Press Release Menjadi Pribadi Cerdas di Ruang Digital 3 Agustus 2021 – Sambas

Bagikan updated

Moderator : Ovi Darin

LO : M. Muzakki

Runner : Lamhot Sagala & Syarif Hamid

Narasumber :

Local :

  1. Narti Prihartini, S.T., M.T.
  2. Anugrah Isromi

Nasional :

  1. dr. Dwi Wijayanto

KOL : Fadhilah Nur Nafiisah

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech Oleh Bupati ( Satono, S.Sos.I, MH Bupati Kab. Sambas)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  •  Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

Talks 1: tema culture : pilih mana nabung atau belanja online ?

(dr. Dwi Wijayanto, Aesthetic Doctor & Entrepreneur)

  • Kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan yaitu malas mencatat keuangan, tidak biajk menggunakan kartu kredit / paylater, tidak berfikir panjang, dan berinvestasi ditempat merugikan.
  • Ketika kita mempunyai uang banyak atau mempunyai penghasilan dan gajian kita harus bisa memplanning apa kebutuhan kita. Menabung itu penting, makanya harus pintar dalam belanja. Misalnya kebutuhan pokok 50%, hiburan dan konsumtif 30%, tabungan dan investasi 20$.
  • Prioritas kebutuhan paling utama adalah kebutuhan fisiologis, setelah terpenuhu fisiologis kalian kemuadian memenuhi kebutuhan kemanan, dan selanjutnya kebutuhan kasih sayang misalnya membelikan orang tua makanan, membiayai pendidikan adik, dan kemudian kebutuhan atas penghargaan, dan terakhir kebutuhan aktualisasi diri. Tips menabung yaitu pertama tentukan tujuan menabung, kedua pisahkan rekening, ketiga dimulai dengan nominal kecil dahulu, keempat atur rekening autodebet.

 

Talks 2: tema Saring Sebelum Sharing (keamanan digital)

(Narti Prihartini, S.T., M.T. Dosen Teknik Multimedia Politeknik Negri Sambas, Kepala UPT Bahasa Politeknik Negri sambas)

  • Kasus keamanan data media sosial melemah contohnya saja data pribadi 214 pengguna facebook dan instagram dicuri. Dilain itu ada halnya 5 prinsip cerdas berinternet yaitu think before posting, maksudnya sebelum kita memposting berpikirkan dahulu penting apa tidak postingan itu untuk diposting, yang kedua yaitu saring before sharing, maksudnya adalah saring itu peduli jadi kita membagikan postingan karena pedulu, yang ketiga yaitu click or close, maksudnya jika sesuatu itu penting kita click informasinya jika postingannya meragukan close saja, yang keempat adalah wise while online, maksudnya adalah kita harus bijak menggunakan media online, yang kelima adalah keep paling or stop, maksudnya adalah jika postingan itu bermanfaat bagi kita teruslah bermain internet jika tidak penti9ng berhenti bermain. Ambil dampak positifnya saja daripada menyesatkan.
  • Jadilah pengguna internet yang baik, yaitu bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif. Menjaga keamanan sosial fungsinya untuk menjaga kerahasiaan data privasi maupun transaksi pengguna, dan untuk menghindari penyalahgunaan serta tindakan kejahatan didunia maya.
  • Fitur keamanan media sosail anak yaitu mengelola privasi anak, membantu orang lain, mengelola interaksi, dan pengawasan orang tua adalah utamanya. Jadilah pengguna internet yang smart yaitu stay safe, dont meet up, accepting files, reliable, dan tell someone.

 

Talks 3 : think before post (etika digital)

(Anugrah Isromi, Guru SMAN 2 Sambas & Kurator Film Pendek)

  • Laporan tahunan dari microsoft Indonesia merupakan netizen Indonesia paling tidak sopan di ASEAN. Dalam hal ini kita mempelajari bijak dalam bersosial yaitu kita harus memahami tentang etika menggunakan internet.
  • Internet ethics adalah seperangkat prinsip moral yang mengatur individu atau kelompok tentang perilaku apa yang dapat diterima saat menggunakan internet dan media sosial. Orang yang bijak dalam bermedia sosial adalah orang yang selalu menggunakan akal budinya dalam menggunakan media sosial.
  • Ada 3 prinsip yang harus dipahami dalam berinternet dan bermedia sosial , yang pertama adalah penerimaan, maksudnya seseorang harus itu menrima dan memahami dengan baik bahwa internet adalah bukan value verizon yaitu sebuah tempat atau wadah dimana segala macam value itu dipertimbangkan dalam arti yang lebih tidak sempit sehingga user internet saat membuat konten menyadari bahwa internet ini tidak terlepas dari global, prinsip kedua yaitu kepekaan terhadap budaya nasional dan lokal maksudnya internet dan media sosial tidak dapat tanduk pada satu set nilai seperti saluran tv lokal, prinsip yang ketiga yaitu berpura-pura menjadi orang lain, maksudnya menyembunyikan indentitas kita.
  • Berpikir dahulu sebelum kita posting, apakah konten kita penting tidak atau bener atau tidak, jangan sampai postingan yang kita bagikan adalah hoax.

 

Key Opinion Leader kecakapan digital : peran literasi digital di dunia market place

(Fadhilah Nur Nafiisah, Brand Ambassador D’savior)

  • Dengan internet dimana kita berkomunikasi dengan teman-teman, kita mendapatkan pengetahuan, dan internet bisa menjadikan boomerang uat kita. Agar kita dapat menjadi warganet yang bijak dan baik kita harus berliterasi digital.
  • Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk media digital, alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya.
  • Market Place adalah platform yang berperan sebagai pihak ketiga atau perantara antara penjual dan pembeli untuk mempermudah tranksaksi jual beli secara online. Ada 2 jenis marketplace yaitu marketplace murni dan marketplace konsinyasi. Fasilitas marketplace yaitu tidak berbayar, sudah terstruktur oleh sistem, pasar sudah terbentuk, tanpa sewa toko offline,rekening bersama, dan ada event yang disediakan marketpalce.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :  Fiki Hafiz Febriarto

No HP     : 08993959246

Email  : hafizzfiki@gmail.com

Narasumber: Fadhillah Nur Nafiisah

Pertanyaan: Bagaimana cara untuk memberikan pengetahuan kepada orang” yang belum berliterasi digital dalam menggunakan platform belanja online seperti marketplace?

Jawaban : Kita harus berliterasi digital dulu dan kita sebagai generasi muda bisa menggunakan sosial media untuk menginfluence orang-orang. Kita juga bisa mengshare apa saja keuntungannya dan mungkin kalau kita sudah melakukan itu orang-orang bisa paham dan mulai menggunakan teknologi digital dan apa lagi melalui webinar  seperti hari ini juga salah satu cara untuk membagikan.

 

Penanya :  Bella Farasya

No HP: 0895635096022

Email: bellafarasya@gmail.com

Narasumber: dr. Dwi Wijayanto

Pertanyaan: Apakah menabung dalam bentuk investasi yang sedang trend saat ini seperti saham dan reksadana bisa kita terapkan? Apa yang baiknya kita perhatikan saat menabung dalam bentuk investasi?

Jawaban : Kalau anda menabung itu di investasi saja. Macamnya ada saham Reksadana ada crypto currency, ada forex dan juga investasi yang terlihat seperti kalau membeli emas ataupun juga membeli aset. Sebagai saran, menabung dengan cara investasi seperti apa yang baik sesuai kebutuhan kalian, kalian juga harus mengetahui dulu apakah kalian itu termasuk investor yang memiliki ketahanan resiko tinggi sedang rendah. Maksudnya adalah kalau kalian menabung, maka uang kalian tidak akan lebih banyak tapi uangnya juga hilang. Tapi kalau di investasi ini kalau kalian salah melangkah, uang yang kalian tabung ini juga bisa hilang atau bisa berkurang. Kalau kalian memilih langkah yang tepat itu bisa berkali-kali lipat lebih banyak. Jadi kalian harus tahu dulu apakah ketahanan mental kalian tinggi, sedang dan rendah. Misalkan ketahanan mental kalian itu sedang, secara otomatis dari 20% uang kalian itu saya menyarankan 10% nya ditaruh di saham. Jadi sebetulnya yang paling rendah risikonya tetapi juga memiliki return yang cukup baik itu sebenarnya adalah saham. Saham sendiri dibagi tiga: blue chip, sekunder dan saham kecil. Sebenarnya kalau kalian mau menaruh uang kalian, taruhlah di saham yang Blue chip. Saham blue chip adalah saham yang dimiliki oleh perusahaan yang punya kredibilitas tinggi seperti Mandiri, BCA, Telkomsel, Sampoerna atau bisa dicek sendiri di internet ada 40 sampai 41 saham blue chip terbaik di Indonesia. Kalian bisa taruh uangnya di situ dan tidak perlu dicek lagi naik turunnya. Sekitar 1 tahun lagi atau 2 tahun lagi insya Allah akan mendapatkan return yang jauh lebih besar daripada sekedar menabung tetapi kemungkinan untuk turunnya juga sangat kecil karena perusahaan ini sangat bagus.

 

Penanya :  Fiki Hafiz Febriarto

No HP     : 08993959246

Email  : hafizzfiki@gmail.com

Narasumber: Narti Prihartini, S.T., M.T.

Pertanyaan: Beberapa waktu lalu akun instagram saya sempat terbobol oleh pengguna tidak dikenal bu, padahal saya tidak pernah menshare tentang privasi akun saya dimanapun. Menurut ibu cara apa yg bisa saya lakukan untuk menghindari kebobolan akun tersebut bu?

Jawaban : Sebenarnya bukan cuma dari apa yang kita share di medsos kita. Kemungkinan kita untuk dibobol akunya dari hal tersebut. Tapi sebenarnya dari akun itu sendiri. Bagaimana kalau misalkan kita mau login ke satu akun pasti diminta username, email dan juga password. Sebenernya yang paling penting kita secara rutin untuk mengamankan password kita dan juga memastikan bahwa akun kita itu terhubung ke email kita. Seperti tadi yang sudah disebutkan, two factor authentication (TFA) adalah untuk memastikan bahwa memang kita lah orang yang mengakses akun kita bukan orang lain karena kemungkinan variasi dari password yang sederhana itu mudah sekali untuk dilacak. Apalagi kalau memang kita menggunakan password itu yang didasarkan dari data pribadi kita, misalkan tanggal lahir atau nomor handphone ataupun  inisial inisial nama kita. Kalau misalkan variasinya seperti itu akan mudah sekali dibobol.  Saran saya, kalau sudah ada indikasi akan di-hack oleh orang lain segera ubah passwordnya, ganti ke yang lebih rumit dan pastikan bahwa password kita kekuatannya kuat.TFA emang bener-bener bermanfaat sekali untuk memastikan siapa  memang masuk ke akun kita. Pastikan tidak mudah untuk membagi Informasi pribadi kita kepada khalayak ramai jadi jejak digital kita itu tidak menjadi bumerang kita.

 

Penanya : Dari moderator

Narasumber: Anugrah Isromi

Pertanyaan: Godaan kita di sosial media tuh banyak banget. Maksudnya kadang secara refleks, banyak dari kita saya yakin bangun tidur yang pertama dibuka adalah WhatsApp, Instagram, Facebook. Bapak tadi menyarankan kita harus detox sosmed lebih parahnya adalah hapus aplikasinya. Kalau misalnya kita udah merasa FOMO atau fear of missing out gitu atau kita merasa kayaknya saya terlalu ketagihan atau susah lepas Akhirnya saya di dunia nyata tidak fokus. Menurut bapak berapa lama kita perlu melakukan detox sosial media?

Jawaban : Bisa dimulai dari  waktu 2 jam sampai 3 jam perhari untuk start awal. Ketika sudah bisa, jadi naik sekitar 4 – 5 jam. Durasi ini kita gunakan untuk pengembangan diri. Kalau sudah bisa, kita kembangkan durasi itu menjadi hari, 1 hari atau 2 hari. Pada saat detox juga tidak harus ngeblok atau dihapus. Kalau memang tidak bisa, baru kita bisa hapus. Sebaiknya mindset kita ditanamkan bahwa nyata lebih baik dari dunia maya.


Bagikan updated
Sambas