PRESS RELEASE MENGENAL LEBIH DEKAT TENTANG LITERASI DIGITAL 17 Juli 2021 – Sambas

Bagikan updated

Moderator : Septi D Ajeng

LO : Zakki

Narasumber :

Local :

  1. Amirudin
  2. Hidayat Kalijar

Nasional :

  1. M Ishaq Firdaus

KOL :  Adinda Prisca Anugerah Puteri, S.H.,M.Kn.

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

QnA

Penanya : Siti Nurjanah

No hp: 085778644513

Email : sitinurjanahs2909@gmail.com

Kepada: Amirudin

Pertanyaan: Untuk zaman sekarang banyak anak anak yang belum cukup umur menggunakan gadget yang sering kali mereka asyik dengan hp masing2, pertanyaan bagaimana cara mengatasi biar anak anak tidak kecanduan main gadget dan membatasi fitur-fitur yang tidak sesuai dgn umurnya?

Jawaban : Diperlukan pengawasan dari orang tua untuk penggunaan gadget. Orang tua diharapkan bisa memberikan batasan-batasan kepada anak dalam penggunaan gadget.

 

Penanya :  Elisabeth Anna Marya Saragi

Nomor HP/WA :085206457975

Kepada: Adinda Prisca Anugerah Puteri

Pertanyaan: Kita semua tahu bahwa hampir seluruh warga Indonesia saat ini menjadikan sosial media sudah seperti sandang dan pangan dalam kehidupannya, tidak sedikit juga kita lihat bahwa ada sebagian dari warga Indonesia tidak memiliki etika digital dalam bersosial media. Bagaimana strategi dalam membangun kesadaran etika digital di era saat ini? Nah, menurut Ibu bagaimana memasukkan rasionalitas ke media sosial di era digital saat ini? Karena tidak sedikit juga yang kita lihat bahwa masyarakat Indonesia saat ini banyak tidak menghargai konten orang lain, seperti mencuri karya orang lain, menggunakan karya orang lain tanpa meminta izin, memberikan komentar komentar rasis dan bullying hanya karena mereka mempunyai selera dan pendapat yang berbeda akan suatu konten.

Jawaban : Yang pertama dapat dimulai dari lingkungan keluarga yang sangat penting dalam penggunaan sosial media dan komunikasi. Untuk orang yang melakukan plagiat, karena banyaknya informasi yang bisa didapatkan secara bebas kita juga lupa kita bersinggungan dengan hak cipta orang lain. Cara menghindarinya dengan meminta izin terlebih dahulu sebelum membagikan ke orang lain atau sosial media.

 

Penanya : Satriani

No.Hp: 083143602583

Email: satri1427@gmail.com

Kepada: Hidayat Kalijar

Pertanyaan: Apakah ada Dampak/resiko kerugian yang akan diterima si penjual atau pembeli saat menjual atau membeli barang di Market place,dan Bagaimana cara meminimalisir dampak/resiko kerugian tersebut

Jawaban : Pastikan toko tempat kita berbelanja itu verified atau terpercaya. Namun tidak semua toko yang punya rating bagus, produknya bagus juga. Teman-teman perlu memperhatikan review dari customer sebelumnya.

 

Penanya :  Jopisky

Nomor HP: 083151983620

Email: jopiskyku@gmail.com

Kepada: M. Ishaq Firdaus

Pertanyaan: bagaimana tanggapan bapak mengenai media investasi online untuk bibit anak muda sekarang

Jawaban : Investasi terbaik adalah investasi bagi diri kita sendiri. Investasi ada 2 yaitu investasi secara online dan course (pendidikan). Investasi yang memiliki rating tertinggi adalah edukasi. Investasi dalam arti yang sebenarnya yang paling aman adalah investasi reksadana yang bentuknya retails. Ada suatu platform yang namanya Bibit untuk investasi reksadana. Kita bisa mengatur berapa dana yang bisa kita investasikan.


Bagikan updated
Kalimantan Barat Sambas