Press Release Merdeka dari Ancaman Ruang Digital dengan Berliterasi 21 Agustus 2021 – Kutai Kartanegara

Bagikan updated

Moderator : Amal Bastian

LO : Shanaz

Runner : Venus

Narasumber :

Local :

  1. Walrina
  2. Riswandi, S.H

Nasional :

  1. Romy Rafael

KOL :

Tisandra Safira Handini, S.Km

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika:
  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Bupati Kutai Kartanegara

Drs. Edi Damansyah, M.Si

  • program literasi digital ini bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam teknologi digital di tingkat dasar, madya, mahir dan inklusif
  • berdasarkan survey asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia tahun 2020. pengguna internet di indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses lebih dari 8 jam dalam sehari. untuk itu diperlukan peningkatan digital bagi masyarakat kabupaten kartanegara
  • untuk mengimbangi perkembangan teknologi digital saat ini. terlebih akibat pandemi saat ini, kita harus cakap terhadap teknologi dan internet saat ini layanan pemerintah, pemerintahan, pekerjaan , dan kegiatan sebagian ekonomi masyarakat beralih ke internet.

 

 

Talks 1: Kecakapan digital : pentingnya memiliki digital skill dimas di masa pandemi covid-19

– Romy Rafael 

  • performance

 

 

Talks 2 :

Budaya Digital : Promosi Budaya Indonesia Melalui Media Digital

–  Walrina  

 

  • Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
  • Budaya merupakan suatu pola hidup menyeluruh. Budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosial-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.
  • Literasi budaya merupakan kemampuan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa.
  • Budaya digital merupakan hasil olah pikir, kreasi, dan cipta karya manusia berbasis teknologi internet. Perkembangan budaya digital sangat ditentukan oleh penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Bahasa daerah dan tindak laku yang beragam menjadi kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Budaya sebagai alam pikir melalui bahasa dan perilaku berarti budaya menjadi jiwa dalam bahasa dan perilaku yang dihasilkan oleh suatu masyarakat. Bahasa daerah dan tindak laku yang beragam menjadi kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
  • Misalnya, melalui ungkapan dalam bahasa Jawa memayuhayuningbawono kita mengenal falsafah hidup bahwa manusia harus mampu menjaga lingkungan hidupnya. Ungkapan tersebut tidak hanya memiliki arti filosofis, tetapi juga menyiratkan bahwa perilaku manusianya merupakan bagian dari suatu budaya.
  • Kesenian merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dihasilkan oleh suatu masyarakat. Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar tentunya menghasilkan berbagai bentuk kesenian dari berbagai daerah dengan membawa ciri khas kebudayaan dari daerahnya masing-masing. Berbagai macam bentuk kesenian yang dihasilkan oleh setiap daerah di Indonesia harus dikenalkan kepada masyarakat terutama generasi muda agar mereka tidak tercerabut dari akar budayanya dan kehilangan identitas kebangsaannya.

 

Panelist 1 : topik

(Nama, Title)

 

Talks 3 :  Key Opinion Leader

Etika Digital : Upaya Mencegah, Mengatasi cyber bullying

– Tisandra Safira Handini, S.Km

 

  • Merupakan tindakan yang dilakukan secara sadar untuk merugikan atau menyakiti orang lain melalui penggunaan komputer (jejaring sosial dunia maya), telepon seluler dan peralatan elektronik lainnya
  • Segala bentuk kekerasan (diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan) yang dialami anak/remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui dunia cyber atau internet,teknologi digital atau telepon seluler.
  • cyber bllying pelaku dan korban berusia dibawah 18 tahun dan secara hukum belum dianggap dewasa. cyber harrasment salah satu pihak yang terlibat atau keduannya sudah berusia diatas 18 tahun
  • bentuk-bentuk cyberbullying : Flaming (perselisihan yang menyebar), Harrasment (pelecehan), Denigration (fitnah), Impersonation (meniru), Outing and trickery (penipuan), Cyber-stalking (penguntitan di dunia maya)
  • contoh perilaku cyberbullying :
  1. Melakukan Missed call berulang – ulang
  2. Mengirimkan email /sms berisi hinaan/ ancaman
  3. Menyebarkan gosip yang tidak menyenangkan lewat sms, email, komentar di jejaring sosial (Facebook, twitter, instagram, Tiktok)
  4. Pencuri Identitas Online (membuat profile palsu kemudian melakukan aktivitas yang merusak nama baik seseorang)
  5. Menggugah informasi atau video pribadi tanpa ijin
  6. Membuat blog berisi keburukan terhadap seseorang
  • dampak cyberbullying: menarik diri dari lingkungan sosial, perasaan dikucilkan lingkungan, kesehatan fisik dan menatl terganggu, depreesi dan ingin bunuh diri
  • Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan cybercrime / Cyberbullying maka dibuatlah “cyberlaw” di Indonesia yang merupakan “payung hukum” yaitu UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Talks 4 :

Keamanan Digital : Pentingnya Menjaga Keamanan di Ruang Digital

– Riswandi, S.H

  • Keamanan di ruang digital merupakan tanggung jawab kita Bersama untuk Bersama-sama menjaga informasi yang bersifat rahasia. Undang-Undang Dasar 1945 di pasal 28e menyatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserika, berkumpul dan mengeluarkan pendapat, secara langsung negara menjamin kebebasan masyarakat.
  • Namun Seiring dengan perkembangan teknologi internet justru membuat masyarakat hari ini kemudian menyalahgunakan teknologi yang ada sehingga menyebabkan munculnya kejahatan di ruang digital yang disebut dengan cyber crime dan cyber law atau kejahatan melalui jaringan internet. Munculnya beberapa kejahatan di ruang digital/cybercrime di Indonesia hal ini terjadi dikarenakan minimnya pengetahuan tentang keamanan di ruang digital. Tentu hal ini merupakan bentuk evaluasi kita sebagai masyarakat agar memanfaatkan teknologi dengan baik tanpa tidak melanggar hak dan kewajiban privasi orang lain.
  • Cybercrime adalah tindakan pidana kriminal yang dilakukan pada teknologi internet (cyberspace), baik yang menyerang fasilitas umum di dalam cyberspace ataupun kepemilikan pribadi. Secara teknik tindak pidana tersebut dapat dibedakan menjadi off-line crime, semi online crime, dan cybercrime.
  • Secara umum Cybercrime didefinisikan sebagai perbuatan melanggar hukum yang memanfaatkan teknologi komputer yang berbasis pada kecanggihan perkembangan teknologi internet
  • motif cybercrime
  1. Motif intelektual kejahatan yang dilakukan hanya untuk kepuasan pribadi dan menunjukkan bahwa irinya telah mampu untuk merekayasa dan mengimplementasikan bidang teknologi informasi. Kejahatan dengan motif ini pada umumnya dilakukan oleh secara individual.
  2. Motif ekonomi, politik, dan kriminal kejahatan yang dilakukan untuk keuntungan pribadi atau golongan tertentu yang berdampak pada kerugian secara ekonomi dan politik pada pihak lain. Karena memiliki tujuan yang dapat berdampak besar, kejahatan dengan motif ini pada umumnya dilakukan oleh sebuah korporasi
  • Cyberlaw sangat dibutuhkan, kaitannya dengan upaya pencegahan tindak pidana, ataupun penanganan tindak pidana. Cyber law akan menjadi dasar hukum dalam proses penegakan hukum terhadap kejahatan-kejahatan dengan sarana elektronik dan komputer, termasuk kejahatan pencucian uang dan kejahatan terorisme.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :

Nama : Ryan Dwi Agustian
No HP : 0895704856661
Email : Mereyan9191@gmail.com

 

Apakah peran Influencer sangat berpengaruh dalam budaya digital?

 

Jawaban :
Narsum : Walrina

Peran influencer itu penting karena mereka punya banyak fans dan sekali posting banyak yang melihat, misal dalam suatu waktu menggunakan baju adat dan mempromosikan akan lebih mudah menjangkau ke semua orang

 

Penanya :

Nama : Hendy Liem
No HP :0895705201225
Email : kokohhendra.13@gmail.com

 

Cyber Bullying merupakan kejahatan melalui Internet. Bagaimana caranya kita melindungi diri selain yg sudah disebutkan di materi

 

Jawaban :
Narsum : Tsandra Safira Nandini, S. Kom.

Kalau saya di sosial media ada fitur private jadi orang yang bisa melihat adalah orang yang saya kenal dan saya memposting hal yang sewajarnya bukan yang menimbulkan bullying

 

 

Penanya :
Nama : Ryan Dwi Agustian
No HP : 0895704856661
Email : Mereyan9191@gmail.com

bagaimana pelaksaan perlindungan hukum terhadap konsumen/nasabah perbankan yang manderita kerugian akibat adanya cyber crime ini?

 

Jawaban :

Narsum : Riswandi, S. H.

Perlindungan korban terkait dengan cybercrime sebenarnya sudah diatur dalam UU no 19 th 2019 jadi tentang transaksi elektronik ada juga perlindungan korban dan saksi. Jadi sebenarnya sudah dilindungi hukum, secara hukum di negara kita sudah terjamin dan ketika ada masalah silakan membuat laporan pada pihak terkait. PErtama somasi/ bersurat pada pihak bank dan ketika tidak ada jalan baru lapor pada pihak berwajib.


Bagikan updated
Kutai Kertanegara