PRESS RELEASE SIAPKAH KITA DALAM MEMASUKI RUAMG DIGITAL 15 Juli 2021 – Sintang

Bagikan updated

Moderator :Rio Brama

LO : Angel

Runner : Waridi dan Dian

Narasumber :

Local :

  1. Kiki Kurniawan
  2. Gradila Apriani

Nasional :

  1. Tyovan Widagdo

KOL :  Noorindah

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Nama, Jabatan)

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Talks 1: Kecakapan Digital : Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital

(Tyovan Ari Widagdo, Founder Edumo, Bahaso, Vemobo)

  • Tren bisnis dan pekerjaan di dunia digital. sosial manager, copywriter, content writer, penulis.
  • Desain grafis – create web stories

Manfaatkan waktu dan kuota dengan bijak untuk belajar hal-hal baru yang bisa menambah income.

  • Macam-macam tren pekerjaan:
  1. Progammer
  2. content creator
  3. video editor
  4. Fotografer
  5. Guru private online
  6. Data entry/pengisi data
  7. Penerjemah

 

Talks 2: Keamanan Digital : Peran Orangtua dalam Memberikan Ajaran Tentang Keamanan Internet untuk Anak

(Kiki Kurniawan M.Psi, Psikolog Pendidikan)

  • Peran Orang Tua Terhadap Anak: Mengajar atau mendidik adalah tugas mulia, apalagi mendidik buah hati kita sendiri. Seperti yang telah kita maklumi, bahwa amanah mendidik anak yang utama ada di pundak para orang tua
  • Zaman mungkin berubah, namun esensi dari mendidik tidaklah banyak berubah. Diantaranya sebagai orang tua sekurang-kurangnya tentu kita akan mendidik anak kita dalam tiga aspek Kognitif (cth: penalaran dan proses berfikir), Afektif (cth: norma, hubungan sosial, dan emosi), dan Psikomotorik (cth: koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik)
  • Ajaran Orang Tua Tentang Keamanan Internet: orang tua harus menjadi garda terdepan dalam mengawal interaksi anak-anak dengan internet. Seyogyanya mengawal anak-anak berinteraksi dengan dunia maya prinsipnya sama dengan mengawasi dan memberikan ajaran keamanan kepada anak-anak di dunia nyata

Talks 3: Keamanan Digital : Peran Orangtua dalam Memberikan Ajaran Tentang Keamanan Internet untuk Anak

(Gradilla Apriani, S.T., M., Wakil Dekan II FISIP Universitas Kapuas Sintang 2020 – 2025 )

  • Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu.

Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu.

Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

  • 1.Etika / aturan dalam menggunakan internet.

2.Aturan-aturan/ kebiasaan/ etika umum yang berlaku di seluruh dunia sehingga para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di dunia maya.

  • Interaksi sosial yaitu hubungan sosial yang dinamis antara orang perseorangan dan orang perseorangan, antara perseorangan dan kelompok, dan antara kelompok dan kelompok. Bentuk kerjasama, interaksi, kompromi beberapa elemen yang terkait baik individu, lembaga dan atau pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat.

 

Key Opinion Leader: Budaya Digital : Pilih Mana : Nabung atau Belanja Online ?

(Noorindah, Make Up Artist & Influencer)

  • Shopping Online adalah Belanja online (online shopping) adalah proses dimana konsumen secara langsung membeli barang-barang, jasa dan lain-lain dari seorang penjual secara interaktif dan real-time tanpa suatu media perantara melalui Internet (Mujiyana & Elissa, 2013).Online shopping atau belanja online via internet, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet, atau layanan jual-beli secara online tanpa harus bertatap muka dengan penjual atau pihak pembeli secara langsung(Sari, 2015). Jadi, belanja online adalah proses jual-beli barang, jasa dan lain-lain yang dilakukan secara online tanpa bertemu dahulu antara penjual dan pembeli. Toko virtual ini mengubah paradi
  • Menabung: Kestabilan finansial dapat diupayakan dengan membudayakan kegiatan menabung. Konsistensi sangat penting dalam semua hal, termasuk menabung. Setelah mantap dan bertekad akan menabung, konsistensi akan muncul. Hal ini harus dipertahankan dan ditingkatkan jika penghasilan meningkat. Dengan konsistensi ini, budaya menabung akan terbentuk. Kondisi keuangan bisa stabil.
  • Perencanaan Keuangan: Perencanaan keuangan sangat diperlukan untuk memetakan alokasi dana. Pemenuhan kebutuhan sudah seharusnya disesuaikan dengan penghasilan dan sisanya ditabung. Skala prioritas kebutuhan dapat memudahkanmu menyusun urutan pemenuhan kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingan. Dengan cara ini, dana untuk menabung bisa disisihkan dengan baik dan selalu ada

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk mematikan video dan microphone selama proses webinar dan menjaga protocol kesehatan.
  • Share event ke Instagram Feed, dan tag Instagram Siber Kreasi dan menggunakan hashtag #MakinCakapDigital #Siberkreasi #LitDigKal1142
  • Adanya hadiah menarik berupa pulsa atau paket data bagi 10 (sepuluh) penanya terbaik.

QnA

Penanya :

Nama : Ardin Septa Dela

No. HP : 085695213837

Email : ardindela1@gmail.com

Pertanyaan: Kak mau tanya, apakah peluang finance di dunia digital ini hanya diperuntukan untuk pelaku seni seperti konten kreator, desain grafis, dsb? bagaimana dengan pelaku di sektor pertanian, pendidikan, dan yang lain? bagaimana langkah memanfaatkan peluang di dunia digital?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 :

Peluang di dunia digital ini terbuka untuk semua kalangan termasuk di sektor pertanian dan pendidikan. Di sektor pertanian bisa dengan memanfaatkan informasi dari media digital untuk menambah knowledge tentang pertanian dan menjual/mendistribusikan produk pertanian lewat internet. Dari segi pendidikan bisa dengan mengajar online. Bahkan sekarang memasakpun bisa diajarkan secara online

 

Penanya :

Nama : Fransiska Fransella

No HP : 085787106232

Email : fransiskafransella@gmail.com

Didalam internet pasti tidak asing dengan yang namanya medsos. dimana didalamnya mencakup beberapa aplikasi yang bisa untuk saling mengirim pesan, bertukar pendapat dll.

Bagaimana cara kita sebagai pemilik akun dalam menyikapi perkembangan medsos contohnya Instagram, Facebook, WhatsApp, YouTube dll agar kita tidak terlalu tergiur dan tidak slalu berpatokan dengan medsos ?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 :  Kita harus mengetahui kebutuhan kita apa saja sehingga mengetahui aplikasi apa saja yang akan digunakan diinstall. Kita harus mengetahui juga efek jangka panjang dari media sosial. Contohnya ketika kita menshare sesuatu di dunia digital maka aktivitas kita akan terekam di jejak digital. Apabila informasi yang dishare itu buruk maka bisa mempengaruhi image kita.

 

Penanya :

Nama : Friska Alisya

No hp : 085752850160

Email : friskaalisya12@gmail.com

Pertanyaan :

Bagaimana cara yang tepat dan baik untuk menanggapi orang-orang yang memposting sesuatu yang membuat orang yang melihatnya merasa tidak nyaman?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Apabila kita mengetahui informasi negatif maka yang perlu kita lakukan adalah pertma kita harus terima dan cerna dahulu inforasinya. Kemudian kita analisa apakah informasi tersebut perlu kita respon atau tidak. Jangan terbawa dan larut dalam emosi dulu. Apabila postingan tersebut dirasa menggangu tetapi masih dalam batas kwajaran maka cukup kita diamkan atau diblokir saja tidak apa-apa. Namun apabila inforasi tersebut sudah sudah pada tahapan mengganggu privasi atau ada pencemaran nama baik maka bisa dilaporkan karena sekarang sudah ada politicy cyber dimana didalamnya terdapat undang undang yang mengatur tentang perilaku dalam dunia digital.


Bagikan updated
Kalimantan Barat Sintang