PRESS RELEASE WEBINAR LITERASI DIGITAL BALIKPAPAN, SENIN 5 JULI 2021,” KENALI DUNIA DIGITAL DENGAN LITERASI YANG BENAR”

Bagikan updated

Webinar literasi digital kembali di adakan di Kota Balikpapan bertema “Kenali dunia digital dengan literasi yang benar” yang telah terlaksana pada Senin, 05 Juli 2021 sekitar pada pukul 10.00 WITA. Yang di pandu oleh Reza Rahman dengan menghadirkan Ima Fitananda Putri S.AB sebagai key opinion leader.

Mengahadirkan beberapa narasumber yakni Sultan Nur Hidayatullah (digital Culture) seorang pemuda pelapor nasional 2020.

Alexander Dimas (digital skills) seorang  Regional Business leader APAC of honeywell CEO Ragam aset.

Zulfadli (digital ethics) seorang Founder YOI AKUAKULTUR.

Pembukaan acara literasi digital Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia menyampaikan bahwa pada masa pandemic saat ini membuka peluang transformasi digital secara besar-besaran bagi infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital, juga membuat persiapan pada masyarakat cakap digital.

Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia merencanakan Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G dan menjadikan 10 tahun lebih maju dari yang telah di rencanakan awal 2032.

Selanjutnya, Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( H. Rahmad Mas’ud,S.E., ME. Pembukaan walikota tentang Literasi Digital dan ajakan untuk mulai paham Digital dan melek Internet untuk mencegah Hoax tersebar dengan meningkatkan dan mendorong tingkat Literasi Digital (skills, ethics, safety, culture).

Talks 1: Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital, Alexander Dimas / Regional Bussines Leader APAC.

Peluang Bisnis dan Pekerjaan :

  • Fintech
  • Software as A service
  • cloud hosting
  • Online bussines
  • Digital marketing social media specialist
  • online freelance

Menjelaskan Hybrid roles adalah tren pekerjaan yang dibutuhkan oleh peruahaan atau organisasi untuk tenaga kerhanya yang bisa mengerjakan banyak keterampilan dan peran (multitasking).

Talks 2: Mengenal Lebih Jauh Cara Menyuarakan Pendapat di Dunia Digital, Sulthan Nur Hidayatullah / Pemuda Pelopor Nasional 2020

Memberikan pendapat merupakan hak bagi setiap orang. Mengutarakan pendapat juga dapat disampaikan oleh siapapun, tak terbatas oleh gender, status sosial, dan apapun itu.

  • 4 tips menyatakan pendapat di media sosial :
  • Hindari opini provokatif
  • Mengetahui isu secara detail
  • Memikirkan kembali pendapat
  • Sopan dan santun

Talks 3 : Basic Knowledge dan Rules Usaha Online, Zulfadli / Founder YOI AKUAKULTUR

Menjelaskan Bisnis online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yg dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. jenis bisnis online yaitu barang, jasa, advertising business, jual produk informasi, produsen, distributor, bisnis reseller, bisnis affiliate marketing, broker/dropship.

  • 5 tips bisnis online :
  1. Market place & e-commerce
  2. Sales funnel
  3. Landing page
  4. Traffic
  5. personal branding

Sambutan dari Key Opinion Leader, tentang Kenali dan Pahami Jejak di Era Digital oleh Ima Fitananda Putri S.AB / Female YoungPreneur

Menerangkan Disrupsi di era terjadinya inovasi dan perubahan secara besar-besaran dan fundamental mengubah sistem, tatanan dan landscape dengen cara-cara baru.

Moderator membuka sesi tanya jawab kepada para peserta webinar, pertanyaaan 1, dari Ahmad Ardiansyah_085796888100_ahmadardiansyah01023@gmail.com.

“Bagaimana langkah yang tepat untuk mendapat peluang bisnis online? Lalu bagaimana cara mempersuasi konsumen? Bagaimana tips dan trik yg perlu diperhatikan kalangan muda dalam bisnis online?”

Jawaban dari Narasumber 1 (Alexander Dimas / Regional Bussines Leader APAC). adalah “coba jualan apapun tapi dilihat dulu marketplace nya, tingkatkan kreativitas juga, amati marketnya dan modifikasi menjadi lebih baik lagi.”

Pertanyaan 2, dari ardiansyah _ 081545699513 _ ardiansyahpg046@gmail.com. “terkait dengan banyaknya berita berita hoax membuat masyarakat terkadang terpengaruh dan tanpa melihat isi dari berita tersebut dan langsung share saja yg akhirnya malah memperkeruh suasana. nah pertanyaan saya bagaimana sebenarnya kita dalam melukan share ulang sebuah berita agar tidak terkena sanksi ? atau berita berita apa saja yg boleh kita share ulang dan mana yg tidak diperbolehkan”

Jawaban dari Narasumber  (Ima Fitananda Putri S.AB / Female YoungPreneur).” make sure sumber berita yg didapat apakah dari sumber yg sudah terpercaya/paten, tp jika sumber datanya dr opini atau masyarakat sekitar jd beritanya lebih baik disimpan sendiri”

Pertanyaan 3, dari Meisy _ 082255527765 _ mesarla24@gmail.com.” bagaimana sih kak cara atau tips agar tidak ribet dalam melayani pelanggan yang banyak bertanya tetapi tidak membeli ?”

Jawaban dari Narasumber  (Fadli) adalah “siapkan mental, karena setiap pelanggan adalah rejeki anda, jadi jagan tolak pelanggan , membuat template, sehingga calon pelanggan menjadi familiar.


Bagikan updated
Balikpapan