PRESS RILIS WEBINAR LITERASI DIGITAL BALIPAPAN, SABTU, 3 JULI 2021 “ BERSELANCAR DENGAN AMAN DI ERA GIGITAL”

Bagikan updated

Webinar literasi digital kembali di adakan di Kota Balikpapan bertema “Berselancar dengan aman di era digital” yang telah terlaksana pada Sabtu, 03 Juli 2021 sekitar pada pukul 10.00 WITA. Yang di pandu oleh Reza Rahman dengan menghadirkan Rizky Rachmadani sebagai key opinion leader.
Mengahadirkan beberapa narasumber yakni Alicia Fife (digital ethics) seorang duta bhayangkara polda Kaltim.
Ahmad Tessario Ekanuramanta.S.T.M.MT (digital safety) seorang CEO Sirtanio & CEO PT.Satu Atap Indonesia.
Redenarisda (digital skills) seorang duta Penulis.
Pembukaan acara literasi digital Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia menyampaikan bahwa pada masa pandemic saat ini membuka peluang transformasi digital secara besar-besaran bagi infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital, juga membuat persiapan pada masyarakat cakap digital.

Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia merencanakan Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G dan menjadikan 10 tahun lebih maju dari yang telah di rencanakan awal 2032.
Selanjutnya, Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( H. Rahmad Mas’ud,S.E., ME ) Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari. Merencanakan Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital. Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

Talks 1:Digital Safety : Cara Aman Berinvestasi Online. Oleh, Ahmed Tessario Ekanuratama. S.T.M,MT / CEO Sirtanio Organik & CEO PT. Satu Atap Indonesia
Menjelaskan tentang Online Investment adalah Kegiatan penanaman modal atau aset di suatu produksi, untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang secara online.
Macam – Macam Investasi Online :
⦁ Reksa Dana
⦁ P2P (Peer to Peer Landing)
⦁ Saham
⦁ Tabungan Emas Online
⦁ Forex
⦁ Surat Berharga Negara (SBN)
Talks 2: Digital Ethics : Bijak Di Kolom Comment. Oleh Alicia Fife / Duta Bhayangkara POlda Kaltim
Menjelaskan tentang Etika Dalam Berkomunikasi, Dalam melakukan komunikasi antar sesama pada situs jejaring sosial, biasanya kita melupakan etika dalam berkomunikasi. Sangat banyak kita temukan kata-kata kasar yang muncul dalam percakapan antar sesama di jejaring sosial, baik itu secara sengaja ataupun tidak sengaja. Sebaiknya dalam melakukan komunikasi kita menggunakan kata-kata yang layak dan sopan pada akun-akun jejaring sosial yang kita miliki. Pergunakan bahasa yang tepat dengan siapa kita berinteraksi.
Talks 3: Digital Skills : Positf, Kreatif, dan Aman Di Internet. Oleh Radenarisda / Penulis
Menerangkan bahwa Pengguna internet di Indonesia adalah nomor 4 paling tidak sopan. Undang-undang no. 19 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik.
Sambutan dari Key Opinion Leader, Rizky ramadhani / food reviewer
Menyampaikan bahwa 89 penduduk indonesia mengguukan smartphone, harus paham dan tau apa itu literasi digital, skill, ethics, culture, dan safety. Ada baiknya penngunaan media sosial lebih dari hanya sekedar belanja online, dan sharing foto. Seharusnya gunakana media sosial untuk sharing hal-hal baik dan bermanfaat.
Moderator membuka sesi tanya jawab kepada para peserta webinar, pertanyaaan pertama, “orang yang gaptek bisa menerima informasi yang dari digital ?”
Jawaban dari Narasumber 3 (Redenarisda) adalah karena info ditujukan ke manusia, akan secara tidak langsung datang sendiri ke saya baik offline atau online.
Narasumber 2 (Alicia Fife) adalah karena informasi tidak hanya dari digital saja, ada kalanya dari teman kita saat bertemu.
Pertanyaan ke 2, “orang yang gaptek bisa menerima informasi yang dari digital ? dan bagaimana trend saat ini”
Jawaban dari Narasumber ( Danis ) adalah tetap bisa seperti dipaparkan narsum yang lain, dan trend saat ini tetep boleh diikuti asal postif.
Pertanyaan ke 3, “apa tanggapan anda tentang influencer dalam endors aplikasi investasi ?”
Jawaban dari Narasumber 1 (Ahmed Tessario Ekanuratama. S.T.M,MT) adalah tetap perhatikan OJK untuk reputasi dalam pemilihan investasi.


Bagikan updated
Balikpapan