PRESS RELEASE MEMASUKI DUNIA INTERNET DENGAN AMAN DAN NYAMAN 15 Juli 2021 – Sambas

Bagikan updated

Moderator : Reza Rahman

LO : Zakki

Narasumber :

Local :

  1. Hidayat Kalijar, S.Pd
  2. Anugrah Isromi

Nasional :

  1. Alexander Dimas

KOL : Ni Putu Dwi Vera

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

QnA

Penanya :  Arya Wira Ramajaya

No HP : 085157973373

Email : aryawiraramajaya7@gmail.com

Kepada: Alexander Dimas

Pertanyaan:

Zaman sekarang marak sekali “second account” , biasanya akun-akun ini sering mengambil peran di sosial media, umumnya mereka sering berkomentar atau bertanggapan negatif, bahkan tidak jarang, satu orang bisa memiliki hingga 2 sampai 3 “second account”, mungkin juga ada yang lebih.

Menurut Bang Alex sendiri nih, apakah “platform” perlu membuat aturan yang lebih lanjut terkait hal ini? Apakah Bang Alex sendiri memiliki “Second Account”? Apakah dampaknya bagi kita dalam menggunakan second account?

Jawaban : Menurut saya, memiliki second account seperti  memiliki dua kepribadian dan menipu diri sendiri. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk lebih jujur dan bertanggung jawab dalam menggunakan sosial media.

Penanya : Indra Cahya Yudistira

No Hp: 085608550017

Email: indracahya7830@gmail.com

Kepada: Hidayat Kalijar

Pertanyaan: Pada saat ini banyak sekali platform yang menawarkan investasi digital lalu bagaimanakah cara kita memilih platform terpercaya untuk berinvestasi secara digital secara aman dan sebagai seorang yang pemula?

Jawaban : Selain memastikan apakah platform tersebut sudah terdaftar dalam OJK, cara lainnya adalah dengan melakukan riset agar investasi yang kita lakukan memberikan profit bagi kita.

 

Penanya :  Adhitya Teguh N

No HP : 081345444712

Email : ituteguh@gmail.com

Kepada: Ni Putu Dwi Verayanti dan Anugerah Isromi

Pertanyaan:

  1. Sosial media memang bisa memberikan informasi yang menarik, namun juga bisa menyesatkan jika mengikuti akun yang salah. Bagaimana cara bijak memilah akun yang akan kita ikuti??

 

  1. Bagaimana menanggapi perdebatan di kolom komentar sosmed yang biasanya tak berujung dan tak bersolusi?

Jawaban :

  1. Ni Putu Dwi Verayanti: Pastikan siapa yang kita follow, karena siapa yang kita follow akan menentukan kepribadian kita juga. Apakah postingan dari orang yang kita follow memberikan dampak positif bagi diri kita
  2. Anugerah Isromi: Kita tidak perlu ikut komen. Kalimat yang keluar secara visual bisa bermakna berbeda pada orang yang membacanya. Terkadang hal tersebut menjadi langkah sehingga terjadi salah persepsi. Selain itu, manusia mempunyai knowledge, persepsi dan background yang berbeda. Lebih baik kita membuka room untuk berdiskusi bersama dan mengajak untuk menjadi orang beropini yang lebih bijak sehingga dapat menemukan solusi bersama.

Bagikan updated
Kalimantan Barat Sambas