Press Release Menjadi Masyarakat Produktif dengan Literasi Digital 26 Agustus 2021 – Balikpapan

Bagikan updated

Moderator : Amal bastian

LO : bram

Runner : Afnan

Narasumber :

Local :

  1. Yudhi Saharuddin, S.E., M.M.
  2. Elsa Ristama Pasaribu

Nasional :

  1. Grandika Primadani

KOL :

Jihan Novitasari

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika: (Samuel Abrijani Pengarapan B. Sc):

  • Program literasi digital menjadi jawaban atas era disrupsi teknologi saat ini.
  • Kehadiran pandemi dan berkembang pesatnya teknologi mengubah cara kita beraktifitas, sehingga teknologi sebagai bagian dari masyarakat.
  • Menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk meningkatkan literasi digital pada masyarakat
  • Mendidikan masyarakat bukan hanya pada kemampuan menggunakan teknologi digital saja , namun juga bagaimana masyarakat cermat dalam menggunakan teknologi.
  • Adanya berbagai inisiatif kegiatan diharapkan semakin mendorong meningkatnya literasi digital masyarakat.
  • Mempersiapkan sdm yang sesuai dengan kecakapan era digital.
  • Dengan kondisi pandemi maka akan mempercepat pula proses tranformasi menuju era digital, maka dibutuhkan kerjasama yang bersifat menyeluruh dan kontinyu oleh segala elemen.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( H. Rahmad Mas’ud, S.E., M.E. – Walikota Balikpapan)

  • Sesuai Arahan visi Presiden, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah menyusun sebuah Peta Jalan Literasi Digital Tahun 2021-2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat dibidang Teknologi dan Informatika Komputer dan Digital serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.
  • Peta Jalan Literasi Digital dirumuskan dalam empat kerangka dalam menyusun Kurikulum Literasi Digital yaitu : Digital Skills, Digital Ethics, Digital Safety dan DIgital Culture.
  • Untuk mencapai Target Masyarakat yang cakap digital diadakan acara secara serentak selama 7 bulan pada tahun ini yang dimulai di bulan Mei dengan dilakukannya Kick Off atau Pembukaan oleh Bapak Presiden serta Menteri Komunikasi dan Informatika demi tercapainya pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, memanfaatkan secara sehat bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menanggulangi penggunaan Teknologi Digital oleh seluruh lapisan masyarakat secara tidak baik

 

Talks 1 : Keamanan Digital : Tips dan Trick Menjaga Keamanan Privasi Secara Digital

(Grandika Primadani)

  • Lima Benteng perlindungan paling penting secara digital adalah pendidikan, persiapan, pendeteksian, cara merespon dan fleksibilitas. Perlu diingat bahwa cybersecurity tidak hanya soal teknologi dan informasi.
  • LIterasi Digital adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dalam proses menemukan, mengevaluasi, menggunakan dan membuat informasi. serta memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas dan tepat dan patuh hukum
  • Privasi dimedia digital setiap data tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan atau dapat diindentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tak langsung melalui sistem elektronik dan nonelektronik.
  • Menjaga privasi digital adalah sebuah permasalahan yang sangat penting di dunia digital. Praktik teraik akan kita bahas lebih detil. Menjaga privasi digital langkahnya adalah membatasi informasi personal yang kita share, menjelajah dunia mayadengan menggunakan private mode, menggunakan search engine yang berbeda, menggunakan virtual private network, berhati-hati dalam mengklik untuk menghindari data, jangan lupa untuk menjaga gadget pribadi dan menggunakan antivirus

 

Talks 2 : Budaya Digital : Perubahan Peradaban Manusia Akibat Revolusi Digital

(Yudhi Saharuddin, S.E., M.M.)

  • Budaya Digital adalah olah pikir, kreasi dan cipta karya manusia berbasis teknologi internet. Perkembangan ditentukan oleh penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Urgensi Digital adalah percepatan peradaban ini dipicu oleh teknologi digital yang terbentuk oleh empat elemen yaitu masing-masing elemen itu berkembang amat cepat dan bersintesis atau satu sama lain sehingga menghasilkan kecepatan perubahan digital menurut deret ukur.
  • Budaya Digital didorong oleh adanya adopsi internet, media sosial, telfon genggam dan berbagai perangkat digital lain oleh konsumen secara massif. Perkembangan peradaban manusia dengan kebiasaan akhirnya sampai pada sebuah tahapan atau disebut era digital.
  • Perubahan Sosial memiliki dampak nyata pada dari perubahan digital “digitalisasi dibutuhkan untuk mempercepat pembuatan keputusan, misalnya tanpa harus bertemu”  Kelemahannya adalah kurangnya kemauan untuk bisa tekun mengakses dan membaca.
  • Peran Masyarakat dalam perubahan revolusi digital adalah menerima dan menanggapi perubahan ini sebagai peluang untuk dapat semakin berperan dalam bahasa dan semakin meningkatkan kualitas peranannya.

 

Talks 3 : Key Opinion Leader

Kecakapan Digital : Positif, Kreatif dan Aman di Internet

(Jihan Novitasari)

  • Internet kini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Pengguna Internet di Indonesia sudah di angka 73.7% dari total polulasi. Internet kini sudah menjadi gaya hidup untuk belajar, belanja, bekerja dan berkomunikasi.
  • Ancaman Berinternet yaitu penipuan, kebocoran informasi data pribadi, cyber bullying, pelecehan dan terpapar beret hoax
  • Hal yang perlu dihindari dalam berinternet yaitu mengumbar identitas pribadi, menyebarkan berita bohong, membagikan membuat konten mengandung sara, mencuri data, dan menyakiti perasaan orang lain.
  • Gunakan Internet yang tepat untuk wadah berkreasi, meningkatkan personal branding, media promosi, networking dan menggali informasi akurat dan terpercaya.
  • Tips Positif dan kreatif aman di Internet yaitu buat konten tepat, positif dan bukan hoax, bangun konten untuk membantu menginspirasi dan memotivasi, cek sebelum membagikan dan menyebarkan konten, gunakan bahasa yang baik dan sopan dan tidak memprovokasi, aman dalam menggunakan aplikasi dan mengunjungi situs, gunakan password yang kuat dan perangkat yang membantu menjauhi dari pembajakan data.

 

Talks 4 : Etika Digital : Etika Menghargai Karya atau Konten Orang Lain di Media Sosial

( Elsa Ristama Pasaribu)

  • Jangan jadi si “jari cepat” kalau liat sesuatu tidak perlu reaktif dengan komen asal. Gak semua hal harus dibagi, gak semua hal harus dikomentari.
  • Skeptislah selalu. Jangan mudah percaya hanya karena lihat judul. Jangan langsung repost hanya karena ada statement dari influencer. Ragukan semua informasi, crosscheck sana sini, cari faktanya dan pahami konsekuensinya.
  • Memanusiakan Manusia yang di sosial media itu manusia. Selalu ingat kalau mau memberi komentar atau mention. seseorang bahwa mereka punya hati, keluarga dan kehidupan.
  • Di Media Sosial yang kita lihat hanya permukaannya saja. kita tidak pernah tahu bagaimana cerita sebenarnya dan semestinya.

 

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :  Ulfiyati

Apabila kita mendapatkan link dari teman. Bagaimana cara mengetahui bahwa link itu aman dan tidak terjadi phising atau pengelabuhan data  yang mengakibatkan kebocoran data diri dan data ?

Jawaban :

  • Talks 1 : cek URL situs tersebut. Dilihat dari tag yang digunakan, nama domain yang digunakan yang bisa kita lihat secara singkat apakah link itu aman atau tidak. Atau cek di google apakah ad tanda gembok. kalo ada berarti sudah secure atau aman untuk digunakan.

 

Penanya :  Andi Muhammad

Dalam beberapa waktu budaya digital cukup banyak mempengaruhi manusia. apakah hal ini akan mempengaruhi atau mematikan interaksi sosial masyarakat dalam waktu akan datang apabila digunakan dengan cara yang salah ?

Jawaban :

  • Talks 2 : kalo mematikan tidak, tapi mendistrubsi tidak. Hal ini sudah terjadi di masyarakat, orang yang tidak pernah bertemu tapi jadi haters, dll. jadi interaksi sosial melalui digital sangat cepat.

 

 

Penanya :  Tim Siber Kreasi

apakah ketika memposting di sosial media tidak bisa menjadi diri sendiri kak ?

Jawaban :

  • Talks 3 : bener banged. gak hanya saat aku menjadi dari company tersebut, sebelum itu kita juga harus memberikan versi terbaik dari diri kita ke masyarakat untuk membangun personal branding untuk memberikan hal positif.

 

Penanya :  ella

bagaimana cara menggali potensi kita untuk menarik pengguna media sosial ?

Jawaban :

  • Talks 4 : cek dulu dengan apa yang kita suka. Apakah suka masak, cover lagu, atau menulis bisa membuat caption dan tulisan yang menarik. Membangun interaksi dengan teman.

Bagikan updated
Balikpapan