Press Release Lindungi Diri dari Bahaya Ruang Digital 6 Agustus 2021 – Samarinda

Bagikan updated

Moderator : Septi Diajeng

LO : Oni

Runner : Afnan Arifin

Narasumber :

Local :Dr. Mahendra Putra Kurnia, S.H., M.H.

2.Dimas Ronggo Gumilar Prabandaru

Nasional :

  1. Steve Pattinama

KOL : Nattaya Laksita

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika:

  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( – H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si                                                                          Wakil Gubernur Kalimantan Timur        )

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Barito Selatan melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1: Budaya Digital : Menjaga & Mendidik Anak di Era Digital

– Steve Pattinama-Digital Creator, Cameo Project

 

  • bidang-bidang ini internet sangat penting ya dengan berjalannya di Indonesia saat ini lagi berkembang tab industri kreatif yang berbasis internet bagi perkembangan UMKM di zaman ini lagi naik naiknya cuma kita bisa menjalankan usaha apapun cukup di rumah aja nggak bisa nggak perlu keluar yang penting terkoneksi internet semuanya bisa dijalankan dan faktor yang penting kalau misalkan kita sudah terkoneksi dengan internet otomatis kita akan terkoneksi juga dengan internet
  • Bagaimana Apa itu bagaimana pengaruh aspek kehidupan kita dan Bagaimana berkembangnya internet gitu ya kenapa sampai saat ini bisa cukup berkembang dan berkembang karena internet itu bisa kita akeh 24 jam 8 pun kita mau pakai bisa Pagi siang sore malam mudah banget makan udah jadi kebiasaan baru edit baru kita bangun tidur pasti ngecek ngecek handphone handphone enggak boleh jauh dari kepala kita jadi baru buat orang-orang Indonesia gitu kedua biayanya terjangkau ataupun berarti banyak banget provider yang menyediakan paket murah Google kalau di Indonesia itu ada di peringkat ketiga belah dari antara negara-negara yang jual paket data aja cukup murah untuk mengakses internet bahkan beberapa tempat komik yang gampang untuk kita bisa akses internet apapun mencari informasi apapun yang kita butuhkan mudah untuk mendapatkan informasi kita bisa beli barang di internet barangnya datang makanan apapun yang kita butuhkan bisa yang penting kita terkoneksi dengan internet dan dapat dengan mudah apapun yang kita bisa mengupload apapun yang kita upload sangat mudah itu Nah setelah kita tahu internet apa perkembangannya gimana kita harus tahu juga harus menggunakan internet kita itu dengan berbagai Indonesia gitu loh Kita enggak bisa
  • pulangin aja gitu nggak dipikir dulu gitu Yang ketiga akhirnya banyak yang mempercayai informasi-informasi yang nggak nggak bertanggung jawab atau berita bohong jangan banyak-banyak banget ini kurangnya pengetahuan tentang digital yang baik menurut KBBI pengertian dari budaya adalah, yang ketiga orang yang terkenal dengan rasa empati yang tinggi dalam dana donasi
  • Papi Tampilkan contoh berita orang-orang yang jelek tidak menggunakan tidak menggunakan budaya Indonesia dalam kehidupan berinternet media yang pertama karena mungkin ini nggak sesuai dengan budaya kita udah pasti tapi nggak tau juga kita bebas mengkuli mengikat gitu loh apalagi ini warga negara negara lain bukankah kita juga gitu jadi orang yang sangat gampang banget menghujat orang lain gitu ya yang kedua ini yang waktu kemarin atlet Indonesia tidak bisa main Dior England akhirnya netizen Indonesia membuat akun resmi sampai hilang jika lagi apa Habis memborbardir akun-akun mereka menyerang akun jadi orang juga ternyata ini bukan waktunya tapi ini komedian dari Inggris jadi kalah perang gitu itu ada juga akunnya aktris Korea karena makan-makan jalan Prita di film drakor tersebut jadinya mau pucat ke akun resminya tersebut itu nggak bisa membedakan mana cerita mana dunia nyata kemudian ada survei survei itu paling tidak sopan Akhirnya akhirnya gue juga nggak sopan

 

Talks 2: Etika Digital : Internet Sebagai Sebuah Kebutuhan Versus Moral dan Etika Bangsa Indonesia

– Dr. Mahendra Putra Kurnia, S.H., M.H.- Dekan fakultas Hukum Universitas Mulawarman

 

  • versus moral etik dan hukum bangsa Indonesia ini muncul ketika semua udah berubah tadi menyampaikan internet segala macam dengan berbagai macam kebutuhan kebutuhan yang saat ini masyarakat Indonesia Namun demikian posisinya di dalam posisinya pernyataan bahwa kondisi kondisi perubahan hari ternyata membawa dampak dampak yang dampak positif Presiden Jokowi juga menyampaikan beberapa situasi situasi negatif yang muncul sebagai situasi adanya internet tapi posisinya yang terjadi sekarang internet menjadi kebutuhan dasar
  • apa yang disampaikan oleh posisinya didukung dengan adanya terjadi saat ini kalau kita mau tambah ya paket data internet itu menjadi sebuah kebutuhan. Posisinya itu menjadi pemandangan sehari-hari di berbagai macam dan jenis jenis atau klasifikasi kelompok sosial mulai dari kelompok anak-anak sampai dewasa dari masyarakat di pedesaan sampai di masyarakat di kota semuanya memiliki kebutuhan yang sama Kembali ke yang tadi saya sampaikan bahwa perubahan sosial itu ternyata ada beberapa teori-teori yang ada perubahan sosial
  • sekarang anak-anak usia SD SMP mungkin saya mau mainkan tertentu disebut dengan pola pola perilaku. Saya pasti akan berubah sistem hukum yang ada hukum tadi sempat disampaikan oleh posisinya kita setiap hari itu juga hidup bersama dengan norma-norma hukum seperti yang tadi disampaikan masjid pertemuan sebelumnya kita lihat posisinya luar biasa sekali posisinya luar biasa internet ini ternyata kemudian ada yang namanya apa namanya penipuan lalu kemudian sekarang jual beli online online dan segala macam. membuat ini yang saya sampaikan tadi bawa posisinya kebutuhan akan internet ternyata dalam beberapa perspektif tidak diimbangi dengan pemahaman mengenai mengenai kalau ngetik atau etiket dan etika yang baik atau atau atau yang kemudian dari semua sifat-sifat ini kemudian dicari sesuatu yang berguna yang menjadi pemikiran yang ada di balik ajakan tentang baik Siapa sih yang bilang bahwa ada sesuatu yang baik ketika ketika dia seperti itu yang mengatakan bahwa bicara dengan orang yang lebih tua itu kita harus menggunakan bahasa yang sopan dibandingkan dengan teman-temannya masuk ke perilaku moral tidak boleh melupakan apa yang dianggap baik oleh apa yang dianggap baik benar di jadikan menjadi seperangkat aturan yang kita bahas sore ini

Talks 3: Keamanan Digital : Dunia maya dan rekam jejak digital

– Dimas Ronggo Gumilar Prabandaru  –  Praktisi & Pemerhati Etika Profesi Hukum

 

  • ini terakhirprofesihal yang perlu Pa bagi kita untuk media sosial atau aktivasi sosial merupakan Kumpulan data digital yang tercipta atas

dalam memberikan data pribadi yang bersifat secara spesifik lengkap dari kita harus sering menghapus beberapa hal misalnya menyampaikan atau menyimpan data secara permanen

sangat berhati-hati jarimu harimaumu. Facebook Twitter dan itu menjadi hal yang mudah dan indifikasi itu kalau yang bisa dipastikan semua status pernyataan statement buat sedikit ya itu kita harus tetap ada apa yang kita sampaikan apa yang kita ketik ada undang-undang atau peraturan yang harus kita ketahui ketika sedang bermain di media sosial

  • Dunia maya atau cyberspace merupakan media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung).

Dunia maya adalah dunia riil yang di dalamnya siapa saja dapat beraksi.

Terdapat 3 bentuk komunikasi dalam dunia maya yaitu komunikasi antara mechine-mechine, people-mechine, people-people.

 

 

Panelist 1 : topik

(Nama, Title)

Moderator :

Answer :

  • Narsum 1 :
  • Narsum 2 :

 

Key Opinion Leader

Cakap Digital : Positif, Kreatif, dan Aman di Internet

– Nattaya Laksita-  Host & Beauty Enthusiasts

  • yang tersedia bagi kita untuk mendapatkan informasi dan berbagi ilmu pengetahuan sendiri itu banyak banget nih kita bisa jadi ketemu sama temen-temen baru di dunia maya gitu akhirnya kita punya sahabat lebih dekat gitu sama temen-temen yang tadinya jauh jadi dekat kan terus juga mendukung kegiatan kegiatan pemerintah mendukung kegiatan bisnis ekonomi bahkan dunia pendidikan juga na internet ini di itu menjadi sarana hiburan yang akhirnya juga dimanfaatkan untuk kita kebutuhan entertaining GTA misalnya Mainkan musik film video berita bahkan dan masih banyak lagi yang kau dan internet ini lebih terasa manfaatnya 2 tahun terakhir ya kan tadi juga lihat data penggunanya itu paling banyak 2 tahun terakhir Kenapa Karena pada saat kita mengalami pandemic ini.
  • Akhirnya yang bisa kita andalkan adalah melalui digital gitu tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia ini memunculkan Apa sih itu akan memunculkan Indonesia yang lebih pada pokoknya masyarakat yang lebih positif internet positif itu sendiri apa sih gitu kan itu kebijakan dari komite juga untuk mengendalikan beberapa content dari website baik dari segi konten website iklan ataupun yang lainnya biasanya website yang diblokir gitu Itu bisa memang dia terkena internet positif yang dianggap memiliki konten berbau pornografi perjudian Sara ataupun konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia dari tas positif.com info.co.id yang ada tiga aspek tujuan internet positif dibanding dengan temen yang pertama ada apa aja sih ada internet aman internet yang aman tuh kayak gimana ini itu ada perlindungan dan penghematan internet aman itu kita dapat perlindungan ketika kita mengakses informasi di internet Berdasarkan daftar-daftar informasi yang memang Sehat terus terpercaya jadi kita merasa ketika kita menggunakan internet ini Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi baru gitu
  • Jadi kita percaya dalam menggunakannya jadi kita nggak akan ada mungkin informasi-informasi yang seharusnya tidak kita dapatkan malah kita bisa mengaksesnya gitu lalu yang kedua ada perlindungan pada masyarakat terhadap nilai-nilai etika moral dan kaidah-kaidah yang tidak sesuai dengan Citra Bangsa Indonesia yang tadi udah dibilang juga desain Sebelumnya saya yang mengandung Sara terus juga hal-hal yang tidak baik untuk kita dapatkan kita surat informasinya itu juga nanti jadi tujuan internet positif dan yang terakhir adalah penghematan terhadap pemborosan penggunaan akses internet atau utilization di Indonesia internet secara positif kreatif sehat dan aman itu diperlukan juga nih teman-teman untuk mengimplementasikannya gimana sih sebenarnya kita kan keamanan internet itu Jenny proses atau cara melindungi jika menangani ancaman keamanan berkaitan dengan internet baik Misalnya jaringan atau browser atau sistem operasi yang kita gunakan dan bentuk bahaya itu udah macam-macam juga misalnya pertama Ada apa sih Ada pencurian data pelanggan data perbankan ini kan data-data pribadi tak kita yang seharusnya dijaga oleh perbankan

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk selalu aktif bertanya di kolom chat, dan selalu mute audio, dan jangan coret-coret layar
  • Ada hadiah untuk penanya terpilih dan yang mengupload keseruan acara di feed ID dengan folllow dan mention IG siberkresi
  • Jangan lupa untuk mengisi absen dan mengejakan soal postest dan pretest untuk mendapatkan e-sertifikat

QnA

Penanya :  Bagaimana cara kita memberitahu atau memberikan edukasi bahwa tidak semua yang ditulis di internet memiliki kebenaran yang

Jawaban :

–          Narsum 1 : yang lain boleh kalau saya lihat dari pribadi saya sendiri Kita sebagai orang tua harus punya peran yang penting dalam pengendalian internet atau misalnya anak-anak ini banyak banget aplikasi yang sudah ada Google family yang kalau anaknya di bawah 5 tahun atau dibawa memberikan kejutan anak itu tapi bisa dikendalikan oleh orang tuanya timer Berapa lama pemakaian handphone tersebut Jadi kalau udah selesai waktunya otomatis akan mati sendiri gitu loh jadi kan anak menggunakan Gadget jadi nggak bisa buka aplikasi aplikasi ya bukan untuk wilayahnya anak kecil ini sangat membantu itu Google family gitu-gitu juga penting banget untuk kita bangun komunikasi sama anak jangan asal kita hanya sekedar melarang tapi dia tidak dikasih tahu alasannya kenapa nggak boleh ini kenapa nggak boleh itu kenapa jangan nanya gitu jangan gitu kan akhirnya rasa penasarannya tinggi gitu ya Jadi kalau misalkan kita tidak tahu alasannya kenapa si anak pasti akan mempunyai rasa penasaran terus dan akan mencarinya di luar itu lebih baik di keluarga sendiri dulu kita ilmu-ilmu yang bagus yang baik supaya nanti pas dia keluar biar jadi nggak gampang kemakan omongan di luar gitu apalagi sekarang kan digital tuh makin besar yang banyak banget sumber-sumber informasi atau sumber berita atau tayangan yang akan diterima sama si anak kecil itu karena paketnya orang tua punya peranan besar untuk mengawasi itu kalaupun menyangkut berita bohong ya juga apa yang apa yang tersebar dalam berita bohong itu kita cari tahu dulu yang benar Seperti apa Jangan hanya bilang kau itu berita bohong itu kita nggak tahu kebenarannya Seperti apa kita jadi bisa jadi contoh juga yang baik untuk anak itu bisa melihat pernyataan berita yang benarnya tuh yang kata Papa nih ini ada di kompas.com Bukan gitu kan kita sebagai orang tua jadi contoh yang baik karena anak itu pasti melihat Apa yang dilakukan orang tua nggak mungkin nggak gitu loh jadi kita harus bisa menjadi contoh yang baik dulu baru bagaimana kita bisa mengarahkan anak kita bersikap baik atau menyikapi perkembangan dunia digital ini dengan positif

–          Narsum 2 :

 

Penanya :  pertanyaannya adalah fakta bahwa adanya digitalisasi saat ini membuat penerapan Pancasila dan undang-undang yang ada di masyarakat Indonesia semakin menurun Bapak Bagaimana cara meningkatkan moral bangsa pada anak anak milenial saat ini

Jawaban :

–          Narsum 1 : terus memahami bagaimana karakternya Bagaimana manajemen nilai-nilai moral. mampu memberikan yang nantinya bisa menjadi bagi mereka untuk memahami sebenarnya

dalam jiwa Pemuda sekarang dan tentunya dengan atau tanpa nya digital melalui pamflet sedikit kata-kata yang sering di upload di medsos.

 

Tokyo ini juga menjadi salah satu upaya kita untuk memperluas kan bagi Pemuda Pancasila hal yang sangat sederhana bagi kita mungkin tidak puas dengan saya karena saya bukan alat pemuas ya.

–          Narsum 2 :

Penanya :  penggunaan akses digital saat ini sudah diatur dalam PP namun seringkali kita menemukan komentar-komentar maupun pencemaran nama baik sosial media seperti mereka tidak takut dengan aturan yang ada pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk menyadarkan netizen bahwa pengguna di internet pun juga dipantau dan memiliki hukum dan aturan-aturan yang perlu dipatuhi berkenan untuk menjawab

Jawaban :

–          Narsum 1 terkait dengan bidang

tentu saja ada juga sudah banyak yang pasal-pasal yang ada di situ sebagai contoh ada pertanyaan tadi soal tapi kalau posisinya kan baik itu melalui internet melalui email atau melalui SMS atau melalui dan segala macamnya atau melalui yang seperti itu pasti akan kena pasal 378 KUHP tentang penipuan menggunakan media media teknologi perbuatannya pentingnya apa mentransformasikan sesuatu melalui macam-macam ada ada ininya sendiri ada apa yang tergantung dari jenis perbuatan kita belajar itu jumlahnya itu sampai atau modus atau metode metode-metode itu jumlahnya bisa sampai lebih dari 100% sebagian besar atau sudah ada yang mengatur

sekarang mengembangkan atau berkembang sekali polisi siber  untuk transaksi yang sifatnya mengarah ke cucian uang atau mengarahkan adanya korupsi untuk hal-hal yang sifatnya seperti banyak sekali juga contoh kasus yang sudah seperti itu beberapa kali tapi banyak sekali yang ada beberapa artis yang melaporkan ke kepolisian karena dianggap sudah keterlaluan untuk membuat opini di media sosial tidak mudah untuk melakukan penegakan hukum terhadap jumlah yang posisinya apa pencegahan dari itu akan lebih efektif untuk Bagaimana caranya supaya kita bisa memberikan dampak agar orang-orang disekitar kita itu bisa lebih beretika dalam menggunakan media sosial dalam hal ini saya mengusulkan misalnya pendidikan dasar itu sudah dimulai sejak zaman mulai mengenai etika digital personal hari ini posisinya pengguna internet untuk orang dewasa anak sekolah Bagaimana caranya atau Dinas Pendidikan di masing-masing provinsi atau memasukkan materi tentang yang sifatnya menjadi pelajaran wajib bagi semua orang tidak hanya mendapatkan soalnya ruang-ruang bisa menjadi salah satu yang bisa dilakukan untuk mencegah mulai dari sekarang contohnya dengan satu kejahatan lain yang korupsi pendidikan anti korupsi sudah dimulai sejak pendidikan dasar Saya kira itu bisa digunakan untuk bagaimana pendidikan untuk memasukkan materi materi mengenai cara kita untuk bisa lebih berat daripada yang ada

–          Narsum 2 :

 

Penanya : Bagaimana jika foto kita tersebar dan disebarluasskan untuk sesuatu yang disalah gunakan ?

Jawaban :

–          Narsum 1 : Septi Terima kasih yang lainnya sebenarnya nggak jauh beda sama jawabannya sama Hendri tadi ya Gimana sih caranya ketika kita Posting yang pasti kita harus Sadar dulu nih sama konsekuensi apapun itu yang kita akan posting itu di media sosial di akun akun Digital Media lainnya itu Sesuatu hari itu akan kembali lagi dengan kita dengan bentuk yang bermacam-macam gitu Mungkin sebenarnya betul pencegahannya itu hanya dari diri kita karena kita posting kita Kita kan ingin mengekspresikan sesuatu kita mengekspresikan jangan kita bisa bisa tahu tuh ini akan jadi bumerang sama kita sakit atau tidak kalau bisa jangan ngikutin gaya hidup virtual yang akhirnya berinfak sama kita misalnya contohnya misalnya udah kesebar nih kita harus kayak gimana gitu kan dia negatif ya tadi ya terus Tidur yang cukup baik itu untuk kita yang pertama adalah nama yang bisa dilakukan sama kita ya kita konfirmasi sama Akun tersebut sama-sama pelakunya gitu kita tanya bisa nggak kalau misalnya kan tersebut dihapus karena jadi kita sendiri kita keberatan gitu untuk komen tersebut dinaikkan gitu kan Ya kita bisa kerja yang berwenang untuk penindakan cybercrime selanjutnya gitu kan bisa untuk langkah pertama tanyakan dulu jadi setuju banget gimana supaya mencegah hal tersebut ya awalnya memang kalau misalnya Semua orang bisa laporkan topiknya seminggu udah bisa banyak banget itu itu akan sangat lumayan teks lain gitu untuk lebih lanjutnya untuk mencegahnya yang paling kecil adalah dari diri kita sendiri kita harus memfilter lebih 20 sesuatu itu dia akan didapatkan oleh dan bisa diakses oleh banyak pihak


Bagikan updated
Samarinda