Press Release Serunya Berkenalan dengan Literasi Digital 26 Juli 2021 – Ketapang

Bagikan updated

Moderator : Amal Bastian

LO : Lutfi

Runner : Miftahul Huda

Narasumber :

Local :

  1. Risqia
  2. Edi Juliansah

Nasional :

  1. Ahmed Tessario

KOL : Hikma MW

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032..

 

 

 

Talks 1: Etika Digital : Bijak di Kolom Commnet

– Ahmed Tessario Ekanuramanta.S.T.M.MT –  CEO Sirtanio Organik & CEO PT.Satu Atap Indonesia

  • Pengen aja tapi ada satu quote bawa komen lah untuk sesuatu hal yang atau berhubungan dengan kita bukan berhubungan sama orang lain di sekitar kita kenapa karena sebenarnya kalau misalkan itu sama kita kita punya dasarnya sudah kita hanya akan menjadi hal yang dicari-cari akhirnya saya punya konsep seperti ini pada saat kita orang atau kita melakukan chatting dan respon terhadap konten yang ada di sosial media di blog atau pun di mana pun yang perlu kita tahu bahwa kita bisa melakukan dua jenis permen yang pertama positif dan suportif komen atau yang kedua kita bisa melakukan negatif yang komen sebenarnya kita bisa bertindak pertanyaannya adalah tujuannya di sekitar kita bisa meningkatkan produktivitas positif dan negatif terus karena sadar nggak sih sebenernya itu buat orang lain bisa menderita atau kedepresian menggunakan lainnya pastinya dan yang paling enak sebenarnya adalah kita membentuk opini yang tidak sesuai karena jujur saya adalah orang manusia itu pastinya mempersempit ruang kerja sama pula terhadap orang yang kita komen.
  • Jangan-jangan yang kita komen itu memang mereka tidak suka dengan apa yang kita lakukan jadi nggak usah pada saat Facebook akhirnya meluncurkan produk yang namanya kamu atau like di Facebook ada alasannya sebenarnya selain untuk menunjukkan apresiasi. yang kedua pastinya terus daripada temen-temen komen dengan hal-hal negatif pengalaman saya paling gampang paling gampang adalah kita menjadi orang yang selalu ingin tahu dan selalu berada mengenai Kenapa sih dia buat konten tersebut dan Kenapa sih dia selalu konten tersebut menyinggung kita mungkin kita bisa mempertanyakan itu daripada kita langsung ngomong negatif
  • Maksudnya apa itu kalau kita ngeliat komen komen yang ada di Facebook dan biasanya itu itu itu itu selalu dan buat teman-teman yang pengen mengekspresikan diri ya kalau misalkan ada pantainya lumayan bagus cobalah untuk menjadi orang yang pertama kali komen dan komennya harus positif dan buat teman-teman yang akhirnya membuat konten sebenarnya melakukan respon terhadap konten negatif atau positif penting banget Kenapa yang pertama kita membuat komunitas dan kita apresiasi apresiasi mereka yaitu membuat mereka berkorelasi dengan cara mereka mampu kita jadi kita menjadi hal yang menarik pada saat kita membalas komentar dan akhirnya kita menjadi mendapatkan informasi untuk bisa mendapatkan rating yang lumayan tinggi Siapa tahu ke teman-teman yang lain lirik oleh Brad dan yang paling penting adalah menciptakan kepada orang yang merespon Apa tujuannya bukan untuk berdebat tujuannya adalah mengapresiasi baca tulisan Apakah harus dengan membalas chat kita bisa melihat setiap setiap orang yang merespon komen saya selalu saja tinggal di alafaya atau sebelah kiri pada saat saya buat Saya menghargai orang lain gimana caranya kita bisa lihat bahwa karena melihat komen komen tersebut akhirnya tidak baik buat diri sendiri ngapain kita harus komentar negatif.

 

Talks 2:Keamanan Digital : Pentingnya Rekam Jejak Di Era Digital

– Rizqia Lestika Atimi- DOSEN POLITEKNIK NEGERI KETAPANG

  • Tinggalkan itu baik yang sifatnya positif nantinya akan disimpan gitu ya sebagai atau akan terdata sebagai yang namanya jejakdigital udah ngaji apa sih itu jejak digital atau biasanya disebut sebagai Digital Print gitu ya jadi jejak digital adalah jejak atau data digital yang tertinggal setelah kita melakukan aktivitas di internet atau setelah kita melakukan aktivitas dengan menggunakan internet jadi itu jadi jejak digital itu kaya banyak banget yang bisa dijadiin yang namanya jejak digital itu biasanya berasal dari namanya data digital kata digital itu semua informasi dan data data yang kita yang kita telah syarat atau kita bagikan di internet foto wisata di komen bisa juga video Nah karena adanya sosial media itu sendiri gitu ya Yang ini kita Kita kan sering banget browsing gitu ya sampai apa kita browsing kita ngelihat situs-situs terus kita atau kita ngelihat kita buka sosial media sebenernya aktivitas kita di internet ini secara langsung maupun tidak langsung itu terekam oleh mesin pencarian ataupun oleh aplikasi sosial media yang temen-temen buka buat kita untuk memahami seperti apa sih yang namanya jejak digital itu ya yang sebenarnya saat ini banyak banget kita tinggalkan karena adanya internet yang juga media sosial yang membuat kita saling terhubung satu dengan yang lainnya di berbagai belahan dunia gitu jadi datang Kita tuh udah apa ya terbuka saat ini dengan adanya internet kita bisa bilang bahwa mudah nggak ada lagi yang namanya privasi kita jadi karena mungkin Secara kita nggak tahu bisa aja dana kita itu di gunakan oleh pihak ketiga yang mungkin itu bisa saja Mbak merugikan secara tidak sadar jejak digital itu jenisnya ada dua ada yang dikatakan jejak digital aktif dia juga yang disebut sebagai jejak digital pasif Bedanya apa antara jejak digital aktif dan juga kalau jejak digital aktif itu adalah data atau jejak digital yang secara sengaja kita tinggalkan itu yang kayak gimana yang tadi coba sampaikan kita itu karena kita salah satu ig-nya seseorang meninggalkan jejak digital secara aktif kita menuliskan cerita kita gitu ya curhatan kita kepada sebuah media blog itu juga artinya kita secara sadar jika kita meninggalkan jejak di sana gitu di bloknya kita gitu Terus yang kedua itu ada yang namanya jejak digital signal kalau jejak digital pasif secara tidak sadar ternyata kita meninggalkan jejak kita di internet yang kayak gimana mungkin tadi di awal buka Google kita cari apa yang kita cari di Google terus Nah itu secara tidak langsung atau riwayat pencarian di Google kalau misalnya kita melihat mau menghapus riwayat pencarian
  • Didikan Anda kalau di Indonesia ada Banda badan siber negara itu bssn yang telah badan siber dan Sandi Negara kalau kita macam-macam gitu yang artinya kita melakukan tindakan mungkin yang merugikan orang lain di internet Dengan menyebarkan hoax dengan memberikan komen yang negatif nah sebenarnya untuk nyari keberadaan dari mana informasi tersebut atau berita hoax tersebut berasal dari IP address-nya kita itu peduli terhadap digital kita paling gampang tuh mungkin temen-temen kalau misalnya pengen nyari tahu Oh saya punya gaya jejak digital sendiri cari itu pasti keluar
  • Itu kan bisa jadi lagi tapi itu sudah bisa dijadikan sebagai alat bukti digital untuk menjerat kita itu yang akhirnya kita terlibat sama hukum itu Ya kita bersentuhan mau nggak mau sama hukum gitu Nah itu diatur pada pasal 5 dan 6 undang-undang ite tahun 2008 jadi itu yang temen-temen perlu perhatikan gitu bawa jejak digital saat ini bisa sudah dapat menjadi alat bukti hukum yang sah nanti mungkin bisa dicari tahu apa isi pasal 5 dan pasal 6 tersebut Jadi intinya tentang data digital itu tidak bisa dijadikan hukum yang sah ini adalah salah satu contoh dari sekian banyak contoh gitu ya akibat dari kita yang memberikan jejak digital kita misalnya kemarin Gitu ya Yang ini lagi hot banget juga anggota Satpol PP gitu ya karena kita lagi PPKN terus di grebek mengadakan razia Terus ternyata ada salah satu anggotanya yang melakukan tindakan orang baik itu ya dengan memukul katanya Ibu hamil terus kan kita sekarang dikit-dikit suka video dan lain sebagainya suka foto kita terus ternyata video itu memang ada apa membuktikan bahwa melakukan pemukulan terhadap seorang perempuan yang bisa bilang Apakah benar tidaknya kita bisa menjadi perempuan tersebut ternyata dijadikan barang bukti untuk memberatkan si anggota Satpol PP tersebut menjadi jangan sampai nanti apa yang kita post apa yang kita cari itu menjadi bumerang buat kita sendiri akhirnya Nggak cuma kita sendiri apa yang kita lakukan tindakan negatif yang kita lakukan yaitu sebenarnya kalau kita yang nggak sendirian Kok bisa jadi orang lain yang lebih hati-hati melakukan sesuatu saat ini bisa ada jejak digital

 

Talks 3:Kecakapan Digital : Tren Usaha Di Dunia Digital 

Edi Juliansah – GURU MULTIMEDIA SMK AL AQWAM

  • Kecanggihan teknologi digital seperti smartphone jaringan internet jadi yang memberikan dampak ekonomi bagi pelaku usahanya jadi kita kan jadi apa aja berapa usaha yang bisa kita kembangkan dirinya ditahan secara perseorangan ini banyak sekarang kalau kalau kita bahas semuanya tapi kita yang basah ini adalah yang bisa dilakukan individu aja jadi tidak tidak menggunakan uang sebesar 1ide kreatif kita jadi bisa membuat sesuatu kalau definisinya orang yang membuat konten Jadi melalui sosial media Instagram Facebook dan sebagainya
  • Kalau kami sendiri kami juga buat seperti film pendek atau semakin banyak semakin banyak, Iya kalau enggak punya modal lebih kalian bisa posting dan sebagainya dan usahakan tetap membuat surat yang menarikngetik nulis sesuatu sibuk dengan smartphone karena akan sangat sekali kalau kita tidak , atau MI atau jasa-jasa bank syariah
  • Yang punya skill itu bisa membuat ini membuat usaha seperti ini yang ini adalah berikutnya yaitu membuat usaha jaringan internet kita cukup dengan mengambil yang memegang monopoli itu Jadi mereka apa namanya koneksikan internet ke rumah terus kita kan lagi ke temen-temen yang lain selain membantu apa namanya untuk semua orang bisa menggunakan jaringan internet dengan menawarkan harga yang salah satu bisnis usaha digital yang lagi yang sangat potensial lebih banyak pilihannya jadi kita bisa menentukan jenis Apa itu banyak banget semua bisa dimasukkan bisa bagi yang punya skill mengajar bisa juga mengajar juga tutorial dan lain sebagainya juga banyak salah satu orang yang banyak belajar dari teman yang punya ilmu terus batas-batasnya cuman bilang yang tidak mempunyai koneksi internet jadi saya pikir apa namanya distribusi barang atau jasa yang kita lebih murah lebih kecil panjang namanya semakin semakin lama semakin semakin maju ini semakin memberikan kenyamanan kepada pelanggan cukup kita-kita aja.

 

Key Opinion Leader

Budaya Digital : Mengenalkan Budaya Indonesia Melalui Literasi Digital

– Hikmah MW- FOUNDER YOUTUBE MANUSIA ANTIK ” MAK CIK SAODAH”

  • Seperti yang kita ketahui bahwasanya memang kearifan lokal ini merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan tanpa disadari ataupun tidak memang sudah menjadi darah daging atau menjadi kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari Nah langsung saja Bang dan menurut Departemen Sosial Republik Indonesia menurut Departemen Sosial Republik Indonesia Hal ini merupakan nilai tradisi yang mempunyai daya guna untuk mewujudkan harapan atau nilai-nilai ke makna yang juga secara universal yang tidak badan bahkan oleh manusia pada dasarnya banyak sekali Memang pandangan-pandangan terhadap kearifan lokal ini dalam acara pernikahan ataupun acara khataman biasanya terjadi di sini ini ada nilai-nilai sosial nya nilai-nilai kebersamaan yaitu ada nilai gotong royong yang di sini seperti membuat nastar membuat gotong royong dalam pembersihan Jalan pembersihan masjid dan lain sebagainya dari sini banyak sekali nilai-nilai yang baik untuk kearifan lokal ini selanjutnya boleh dari buku manusia dan kebudayaan dan masyarakat
  • Dalam masyarakat itu sendiri terus disebarluaskan secara nonformal dan dimiliki secara kolektif oleh masyarakat setempat yang bersangkutan selain itu juga kearifan lokal ini juga dikembangkan selama beberapa generasi atau yang disebut tadi turun temurun a memang ini sudah menjadi kebiasaannya memang di bawah dari zaman ke zaman dari nenek moyang kakek bahkan mulut kita terdahulu jadi itu yang di maksud dari kearifan lokal menurut buku yang dilansir manusia dalam kebudayaan dan masyarakat karya Eko amino dan kawan-kawan abang
  • Internet ini kita akan mungkin merangkul teman-teman kita yang mana tidak mengerti atau tidak mencintai kearifan lokalnya karena memang lajunya arus globalisasi kurang atau tidak memahami tentang kearifan lokal tersebut bisa di samping ini adalah salah satu contoh kearifan lokal masyarakat Bukan Hanya Jadi daerah lain salah satu contohnya aja yang ada di Kayong Utara ini di desa Nipah kuning tempat tinggal mereka masih melakukan gotong royong seperti ini ini bukan hanya gotong royong tapi sudah menjadi kebiasaan mereka karena memang di bawah dari turun-temurun nenek moyang mereka Jadi mereka ingin melakukan bertanam padi bertanam padi itu kalau nanya ya itu belanja itu mereka selalu melakukan gotong royong pertama dari pembukaan lahan dari penanaman padi juga bahkan sampai memanen padi juga mereka lakukan secara bersama-sama atau gotong royong tanpa kita harus memberitahu mereka juga mereka akan tahu Apa tugas mereka karena memang kearifan lokal ini sudah menjadi darah daging dalam kehidupan sehari-hari adalah pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta sebagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab berbagai masalah dalam pemenuhan kebutuhan kebutuhan hidup kebutuhan komunitas tersebut contohnya saja ini di desa saya berbicara ini saya melihat atau contoh-contoh dari cerita-cerita lain memang kearifan lokal ini pandangan hidup dan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan yang ada di dalam banyak sekali orang-orang yang tidak mengetahuinya itu ada satu bapak yang biasanya disebut dengan apa-apa ini biasanya dijuluki oleh ahli Nujum ketahui tentang hal-hal pribadi kita baik itu berupa jodoh baik itu berupa kita bagusnya berusaha berbisnis Apa itu sangat mengetahui tentang hal seperti itu di sini kita jangan menyimpulkan itu memiliki ilmu ilmu atau bisa dikatakan memiliki ilmu hitam atau hal-hal mistis lainnya tapi disini kekurangan kita tentang pandangan kita tentang beliau itu memiliki juga ingin tahu langsung buka youtube-nya itu adaKenapa dikatakan mampu bertahan terhadap budaya luar

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Kita kali ini Terima kasih banyak atas partisipasi dari teman-teman beserta semuanya materi yang diberikan oleh karena itu sangat luar biasa Semoga bisa memberikan manfaat kita boleh tutup dulu untuk acara hari ini dengan foto bersama saya undang untuk seluruh narasumber untuk seluruh peserta bisa menyalakan kamera videonya kita foto sesi terlebih dahulu kita akan mengambil 2 apabila sudah

QnA

Penanya :  menjadi negatif Padahal kita tidak bermaksud menyinggung siapapun dan bagi kita itu itu adalah komentar yang berisi Bagaimana cara kita menyikapi hal tersebut

Jawaban :

–          Narsum 1 : kita menurut saya Respon yang teman-teman bisa berikan adalah jangan ditanggapi diapresiasi aja bilang aja karena tidak semua komentar harus ditanggapi kan kalau misalkan komentar tersebut memang salah dan menurut kitab objektif bukan untuk menjelaskan itu baru kita Jelaskan arti berikan aja yang saya maksud bukan itu tapi ini udah yang paling penting kita perlu memberikan rasa saya selalu punya prinsip bahwa ketersinggungan itu dipilih bukan dibelikan temen-temen gitu Jadi saya ya Salah satu caranya adalah Diterima aja nggak perlu kita untuk membuat mereka setuju dengan apa yang kita katakan karena kan sebenarnya setiap orang punya pacar yang berbeda ya kalau misalkan punya preferensi yang berbeda yang mereka juga punya hak untuk bisa berkomentar apapun

–          Narsum 2 :

 

Penanya :  ada cara untuk menutup aurat kamu jejak digital yang sudah terekam lama karena kemungkinan saat masih remaja terkadang kita belum paham tentang jejak digital yang masih belum bijak dalam menggunakan internet Kak Rizkia

Jawaban :

–          Narsum 1 : itu saat ini kalau misalnya di Google ya kan masing-masing mesin carian itunya kebijakan yang berbeda kalau yang dari saya ketahui Google baru saja tahun 2020 kemarin itu mempunyai kebijakan kalau data yang sudah tersimpan selama satu setengah tahun itu otomatis sama akun sama google-nya itu akan terhapus Nah itu untuk Google sendiri nah tapi masalahnya Google itu kan ada search engine Nah kita ketika ketika sudah terpost gitu ya nah kita kan harus Pastiin lagi itu apakah apa bener-bener sudah hilang gitu ya karena ketika sudah terpost dia bisa aja masih tersimpan di akun orang lain misalnya terus akun orang lain itu terprivat gitu misalnya nah itu kan pasti Google nggak punya hak akses masuk ke sana kan jadi itu tadi jadi makanya sebelum posting sesuatu gitu apalagi itu adalah data pribadi kita sendiri apa profil dari diri kita sendiri karena jejak digital itu bukan berarti tidak bisa dihapus Tetapi dia sangat sulit untuk dihapus karena kalau sudah tersebar kita nggak tahu kan data tersebut itu atau sudah disimpan di oleh siapa saja

–          Narsum 2 :

Penanya :  tunjukkan kepada Kak hikmah pertanyaannya adalah langkah Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang kebudayaan Indonesia seperti yang kita tahu saat ini sedang haid budaya luar seperti k-pop budaya Cina atau Jepang dan sebagainya Bagaimanakah

Jawaban :

–          Narsum 1 : Oke sebenarnya langkah untuk terapkan budaya dan kebudayaan kebudayaan yang memangjadi caranya mungkin salah satu kita bisa menciptakan karya-karya yang mungkin karya-karya tersebut mengarah kepada kebudayaan seperti lagu-lagu daerah bisa juga seperti pembuatan karya karya film-film daerah jadi itu mungkin langkah kita untuk lebih menerapkan kebudayaan asli kita daerah kita kepada diri kita sendiri mungkin agak singkat memang Jawaban Said tapi pada garis besarnya memang harus lebih mendekatkan kepada kebudayaan itu sendiri.

–          Narsum 2 :

 

Penanya :  online mendapatkan respon dari konsumen yang sudah menggunakan template atau dalam memasarkan produk teknik marketing yang seperti apa yang bisa saya gunakan agar toko online saya menjadi ramai

Jawaban :

–          Narsum 1 :saran dari saya mungkin juga membuat channel musik itu ketika itu baru berdomisili 1 tahun kalau masalah di Kayong Utara di Jawa Timur tips menggunakan desain yang bagus tapi kurang diminati juga mungkin salah satu jaringan yang saya punya temen-temen sama sahabat kita minta tolong jangan jangan malu-malu untuk minta siarkan apa yang kita minta bantu untuk kita mungkin salah satu tips yang sangat gampang.

 


Bagikan updated
Kalimantan Barat Ketapang