil,kenapa Karena di dunia digital kita semakin banyak di dimasuki informasi-informasi gitu bahan diri dengan informasi-informasi ini yang seharusnya kita bila kita analisis kita kritisi bahwa sebenarnya informasi itu tidak semuanya benar itu banyak sekali orang menyebarkan informasi dia nggak tahu bahwa sebenarnya informasi yang disebabkan karena itu masih rendah sebenarnya niatnya ada kemudian menjadi yang masih belum terjadi di negara kita jadi sebenarnya kita perlu Bekasi masyarakat terus-menerus menjadi habit bahwa pembaca itu adalah kebutuhan untuk di dunia
  • memilih bacaan untuk menghafal gitu bukan untuk menganalisis sebuah permasalahan atau sebuah kasus di Indonesia sendiri kenapa terjadi seperti itu karena fasilitas Taman baca yang ada di Indonesia itu sangat minim sekali bahkan di daerah saya di negara itu minim sekali apalagi perpustakaan ketika saya kuliah Kemarin saya kirimkan buku-buku nggak ada harapan lagi
  • Padahal di sosial media itu akan membuat objek ataupun membuat Kesenjangan antara Si a dan si b update dengan dengan kemewahan hidupnya kemudian jadi merasa minder Nah itu menjadi toksik bagi pengguna sosial media yang menurut saya menjadi hal yang bahaya ketika kita menggunakan sosial media terlalu berlebihan dan kita tidak bisa memanfaatkan sosial media untuk sesuatu yang bermanfaat seperti seri kemudian bacaan kita kemudian informasi yang berbobot indahnya berpikir analitis dan kritis jadi kita memiliki pikiran yang tidak yang tidak kritis karena kita masih kurangnya referensi untuk melakukan pengembangan pengembangan diri yang sebenarnya itu bisa kita dapatkan lewat buku ini juga sudah mudah karena seharusnya di perpustakaan digital library Saya yakin pasti sudah ada tapi untuk kelas SD SMP itu SMA kemudian kita bacaan kemudian kita diskusikan antara siswa dan masyarakat sebenarnya kita perlu membangun diskursus seperti ini untuk menumbuhkan analisis dan kritis terhadap kondisi yang ada di sekeliling kita sendiri itu sebenarnya karena kita mudah percaya dengan apa yang dibagikan ini karena kita satu pemahaman nih kayaknya bagus nih dibagikan Padahal kita baru aja baru bisa aja nggak tahu nih substansinya apa apa yang membuat kita informasi itu sepotong-sepotong tidak komprehensif mudahnya di Indonesia terbesar seperti Kalau saran saya seharusnya kita Sebelum membagikan sesuatu kita cari dulu Cari dulu perbandingan antara berita yang sudah disebarkan oleh teman kita kerabat kita keluarga kita yang kita cari dulu komparasinya kemudian kita cari tanggal beritanya Kapan dibagikan kemudian dipublikasikan kapan dan kemudian sesuai tidak beritanya judulnya dan isi beritanya kadang di dunia journalisme itu bagaimana cara menarik pembaca itu dengan menggunakan judul-judul yang judulnya aja udah langsung isinya apa gitu

 

Talks 3 : Etika Digital: Bijak Bermedia Sosial : Jangan Asal Sebar di Internet

– Mudzakkiro Yaomi, S.T – Praktisi Bidang Tata Ruang

  • terkait adab ini sebenarnya kita seperti yang dijelaskan oleh narasumber narasumber sebelumnya bahwa rata-rata penggunaan kita sebagai teman menggunakan internet tuh rata-rata 8 jam bahkan mungkin bisa lebih kalau kurang rasanya tidak semenjak adanya virus covit 19 kehidupan kita benar-benar di depan semua semua pekerjaan pendidikan semuanya di depan aku didepan tapi itu malah lebih memudahkan kita dalam kita itu terdistract atau terganggu dengan adanya media sosial media
  • nyata mendapatkan respek juga dengan orang lain kita akan mendapatkan penghormatan juga ini Apabila teman-teman sudah bisa berada berada baik dan beretika baik dalam melakukan kebaikan akan mendapatkan penghormatan yang mana penghormatan itu sebenarnya mahal harganya bisa didapat oleh setiap orang kita sendiri yang harus bisa menjadi seseorang yang beradab gitu itu pilihan terhadap Apa yang akan kita lakukan di masa depan

 

Key Opinion Leader : Cakap Digital : Pilah Pilih Informasi di Ruang Digital

– Mohammad Faishal – Entrepreneur

 

  • Sekumpulan data atau fakta yang telah diproses sehingga mudah dimengerti yang juga bermanfaat bagi kita ada juga seorang penulis buku yang punya definisi sendiri informasi itu menjadi menurut informasi Itu adalah sebuah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar dalam mengambil suatu keputusan di mana saat ini Mas itu udah jadi kebutuhan bagi manusia pada umumnya yang pertama kita akan membahas tentang apa sih sebenarnya pentingnya informasi itu dan kenapa informasi sangat penting seperti kata Pak Joss pada slide sebelumnya bahwa informasi dijadikan satu-satunya landasan untuk mengambil suatu keputusan informasi yang bisa mengakibatkan pengambilan keputusan kita yang nantinya nggak efektif seperti misal pada masa kini informasi sangatlah dibutuhkan contoh data atau informasi tentang banyaknya orang yang terinfeksi virus total yang terinfeksi per daerah penyebaran virus dan masih banyak informasi penting lainnya dan dengan mengetahui macam-macam informasi atas masyarakat terjadi dapat disadarkan oleh fakta atau data yang ada sehingga bisa mencegah penyebaran virus Corona ini data atau informasi yang aktual juga bisa membantu pemerintah dalam mengambil suatu keputusan lanjut ke akses informasi dan jadi dulu ya di pagi hari itu mungkin kita sering melihat bapak-bapak yang sibuk membaca koran di teras rumahnya seorang laki-laki yang berada di ruang tunggu bandara sambil membaca koran ibu-ibu yang membeli tabloid rumah di era sekarang udah jarang banget lagi sebenarnya hal ini bukan karena turunnya minat membaca ya sama sekali bukan
  • Kalau menurut saya mereka yang menunggu di bandara laki-laki yang bapak bapak itu yang membaca koran di teras rumahnya juga masih membaca di era sekarang ini tapi mereka membaca melalui smartphone ataupun tablet yang hampir semua dalam bentuk digital yang bisa diakses melalui internet dan juga smartphone smartphone yang kita punyai selanjutnya ada macam-macam atau jenis-jenis dari informasi informasi bisa dibuktikan atau yang merupakan peristiwa seperti informasi tentang gempa bumi tsunami seperti tsunami di Aceh terus ada lagi waktu itu ledakan di halte TransJakarta dan masih banyak lagi informasi informasi faktual lainnya selanjutnya ada informasi-informasi yang dirancang secara khusus untuk kepentingan penelitian contoh seperti buah jeruk yang mengandung vitamin C yang mengandung vitamin contoh dari informasi-informasi tertentu pasti ada informasi yang tidak benar yaitu yang bersifat umum kayak informasi yang tersedia dimana-mana berita tentang demo mahasiswa kecelakaan di jalan tol dan lain sebagainya itu merupakan
  • bakteri dan juga darah sehingga ada telur plastik yang juga sempet banget ini jadi pada waktu itu ada yang terbuat dari plastik tersebar di pasar maupun minimarket sekitar kita dan setelah ditelusuri oleh pihak berwajib ternyata berita tersebut hanyalah sebuah telur telur plastik ternyata dan masih banyak lagi yang ada di Indonesia makanan yang mudah terbakar karena mengandung plastik ada juga kartu nikah dengan foto 4 Istri yang semua berita tersebut adalah berita palsu atau hoax ini ada beberapa tips dari saya buat kita agar terhindar dari berita hoax yang pertama cek judul berita maaf yang pertama berita berita yang berita hoax atau berita palsu itu biasanya punya judul yang menarik dan juga provokatif biasanya jadi kalau kita nemuin berita yang judulnya tanya kriteria tersebut yang kedua situs berita tersebut kita bisa langsung cek alamat situs berita tersebut atau bisa juga dengan cara paling mudah ya yang biasa dengan memasukkan 2/3 kata di Google kalau tidak tambahin kata hoax di depannya JAdi misal kita ambil contoh ada berita tentang telur plastik langsung aja kita cari di Google terus kita tambahin kata hoax di depannya jadi kita cari kita ketik di Google pasti dan kalau kita itu emang hoax di pencarian akan muncul berita fakta lain yang nyebutin kalau berita tersebut adalah nggak ada telur telur plastik yang ketiga ada cek keaslian pita dengan cara mencari sumber berita tersebut seperti misal institusi yang ada di berita tersebut atau nama subjek penulis berita tersebut dan yang terakhir cek keaslian foto foto juga bisa kita cek di Google image dengan cara yang sama kayak yang tadi itu memasukkan dua atau tiga kata kunci dari judul berita tersebut kita cari Apakah benar foto tersebut Emang ada berita tersebut ataukah hanyalah sebuah berita palsu atau hoax jika salah satu atau bahkan maka bisa dipastikan seperti itu adalah bagaimana cara kita cerdas dalam memilah sebelum memilih sebuah informasi yang pertama adalah informasi harus bernilai kebenaran cara mengetahui adalah dengan tips mengenali beritahu Stadion jika pita tersebut tidak memenuhi kriteria yang seperti berita hoax tadi maka berita tersebut udah bernilai kebenaran dan berita tersebut atau informasi tersebut bisa diterima dan dipelajari lebih dalam Yang kedua kita cek lagi yaitu adalah informasi harus bernilai kebaikan dari sebuah informasi haruslah bernilai kebaikan antara m dari suatu informasi itu bernilai kebaikan adalah ketika informasi itu tuh kita untuk jadi orang yang

 

Informasi lainnya yg disampaikan oleh Moderator:

  • Tata tertib berlangsungnya webinar
  • Cara peserta memenangkan gimmick dan absen+posttest

Kesimpulan materi dari setiap narasumber

Question And Answer

Penanya :  Tidak semua orang Indonesia adalah muslim di mana mereka tidak punya kewajiban untuk menutup aurat Bagaimana pendapat Ustadz mengenai hal ini untuk menjawab

Jawaban :yang pertama bahasanya itu kelainan ya jadi kelainan seksual yaitu fetish menyukai orang yang berhijab Terus yang kedua terkait tentang pelajaran tersebut di dalam pelajaran kami di islam itu sudah ditentukan bahwa perempuan itu supaya menutup aurat menutup aurat itu selalu di dalam hadisnya Rasulullah Shalallahu Wassalam diterangkan tidak boleh memperlihatkan lekuk tubuh jadi buat kawan-kawan muslim yang memakai jilbab maka jilbabnya jangan sampai yang memperlihatkan lekuk tubuh ketika tubuh itu kemudian terjadi penyalahgunaan atau seksual terhadap mereka-mereka yang berhijab jadi yang berhijab yang tidak salah hanya saja caranya saja mungkin kerja tapi solusi menurut menunjukkan lekuk tubuh itu tidak baik mereka yang menyukai orang-orang yang berhijab untuk sebuah seksual hasrat seksual bukan pada tempatnya bukan mahramnya maka itu termasuk kelainan seksual dan itu ada obatnya ada obatnya ada cara penanggulangannya salah satunya adalah mendekatkan diri kepada ajaran-ajaran agama sebagaimana tadi yang disampaikan oleh narasumber keempat Teti pentingnya mempelajari agama Sehingga kemudian masyarakat Indonesia yang tidak yang tidak beragama Islam kemudian menyukai hal tersebut tidak boleh bagian daripada atau melanggar orang-orang yang berhijab hijab sendiri di Indonesia diatur sebagai bagian dari pada haknya orang muslim untuk berpakaian hijab jadi dia punya hak untuk tidak diganggu dengan cara berpakaian hijab orientasi seksual yang berbeda yang dimiliki sebagian orang menyukai orang-orang yang berhijab memang ini sebagai orientasi yang salah harusnya kepada masyarakat bahwa pada dasar utamanya kelainan tersebut tidak dibenarkan adalah dengan hubungan pernikahan itulah yang yang diperbolehkan kan ya Jadi begitu enggak sih pertanyaannya jadi tidak ada yang salah dengan mereka yang berjilbab hanya saja mereka perlu untuk memakai dengan yang lebih sopan yaitu dengan tidak menunjukkan hurufnya Ia juga mampu mencerminkan akhlak dan budaya ketimuran yang di Indonesia orang timur Tuh kan malu ya tidak mudah mengisi Prestasi Diri dan lain sebagainya itu Mbak Ajeng

 

Penanya :  di era digital ini, crowdfunding semakin populer .. walaupun manfaatnya sangat banyak dan efektif dalam membantu kegiatan sosial, tren ini dirasa menimbulkan budaya baru, yaitu budaya meminta2 atau mengemis secara online, dibandingkan mencari dana secara kreatif dan profesional. selain itu penggunaan dananya juga masih dipertanyakan kredibilitas nya. bahkan di platform yang terpercaya seperti kitabisa.com pun masih banyak terjadi penyalahgunaan dana. bagaimana tanggapan kak nugraha, yg juga sbg bagian dari kitabisa terhadap hal ini? terimakasih

 

Jawaban : dan cukup mengikuti perkembangan kitabisa.com ya yang kita keluarkan gitu di platform kita bisa itu akan ada kejelasan RAB serta kita akan mencairkan sesuai apa yang dibutuhkan dari permintaan di awalnya Jadi sebelum teman-teman melakukan penggalangan dana kita akan meminta Arabnya ini penggalangan dana untuk apa saja asalkan untuk bedah rumah itu harus detail pembelian semen berapa pembelian kayunya berapa pembelian besinya berapa kemudian nanti setelah penggalangan dana terkumpul ketika pencairan kita juga akan verifikasi lagi ke rekening yang terpercaya kemudian kita kan minta untuk pertanggungjawabannya untuk dokumentasi dan implementasinya gitu Jadi adik kita ada tahap replikasi berlapis untuk penggalangan dana medis dan non medis dan medis ya yang main di situ jadi adalah bantuan-bantuan pasien pasien yang membutuhkan yang kurang mampu yang asuransi ataupun non BPJS gitu itu kita butuhkan dari rumah sakit Kemudian dari dokumen kesehatannya yang lainnya kita dan kita akan menyesuaikan kebutuhan anggarannya dan kalau misalkan itu tidak akan kita akan ada yang lagi

 

Penanya :  bagaimana kita menyikapi informasi Hoax namun informasi hoax tersebut adalah suatu hal yang tidak melanggar aturan ataupun tidak merugikan .sebagai contoh berita hoax ‘ mkan bakso bersamaan dengan minum es picu kanker’. hoax tapi pada dasarnya makan yg panas memang tidak baik bila disandingkan dengan minuman dingin.

 

Jawaban : dari siapa ya Kak Oke ka Rifat bagus sekali jadi kita sendiri definisi itu adalah berita palsu yang nanti bisa merugikan atau Saya rasa itu adalah berita palsu yang tetap merugikan karena definisi dari informasi itu sendiri adalah nantinya akan dibuat untuk satu-satunya data yang dibuat untuk mengambil suatu keputusan jadi kalau berita itu palsu walaupun itu bermanfaat kita bisa nantinya akan mengambil keputusan yang salah kalau misal informasi itu diterima sama Ibu kita atau orang tua kita yang berpikir secara bersamaan itu adalah orang yang hal-hal tersebut akan menghindari membeli bakso dan es itu padahal yang adalah bakso makan bakso dan panas dan juga es yang dingin jadi kita bisa makan bakso dia juga makan minum es yang lain selain es jeruk dengan bahasa yang panas dan menganggap itu hal yang baik tidak menyebabkan kanker seperti itu maka kalau dari saya sebagai generasi yang mudah baiknya kita untuk orang tua kita kita kita kita kita adik kita kakak kita saya juga saudara-saudara tetangga-tetangga kita yang ada di dekat kita agar tetap mengidentifikasi suatu informasi itu sebelum disebarkan dan menjadi berhenti di situ gitu nggak-nggak menyebar ke mana-mana dengan cara yang saya sebutkan tadi saya ngecek dulu di Google judul Kita putus juga dan juga di Google kalau kita verifikasi kalau emang berita tersebut hoax pasti udah ada dari portal-portal lainnya yang nyebutin kalau berita tersebut hoax seperti itu semoga menjawab untuk private terima kasih

 

Penanya :  ada netizen-netizen Indonesia yg menganggap bahwa cyberbullying itu hanya candaan.

bagaimana kah cara terbaik untuk menegur orang-orang tersebut?

Jawaban :Makasih Mas sangat menarik sekali yang menjadi poin pertanyaan atau pertanyaan ini yang dapat diambil adalah kata candaan saya sendiri orang yang suka bercanda saya sendiri orang yang mungkin temen-temen tahu Indonesia begitu menyukai Indonesia itu penuh dengan candaan dan mungkin teman-teman bisa ikutin dari beberapa orang-orang yang sudah menjadi apa ya senior tidak bisa dibawa ke dalam dunia digital Siapa yang tahu orang itu bercanda Siapa yang tahu orang itu sedang tidak serius dalam menanggapi sesuatu Bagaimana cara kita untuk menanggapi hal yang seperti itu atau menegur orang tersebut kembali ke diri kita sendiri dulu itu siapa sih orang lain kita sendiri kalau kita sudah menganggap itu candaan itu tidak tahu apakah hujan atau tidak bisa dibawa di dunia itu kita harus bertatap muka kita harus melihat gerak-geriknya kita harus melihat Bagaimana cara penyampaiannya ekspresinya Karena candaan tanpa suara Hanya berupa tulisan itu bisa menafsirkan banyak sekali hal-hal yang membuat kita kita sendiri menjadi salah dalam menanggapi nya seperti itu jadi Harusnya kita dulu nih menanggapinya oh ya itu bukan candaan Ya itu terserah orang kalau sudah seperti kita sudah kita orang itu karena kita tidak tahu apakah itu apabila memang itu memang sebuah candaan yang ditujukan baik terhadap orang lain atau terhadap diri kita sendiri cara menegur seperti apa yang kita omongin baik-baik Bagaimana sebenarnya itu bisa menjadikan itu sebagai sesuatu yang dapat Merugikan dirinya sendiri seperti apa karena niatnya bercanda tertawa tapi apakah semua orang bisa menerimanya dan tidak bisa apalagi dengan undang-undang ite yang hanya berupa candaan itu dengan mudahnya lapor lapor lapor lapor ya Itu makanya kalau memang kita kita memang itu orang yang kita sayang Itu keluarga kita dengan baik kita datang atau kita telepon aku hubungin bawa-bawa seperti itu menurut kita itu kurang baik dalam media sosial itu orang lain orang yang tidak kita kalau saya pribadi saya sendiri saya tidak peduli seperti itu tidak tahu bercanda atau tidak orang yang saya sayang orang-orang yang menghubungi saya mungkin sebaiknya dihapus aja postingannya itu hapus saja komentar seperti itu kan yang namanya tidak bisa kita tafsirkan itu harus kita terima kasih.

Foto Bersama


Bagikan updated
Samarinda