Press Release Masuki Era Digital : Kenali dan Pahami Aturannya 04 September 2021 – Balikpapan

Bagikan updated

Moderator : Shabrina Anwari

 LO : Brahma

Runner : Apid & Afnan

Narasumber :

Local :

  1. Andi Abdul Hamid
  2. Arizky Zulkarnaen

Nasional :

  1. Ratyuhono Linggar P

KOL : Btari Sekar Ayu

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (H. Rahmad Mas’ud, S.E., M.E.,Walikota Balikpapan)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1: Kecakapan Digital : Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital

(Ratyuhono Linggar P,Praktisi SDM, Dosen, & Coach)

  • Dunia digital adalah tempat orang menghabiskan waktu sehari-hari, banyak gaya hidup dan perkjaaan digital, WFH, Online meeting dll, pekerjaan digital adalah pekrjaan tanpa kontak dan menggunakan internet , seperti penjualan dan pembelian onlone. bahkan pendidikan
  • Game juga sekarang bergeser jadi pekerjaan, , terdapat strategy, content, chanel, aplikasi. Aplikasi digital ada marketplace, fintech untuk pendanaan, edutech dan jasa layanan
  • apa yang harus dimulai,? platform , dan konten yag berkualitas. Softskill dalam sosmed : manajemen waktu, public spekaing, adaptif, kecerdasan emosional, orientasi pelayanan, kreatif original dan inisiatif.

 

Talks 2: Etika Digital : Saring Informasi sebelum Sharing

(Andi Abdul Hamid,Founder Komunitas Gerakan Masyarakat Peduli Sosial)

  • Social Media sebagai sarana :

Sebagai sarana komunikasi

Sumber informasi pengetahuan

Peluang usaha

Membangun relasi dan komunitas

  • MEDSOS ADALAH KUNCI EKSISTENSI

Daya Kritis Meningkat: Jika dulu orang takut bicara, kini orang berlomba untuk kritis. Media muncul di mana mana dan berkat media sosial setiap orang bisa menjadi juru bicara segala persoalan masyarakat.

Ingin Semakin Terlibat: Jika dulu masyarakat crnderung pasif, kini masyarakat ingin terlibat dalam proses pengambilan keputusan mulai tingkat desa sampai tingkat nasional.

 

Talks 3: Budaya Digital : Internet Addiction: How Much Is It too Much?

(Arizky Zulkarnaen,Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Olahraga STIEPAN)

  • adiksi adalah istilah lain dari kecanduan internet kecanduan ditandai dengan penggunaan internet berlebih dan mengganggu aktivitas sehari hari,
  • misal bolos sekolah

aspek adiksi internet : tidak bisa mengontrol perilaku bermain internet; memprioritaskan bermain internet diatas aktivitas lain

  • kenapa kecanduan ? koneksi dan relasi ; figur ideal yang memberikan kepuasan tersendiri ; apresisasi orang lain yang mudah

efek kecanduan : kurangnya komunikasi tatap muka. kurang kreatifitas motorik, cyber bullying, mengabaikan sekitar, insomnia, ketidakaktifan fisik, privasi terancam.

 

Key Opinion Leader: Keamanan Digital: Tips dan Pentingnya Internet Sehat

(Btari Sekar Ayu,Public Relation & Conten Creator)

  • Netiket adalah tata cara berperilaku di Dunia Maya. Mengapa perlu ada Netiket? Kuncinya adalah Interaksi. Meskipun tidak melalui fisik, dalam bermedia sosial ada interaksi yang dilakukan antar Manusia.
  • Saat ini Netizen sudah berada dalam level DARURAT NETIKET Teknologi berlari cepat, dan mental kita belum siap. Netizen leluasa membuat postingan tanpa edit. Beda dengan saat dimana hanya media yang bisa (melalui proses verifikasi dan editing).
  • Medsos merubah pola komunikasi kita, yang semula harus tatap muka, menjadi tidak, dimana etika dan tata krama menjadi longgar.Pelanggaran privasi, termasuk pengabaian consent.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber.

 

Question And Answer

Penanya :

Ditujukan kepada : Ratyuhono Linggar P

penanya : hafidz

 

pertanyaan : selamat pagi pak, izin bertanya, saya seorang pelaku freelancer digital marketing & multimedia, profesi saya sdh berjalan selama masa pandemi ini.. dan alhamdulillah ada mitra yang memakai jasa kami..tapi kendala kami yaitu banyak yang menolak tawarin kami padahal dengan sgala konsep yang sudah saya tawarkan ternyata banyak yang masih ragu ragu untuk mengambil jasa saya karena melihat omset mereka yang di pandemi ini menurun jdi banyak yang menolak tawaran kami.. pertanyaan saya, bagaimana meyakinkan customer agar menerima jasa kami dengan rasa kepercayaan customer di pandemi ini?

 

Jawaban : Pada masa pandemi kita semua mengalami kesulitan masing-masing. Nah untuk solusinya ada beberapa opsi, dimana yang pertama kita coba refleksikan dulu faktor apakah yang membuat mereka tidak jadi mengambil jasa dari kita. Setelah mengetahuinya segera lakukan evaluasi dan tindakan untuk memperbaikinya. Kemudian yang kedua kita bisa menipiskan margin keuntungan kita untuk menarik customer kita. Kemudian yang terakhir, kita bisa perluas market jualan kita.

 

Penanya :

Ditujukan kepada : Andi Abdul Hamid

Penanya : Husnadiansyah

 

Pertanyaan :  selamat pagi pak, bagaimana cara menanggulangin berita hoax di lingkungan yang minim digital atau kaptek apa lgi sampai tidak menjangkau jaringan di daerahnya khususnya pedalaman, jadi era digital sangat tertinggal maka yang timbul adalah hoax sangat merajalela karna cuman mendengar dari mulut kemulut dari orang luar masuk ke daerah..??

 

Jawaban : Kaltim ini tidak semua yang memiliki jaringan bagus. Kalau kita menerima informasi berantai kita harus mengecek kebenarannya, jangan sampai kita terbawa emosi dan langsung menshare informasi yang belum tentu kebenarannya. Untuk daerah yang belum ada jaringan atau jaringannya masih jelek maka kita bisa menanyakan informasi tersebut kepada masyarakat sekitar yang sekiranya punya wawasan yang luas seperti misalnya pak RT atau pak RW.

 

 

Penanya :

Ditujukan kepada : Btari Sekar Ayu

Nama : suci nasyidah _ 081910080192

Email : sucinasyidah@yahoo.com

 

Pertanyaan : Adakah batas umur untuk mendalami di dunia internet ??

Dan memahami listerasi di era digital ??

 

Jawaban : Sebisa mungkin orang tua sebagai pendamping anak dalam penggunaan internet. Sekarang di internet juga sudah ada filter konten yang boleh dikonsumsi untuk anak dibawah umur. Jadi lebih baik anak yang dibawah umur 12 tahun harus selalu didampingi dalam penggunaan gadget supaya anak-anak tidak mengkonsumsi konten-konten yang tidak seharusnya belum boleh dikonsumsi.

 

Foto Bersama


Bagikan updated
Balikpapan