PRESS RELEASE MEMAHAMI BATASAN DI DUNIA DIGITAL DENGAN LITERASI 27 Juli 2021 – Samarinda

Bagikan updated

Moderator :Septi D ajeng

LO : Oni

Narasumber :

Local :

  1. Dr Rahmawati
  2. Dr Jamil

Nasional :

  1. Patub Letto

KOL : Ulfa Merdeka

 

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Nama, Jabatan)

  • Kepada seluruh masyarakat Kalimantan Timur untuk mendukung dan mengikuti acara seminar webinar yang akan dilaksanakan di kabupaten kota di seluruh Kalimantan Timur Terima kasih atas partisipasinya Semoga kita sukses dalam membangun Kalimantan Timur dan Indonesia Assalamualaikum warahmatullahi

 

Panel 1: Sudah tahukah kamu dampak penyebaran berita hoax  ?

(Patub Letto, Penyanyi )

Q : Aku ingin tanya disini kira-kira nih menurut jenis berita yang termasuk berita hoax tuh Seperti apa ya ?

A : harus mengikuti harus update berita hoax itu biasanya kalau dia ya kalau dia itu saya lihat kalimatnya panjang biasanya ada ada tapi tidak jelas itu siapa,Facebook dengan berita hoax biasanya bisa menyerang kemarin gimana lah, tidak bisa merasakan sumbernya pasti tidak jelas kantor berita nya pasti juga abal-abal ditanya kantornya di mana pun gak jelas sih lagi nggak punya dia ndak bisa diverifikasi dibeli dari mana Namanya juga nggak jelas siapa kantor beritanya nggak jelas kita ngerti lah pasti ini sebenarnya banyak dari siswa SMP SMA gitu mbak, Jadi adik Adik kalau Gang medsos ya harus bener-bener hati-hati ada ditanganmu ditanganmu kalau itu hati-hati tangan dulu maksudnya untuk meneruskan tahan dulu untuk membenarkan berita itu iya atau tidak, pengetahuan paling tidak kita bisa menentukan langkah selanjutnya iki aku mau berhenti dulu baca dulu cari sumber penangkapnya dulu atau tidak Itu itu fungsinya HP itu fungsinya smartphone membuat kita semangat jangan membuat kita stupid

 

Q : fonemana karifikasi dan minta maaf , bagaimana ya mas

 

A :juga agak aneh ya mbak ya nama aku di medsos dengan siapa kita harus meminta maaf kepada orang yang bersangkutan di medsos kita minta maaf sama siapa nggak jelas misalnya seseorang melakukan suatu perbuatan asusila dia terus minta maaf buat apa kalau percaya tapi pertanyaannya adalah Misalnya kita terlanjur kalau saya lagi satu langkah sebelumnya ya jangan biar nggak perlu minta maaf itu dulu itu dulu harus dipenuhi jangan kita menjadi tahu gimana caranya Mas ya caranya kenali dulu waktu Seperti apa gimana tambah pengetahuanmu terus selalu cari, nanti beli HP lebih baik daripada kuratif daripada mengobati daripada mitigasi itu Jadi kalau sudah terlanjur Iya di mana lagi Kita harus meng counter tersebut dengan berita yang benar kita cari berita lain yang sesuatu yang sudah kita viralkan susah banget makanya biar nggak menyusahkan dirimu sendiri hati-hati di medsos terhadap Gampang itu di zaman sekarang asal kita

 

A : pernah mas di masuk dalam pemberitaan hoax ?

 

saya sering, berapa kali sendiri Biarin aja lah kita tidak benar-benar melakukan itu biar mereka yang bertanggung jawab aja, satu kali satu kali saya kasih itu karena memang saya pernah terlibat pembicaraan dengan si panitia itu pasti saya kasih karena sudah terlibat pembicaraan tapi seringnya bener-bener kamu itu belum pernah digituin jadi nggak perlu dikasih apapun

 

Q : kalau untuk letto pernah mas diberitakan hoax?

 

A : dunia entertainment itu kalau tidak didahului dengan benar dengan yang yang benar itu akan jadi bumerang dari awal kita ngerti itu,jadi itu kayaknya kita nggak terlalu di digemari iso Mbak Ita Mbak kita itu nggak perlu ya ga usah dan dalam musik aman-aman saja sih menurut saya

 

Q: dunia digital menurut mas patub bagaimana ?

A :,0adanya bisanya bikin bedanya dunia digital dan dunia informasi digital dan informasi dari Koran majalah televisi bahkan ya zaman dahulu dengan sekarang itu kan satu kecepatan kecepatan dunia digital itu sudah Apa yang terjadi sekarang kita foto kita silakan bisa ditekan ya kalau tidak orang itu Ya kita tahu laporan wartawan mencari kita memfoto nanti masih diolah di kantor kita ada editor ada persetujuan dari editor baru naik cetak itu Masalahnya kecepatan yang sangat tinggi ketika 1 belum diverifikasi pun sudah sudah begitu terus terjadi di media-media seperti koran atau majalah macam-macam Terus apa ya yang menyebabkan berita hoax itu juga karena ketertarikan kita kini sudah sudah jadi makanan untuk muncul karena adanya internet atau konsumen yang sama Dalam waktu dalam hal ini misalnya kecil pada kondisi suhu politik memanas tapi kita juga ikut panas kepala kita juga ikut panas karena kita mau dipanasi kita ambil kapan Mau dipanasin kita beli aja mie ayam sama es teh sama temen-temen kita

 

jelas gampang dilacak gampang di beri sangsi kalau di media sosial yang jelas verifikasinya apalagi sekarang Dia melempar satu pintabisa kalau di sekarang juga sudah ada mekanisme juga sudah ada tapi ya kadang-kadang juga bisa ditunggangi untuk membungkam satu pendapat

 

sebuah media kemasan yang bergerak di media online yang harus memiliki izin begitu kalau nggak aktif ya Dan kalau misalnya sendiri patut waspada Karena sekarang sudah diatur dengan undang-undang ite Kalau mungkin sangsinya Silakan diterima dipidanakan

 

Q : ada tips mas untuk temen-temen partisipan di sini yang sedang mengikuti acara baby Nadia tips agar kita tidak terkena berita hoax Dan juga mungkin tidak menjadi penyebar

 

A : yang saya lakukan saja media sosial itu hanya Salah satu bagian kecil dari perilaku kita sehari-hari itu saja yang harus bagaimana kita sehari-hari perilaku misalnya ada pada orang tua adat kepada teman cara kita bergaul cara kita berbicara cara kita merespon terhadap sesuatu keseharian kita itu Bagaimana itu akan tercermin dalam cara kita bermedia sosial jangan fokus ke media sosial seperti apa Jangan kamu keseharian Seperti apa itu dulu itu nanti akan tercermin dalam semua perilaku kita termasuk media sosial secara sederhana itu aja dulu

Talks 2: Bangkit Dari Pandemi Dengan literasi Digital 

(Dr. Rahmawati, Dosen Universitas Mulawarman)

  •   saya masih mau kuliah S1 nih kalau sekarang terus terus kita tahu juga bahwa kita cara menggunakan internet sosial media 96 persen kita menggunakan Smartphone, menggunakan Minimal berapa jam gitu ya jadi ada istilahnya breakfast digital gitu katanya nah terus tantangan Indonesia dalam pandemic Karena sekarang ini sudah satu setengah tahun pandemia convid-19 ternyata berkisaran seperti ini gitu ada krisis sosial ekonomi politik kesehatan keamanan gitu ya Nah berkaitan dengan ini saya akan lebih menginformasikan nanti terkait dengan apa namanya Septi gitu nanti temen-temen narasumber yang lain ada dokter Jamil gitu ya Nah terus di sini kita tahu bahwa internet itu menggunakan teknologi ya istilahnya dikatakan internet of thing Jadi kita itu bahwa kita sekarang ada di dunia digital terus kita harus tahu apa namanya apa aja sih itu tadi tadi, yang sering kita akses dengan algoritma nah terus setelah itu ini bahayanya jejak digital itu yang sangat menarik
  •   ada di tampilan web untuk tujuan tertentu contohnya gitu ya merusak sistem itu yang baca terus terus ada apa teroris ya Ada propaganda dari teroris radikal yaitu melalui media sosial nah ini istilahnya namanya social engineering gitu Jadi ada konsep digital namanya ada sosial itu isinya dari suatu teknik memperoleh data dengan cara mengeksploitasi kelemahan manusia dengan psikologi kita itu kan Apa tuh bisa lagi Gabut istilahnya gitu-gitu ini di dalam juga jangan PHP itu jangan juga anak milenial sekarang ya Budak cinta Terus apa namanya sosial yang ada Malware virus gitu ya kita apa sistem kita di diganggu gitu nah terus di sini Bagaimana cara menghindari kejahatan social engineering itu itu misalnya jika kehilangan handphone dan segera hubungi layanan contact center operator telepon dan itu bisa salah satu ini bisa apa teman-teman liat ya terus kita sering ganti password misalnya Terus kalau misal modus-modus social engineering gitu ya minta data pribadi password akses ke jaringan
  •     tahun 19922 2017 dulu ada namanya badan Santdi dan sekarang ada namanya badan siber dan Sandi Negara nah disinilah hadirnya lembaga negara, banyak sekali jualan terus kejahatan cyber itu meningkat itu Nah itu hasil dulu di tahun 2018 hanya satu aduannya ternyata 2020 Januari itu aja 5000 aduan apalagi sekarang dengan negara terus ada di kepolisian, siapa namanya Pak Dokter Jamil akan lebih ekspor lagi itu contohnya 40 m ternyata menggunakan wi-fi kita karena kita terlalu apa namanya terlalu suka mencampuri urusan orang lain gitu ya Banyak duitnya gitu nah ayo dong kita menjadi bangsa yang hebat itu mau jadi apa namanya estimasi korban kejahatan dari lembaga-lembaga negara ada komunitas-komunitas yang peduli terhadap bangsa Indonesia kita melihat bahwa ada nih 332 juta identitas yang terancap di

 

Talks 3:  Literasi bagi tenaga pendidik dan anak didik diera digital 

( DR. Jamil, Dosen Universitas Mulawarman)

  •     yang mana dengan negara lain boleh secara bisa jadi dia bisa kita lihat seperti,Bagaimana kemasannya supaya bisa lebih bagus lebih baik tidak lagi dengan konvensional tapi tidak mungkin kita bisa lewati semua bangsa dan, IBagaimana kemajuan teknologi informasi yang kita miliki dengan baik dalam proses berinteraksi kita hanya dengan saya bahwa menjadi penting dalam dunia pendidikan namanya sebagai bangsa kita memiliki kultur yang baik

gadis yang sudah menyampaikan berita berita hoax yang sebetulnya tidak berkembang itu ya kan banyak yang melempar sesuatu yang tidak tidak bisa dipertanggungjawabkan tidak bisa di klarifikasi akhirnya menjadi apa namanya Apa namanya menjadi komoditi apalagi misalnya kalau ada kepentingan tertentu rivalitas dalam dalam dalam Oleh karena itu kita harus bagaimana masyarakat terhadap kita tidak bisa juga memerlukan informasi yang sangat perlu kita dengan baik karena kalau tidak bisa menjadi apa Itu kalau kita bicara tentang

  •     Bagaimana sterilisasikemudian juga platform platform sudah bermunculan seperti apa yang digunakan efektif, pendidikan bapak ibu guruhanya sekedar transfer Bisa tidak bisa dalam proses pendidikan celana dalam pendidikan ini dalam pembelajaran ini harus tiga ini yang harus apa namanya terintegrasi Bagaimana mentransfer ilmu bisa-bisa dalam proses-proses bisa tidak bisa menyampaikan sumber-sumber bahan yang bukan anak yang harus mereka baca kemudian mereka bisa apa namanya memberikan Apa nama bahan-bahan menyampaikan pertanyaan
  •     kesulitan soaltatap muka di dalam pembelajaran bukan hanya mengajar mengajar dan mendidik Aku mau dia tampil dalam berkomunikasibetul bisa integrity

 

Key Opinion Leader

(Ulfa Merdeka , Ulfa Merdeka Party Planner)

  • baik di sektor pendidikan kesehatan liburan olahraga serta Jasa Keuangan makan kalau kita seandainya lagi sakit sekarang itu nggak langsung ke dokter tapi kita mungkin buka FB dulu kesehatan seperti halodoc dan lain sebagainya untuk mengetahui gejala apa sih Terus obatnya apa seperti itu Jadi hal yang paling kecil yang paling basic sekarang itu banyak yang kita andalkan dari sosial media dan juga dari aplikasi-aplikasi yang ada di sekitar kita lanjut Nah kalau kita tahu nih banyak sekali yang diberikan kemudahan untuk kita sebagai salah satu pengguna internet dan juga yang bersama dia tiap hari pasti ada tantangan dan juga resiko seluas dengan banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan antara lain mungkin yang di mana kita saat ini memang berusaha keras ya
  • Joni bahwa ekonomi digital hadir sebagai titik-titik bagi para pelaku ekonomi bagi pemerintah masyarakat untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas menciptakan inovasi yang mendorong tujuan utamanya juga dalam empat pilar transformasi digital di bidang digital dengan memanfaatkan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi serta produktivitas dalam suatu pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan bisnis seperti yang mungkin saat ini banyak anak yang baru
  • contoh-contoh yang paling dimulai dari kalau kita mungkin gak punya kemampuan untuk bikin produk bisa aja kerja melalui online, seperti itu karena mereka selalu, atau mungkin dengan cara mereka disebut, boleh salah satu sosialJangan malu itu merupakan pekerjaan juga yang di mana Semua orang punya keahlian khusus apalagi mungkin masih banyak yang sibuk banget orang tua yang sibuk

 

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • mungkin kita masuk ke saya di sini saya akan membacakan pertanyaan-pertanyaan di sini ya itu makanan yang sudah masuk ke bersiap-siap untuk
  • mematikan mic dan jangan coret-coret layar
  • jangan lupa bertayanya untuk mendapat hadiah pulsa dan emoney

 

QnA

 

Penanya :  Iqbal panjang di era digital ini pasti sejatinya penyebaran informasi-informasi yang ada jadi lebih muda dari sangat mudah untuk diakses mau informasi apapun sehingga mudah begitu ya berita hoax sekarang bertebaran dimana-mana bahkan sangat susah untuk menghilangnya untuk memilih informasi yang ada di media sosial terlebih khusus untuk anak-anak peran orang tua sangat diperlukan di sini sebagai Kontrol media bagiannya tapi bagaimana jika orang tua itu sendiri gampang terpengaruh oleh berita hoax itu contoh di WA grup begitu ya grup keluarga saja hampir setiap hari berita tersebar melalui grup WA keluarga jadi menurut dari Mas Fatur sendiri bagaimana kebijakan seharusnya diterapkan terhadap Kontrol media sosial ini seperti apa

Jawaban :

–          Narsum 1 : bapaknya mungkin pakainya memang orang tua itu mohon maaf maksudnyaseumur2 saya itu memang kalau kamu percaya dengan dibandingkan SMAseperti ini sering adanya perubahan yang sangat cepatbegini ada 1 terus sumbernya adalahpercaya pada dokternya juga belum dicek siapa Dari mana bagaimana si Vinales pokoknya Star ini emang perjuangan kita sebagai anak atau sebagai orang yang lebih muda untuk untuk menggoreng perilaku pengalaman saya di WA grup keluarga yang ada Pakde Pakde ada ada Oh gitu langsung telepon Kebiasaan apa adanya gitu ya jadi ketika dia memberi berita yang langsung telepon saya ya terpaksa saya agak kencang sedikit karena menurut saya perilaku ini berbahaya Kalau tidak ada yang memperingatkan jangan jangan dikira Terus kalau pakde Kalau Om Terus katanya nggak berani berani ini kan ini kan ini kan Demi demi kesehatan mental ini diteruskan lama-lama kita ini bukan karena tapi karena harus harus harus berani kalau saya kita jalan

 

Penanya :  pertanyaannya mengingat pentingnya sektor keamanan digital khususnya data pribadi kita pada saat kita melakukan verifikasi diri melalui berbagai dompet digital yang membutuhkan beberapa data penting-penting termasuk KTP apakah data-data yang kita berikan tersebut sudah benar-benar aman dan terjamin dari kebocoran data lalu Pertanyaan selanjutnya Apakah tindakan yang perlu kita lakukan jika nantinya kebocoran tersebut benar-benar terjadi seperti apa

Jawaban :

–          Narsum 1 : perusahaan yang apa establish ya itu tadi pasinvestasi bodong gitu nabi bukan dari perusahaan yang tadi itu kita bisa aduh kan itu ya Jadi bisa nikah ya bang Indonesia itu punya ada call centernya OJK 157 itu yang Bank Indonesia 13 1 terus pengalaman saya juga kalau misal kita melakukan transaksi online belanja tapi yang memang di marketplace kalau kanan di marketplace shopee bisa lihat salah satu contoh Saya tidak bukannya iklankan tapi hasil riset shopee itu paling tinggi itu nah kita bisa lihat di situ ada jelas pengirimannya Siapa itu yang itu juga dalam bentuk perusahaan gitu misal JNE siap pakai jadi pribadiNah sekarang kan bisa ada di

Penanya :  Saya ingin tanyakan terkait budaya digital saat ini dengan market video tiktok dari konten negatif bermunculan di media sosial Hal ini mempengaruhi budaya karakter anak-anak Timur Indonesia yang santun dan memiliki religion yang unggul

Jawaban :

–          Narsum 1 :marah ya kalau dalam perspektif pendidikankita memandangnya bahwa setiap individu adalah punya potensi adalah menemukan potensi itu kita angkat kita tolong ya berkembang sesuai denganada sesuatu yang dibuat seperti tayangan Tik Tok Itu yang memang yang barangkali yang kita kurangi ketika misalnya ya Misalnya anak apa namanya memang kita semua dari pihak orang tua apa ini ada suatu batasan kemudian tidak bisa menjadi sesuatu yang biasa memang ini bagaimanamemang sepertinya juga seperti tapi memang dengan kondisi marahnya ini banyaknya apa namanya tayangan-tayangan sehingga

 

Penanya :

Jawaban :

–          Narsum 1 : lebih banyak berinteraksi sosial media seharusnya itu menjadi tolak ukur gimana apa yang kalian ikuti itu adalah biasanya dicontoh gitu Jadi saran untuk memulai usaha untuk menggairahkan diri agar gimana sih Saya mau bikin sesuatu nih caranya adalahudah banyak banget informasi yang masuk akhirnya bikin produk yang hanya Oke sekedar bikin produk aja tapi tidak dilihat al-fil mulutnya Seperti apa Dan tekniknya seperti apa seperti itu Jadi kalau kita bikin Minimal berapa liter dulu dicek beluknya Seperti apa Cari referensi baca-baca hal yang memotivasi dan akhirnya jadi inspirasi kita bikin roda saya untuk UMKM itu adalah Saya anak anak milenial dan mahasiswa yang sekarang itu lebih banyaksukai banyak titrasi banyak baca banyak memdapat refrensi, jadi bingung mereka, harusnya ada satu contoh untuk menmbuat motivasi dari figis tersebut


Bagikan updated
Samarinda