Press Release Pahami Aturan Main di Ruang Digital 25 Agustus 2021 – Kutai Kartanegara

Bagikan updated

Moderator : Rezha Rahman

LO : Shahnaz

Runner : Venus & Emil

Narasumber :

Local :

  1. Dirham S.sos
  2. M. hendri

Nasional :

  1. Pongki barata

KOL : peggy maria

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Nama, Jabatan)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Barito Selatan melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1: Budaya Digital : Dakwah Agama Di dunia Maya

(Dirham S.sos)

  • berasal dari bahasa Arab yaitu berarti memanggil menyeru mengajak jadi dari sini kita kemudian bisa melihat bahwa segala bentuk aktivitas yang akan memanggil menyeru atau mengajak gitu kan itu bisa dikatakan sebagai Dakwah secara terminologi secara istilah ini saya Sebenarnya berbeda-beda ya pengertian dakwah menurut para ahli dari sini saya coba mengambil apa namanya definisi Dakwah secara terminologi turut mendorong manusia untuk berbuat kebajikan dan mengikuti petunjuk agama kepada kebaikan dan mencegah mereka pada perbuatan atau buruk perbuatan yang buruk kepada yang baik-baik kemudian juga menyeru mereka supaya menjauhi perbuatan-perbuatan yang memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat gimana kita hidup itu bagaimana kemudian masyarakat Bagaimana mengajak masyarakat untuk berbuat pada kebaikan dan juga menjauhi perbuatan perbuatan yang mungkar atau mungkin ini ada perintah berdakwah dalil dalil perintah melaksanakan dakwah dari sini ke apa namanya ada beberapa tentang perintah berdakwah di dalam Alquran
  • Quran surah alimran ayat 104 hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan kepada yang Ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar merekalah orang-orang yang beruntung ayatnya waltakun minkum ummatun yad’uuna ilaa Fairy Tail ma’ruf nahi mungkar ini kemudian dalil perintah berdakwah yang pertama yang ada di dalam Quran Surah Ali Imron ayat 104 yang kedua adalah itu kemudian Quran surah annahl ayat 125 ya kan kurang lebih ayahnya seperti ini ya apa namanya Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantalan mereka dengan cara-cara yang baik itu kan apa namanya sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalannya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapatkan petunjuk Quran surah aliimron ayat 104 yang kedua
  • semua agama sama itu berfungsi menyebarkan ajaran agama kepada manusia sebagai individu dan masyarakat dan sebagainya.Diharapkan dengan sudah didakwahi dia menerima pesan-pesan dakwah bisa kemudian berubah menjadi lebih baik lagi mungkin tujuan yaitu tujuan dari

 

Talks 2: M henddri S.Pd

(Nama, Title)

  • teman-teman silakan sendiri dalam hati dan pikiran teman-teman sekalian pernah nggak kita merasa terganggu dengan netizen Yang komen komen sembarangan di sosial media atau banyak orang ngepost sesuatu yang palsu atau penyebar hoax atau mungkin ada postingan postingan yang memunculkan kalau misalkan Diantara kita ya jangan-jangan tanpa kita sadari Kita yang jadi aku salah apa namanya
  • etika digital perlu sekiranya teman-teman semua apa yang dimaksud dengan etika kemudian Apa yang dimaksud dengan etika secara sederhananya dapat kita Artikan sebagai sebuah sikap atau perilaku atau tata krama atau pengajar Indonesia terkenal dengan orang yang beradab terkenal dengan orang yang santun bahkan dengan orang yang belum dikenal pun saling bisa melempar senyum satu sama lain dan ini jarang sekali kita temukan di negara luar sana pengertian digital yang berkaitan dengan sistem atau perangkat
  • kita mau lihat jadi Komunikasi itu kan menyampaikan pesan proses menyampaikan pesan Jadi kalau kita mau lihat sebagus apa orang dalam berkomunikasi maka kita lihat Dalam Pesan yang disampaikan itu mengandung nilai kesantunan dalam berbahasa, komunikasi kita harus memahami Tiga hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum berbagi konten di media sosial sekalian yang harus dipertimbangkan dan ini pokok penting yang harus dipikirkan ketika kita mau berbagi informasi di media sosial yang pertama adalah tentang motivasi kita harus menghargai kita atau pribadi kita

yang mengandung mengundang orang untuk membeli resikonya nggak sembarangan seperti selanjutnya ada kejahatan kriminal kalau misalkan begini kita teman-teman lagi tinggal orang-orang tua misalkan di rumah di situ di Facebook sendiri di rumah orang tua lagi

 

 

Panelist 1 : Keamanan Digital

(Pongki Barata – Musisi)

Moderator :

definisi Apa hak cipta itu nah yang yang sama-sama tidak mungkin di debat adalah kita menggunakan definisi yang ada di undang-undang undang-undang kita undang-undang hak cipta yaitu undang-undang Nomor 8 Nomor 28 Tahun 2014 tentang hak terjadinya undang-undang hak cipta yang di sini disebutkan hak cipta eksklusif pencipta jadi saya jadi saya Khansa mainkan supaya kita tahu poin-poin penting jadi hak cipta adalah hak eksklusif Pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan hilang lagi hak cipta adalah hak eksklusif yang pertama Pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif ini semua artinya jadi ada tiga yang terkandung dalam pengertian hak cipta jadilah adalah hak eksklusif pencipta jadi itu eksklusif secara otomatis secara langsung Berdasarkan prinsip deklaratif setelah di diberitakan umumkan diumumkan jadi dia adalah eksklusif otomatis langsung berdasarkan teks naratif dan sudah melindungi hak cipta yang di Indonesia ini karya karya cipta ini begitu Mas Reza

T : Apa saja yang diatur mas ?

J :pada dasarnya dia membicarakan dua hal Ya saya di share dulu saya bukan ahli hukum mungkin ada beberapa statement saya kurang tepat tetapi kini based on pengalaman saya tentang hak cipta dan pengalaman yang terjadi dengan lagu-lagu saya ada yang ingin di sampaikan oleh hak ciptanya sangat penting untuk kita ketahui oleh baik pengguna hak cipta atau pemilik hak ciptanya itu ada 2 itu adalah hak ekonomi dan hak moral kita ngomong yang dulu ada dua moral dan hak ekonomi kita bicarakan dengan moral dulu dimaksud hak moral kalau kita baca undang-undang pasti kita mengerti tetapi sebenarnya hak moral itu adalah seperti ini misalkan lagu saya diputar di televisi dinyanyikan oleh seseorang di acara ajang lomba nyanyi di TV ya lalu ditulis di situ Seperti Yang Kau Minta dipopulerkan oleh Chrisye misalkan begitu lagunya Seperti Yang Kau Minta dipopulerkan oleh Chrisye itu sebenarnya betul tetapi masih setengah betul menurut undang-undang kita punya hak di sana saya sebagai pencipta lagu itu sebaiknya siswa harus menulis dan saya punya HP itu jadi harusnya ditulisnya Seperti Yang Kau Minta dipopulerkan oleh Chrisye ciptaan Pongki Barata nah hal-hal seperti ini adalah contoh dari hak moral sama seperti kita misalkan mengambil foto dari mana kita sebut sumbernya kalau kita tahu fotografernya kita tulis fotografernya siapa jadi kita mulai dengan memberikan pengakuan kepada yang pemilik karya cipta itu bawa ini punya dia Bukan punya saya gitu Ini adalah penjelasan simple atau lukis dari yang namanya hak moral siapa penciptanya milik siapa gitu kita sumbernya dari mana gitu kalau kita ngambil dari sebuah media misalkan koran yang kita sebut orangnya apa kita sebut itu gitu kalau tidak ketemu siapa penciptanya itu adalah hak moral lalu adalah hak ekonomi yang paling seru Kenapa karena inilah yang sebenarnya apa industri musik kalau disayang industri karya cipta dalam hal ini Musik adalah pemanfaatan dari sebuah hak cipta bahasanya agak susah pemanfaatan ekonomi dari hak cipta sebagai apa sih contoh kalau saya lagu saya dibeli lagu saya diedarkan lagu saya dinyanyikan orang lagu saya masukkan YouTube dimasukkan spotify juga segala macamnya semua platform platform digital yang baru ini menggunakan lagu-lagu sayang pertanyaannya Apakah saya itu yang dimaksud ekonomi itu adalah si penciptanya mendapatkan manfaat ekonomi dari ciptaannya hak moral pencipta berhak untuk disebutkan namanya kalau hak ekonomi si pencipta berhak mendapatkan manfaat ekonomi dari ciptaannya

T:idealnya seperti apa mas aturan tersebut ?

J: kan jadi dia mendapatkan iklan dari video itu lalu dia dapat bagian dari dari mendapatkan sebagian uang dari iklan yang ada di videonya di Muara tais istilahnya sebuah video atau upload dia mendapatkan uang dari YouTube itu sudah jelas saya pun melakukan itu game itu pertanyaannya Apakah pencipta lagunya yang dinyanyikan itu mendapatkan Enggak ini kan yang menggelitik argumennya begini sih tapi kan YouTube sudah menyediakan sistemnya betul YouTube sudah menyediakan sistemnya secara sistem tetapi secara dengan senternya masih bisa diselaraskan lagi bahwa penggunaan karya cipta hak itu wajib mendapat izin dari ceritanya sebenernya ya tadi itu kita wajib meminta izin kepada penciptanya walaupun secara sistem YouTubenya Itu sudah memberikan membuatkan sistem Di mana kita bisa mendapatkan serpihan yang saya bilang serpihan royalti dari situ tetapi masih perjalanan panjang karena itu tadi teknologi dengan undang-undang tuh belum gitu ya Belum belum Selaras banget jadi masih saling mengejar Nah jadi jadi moral of the story nya adalah begini setiap kita menggunakan karya cipta orang ya itu lagu foto gambar video ingat itu sebenarnya ada yang punya selalu ada yang punya Nah tadi pertanyaannya Apakah harus dua-duanya Apakah satu salah satu saja kalau ngomong sempurna dua-duanya kita sebut sumbernya dari mana siapa penciptanya lalu kalau memang itu menghasilkan kita bagi uangnya Kurang lebih begitu Ya nah tapi kalau itu belum bisa membagi uang belum ada uangnya kok nggak menghasilkan kita sebut namanya minimal minimal tersebut namanya Kenapa harus di jadikan habit dijadikan kebiasaan karena dengan kita Menghargai karya cipta orang di situlah harkat dan martabat bangsa ini juga naik pemikirannya lebih besar mengaku Iya tapi kita menaikkan harkat dan martabat bangsa kita sendiri dengan mengetahui diciptakan ini ini ini foto dari ini video dari ini kita akan menaikkan harkat dan martabat kita sendiri jadi kan kebiasaan tapi dengan rendahnya sosial media sekarang itu ada nggak gitu

T.: hotel nih kalau kita kita ini nih ini bagian paling sensitif tapi ingat Saya di sini datang

J:bagus sekali karena apa itu yang terjadi dengan perilaku digital content Creator sekarang saya tidak menyamaratakan tetapi tidak banyak terjadi kita ada contoh YouTube YouTube ketika kita mengupload sebuah lagu cover lagu saya misalkan sejatinya sebenarnya menurut undang-undang saya harus memberi harus dimintai seharusnya ia mungkin 1000 orang dalam 1 hari mengupload lagu saya minta izin ke saya pasti sulit naik ini sedang dipikirkan caranya oleh-oleh asosiasi-asosiasi label dan publisher untuk bisa menemukan sistemnya tapi itu perkara lain undang-undang itu harus izin Karena tidak semua pencipta itu mau lagunya di dibikin suatu reaksi tertentu di dalam ya misalkan lagu Sayang judulnya Aku Milikmu Malam ini kita semua versi saya nggak masalah kecuali Sabtu versi dangdut koplo itu saya tidak begitu saya tidak mau bukan karena dangdut koplo bukan karena saya punya pandangan lain terhadap musik yang seharusnya saya sadar bahwa setiap kita mengupload sesuatu sebisa mungkin kalau ada karya cipta orang kita minta izin dulu itu adalah hal yang harus kita bangun itu nanya acara ini ada sebenernya menyadarkan pemikiran pemikiran seperti itu nomor 1 Nomor 2 balik lagi kita nggak bisa jauh-jauh apabila kita tahu bahwa video Ini menghasilkan uang atau akan menghasilkan uang baiknya kita bagi kepada si penciptanya apalagi kalau kita tahu bahwa sebenarnya harus tanyakan dulu YouTube yang YouTube ikan solusi untuk masalah seperti ini dia ada sistem dimana kita menciptakan mendapatkan royalti dari situ Itu adalah itu sudah tapi itu adalah salah satu dari sekian jenis royalti yang sebenarnya si pencipta itu wajib dapat-dapat jadi banyak jenis royalties nggak bisa terang yang 1 cuman yang diberikan oleh YouTube itu baru satu jenis ada 1 jenis lagi namanya sinkronisasi nanti di Google aja sinkronisasi inilah yang seharusnya didapatkan dari Youtube tanpa dari hidupnya sendiri bukan dari sistemnya YouTube banyak yang masih dunia streaming plafonnya youtube-nya sendiri sedang sudah melakukan tugas dia tinggal di konten kreator nya ini gitu Instagram tidak ada tidak berada di bawah

  1. Bagaiaman kak cara mengatasinya ?

J:skrining lanjutnya setiap hari di semua sosial itu terjadi bisa di ajak kita apa kita sharing-kan seperti ini bahwa kalau memang kita sedang membuat konten yang ada isinya dan misalkan nggak ada uangnya nggak papa kok sebenernya itu nggak papa jangan ada yang menuntut sebenarnya tetapi yang ingin kita mainkan adalah kesadaran ya mungkin aja nontonnya Papi Sebutkan berilah kepada yang berhak moralnya itu bilang siapa penciptanya siapa gitu Google seblak nggak sulit kok gitu ya apa namanya Happy bahwa kita mulai menghargai ya ini bisa yakinkan ke teman-teman semua bahwa ini bukan masalah uang sebenarnya uang akan datang ketika semua sistem uang akan datang ketika ada orang mau menghargai itu belakangan tetapi kita harus berikan kepada penciptanya ini yang serasa sedang hilang karena rendahnya sosial media sampai-sampai pemerintah dengan literasi digital ya ini kan bukan cuman perkara pengen disebut namanya tuh pengen dapat uangnya bukan ini adalah pemahaman kita dalam penggunaan digital ini sedemikian riuh rendah sehingga perlu diadakan sering kita lakukan itu sudah kita lakukan itu ristek di atas Nah semuanya akan jatuh pada tempatnya Saya rasa itu aja kok jadi sebut aja penciptanya siapa namanya siapa gitu pertamanya P3K pertolongan pertama pada kejadian itu itu dulu gitu mungkin ada yang memberikan ini ketika akan menyampaikan keberatannya

J:kualitasnya jelek tapi dia Sebutkan nama saya di situ Itu adalah paling pas keluar Saya kan sesuai porsinya ya dia belajar dia lagi mengapresiasi saya diam dengan cara apa dengan menyanyikan lagunya dan menuliskan penciptanya Siapa sih yang sedang dihargain itu kan yang hilang sekarang Tapi kalau guru jadi ngetop problemnya bukan di boleh tidak boleh nya itu yang bilang undang-undang kalau kita mau debat kita pakai undang-undang bisa untuk menuntut tapi kan sekarang saya nggak pernah kan sebelumnya adalah bagaimana kita membiasakan diri Ayo kita hargai apa yang orang lain punya contoh Saya punya sampah nih saya Sorry saya punya sepeda sepeda sepeda ini taruh di halaman tiba-tiba tetangga saya datang nggak ngomong pakai pakai sepeda atau motor ya pakai motor saya bawa motor saya dipakai jalan terus jadi ojek online menghasilkan uang nanti malam dia balikin lagi semuanya nggak pakai ngomong kan aneh kan aneh tapi nanti dulu untuk motor lu gua pakai hilang karena sangking biasanya ini yang saya “ya teman-teman semua kakak-kakak semua ibu-ibu adalah jangan-jangan karena semua orang itu jangan ya Semua orang itu kita taruh pada porsinya masing-masing dan kalau memang dan saya adalah pencipta lagu yang lagunya dipopulerkan oleh orang yang meng cover Aku Milikmu Malam ini itu waktu saya bawakan lagunya nggak ngetop waktu dinyanyikan oleh udah hampir 50 juta dan dan apa yang terjadi Felix itu izin ke saya artinya dia sudah melakukan langkah-langkah yang tepat sebagai waktu itu calon orang sukses karena calon orang sukses adalah dia mau repot-repot mau ngurus-ngurus apa yang harusnya diurus nggak ada orang yang sukses kalau dia nggak mau repot kalau itu beneran segitu sekarang lihat Felix punya karir sendiri dan bagus Nah kita kembali lagi ke paling mendasar supaya kita nggak Tolong berikan yang menjadi hak moral dari penciptanya Yang kedua kita berikan kalau memang ada manfaat ekonomi kepada penciptanya gitu.

 

Key Opinion Leader

(Peggy Maria S.H- Putri Indonesia Intelegensia se-Kalimantan 2018)

  • -contohnyameningkatkan daya dan efisiensi penggunaan dibutuhkan dalam meningkatkan menjual sebuah produk pastinya akan memberikan kesan baik untuk kita. expand . di mana yang kita gunakan untuk kita punya kita butuh banget nih. Contohnya seperti. sendiri contoh undangan dan sekarang kita yang berbentuk fisik melainkan ini adalah.
  • kalau pernah nonton di film itu nggak usah lagi untuk survei datang ke lokasi mereka tinggal yang sangat dianjurkan untuk saat ini, SEO adalah Proses meningkatkan sistem peringkat situs agar mudah dijangkau dan menghemat waktu dalam proses pencarian pada Search engine dengan tujuan meningkatkan pengunjung.
  • Marketer semakin dituntut untuk memberikan customer experience yang menjual, sehingga ini bisa membuat customer terus datang kembali. Strategi penting untuk membangun kesetiaan pelanggan adalah dengan memahami cara menggunakan data customer untuk menganalisis keinginan dan kebutuhan mereka, serta menciptakan customer experience yang dipersonalisasi sesuai perilaku belanja yang ditunjukkan konsumen. Di sinilah pentingnya skill customer experience marketing dan insigh.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk selalu aktif bertanya di kolom chat, dan selalu mute audio, dan jangan coret-coret layar
  • Ada hadiah untuk penanya terpilih dan yang mengupload keseruan acara di feed ID dengan folllow dan mention IG siberkresi
  • Jangan lupa untuk mengisi absen dan mengejakan soal postest dan pretest untuk mendapatkan e-sertifikat

QnA

Penanya :  kita sudah ijin tapi responnya lama, jadi kita langusung pakai, sedang kita gunakan untuk usaha kecil ?

 

Jawaban :pertanyaan yang luar biasabukan masalahnya adalah seberapa mau repotnya kah kita untuk mengurus sesuatu yang nantinya ini yang nantinya akan dipakai secara komersil itu kata kuncinya sebenarnya kalau tidak komersil tentu semuanya lebih makhlukNya selalu akan ada permakluman bahkan ketika itu “ya komersil pun maka itu bisa juga kita Maklumi contoh-contoh contoh-contoh dulu kalau misalkan lagu saya dipakai untuk backsound di sebuah iklan UMKM ya baru mulai nih km-nya beratnya juga belum terkenal misalnya lalu dipakai kira-kira apa-apa nggak itu pertanyaannya secara undang-undang mengatakan tidak boleh karena itu ada manfaat ekonomi tapi saya sebagai warga Indonesia yang sangat peduli dengan UMKM karena saya sendiri juga punya bisnis UMKM apabila itu terjadi kesalahan tetapi tidak boleh seperti itu terus itu tidak boleh seperti itu dianggapnya normal pada pria tidak dan itu ada ada nilai khususnya dan belum tentu lagu saya itu saya itu mau lagu saya dipakai untuk sebuah produk yang saya belum tentu suka produknya karena kejadian di saya mampir ke gedung tapi nggak jadi karena ada penyelesaian Berdasarkan pertanyaan tadi ujung-ujungnya akan dipakai untuk video komersil sudah pasti tidak boleh sudah pasti akan masalah nanti ujung-ujungnya jadi ini tergantung kesiapan kita kita mau masalah tadi ujungnya itu nah Apa jadinya kalau tidak direspon tidak direspon kalau tidak direspon Ya sudah gitu berarti memang tidak bukan berarti terus langsung gini gini kita di lampu merah di perempatan lampu merah kanan kiri nggak ada orang tapi lampu merah sebenernya nggak ada polisi juga nggak ada orang juga kita kira-kira jalan terus apa nggak itu sudah pada dong tapi kalau kita mau jalan mungkin tidak ada yang melihat mungkin tidak ada yang salah dengan kita melewati itu tapi nanti di ujung sana ternyata dengan Melani ini ini ini masalahnya nanti akan di belakang jadi Saran saya ketika kita sudah punya kesadaran bahwa sebuah video itu akan dijadikan produk komersil kita harus kita harus bersihkan dulu mana yang harus diminta lisensi yang lagunya gambarnya videonya Atau segala macam kita bersihkan kalau ujung-ujungnya komersil kalau ujung-ujungnya tidak arsir Saya rasa pemakluman nya kan tetap lebih besar ya walaupun secara undang-undang

 

Penanya :  pertanyaannya adalah bagaimana pendakwah yang baik di dunia maya wujudkan moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat mengingat moderasi beragama ini adalah salah satu tujuan pemerintah melalui Kementerian Agama

 

Jawaban : memang apa namanya sangat mengagumkan sekali moderasi beragama gitu jadi moderasi beragama kemudian konsep Bagaimana apa namanya muncul kan apa namanya sikap di tengah-tengah bagi seorang penganut agama itu sehingga kemudian bisa menjadi solusi koperasi beragama ini diharapkan menjadi solusi dalam rangka mewujudkan perdamaian dan keamanan beragama berbangsa dan bernegara di tengah masyarakat kita gitu kan Kalau dalam Islam sendiri mohon maaf moderasi beragama ini kaitannya dengan kata wasathiyah itu ya kan atau kemudian tawasuth artinya berada di tengah-tengah itu kalau teman-teman di Muhammadiyah menyebutnya menyebutnya tawassuth begitupun juga teman-teman yang ada di luar Islam pun juga apa namanya sangat mendukung program moderasi beragama ini kan karena ini menjadi titik temu antara pemeluk agama yang satu dengan yang lain dia kan untuk menghindari kemudian munculnya pertikaian di tengah-tengah masyarakat kita dikarenakan perbedaan-perbedaan agama-agama ini digabungkan akan caranya bagaimana pertanyaannya tadi salah Bagaimana caranya berdakwah di dunia maya memunculkan apa namanya moderasi beragama tadi saya pikir sudah dijelaskan ya saya pinjam sedikit penjelasan dari cerita di bawah kita harus apa namanya etika di dunia maya gitu kan Kalau istirahatnya itu apa namanya saring sebelum sharing dulu ya kan Nah kalau gitu saya tambahkan juga perhatikan sebelum menyebarluaskan gitu karena perhatikan kontennya sebelum menyebarluaskan dia kan karena Terkadang ada konten-konten yang kita sendiri tapi karena terlihat menarik di share gitu ya kan padahal belum tentu itu benar menarik-menarik saja belum tentu benar itu Apa yang tadi saya adalah coba kemudian kita Munculkan titik temu nilai-nilai titik temu dalam pesan-pesan dakwah yang akan materi dakwah itu kita sebar luaskan di dunia maya jadi lebih kepada materi dakwah nya gitu loh ya lebih kepada materi dakwah yang kemudian disusun secara sedemikian rupa yang substansinya adalah kemudian mengajak orang untuk kemudian menghormati perbedaan akan menghormati perbedaan satu sama lain dan juga kemudian menghargai perbedaan perbedaan yang ada di tengah-tengah masyarakat kita tidak terima kasih solusinya

 

Penanya :  sebagai seorang pelajar di tengah pandemi dalam rangka mengisi kekosongan aktivitas silakan

 

Jawaban :Oke terima kasih untuk pertanyaannya Aku akan mencoba menjawab menurutmu mungkinkan Gimana caranya yang pertama minta bimbingan dengan ahlinya Kamu boleh sama orang tua kamu lebih banyak membaca dan yang pasti harus ada orang

 

 

 

Penanya :  Rahadian pagi Bagaimana pandangan Mas Hendri ketika kita sudah memperhatikan betul berkomentar Tapi masih saja benua kontrak menjadi model baru batasan kebebasan berpendapat

 

Jawaban :sebenarnya kebebasan berpendapat itu dibuka sebebas-bebasnya mungkin ya tapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan terkait tentang berkomentar atau berdiskusi di media sosial termasuk tata bahasa kita dan sebagainya jika bahasa kita yang kita sampaikan menurut kita sesantun mungkin itu belum tentu santun menurut orang lain bisa aja dipengaruhi oleh satu budaya tempat orang itu berbeda-beda kalau misalkan mohon maaf nih bisa tuh daerah tertentu chatnya agak keras di daerah satunya lagi apa namanya santai ringan apa namanya tidak terlalu keras didengar kalau misalkan 2 orang itu berada dalam satu rumpun yang sama misalkan dalam apa namanya postingan di media sosial kita jangan mudah mengambil kesimpulan bahwa tidak baik ya artinya ada beberapa hal yang dipengaruhi budaya lingkungan dengan untuk berpendapat itu bebas yang penting etikanya tetap dijaga tidak ada batasan-batasan kalau kita mau melakukan sesuatu itu tidak ada batasnya tapi ada aturan-aturan yang membatasi ide contoh menggunakan kata-kata jangan menyinggung apa namanya Ada cara lain seperti itu kalau misalkan kita sudah merasa bahwa saya sudah mungkin menyampaikan maka ada satu hal yang perlu kita ketahui bersama dalam filsafat stoisisme itu salah satu poin adalah ada beberapa hal yang tidak bisa kita kendalikan salah satunya adalah orang lain kita hanya bisa mengendalikan ide kita tapi kalau pandangan orang lain kita nggak bisa menilai caranya adalah kalau sudah kita merasa santun Mungkin dia sudah selesai di situ nggak usah kita lanjutkan perdebatan perdebatan yang tidak menimbulkan manfaat di media sosial.


Bagikan updated
Kutai Kertanegara