Press Release Sopan dan Beradap di Dunia Maya Degan Literasi Digital 31 Agustus 2021 – Penajam Paser Utara

Bagikan updated

Moderator : Aulia Wamardika

LO : Oni

Runner : Afnan & Acun

Narasumber :

Local :

  1. Acmad FItriyadi
  2. Dr aji Sofyan

Nasional :

  1. Popy Sofia

KOL : Olpie Puspitasari

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • DIRJEN
  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Nama, Jabatan)

 

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Barito Selatan melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Talks 1: Etika Digital : Bijak di Kolom Comment

– Poppy Sovia

Aktris

 

  • kami kami persilahkan untuk foto berdua dengan Tapi lewat masing-masing ya Tapi nanti kalau udah selesai siap-siap siap Cari informasi aku sih kalau mau update yang jelas mesti update-an nya tuh sesuai dengan apa ya fashion aku misalkan kalau fashion Aku ngusilin orang atau fashion aku kecilin suami aku akan bikin kontak ya suami terus aku mintakan aku bikin konten yang sesuai dengan semangat aku lagi bikin motor Mandiin motor nyuci aksesoris perlengkapan motor cross kalau habis dipakai kayak gitu sih paling seperti itu sih Bukan Yang kalau kalau melihat Instagram begitu ya apalagi sekarang ada real fitur baru yang mirip sama Tik Tok itu kita lihat lihat juga Cari inspirasi Iya ini juga nih kayaknya gue juga bisa bikin kayak gini tapi aku modifikasi sedikit jadi nggak yang sama gitu Jadi ada ada karakteristik Oh emang kalau bikin emang suka nyeleneh atau bikinnya suka usil gitu jadi harus ada itunya gitu
  • Seluruh aktivitas sosial media biar tahu juga aplikasinya tapi juga ada yang membatasi membatasi untuk postingan di sosial media untuk apa saja aku sebenarnya aku jadi semua aktivitas yang di rumah itu aku posting aku Story gitu jadinya sebenarnya Cuma hal-hal yang menyenangkan aja gitu kan Kalau ada keluarga aku nggak mau posting lah buat apa kecuali menghasilkan uang aku posting lah itu tapi Maksudnya aku cukup memposting hal-hal yang menginspirasi hal-hal yang menghibur kalau sekiranya aku posting penderitaan posting curcol curcol begitu Kayaknya aku aku nggak ikut lagipula aku juga nggak terlalu mengekspos keluarga aku kadang-kadang suka ngerasa kayak gini ah aku enggak mau orang-orang lain begitu banget tahu itu keluarga jadi aku aku hemat-hemat gitu loh. pernah banget pernah lah aku yakin Jangankan aku ya aku Sebagai public figure aku yakin juga teman-teman di sini walaupun itu Kan jadi ngomong tuh suka seenaknya seenaknya akan merasa akrab gitu kan sendiri di sini karena ketika saya ada orang-orang atau followers yang pengen kenal gitu atuh Ibu pengen ini dilihat sama k-pop komennya rada-rada kayak gitu kadang-kadang memuji tapi awalan depannya itu pakai bahasa nama-nama binatang, kalau tidak. ada ya jangan sampai jangan sampai ada yang sampai ujungnya di Permata salahkan dan dibawa ke yang apa yang berwajib gitu ya karena sudah amit-amit ya sudah kayak misalkan merusak nama baik gitu ya Terus misalkan ada fitnah dan itu sebenarnya tidak ada bukti Nah itu kan kalau hal-hal seperti itu memang sebenarnya memang bisa diproses karena memang kita sudah udah ada undang-undang ite yang itu membuat kita bisa kaya memproses pelaku yang asal ngomong ujung-ujungnya itu mencemarkan nama baik aku dan mempengaruhi kondisi mental aku bikin aku malu kayak gitu proses karena itu tidak ada bukti tapi alhamdulillah sejauh ini aku tidak maksudnya tidak sampai ada yang seperti itu kalaupun kerikil untuk aku mentalnya kuat jadi harus sebenarnya kalau bersosial media itu kita harus gitu loh bermental baja kita harus siap dengan komentar-komentar komentar nggak enak kita kita mesti yang kayak gitu ini kita bales baik-baik atau kita berantem berantem kan buang-buang waktu kan pastinya tapi keluar kan ya berarti kan pinter pinteran kita pasarnya kalaupun memang kita dengan orang yang sebenarnya cari masalah sama kita atau mungkin cari exposure pengen sama artis tu gimana aku mikir sebenarnya nggak ada kerjaan aku itu keputusan paling cerdas

 

Talks 2: Cakap Digital : Pilah Pilih Informasi di Ruang Digital

– Achmad Fitriady. M, S.H., M.H., .Mediator

Founder Komunitas Gembel (Gemar Belajar)

 

  • berangsur pulih dari kesulitan masa-masa Perang Dunia ke-2 Kenapa saya mencoba untuk menjelaskan dari pembagian-pembagian dari generasi ini nanti kita coba setelah saya jelaskan dulu kemudian generasi-generasi X 1965 1980 dimana pada generasi ini dipopulerkan novel berjudul Generation X yang ditulis oleh 12 komponen melihat pola asuh kedua orang tua orang tuanya yang banyak menghabiskan waktu bekerja generasi ekspor mengikuti jejak orang tuanya contoh aja pada kisah bagaimana orang tua kita ketika kita berkuliah. mana ini operator generasi milenial generasi milenial ini Kelahiran 81 dan 94-98 194 ini generasi di mana romantismenya Luar biasa nah ini kita sering ketemu di media sosial yang kalau bicara tentang Jingga kopi dan puisi-puisinya generasi 1981 hingga 1994 tidak melulu mengejar harta tapi milenial lebih mengejar solidaritas kebahagiaan bersama eksistensi kemudian juga diri agar dihargai secara sosial selain mengalami transisi dari segala yang bersifat analog digital juga bener juga juga banyak dari generasi
  • untuk menuliskan cerita cerita keseharian mereka bola dulu generasi-generasi y19 8194 kebanyakan menuliskan sesuatu dari buku berwarna merah. gerakan literasi Indonesia paling tidak disebabkan oleh empat hal utama pertama semakin tumbuhnya kesadaran betapa fundamental strategis dan pentingnya bagi kemajuan masa depan masyarakat bangsa Indonesia baik secara historis maupun sosiologis terbukti bahwa masyarakat dan bangsa maju Dan unggul selalu disokong oleh adanya literasi itu sebabnya kita proses interaksi ini lebih sibuk membaca literasi kehidupan orang lain ini yang menjadi media sosial yang sedikit tentang kehidupan dan sebagainya yang kemudian jadi apa lagi bicara tentang Lesti yang baru-baru menikah di Indosiar ini media sosial yaitu adalah bagian dari pada dunia nyata yang kita harus bagaimana melihat laju harus teknologi Kita juga harus peka dan bagaimana caranya membuat minyak kemudian monitoring 2007 berkemampuan berliterasi berfungsi sangat mendasar bagi kehidupan modern seperti diungkapkan oleh direktur kemampuan untuk hidup lebih baik kita terhadap literasi yang ada digital juga kita harus terpaku pada literasi dalam sebuah buku Kenapa kalau kita terpaku dalam sebuah genggaman saja kita kesulitan secara konstruksi berpikir Kenapa secara konstruksi berpikir bahwa di dalam sebuah digital dalam sebuah genggaman yang sulit ini dia cuman merangkum tapi tidak mengarahkan Bagaimana cara berpikir jadi kuncinya sebenarnya adalah selain hanya kita membaca artikel sumber-sumber di di di media sosial Kita juga harus mengimbangi dengan buku-buku baca Aan seperti itu bahkan yang lebih lebih bagus lagi kalau bicara tentang Dibawah Bendera Revolusi Indonesia merdeka
  • interbank menghitung bahan dan sebagainya secara fisik dan digital digital adalah. yang kemudian dibatasi segala bentuk sosial kita dan kemudian kita hanya terpaku pada media sosial dan sumber informasi dalam hal ini bagaimana cara kita untuk terhadap informasi pilah dan pilih informasi itu yang mana yang baik dan benar contoh misalkan bicara tentang mohon maaf singgung

Talks 3 : Budaya Digital : MENJADI MASYARAKAT PANCASILA DI ERA DIGITAL

– Dr. Aji Sofyan Effendi, S.E., M.Si

Staff Ahli Bupati

 

  • nilai-nilai Pancasila dalam sebuah media sosial saya saya memiliki resep Bagaimana Pancasila dalam versi Haji Sofyan menjadi mahasiswa saya nanti di kelas 1 nggak kelihatan kedua memiliki kesadaran penuh kesadaran kita tidak boleh memiliki landasan yang berhubungan dengan apa namanya emosi yang ketiga menyadari bahwa di dalam ruangan kita hari ini bagaimana kita kita melihat sebuah itu posisi positif kemudian yang keempat mampu dan tidak mudah terprovokasi untuk saling memiliki muatan melalui Mari kita mari kita yang pada akhirnya apalagi kalau sudah emosi kita kita dari suku agama ras saran ya
  • saling curiga meragukan Pancasila menentukan percaya diri dan nasionalisme yang dilintasi pemerintah hari ini. . satu dari fakultas ekonomi positif yang kedua yang negatif yang ketiga tidak emosional yang tepat gunakan akal sehat yang terima cek dan Ricek sebelum berprestasi info-info tertentu kemudian bangkitkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa kemudian jemari Anda tarik napas sejenak atas info-info yang diterima terutama yang bersifat destruktif yang sifatnya destruktif edukasi walaupun sedikit tiap hari berikan edukasi walaupun sedikit dari 3 jam 26 menit Sisakan 5 menit untuk memberikan edukasi kepada publik dalam bermedia sosial Oke ini saja dulu Aulia mudahan bisa menjadi bahan diskusi kita Makasih salamualaikum warahmatullahi wabarakatu

 

 

Panelist 1 : TIDAK ADA

(Nama, Title

 

Key Opinion Leader

Keamanan Digital : Tips Menjaga Keamanan Digital bagi Anak-anak di Dunia Maya

– Olpie Puspitasari

MC, Presenter & Public Speaker

 

  • cinta kepada orang dewasa supaya kita bisa dipercayai ketika misalnya punya pengalaman negatif yang tidak menyenangkan ya akhirnya nanti berujung dengan menyembunyikan yang pertama yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita berupaya untuk terus berkomunikasi jujur terbuka kepada kita sopan sekali lagi dan baik Bagaimana kita mengajarkan anak berperilaku baik di dunia maya kita bisa melakukan video call. pada saat mereka ada hubungan sosial yang penting jadi orang tua bisa memberikan contoh Bagaimana sikap baik dan empati pada saat memberikan informasi sesuai dengan usianya pada saat melihat ada kejadian yang tidak pas kita harus bisa mendorong untuk melapor dan melihat ketika mereka mengalami masalah di dunia maya jadi bisa mengingatkan Kalau misalnya itu kan ada banyak ya Ada ujaran kebencian kemudian saya berguling yang paling keren sekali jadi kita bisa mengingatkan kita bisa bicara dengan orang yang lebih dewasa pada saat mereka sedang diganggu diancam kemudian menemukan masalah-masalah di dunia maya langkah pertama yang harus dilakukan adalah bicara dengan orang yang dipercaya mungkin tidak dengan orang tuanya atau mungkin kita sebagai kakaknya pokoknya anggota keluarga pendamping atau orang dewasa yang bisa dipercaya nah ini penting karena di masa seperti sekarang ini kayaknya susah kali untuk memberikan anak atau adik-adik kita ruang untuk berekspresi dan mengekspresikan diri pada hal ini adalah hal yang penting pada saat kita berada di rumah kita memberikan kesempatan yang baik sekali untuk adik atau anak bersuara di dunia maya tetapi kita juga jangan lupa untuk memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan untuk berekspresi diingatkan bahwa harus ada keseimbangan antara rekreasi di dunia maya kita di dunia maya ada juga kegiatan fisik termasuk kegiatan yang bisa dilakukan di dalam rumah kita bisa menyeimbangkan antara kedua kegiatan ini itu tadi masak memasak yang paling penting kita harus benar-benar melindungi identitas digital anak-anak ya dan informasi anak-anak oleh sebagian besar orang tua dan orang tua
  • tahu-tahu Ali Ali akhirnya kemudian jadi cybercrime kemudian kita juga harus tahu minimal tidak seperti orangnya memasak tetapi kita harus tahu siapa sih sebenarnya lawan bicara anak-anak kita ini jadi kita mencoba untuk mengajak bicara dengan baik-baik tentang game yang mereka mainkan atau misalnya pada saat melihat video yang mereka tonton di YouTube atau dengan siapa mereka sering berinteraksi pada saat mereka berada di dunia ini yang paling penting jadi kita bisa mengarahkan juga sebagai orang yang dewasa untuk menunjukkan konten yang sesuai dengan usianya di Google kan bisa membantu memfilter konten eksplisit misalnya ada hasil

 

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • MC
  • Untuk selalu aktif bertanya di kolom chat, dan selalu mute audio, dan jangan coret-coret layar
  • Ada hadiah untuk penanya terpilih dan yang mengupload keseruan acara di feed ID dengan folllow dan mention IG siberkresi
  • Jangan lupa untuk mengisi absen dan mengejakan soal postest dan pretest untuk mendapatkan e-sertifikat

QnA

Penanya :  Aper

081253150742 #aper.sujayan@gmail.com

Menurut kak Poppy, apa yang mempengaruhi “”nama hewan”” dengan mudahnya berseliweran dikolom komentar? Bagaimana membuat anak muda zaman now, agar dapat mem filter dengan bijak untuk tidak dengan mudahnya menyebutkan “”nama hewan”” yang amat sangat tidak sopan. Terima kasih 🙏

 

Jawaban (Poppy Sovia) : gimana ya caranya supaya nama-nama hewan itu tidak berkeliaran di komen di komentar komentar kita Nia postingan-postingan Kalau menurut aku sih Balik lagi kita mungkin ya sebagai konten kreator atau kita yang kita tuh sebenarnya punya tanggung jawab masing-masing dalam bersosial media mau itu public figure ataupun bukan jadi ketika kayak kita posting misalkan kayak konten-konten yang baik yang mendidik mungkin ya sangat sedikit tuh resiko untuk ada komen-komen yang kurang enak tapi kayak kita memang sengaja Bikin apa Bikin kegaduhan gitu ya senang lihat cuman dia naik gitu ya jadi posting postingan yang akhirnya memicu memicu pupujian Puji dia sampai ujung-ujungnya keluar lah itu apa namanya Apa namanya bahasa-bahasa Hewan seperti itu atau nama-nama hewan keluar dari command jadi Kalau menurut aku sih gimana supaya tidak keluar apa ya tadi pertanyaan gimana supaya tidak keluar komen-komen yang kurang enak aku sih caranya supaya Creator atau siapapun itu yang ingin memosting sebisa mungkin postingnya kalau bisa tuh yang layak gitu loh yang layak musik yang inspiratif yang menghibur kalaupun nanti ada komen-komen yang seperti tadi disebutkan gitu misalkan ada komen-komen gitu ya ya balik lagi kita mesti pinter-pinter untuk menyikapi komen tersebut jadi jangan sampai terpancing Kalau menurut aku jadilah jadilah pengguna sosial media yang cerdas Jangan mudah terpancing oleh kaya komentar-komentar yang menurut aku nggak penting seperti itu Mbak tadi pertanyaannya Apakah ini sudah cukup menjawab atau aku agak melenceng nih

 

Penanya :  MasBull

Apa dampak negatif ketika kita menjadi anti dengan medsos, dengan alasan informasi di medsos saat ini sudah gaduh bercampur aduk antara kenyataan dan setingan, informasi yg saling kontra apalagi dengan hadirnya buzzer yg membuat sebuah informasi menjadi semakin sulit d pahami netizen.

komponen apa dn siapa yg dapat membantu kita menfilter informasi d medsos agar tidak salah dalam menarik kesimpulan

 

Jawaban (Achmad Fitriady) : masbul ya membuat apatis terhadap sosial Kayaknya ada sebuah buku yang mengatakan tentang hukum progresif di mana sebenarnya hukum itu mengajarkan bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang semakin besar potensi melanggar aturan artinya kalau di tarik dengan bicara tentang teknologi semakin Apalagi kita bicara tentang bonus demografi bagi anak muda sekarang ya artinya dengan tumbuh kembangnya manusia akan berpengaruh terhadap laju percepatan teknologi dengan dengan kondisi kondisi alam kita kondisi kondisi fenomena alam kita termasuk juga hal yang kita gunakan pada hari ini dengan ternyata para pendiri dari sistem ini Berawal dari sebuah Malaysia bergerak dalam hubungan LDR hubungan jarak jauh di mana akhirnya dia menggunakan aplikasi artinya tidak perlu janji kita berdua antipati terhadap media sosial kita menggunakan media sosial dengan kebutuhan kita saja kalau memang kebutuhan kita artinya kebutuhan informasi kebutuhan informasi di mana misalkan kita butuh nya cuman Instagram atau Facebook atau Twitter dan media sosial yang umum digunakan ini kecepatan informasi itu ada di Twitter dimana perdetiknya itu ada saja informasi melalui Twitter bahkan disusul oleh video tiktok juga ini dia media sosial yang kemudian melahirkan banyak konten content Creator kemudian ditambah lagi berikutnya akhirnya Instagram juga tidak mau kalah dengan menggunakan relnya untuk membuat potongan-potongan dijadikan satu video kemudian ada Facebooknya dari beberapa generasi itu ada di Facebook akhirnya Kalau kita tidak dan akhirnya banyak menggunakan media sosial dan tempatnya dari Instagram ke Instagram kemudian kita tinggal memilih bahwa dari ketiganya informasi yang bagaimana untuk kita saya

 

Penanya :  Eva Desiani

082152425204

Hai Kak, Bubuhan Kak Olpie….. pada era digital ini kita ditantang untyk kembali menjunjung tinggi adab, karna sekarang dengan digital seperti mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Ketika sedang berkumpul Bersama dengan teman, saudara ataupun orang tua, jari tetap tdk bias lepas dari dunia maya, terkesan tdk sopan tapi kebutuhan. Bagaimana sebaiknya kita menyikapi keadaan tersebut kak. salam literasi dari TK PGRI 3 Babulu

 

Jawaban (Olpie Puspitasari) :lama ukuran waktunya tapi ada ada hal yang harus dilakukan misalnya tidur siang harus punya waktu untuk beristirahat kemudian ada waktu untuk interaksi ada waktu bersama tetapi melalui dunia maya itu yang harus dibangun dari sini nanti kita akan sangat paham sekali bagaimana Kemudian pada saat Misalnya ini akan berakhir tentunya tidak akan lagi menjauhkan yang dekat dengan yang jauh seperti yang tadi disampaikan mudah-mudahan ini berguna ya karena ini adalah salah satu hal yang perut dan terus bangun karena ketika kita berkomunikasi dengan orang

 

 

Penanya :  Yosi Tarrapa

0895339255909 yossytarrapa@gmail.com

bagaimana tantangan kita sebagai masyarakat indonesia dalam penanaman nilai nilai pancasila dalam media sosial yang semakin hari semakin kompleks utamannya seiring dengan perkembangan zaman?

 

Jawaban (Dr. Aji Sofyan Effendi) : generasi kita dalam setiap saat jadi dinamisasi itu bukan hanya bulanan tetapi juga sampai personal yang terkait dengan external internasional itu kan pada saat itu itu sebenarnya dimensi nasional internasional Global masuk ke dalam sebuah benda yang sebenarnya bagi kita terutama di kalangan keluarga nilai-nilai Pancasila itu betul Kata nilai-nilai Pancasila itu betul harus dimulai dari keluarga karena apa Karena itu adalah yang paling dilakukan karena kalau kalau misalnya pemerintah Kementerian yang melakukan filter itu berat Mengapa begitu penggunaan kita itu hampir 150 juta jiwa dan memonitoring apa yang masuk kedalam 150000000 handphone apalagi orang ada 1 orang Berarti 300 juta handphone itu pemerintah nggak akan bisa melakukan apa namanya perlindungan bahwa ada undang-undang ite yang kemudian ujaran-ujaran ketidakwajaran ujaran kebencian dan segala macam itu sangat besar pengaruhnya menghadirkan nilai-nilai Pancasila itu ya memang kita yang sudah dewasa seperti ini kesehatan dewasa siswa yang berada di dalam ruangan ini hanya di 18 itu ya ini membutuhkan sebuah mengembalikan saya yang tadi dapat diaplikasikan pada saat kita berbicara misalnya kita kita kita logika intelektualitas kita ketemu dia baru bangun hal-hal yang sifatnya positif dan membangun persatuan dan kesatuan walaupun Cuman 5 menit Bos walaupun ya Bangun rasa persatuan dan uang uang untuk persatuan kita hadir pada hari ini sebagai akibat dari adanya persatuan dan kesatuan jadi sekali lagi Bagaimana cara agar nilai-nilai Pancasila dalam lebih bagus di handphone anda anda jangan disebar di grup sebelah berikan waktu walaupun nasihat-nasihat kebangsaan bisa-bisa saya tidak bisa Bos demikian mbak Aulia.


Bagikan updated
Penajam Paser Utara