Press Release Lindungi Diri Dari Ancaman Dunia Digital 11 Oktober 2021 – Tarakan

Bagikan updated

Moderator : Rio Brama

LO : Junior

Runner :Andre & Fitroh

Narasumber :

Local :

  1. – Firli Firlani

Aktivis dan Musisi

  1. – Filmansyah, S.Ikom

Aktivis Pemuda

Nasional :

  1. – Dwi Wahyudi, S.E.

RTIK

KOL : – Indi Arisa MC, Presenter, Host & Podcaster

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika: SEMUEL ABRIJANI PANGERAPAN B.SC

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika

 

  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( dr. H. Khairul, M.Kes.

Wali Kota Tarakan)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang ter literasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Setempat melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

Talks 1: Kecakapan Digital : TIPS ANTI NGANGGUR DI ERA MILENIAL

– Dwi Wahyudi, S.E.

RTIK

  • Perilaku konsumtif adalah perilaku yang tidak didasarkan oleh pertimbangan rasional, 5 ciri konsumtif : Rasa gengsi yang tinggi, selalu ikuti trend hidup bermewah, ingin beda, menarik perhatian orang lain
  • produktif adalah sikap yang ingin terus berkarya, ada skala prioritas, kerja tuntas, fokus, memiliki banyak pertimbangan,,
  • cara mengubahnya: ganti pola hidup, jauhi tempat yang mengundang kita belanja kalau tidak benar butuh

Talks 2: Keamanan Digital: pentingnya perlindungan hak paten di ranah digital

– Firli Firlani

Aktivis dan Musisi

  • Positif belanja online :

– banyak promo

– mudah dan praktis

– lebih hemat

– transaksi dimana saja dan kapan saja

  • Negatif belanja online :

– resiko penipuan

– ongkos kirim

– tidak bisa langsung pakai

– terlalu banyak distraksi

  • Tips & Trick Dalam Berbelanja Online

– Menentukan Barang apa yang ingin dibeli.

– Memperhatikan Detail pada saat belanja online .

– Konsumen harus memastikan kapan barang dikirim dan estimasi barang tersebut sampai.

– Melihat review seller.

– Membeli di e-commerce yang terpercaya.

– Menggunakan jasa kirim yang terpercaya

 

Talks 3 : Etika Digital : berfikir bijak sebelum mengunduh di internet

– Filmansyah, S.Ikom

Aktivis Pemuda

  • T.H.I.N.K :
  1. True
  2. Helpful
  3. Information
  4. Needed
  5. Kind
  • Hindari berkomentar di dunia sosial saat sedang emosi, Jika kamu mengetahui drama di dunia sosial, sebaiknya berargumentasi yang baik dan sopan.
  • Bahaya Jejak Digital
  1. Pencurian Digital
  2. Pembobolan data – data penting
  3. Reputasi Profesional

Key Opinion Leader : Budaya Digital : Media Sosial Sebagai Sarana Meningkatkan Demokrasi dan Toleransi

– Indi Arisa

MC, Presenter, Host & Podcaster

  • Apa itu digital ethics :

Kemampuan menyadari, mempertimbangkan dan mengembangkan tata kelola etika digital dalam kehidupan sehari2

  • Digital ethics mencakup :

– kebebasan berbicara

– tanggung jawab sosial

– hak cipta dan hak kekayaan intelektual

  • Masalah yg ditimbulkan ketika semua orang bisa mengakses internet dengan mudah :

Privasi, keamanan, diskriminasi, gender, kesenjangan digital, kejahatan, kecanduan internet, kelebihan informasi

  • Etika dlm berinternet :

– berikan info yg valid

– hindari perselisihan

– jangan menggunakan kata2 yg mengandung sara

 

Informasi lainnya yg disampaikan oleh Moderator:

  • Tata tertib berlangsungnya webinar
  • Cara peserta memenangkan gimmick dan absen+posttest
  • Kesimpulan materi dari setiap narasumber

Question And Answer

Penanya :  Imelda, 085393585500, Imeldafrdy@gmail.com

Untuk narasumber : Dwi Wahyudi

Pertanyaan : apakah semua alat\aplikasi digital dapat menghasil kan cuan,atau hanya hanya beberapa alat\aplikasi ? dan mengapa zaman sekarang segala pekerjaan selalu menyangkut dengan aja era digital??

no hp : 085393585500

email :Imeldafrdy@gmail.com

 

Jawaban : kayak rumah-rumah ya sekarang kawasan kawasan perumahan itu menjual konsep smart apa smartphone jadi Semuanya serba digital ya jadi kita bisa setting itu segala otomatis nah ketika ditanyakan Apakah semua alat kita itu bisa mengerti kan cuman ya tidak juga beberapa diantaranya seperti yang tadi saya bilang seperti smartphone laptop kita nggak bisa ditanyakan kenapa ya memang kalau kita perhatikan Apa bedanya Indonesia dengan Jepang bedanya cuman kita ya belum menerapkan digital seperti Jepang dan Jepang ya ya Tadi ada bacaan dan juga Indonesia kaya dengan sumber daya gimana juga dengan aqua dengan penggarap sawah atau apa ya itu yang saya bilang tadi menggeser ya Kita merubah cara kerja yang lebih semangat makanya bahasanya adalah smartphone office ya smartphone dengan Jadi siapa saja yang menggunakan divisi tersebut atau perangkat tersebut Iya dia melupakan apa seorang pengguna cerdas jadi ketika bicara mengenai apa menanam padi teknologi yang diperbarui ya menggunakan teknologi digital tidak perlu kayak seperti apa seperti zaman dulu ya harus turun ke sawah kan habis kotor kotor kan Semuanya serba digital bisa menggunakan mesin alatnya atau mungkin ke depannya robot bisa seperti itu

 

Penanya :  Adit Maulana, 082131840940, adit211200@gmail.com

Narasumber : Kak Firli

Pertanyaan saya terkait konsekuensi jika ada yg melanggar Hak Paten dan menggunakan hak paten orang lain secara sadar hukumnya seperti apa. dan bagaimana kita sebagai yg memiliki hak paten melindungi hak kita. terima kasih.

 

Jawaban : itu ada dua pertama bisa di diajukan tanahnya sudah hukum perdata atau bisa jadi pidana karena ini adalah sama dengan mencuri mencuri hak hak kekayaan intelektual orang lain kayak gitu Jadi kalau misalnya tapi beda-beda kasus kalau misalnya ada dua penemuan yang sama tapi berbeda waktu memakan kan begitu dia tercepat lebih lebih cepat mematangkan maka maka hukum ada-ada bersama dia karena ada perlindungan yang dilindungi undang-undang paten kemudian yang yang bisanya dia penemu pertama mungkin Adapun untuk bukti otentik ya kalau dia tapi tetap tetap sepertinya akan dimenangkan oleh yang mas Rio terima kasih banyak

 

Penanya :  Rifky Safwan R, 082155083344, rifkysafwanr26@gmail.com

Untuk narasumber : Indi Arisa

Pertanyaan : Tips and trick nya untuk bisa bergerak aktif di bidang teknologi digital bagaimana kak? karena cenderung bergerak di bidang ini terbilang sulit

 

Jawaban : thank you makasih banyak buat Riska udah nanya ya sebetulnya untuk siaran digital ini udah bener-bener memperluas apapun cancang pengen kalian kerjakan ya jadi nggak usah kaya aku nanti mau bikin ini tapi kayaknya nggak bisa deh kalau kerjanya digital enggak pokoknya semuanya udah besar di digitalisasi ya buktinya Kemarin pada saat kita awal kan itu kan kita di rumah aja ya nggak ngapa-ngapain gitu berkarya belajar dari rumah itu jadi nanti mungkin dia datang semua pekerjaan Udah bisa dari rumah gitu kan Kalau bisa teman-teman ada yang tahu beritanya waktu di awal tahun lalu kan Deni gitu perusahaan besar tuh Italia sosial media kita pakai akhirnya menemukan bahwa selamanya dari mereka itu di rumah aja karena mereka bisa kerja di rumah masing-masing tempat kantor itu jadi itu sama kau adalah terima kasih teman-teman teman-teman pertama kan banyak yang masih SD masih SMP masih SMA SMK gitu ya Nanti kalau temen-temen sudah mengetahui apa yang kalian suka biasanya kayak tadi ada temen yang tak DM ini dia saya jago banget jadi dia udah bisa bikin gambar terus udah gitu tadi juga Aku sempet baca di komen orang tuanya yang komen atau kakaknya gitu dia bisa bikin gambar oke banget Gimana caranya rahimnya nah kalian teman-teman tetap lakukan apa yang kalian suka itu karena apa yang kalian suka Biasanya karena pasti jago di situ soalnya temen-temen biasanya akan menghabiskan banyak sekali waktu di kerjaan itu jadi terusin ya gambar-gambar ilustrasi nya di apa terus nanti kayak orang gitu jadi supaya nanti setiap orang yang melihat status sosial media kalian karena isinya adalah postingan kerjaan atau karya kalian nanti mereka akan suatu hari Oh ya udah ini bisanya nanti butuh gambar karikatur gitu ya untuk saat satu respirasi gambar untuk untuk Promo aku akan cari siapa yang tadi itu yang Kayaknya dia udah kelihatan portofolio si gambarnya tuh bagus-bagus gitu Jadi intinya kerjakan karya kalian di sosial media karena kalian juga udah nggak akan pernah tahu lagi Siapa yang nanti suatu saat akan menggunakan jasa kalian dan akan terbantu oleh kalian ya

 

Penanya :  Aqila Nur Dhafa Hasan, 082251098709, aqilanurdhafah@gmail.com

Untuk narasumber : Pak Filman

Permisi pak filman. Bagaimana ya saya harus menyikapi komentar yang selalu mengejek, apakah saya hanya diam saja?. Tapi saya merasa sangat kesal pak.

 

Jawaban : baiknya sih minajaya karena apapun kalau sedih dunia digital ini kita kita yang baik pun bisa-bisa jadi salah tes ya baiknya sih kalau dari saya pribadi diamin aja untuk yang berkomentar negatif karena apapun yang kita lakukan Apapun yang kita lakukan kalau sudah menurut menurut kita baik dan menurut orang itu salah ah itu berarti ada sesuatu yang salah di mereka-mereka yang komentar kita jadi kalau kita komentar kita negatif artinya kita Mart ikut nih dengan terprovokasi dengan pertanyaan atau mungkin ejekan dari mereka Jadi saran saya lebih baik jangan di jangan jangan di respon sih kalau yang negatif kecuali kalau mereka bertanya sesuatu yang yang apa yang membutuhkan informasi yang membutuhkan konfirmasi mungkin bisa kalau sekedar mengejek Ya sudahlah angin aja anggap itu angin sesuatu yang jadi motivasi buat kita dan tidak perlu direspon apa-apa

Foto Bersama


Bagikan updated
Tarakan