Press Release Lindungi Diri di Ruang Digital dengan Literasi 28 Agustus 2021 – Balikpapan

Bagikan updated

Penanya :

Penanya: Qonu Qonita

No HP : 089502978835

Email : qonita.qoni@gmail.com

Ditujukan kepada : Audita Harsono

 

pertanyaan: bagaimana dengan seseorang yang mengambil footage dari website stock foto secara gratis, tapi tidak mencantumkan sumbernya? jika kita memposting foto kita untuk dijual lalu diambil oleh orang seperti itu, apakah bisa kita deteksi orangnya?

 

Jawaban : Kalau kita sudah mengambil foto dari website sudah gratis berarti kita sudah diperbolehkan dan diizinkan oleh pemilik. Namun biasanya ada juga yang bersyarat. Dimana diluar syarat itu maka akan berbayar. Namun yang jadi masalah apabila kita menaruh foto di facebook namun ada orang yang mengambil foto kita dan mengatasnamakan dirinya maka hal ini tidak boleh.

 

 

Penanya :

Penanya: Ilham Nugroho

No HP : 083151778936

Email : nug.ilham@gmail.com

Ditujukan kepada : Drs. H. Zaenuri

 

Pertanyaan: Bagaimana cara/tips dalam mengajak anak diskusi tentang bahaya dunia digital, agar dia mendengarkan, dan tidak memandangnya sebagai suatu bentuk pengekangan?

 

Jawaban : Biasakan orang tua selalu berkomunikasi dengan anak dari kecil, ada masalah maupun tidak ada masalah. Agar suatu saat apabila tau kita ingin memberikan nasihat ke anak atau anak mendapatkan suatu masalah maka anak bisa berkonsultasi dengan mudah. Jangan kasih anak-anak memegang hp tanpa kontrol dari orang tua. Sampaikan kepada anak mana yang baik dan mana yang tidak baik. Dan jangan lupa membekali anak dengan ilmu agama sehingga anak merasa pengawasan tidak hanya dari orang tua tapi juga dari Allah.

 

 

 

Penanya :

Penanya: Pelangi Gustika

No HP : 08988126915

Email : pelagust19@gmail.com

Ditujukan kepada : Dianissa Scheherazade

 

Pertanyaan : menurut kaka, sudah sejauh mana masyarakat Indonesia bertoleransi di social media? apa yang harus dipertahankan dan apa yang harus diperbaiki?

 

Jawaban : Saat ini masih sangat kurang toleransi dari masyarakat Indonesia di sosial media oleh karena itu pemerintah sedang gencar mengadakan program-program untuk meningkatkan litersi digital, salah satunya adalah webinar literasi digital ini. Dan untuk mengurangi postingan-postingan negatif di media sosial kita bisa mengedukasi msyarakat dengan postingan-postingan yang positif.

 

 

 

Penanya :

Nama: Gita Alfaningrum

No HP : 083189821212

Email : alfaningrum10@gmail.com

Ditujukan kepada : Eka Dewi Lukmana Sari, M.Pd

 

Pertanyaan: bagaimana membuat anak murid berterus terang dengan kondisi atau kesulitannya, agar kita bisa memahami mereka dan membuat pembelajaran jadi maksimal?

 

 

Jawaban : Guru adalah orang tua kedua bagi siswa di sekolah. Apabila siswa ada sebuah masalah jangan menshare masalah dan kesulitannya di dalam grup belajar namun bisa langsung menghubungi guru yang sekiranya nyaman bagi anak tersebut untuk berkomunikasi atau disini wali kelas. Sehingga nantinya guru tersebut akan memberikan solusi kepada siswa tersebut secara personal.


Bagikan updated
Balikpapan