Press Release PINTAR BERINTERNET DI ERA DIGITALISASI DENGAN LITERASI 16 Agustus 2021 – Bontang

Bagikan updated

Moderator : Aulia Mawardhika

 LO : Oni

 Runner : Afnan & Acun

Narasumber :

Local :

  1. Kartini M.Pd
  2. Wahyu Juli Hatuti M.Pd

Nasional :

  1. Morga Oey

KOL : Venerabella Arin

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika: (Samuel Abrijani Pengarapan B. Sc):

  • Program literasi digital menjadi jawaban atas era disrupsi teknologi saat ini.
  • Kehadiran pandemi dan berkembang pesatnya teknologi mengubah cara kita beraktifitas, sehingga teknologi sebagai bagian dari masyarakat.
  • Menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk meningkatkan literasi digital pada masyarakat
  • Mendidikan masyarakat bukan hanya pada kemampuan menggunakan teknologi digital saja , namun juga bagaimana masyarakat cermat dalam menggunakan teknologi.
  • Adanya berbagai inisiatif kegiatan diharapkan semakin mendorong meningkatnya literasi digital masyarakat.
  • Mempersiapkan sdm yang sesuai dengan kecakapan era digital.
  • Dengan kondisi pandemi maka akan mempercepat pula proses tranformasi menuju era digital, maka dibutuhkan kerjasama yang bersifat menyeluruh dan kontinyu oleh segala elemen.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Basri Rase, S.IP. – Walikota Bontang)

  • Sesuai Arahan visi Presiden, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah menyusun sebuah Peta Jalan Literasi Digital Tahun 2021-2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat dibidang Teknologi dan Informatika Komputer dan Digital serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.
  • Peta Jalan Literasi Digital dirumuskan dalam empat kerangka dalam menyusun Kurikulum Literasi Digital yaitu : Digital Skills, Digital Ethics, Digital Safety dan DIgital Culture.
  • Untuk mencapai Target Masyarakat yang cakap digital diadakan acara secara serentak selama 7 bulan pada tahun ini yang dimulai di bulan Mei dengan dilakukannya Kick Off atau Pembukaan oleh Bapak Presiden serta Menteri Komunikasi dan Informatika demi tercapainya pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, memanfaatkan secara sehat bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menanggulangi penggunaan Teknologi Digital oleh seluruh lapisan masyarakat secara tidak baik

 

 

Panelist 1: Etika Digital : Bijak di Kolom Komentar

(Morga Oey)

  • pertanyaan : Apakah kak Morgan pernah mendapat komentar negatif atau tidak menyenangkan ? dan seperti apa kak Morgan menyikapi hal tersebut ?

jawaban : Ini adalah sebuah proses ya karena sejak awal berkarir pasti ada cibiran, komentar dll. tapi sejak awal kami sudah diajari menyikapi, Learning by Doing bagaimana menyikapi komentar negatif, kami di minta terjun langsung. Contohnya ketika kami launching album senyum semangat. Sampai detik ini pasti akan ada kritikan berbentuk bullyan, justru hatters lebih komunikatif dari fans.

  • pertanyaan : Instagram sampai menonaktifkan fitur komentar. pernah gak kak morgan karena komentar itu sampai sakit hati dan dibawa ke ranah hukum ?

jawaban :  Mereka ingin selalu berkontribusi, serasa punya lapak sendiri. Biasanya hal viral bikin netizen jadi makanan yang bikin mereka makin nakal dalam berkomentar. Kalo saya prinsipnya kalo mengandung kritik yang tidak membangun ya gak saya baca, kalo kritiknya membangun baru saya membaca. karena mungkin kalo gak melukai saya secara fisik ya gak terlalu saya pikirkan, kalo sudah menyangkut hal terdekat kita baru akan saya pertimbangkan. atau mungkin aku langsung aku blok aja.

  • pertanyaan : Apa tipsnya kak morgan bagaimana sih bijak di kolom komentar ?

jawaban : Kalian kalo menulis cibiran itu apakah kalian bakalan nerima kalo kalian dicibir seperti itu. kalo kalian pengen orang lain itu lebih baik ya masak kalian harus berkomentar jelek. kalian juga harus memikirkan bagaimana mental health orang itu. kalian juga harus mikirin sudah ada hukum yang mengatur itu juga kan.

 

Talks 2: Cakap Digital : Digital World in The Classroom : Kemampuan Literasi Digital yang Wajib dimiliki Guru Generasi Alpha

(Kartini M.Pd)

  • Generasi Alpha adalah Generasi yang lahir pada Tahun 2010-2025. Paling terdidik karena kesempatan sekolah yang lebih banyak. Generasi Alpha akrab dengan teknologi.
  • Kemampuan Literasi Digital Guru yaitu kemampuan dalam mengakses dan selesi jurnal ilmiah, buku digital, blog pendidikan seperti dibelajar.kemdiknas.go.id, blogguru.net dsb. Seorang guru juga harus mampu menganalisis dan Mengevaluasi dan harus bisa menganalisis penyebaran berita hoaks di media sosial.
  • Kemampuan LIterasi Digital Guru digunakan menulis jurnal dan menulis blog. Seorang guru juga harus bisa melakukan kolaborasi dengan membuat conten pembelajaran, merencanakan proses pembelajaran, merencanakan produk pembelajaran. Kemampuan Literasi Digital Guru harus bisa melakukan refleksi dan bertindak.

 

Talks 3 : Key Opinion Leader

Keamanan Digital : Tips & Trik Hindari Penipuan Daring

(Venerabella Arin)

  • Scam adalah tindakan penipuan yang sudah direncanakan di Internet yang menggunakan manipulasi psikologis seperti mama minta pulsa, kerabat masuk RS/Ditahan Polisi. Phising merupakan pengelabuhan melalui email,whatsapp, sms yang mengaku dari lembaga resmi yang membuat info mendapatkan undian, voucher, panggilan kerja yang apabila di klik akan membuat kerugian pada akun kita.
  • Pharming adalah pengelabuhan yang lebih canggih apabila diarahkan ke web situs palsu sehingga apa yang kita input bisa tersimpan di komputer pelaku yang mana nantinya perangkat pelaku bisa mudah mengaksesnya.
  • Pencucian Uang ini yaitu korban menerima uang di rekening kemudian transfer ke rekening lain. Social Engineering mirip dengan pengelabuhan obrolan diawali dengan hal umum secara tidak langsung memberikan informasi. ID Theft pencurian kartu identitas digunakan untuk kepentingan pribadi. ATO merupakan pengambil alihan akun seperti media sosial, dompet digital yang dihack karena password yang mudah. Sniffing atau pengendusan complex yaitu penyadapan jaringan untuk mendapatkan data password dan nama.
  • Tips Hindari jabakan Phissing yaitu dengan memeriksa display nama, email yang digunakan; periksa baik baik link dan gambar yang ditampilkan; waspada spelling errors; lihat sapaan yang digunakan; baca isi pesan jika pengirim meminta informasi pribadi tinggalkan.

 

 

Talks 4 : Budaya Digital : Pendidikan yang Memerdekakan

(Wahyu Juli Hastuti, M.Pd)

  • Pengertian LIterasi Digital Adalah Kemampuan menggunakan teknologi dan informasi dari piranti digital secara efektif dan efisien dalam berbagai konteks, seperti akademik, karir dan kehidupan sehari-hari.
  • Manfaat dari LIterasi Digital adalah untuk menambah wawasan individu. meningkatkan kemampuan individu agar lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi, menambah penguasaan kosakata individu dari berbagai informasi yang dibaca, Menambah kemampuan membaca, merangkai dan menulis informasi
  • Contoh LIterasi Digital di Sekolah yaitu dengan komunikasi dengan guru atau teman menggunakan media sosial; Mengirim tugas sekolah secara online; pembelajaran dengan cara online, yakni lewat aplikasi, Mencari bahan ajar dari sumber terpercaya di Internet.
  • Contoh Literasi Digital di Internet yaitu dengan menggunakan media internet untuk menggalang dana atau donasi; Penggunaan media sosial untuk sarana promosi penjualan; Memakai aplikasi meeting untuk rapat RT; dan Menggunakan Grup media sosial untuk menyebarkan informasi yang tepat dan kredibel.
  • Membudayakan LIterasi Digital dengan Platform Pembelajaran seperti Microsoft Teams, Google Clasroom, Merdeka Belajar.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :  Taufik

Hal-hal seperti apa yang menjadi dasar dalam memposting di sosial media ?  karena di jaman sekarang banyak orang-orang yang membuat kegaduhan untuk menjadi terkenal

Jawaban :

–          Narsum 1 : informasi yang akurat, tujuannya apa, kita harus cek keakuratannya. dan berusaha melakukan posting hal yang positif agar tidak menjadi bumerang. karena sekarang jejak digital jadi stay forever di internet. jadi mau gak mau kita harus berpikir lebih baik dan bijak dalam memposting sesuatu baik itu komentar atau yang lain.

 

Penanya :  Moderator tidak menyebutkan nama penanya

bagaimana cara mengedukasi generasi alpha dengan konten di internet untuk membangun budaya membaca kritis di generasi apha ini  ?

Jawaban :

–          Narsum 2 : Cara mengedukasinya dengan masuk ke dunia mereka dulu, misal di tiktok itu apa saja ciri khasnya. Kita coba dan kita edukasi melalui media itu. Misal ada pesan-pesan tertentu ya kita masukkan edukasi di sana. Untuk dapat membuat mereka memfilter diri mereka sendiri dengan cara membuat pesan-pesan untuk mereka dari media misal tiktok atau media lain yang mereka gemari. Mengalihkan mereka ke novel yang bisa di download yang berbentuk elektronik, untuk mencegah mereka melakukan negatif jadi kita beri kesibukan. untuk membangun budaya kritis dengan mengawali informasi yang kita berikan.

 

Penanya :  Ade

Apa sebaiknya yang dilakukan apabila kita sudah terlanjur terkena scam atau phising ?

Jawaban :

–  Narsum 3 : akan ada kemungkinan kita akan terkena resiko dari aksi yang dilakukan. mungkin akun akan terkena hacks. Sebisa mungkin hindari tindakan tersebut. apabila pernah terkena atau terlanjur terjadi kita harus segera melakukan tindakan yang paling memungkinkan misal lewat whatsapp bisa segera melakukan tindakan yang bisa meminimalisir hal tersebut. Segera hubungi pihak terkait apabila terhubung bank.

 

Penanya : Aguspriharto

Tips pembelajaran digital yang produktif dan menarik

Jawaban :

–          Narsum 4 : Melakukan praktek langsung baik di lapangan maupun dilab. saya biasanya membuat video praktek saya sendiri dan kemudian saya share di LMS untuk Microsoft Teams dan membuat pertanyaan dalam bentuk project dan kemudian di praktekkan dan di analisa data yang ada.


Bagikan updated
Bontang