Press Release Menjaga Etika di Dunia Digital itu Penting : Pahami dengan Literasi Digital 08 September 2021 – Bontang

Bagikan updated

Moderator :  Ronald Andretti

 LO : Oni

Runner : Apid & Afnan

Narasumber :

Local :

  1. Abdul Hakim (Guru Yayasan Pupuk Kaltim)
  2. Herning (Remote Worker & Pegiat Difable)

Nasional :

  1. Billy Purwocaroko (Founder & CEO Renjana Inclusive Hub)

KOL : Nadya Diptya (Mc, Singer, & Announcer)

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

 

  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (Basri Rase, S.IP.,)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1: Kecakapan Digital : Menjadi Pengguna Internet yang Anti Perundungan

(Billy Purwocaroko & Founder & CEO Renjana Inclusive Hub)

  • Cyberbullying (perundungan dunia maya) ialah bullying/perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Hal ini dapat terjadi di media sosial, platform chatting, platform bermain game, dan ponsel.
  • cyberbullying adalah perilaku agresif dan bertujuan yang dilakukan suatu kelompok atau individu, menggunakan media elektronik, secara berulang-ulang dari waktu ke waktu, terhadap seseorang yang dianggap tidak mudah melakukan perlawanan atas tindakan tersebut. Jadi, terdapat perbedaan kekuatan antara pelaku dan korban. Perbedaan kekuatan dalam hal ini merujuk pada sebuah persepsi kapasitas fisik dan mental.
  • Bullying secara langsung atau tatap muka dan cyberbullying seringkali dapat terjadi secara bersamaan. Namun cyberbullying meninggalkan jejak digital – sebuah rekaman atau catatan yang dapat berguna dan memberikan bukti ketika membantu menghentikan perilaku salah ini.

Talks 2:Etika Digital: Urgensi Memahami Tata Kelola Etika Digital (Netiket)

(Abdul Hakim & Guru Yayasan Pupuk Kaltim)

  • Netiket adalah tata cara berperilaku di Dunia Maya.Mengapa perlu ada Netiket? Kuncinya adalah Interaksi. Meskipun tidak melalui fisik, dalam bermedia sosial ada interaksi yang dilakukan antar Manusia.
  • Saat ini Netizen sudah berada dalam level DARURAT NETIKET \ Teknologi berlari cepat, dan mental kita belum siap. Netizen leluasa membuat postingan tanpa edit. Beda dengan saat dimana hanya media yang bisa (melalui proses verifikasi dan editing).
  • Medsos merubah pola komunikasi kita, yang semula harus tatap muka, menjadi tidak, dimana etika dan tata krama menjadi longgar.Pelanggaran privasi, termasuk pengabaian consent.

 

Talks 3 : Keamanan Digital: Tips dan Pentingnya Internet Sehat

(Herning & Remote Worker & Pegiat Difable)

  • Internet addiction adalah gangguan yang terjadi akibat dari penggunaan intenet. Kecanduan intenter telah mempengaruhi 38 persen penduduk di dunia. Kecanduan intenet ditandai dengan keasyikan yang berlebihan atau kurang terkontrol dalam perilaku penggunaan computer dan akses internet
  • Kecanduan intenet terjadi karena adanya pengalaman menyenangkan sehingga dapat merangsang produksi dopamine. Hal ini dapat mengakibatkan penderita tidak bias memprioritaskan mana tugas penting di dalam hidup.
  • Tanda dan gejala gangguan kecanduan internet dapat muncul dalam manifestasi fisik dan emosional. Seringlupa waktu atau mengabaikan hal-hal yang mendasar saat mengakses intenet terlalu lama, gejala menarik diri seperti merasa marah, tegagnh, atau depresi ketika internet tidak bias diakses
  • Total pengguna aktif internet yang menggunakan smartphone sebanyak 195 juta jiwa. Rata2 durasi orang mengakses internet per harinya adalah 8 jam, dimana 5 jam diantaranya diakses melalui smartphone. Aplikas yang sering diakses adalah youtube, wa, ig, fb, dan twitter
  • Membatasi penggnaan internet bias megurangi kecanduan untuk berinternet. Degan mencari hiburan di dunia nyata, menyediakan waktu untuk family time, kurangi durasi online sedikit demi sedikit,atur kembali prioritas onlinemu, memiliki hobi, lakukan detoks internet secara berkala.

 

Key Opinion Leader : Budaya Digital : Pilih Mana: Nabung atau Belanja Online

(Nadya Diptya & Mc, Singer, & Announcer)

  • Positif belanja online :

– banyak promo

– mudah dan praktis

– lebih hemat

– transaksi dimana saja dan kapan saja

  • Negatif belanja online :

– resiko penipuan

– ongkos kirim

– tidak bisa langsung pakai

– terlalu banyak distraksi

Tips & Trick Dalam Berbelanja Online

– Menentukan Barang apa yang ingin dibeli.

– Memperhatikan Detail pada saat belanja online .

– Konsumen harus memastikan kapan barang dikirim dan estimasi barang tersebut sampai.

– Melihat review seller.

– Membeli di e-commerce yang terpercaya.

– Menggunakan jasa kirim yang terpercaya.

 

  • Online Investment : Kegiatan penanaman modal atau aset di suatu produksi, untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang secara online.

Macam – Macam Investasi Online :

Reksa Dana

P2P (Peer to Peer Landing)

Saham

Tabungan Emas Online

Forex

Surat Berharga Negara (SBN)

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

 

Question And Answer

Penanya :

UNTUk BILLY

 

Penanya : Istiana Maulidah

081239769393

istianamld@gmail.com

 

Pertanyaan :

Bully banyak datang dari orang terdekat kak. Bagaimana sih kita menghadapi orang yang membully namun berlindung pada kata AH BAPERAN, BECANDA. Sedangkan yang mengatakan tersebut adalah teman sendiri, takutnya ditegur malah marah kak

 

Jawaban : Kalau kita merasa tidak nyaman namun kita merasa takut untuk menyampaikan maka kita butuh waktu lebih dalam untuk mengobrol lebih lanjut. Coba kita jawab balik dengan bahasa yang baik-baik dan bilang kalau kita tidak baik-baik dengan omongan mereka. Maka biasanya orang tersebut akan langsung refleksi diri. Namun apabila belum menyadari maka kita go ahead.

 

Penanya :

UNTUK ABDUL HAKIM

Nama: Dinda Qoirunissa

087812945756

qoirunissa.dinda18@gmail.com

 

Kak Abdul, terkadang di media sosial ada orang orang memposting sesuatu, memunculkan statement dan dapat memicu perdebatan. Kadang perdebatan itu sulit diselesaikan dan malah menjadikan adanya kelompok pro dan kontra yang semakin besar yang juga terkadang menyangkut SARA. Apakah ada cara yang bisa  kita lakukan untuk meredakannya atau kita diam saja kak?

 

Jawaban : Seringkali ketidak baikan itu berulang karena kita melakukan pemakluman. Sehingga menjadikan pola kecil yang terus berulang sehingga menjadi besar. Apabila kita bisa memberikan masukan positif maka kita bisa memberikan opini kita. Namun jangan teribat pada pro kontranya. Kita sebaiknya menjadi sosok penengah dan memberikan opini yang baik. Adakalanya kita juga tidak usah menanggapi postingan yang negatif, kita lihat situasi dan kondisinya. Dan untuk pribadi kita sendiri jangan sampai kita ikut-ikutan untuk memposting sesuatu statement yang memicu perdebatan di media sosial.

 

Penanya :

UNTUK NADYA

Penanaya : Rachel Octaviani

082153924751

raheloktaviani5@gmail.com

 

Saya mau bertanya kak, di era digital ini pasti banyak e-commerce yang semakin gesit mempromosikan produknya. Biasanya banyak orang yang tertarik dengan sale dan promo yang ada. Nah, apakah ada tips yang bagus untuk konsisten menabung dari pada belanja online?tentunya pasti banyak orang yang mengalami sulitnya konsisten dalam hal ini

 

Jawaban : Kita harus punya prioritas. Kita harus punya prioritas mana yang lebih penting, belanja online atau untuk menabung. Kita boleh saja belanja namun memang belanja kita harus sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Apabila keinginan belanja itu muncul bukan karena kebutuhan tapi karena keinginan sebaiknya kita tunda belanjanya dan lebih baik kita alihkan untuk menabung.

 

Penanya :

UNTUK HERNING

Nama:Akbarjuniartashaleh

085247416410

akbarjuniarta63@gmail.com

 

Pertanyaan :Mau bertanya Kak ?

1.Bagaimana Cara mengatasi orang yang sudah kecanduan dengan internet hanya keluar sebentar untuk makan mandi saja sisanya di depan internet

2.Dan bagaimana cara orang tua untuk mengedukasi untuk anak yang sudah kecanduan tersebut

 

Jawaban : Ketika kita tau ada anggota keluarga kita kecanduan internet maka kita coba tanyakan kepada dia penyebabnya. Kemudian kesadarannya yang harus dibangun. Jangan sampai teknologi mengendalikan kita tapi kita yang harus mengendalikan teknologi. Jangan sampai waktu kita untuk keluarga dan teman-teman sekitar terkorbankan karena kita kecanduan gadget.


Bagikan updated
Bontang