Press Release Mengenal Budaya Indonesia dengan Literasi Digital 30 Agustus 2021 – Kutai Timur

Bagikan updated

Moderator : Septi Diajeng

LO : Betty & Shahnaz

Runner : Venus & Emil

Narasumber :

Local :

  1. Rinanda Aprillya Maharani
  2. Arsyi Farinia

Nasional :

  1. Poppy Sovia

KOL :

Anna Rachmawati

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika: (Samuel Abrijani Pengarapan B. Sc):

  • Program literasi digital menjadi jawaban atas era disrupsi teknologi saat ini.
  • Kehadiran pandemi dan berkembang pesatnya teknologi mengubah cara kita beraktifitas, sehingga teknologi sebagai bagian dari masyarakat.
  • Menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk meningkatkan literasi digital pada masyarakat
  • Mendidikan masyarakat bukan hanya pada kemampuan menggunakan teknologi digital saja , namun juga bagaimana masyarakat cermat dalam menggunakan teknologi.
  • Adanya berbagai inisiatif kegiatan diharapkan semakin mendorong meningkatnya literasi digital masyarakat.
  • Mempersiapkan sdm yang sesuai dengan kecakapan era digital.
  • Dengan kondisi pandemi maka akan mempercepat pula proses tranformasi menuju era digital, maka dibutuhkan kerjasama yang bersifat menyeluruh dan kontinyu oleh segala elemen.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si  – Bupati Kutai Timur)

  • Sesuai Arahan visi Presiden, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah menyusun sebuah Peta Jalan Literasi Digital Tahun 2021-2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat dibidang Teknologi dan Informatika Komputer dan Digital serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.
  • Peta Jalan Literasi Digital dirumuskan dalam empat kerangka dalam menyusun Kurikulum Literasi Digital yaitu : Digital Skills, Digital Ethics, Digital Safety dan DIgital Culture.
  • Untuk mencapai Target Masyarakat yang cakap digital diadakan acara secara serentak selama 7 bulan pada tahun ini yang dimulai di bulan Mei dengan dilakukannya Kick Off atau Pembukaan oleh Bapak Presiden serta Menteri Komunikasi dan Informatika demi tercapainya pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, memanfaatkan secara sehat bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menanggulangi penggunaan Teknologi Digital oleh seluruh lapisan masyarakat secara tidak baik

 

Panelist 1: Etika Digital : Bijak di Kolom Comment

(Poppy Sovia )

  • Moderator : Sering gak menemukan komen netizen yang menganggap sinis ke kak popy ?

Answer : alhamdulilah sih netizen atau followers aku baik. ketika aku posting tentang hobi aku lebih komen ke hal positif dan kasih motivasi. belum ada yang seperti itu.

  • Moderator : Mungkin kak poppy bisa maintance followers dengan baik. bagaimana kak caranya agar netizen atau followers kak poppy ?

Answer : kalo treatment pasti ada. ketika ada respon atau coment negatif kita juga pasti sakit hati kan. awal-awal ada coment negatif aku respon tapi seiring waktu ketika coment tidak enak aku berusaha berfikir cerdas aku hapus atau blok. menurutku netizen disini kan beda dan kalangan beda. jadi sebisa mungkin kita berbesar hati kalo ada opini masuk kita lega aja jangan jadi sempit.

  • Moderator : Bagaimana tips belajar bijak di kolom komen ? komen yang penting jangan yang penting komen.

Answer : netizen kan kadang macem-macem tujuan komennya, apakah ingin di notice atau viral agar bisa dilihat orang banyak. itu kan jadi kadang menghalalkan segala cara. sikap seperti ini kadang kurang baik disisi lain.

 

Talks 2 : Budaya Digital : Mengenalkan Budaya Indonesia melalui Literasi Digital

(Rinanda Aprillya Maharani)

  • Literasi adalah kemampuan menulis dan membaca. Pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. LIterasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan dalam penggunaan media digital, kemampuan untuk menggunakan teknologi secara kognitif dan teknikal, keterampilan teknis dalam dunia digital, respons dalam rangka meningkatkan minat masyarakat untuk membaca sejalan dengan berkembangnya teknologi.
  • SIfat utama dalam teknologi digital adalah tidak terbatas, bebas berekspresi dan berpendapat, dapat menjadi sarana stand out dan sarana memperluas relasi.
  • Yangd apat dilakukan dengan Literasi Digital adalah memahami budaya indonesia, mendukung setiap gerakan yang bertujuan untuk melestarikan budaya, membuat inovasi baru terkait promosi budaya indonesia.
  • Platform promosi yang bisa kita gunakan adalah youtube, twitter, instagram, linked in dsb

 

Talks 3 : Key Opinion Leader

Keamanan Digital : Melindungi Diri dari Penipuan di Dunia Digital

(Anna Rachmawati)

  • Phishing adalah jenis penipuan online di mana penjahat cyber menyabar sebagai organisasi yang sah melalui email, pesan teks, iklan, atau cara lain untuk mencuri informasi sensitif atau data pribadi korban.
  • Contoh Penyalahagunaan data Pribadi pembobolan dana di bank korban, melakukan tindakan kriminal atas nama korban, melakukan pinjaman online ilegal, dijual untuk kepentingan politik, iklan penjualan produk atau dark marketing.
  • Data Pribadi yang sering diincar adalah User ID dan password, Pin Atm, kode verifikasi, kode OTP, data diri identitas seperti NIK, SIM, NPWP dsb dan data informasi pribadi lainnya seperti alamat rumah, nama ibu kandung, tanggal lahir, atau tanggal expired kartu kredit atau debit.
  • Tips aman menghindari pencurian data pribadi adalah dengan menggunakan password yang kuat dan aman dan hindari menyimpan password secara otomatis di semua akun digital, selalu ganti password secara berkala, jangan sembarangan klik tautan atau iklan, jangan mudah tergiur dengan hadiah atau diskon, rajin update sistem atau anti virus, jangan memberikan kode username, password dan OTP, jangan unggah, share atau posting data ke media sosial dan aktifkan 2 tahap verifikasi di akun digital.

 

Talks 4 : KeCakapan Digital : Pentingnya memiliki Digital Skilss di masa Pandemi

(Arsyi Farinia)

  • DIgital Skills adalah kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari.
  • Hal yang diperlukan dalam Kecakapan digital adalah paha cara mengoprasikan gadget dan komputer. Dengan skill yang dibutujkan untuk era yang semakin serba digital adalah mampu mengoperasikan gadget dan komputer dengan baik. Metode pengoperasian gadget dan laptop memang menjadi hal yang penting karena sangat menunjang pekerjaan atau task agar bisa dilakukan lebih cepat dan maksimal.
  • Hal yang perlu kita perlukan juga untuk kecakapan digital adalah kemampuan marketing dan promosi lewat sosial media yaitu di era sekarang promosi melalui poster, baliho dan cara tradisional lainnya dirasa kurang efektif. Promosi yang lebih efektif adalah melalui sosial media seperti instagram, tiktok, facebook, dll terbukti ampun dengan penghasilan yang lebih meningkat dan berkembang dari waktu ke waktu .
  • Strategi Marketing yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan personal branding yang mengacu pada proses membangun persona publik untuk target audiens. Micro yaitu dengan strategi promosi kepada pengguna medsos yang memiliki pengikut antara 1000 hingga 100.000 orang. Macro adalah strategi marketing dengan pengguna media sosial yang memiliki jumlah pengikut antara 100.000 hingga 1 juta lebih.
  • Content Creator adalah seseorang yang menciptakan konten baik berupa tulisan, gambar, dan video untuk dibagikan secara online.
  • Kemampuan yang harus dimiliki seorang marketer dan influencer adalah hardskills dan softskills. Hardskills meliputi kemampuan analisis, menciptakan konten dan e-commerce. dan kemampuan softskills yang perlu dimiliki adalah kreatifitas, mampu beradaptasi dan mampu berkomunikasi dengan baik

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :  liza

apa yang ingin kakak sampaikan pada konten kreator pemula yang masih ragu dan takut pada nyinyiran ?

Jawaban :

  • Talks 1 : Menurut aku kamu buat dulu. gak perduli nanti akan ada nyinyiran atau apa. Buat aja dulu sampai jadi dan diposting, nanti kamu harus siap-siap dengan segala komentar. Kalo gak siap matiin aja komen. tapi menurut aku pribadi kita bisa nyalain komen, kalo ada produser atau orang yang suka konten kamu kan bisa membuka kerjasama. Menurut aku kalo karyamu sudah jadi, kemungkinan itu akan banyak., tapi jadikan itu cobaan dan motivasi.

Penanya :  Bagus

kenapa generasi milenial lebih senang budaya K-Pop. aoa yang melatarbelakanginya ? bagaimana agar generasi milenial bisa mencintai diri kita sendiri ?

Jawaban :

  • Talks 2 : Kenapa orang indonesia suka ke K-POP karena kurangnya informasi tentang budaya mereka sendiri, ada gengsi bahwa budaya indonesia masih kaku dan basi. kita harus cari tahu dulu, cari tau dulu, memahami dulu dan mencintai budaya kita. merubah mindset itu terlebih dahulu. Budaya lain yang terkenal kesini karena kekompakan mereka menunjung tinggi budaya mereka ke dunia luar. kita harus merubah mindset kita tentang budaya kita, mengenalkan dan mencari informasi.

 

Penanya :  Ismail

sekarang edukasi tentang keamanan digital sangat gencar. namun yang mendapat edukasi lebih ke kaum milenial. kalau untuk orang tua sangat minim. bagaimana cara mengedukasi dan menyadarkan hal ini ke orang tua karena beliau juga ikut update keamanan digital di sosial media?

Jawaban :

  • Talks 3 : Cara memberi tahu ke orang tua kita dengan mengajak ngobrol baik-baik. Jangan merasa lebih tahu. Kita bisa ngobrol baik-baik dan mengajak diskusi bersama

 

Penanya :  Deni

Penggunaan dunia digital di Indonesia sangat lama. Bagaimana caranya agar produktif di sosial media daripada main game dll ?

Jawaban :

  • Talks 4 : Fokus dengan skill dan bakat yang kita punya. Keluarkan bakat yang kita punya. buat konten kita sendiri yang positif dan menginspirasi orang banyak.

Bagikan updated
Kutai Timur